Teknik Sipil

Tugas Akhir : Antara Keinginan dan Keterpaksaan

Untitled-1

Source : Klik

‘Skripsi apa kabar?’

‘Judul skripsimu apaan nih?’

‘Skripsi kelarin dulu tuh’

HUARGHHHHHHH!

Gilak ya, semester 8 ini bener-bener terasa menjengahkan dengan adanya pertanyaan-pertanyaan demikian. Rasanya risih-resek gimana gitu deh dengernya. Bukan masalah apa-apa sih. Bukan gue nggak bisa ngerjain skripsi. Bisa, gue bisa. Bukan gue males ngerjainnya. Enggak, gue nggak males.Tapi kan…

Biar gue jelaskan dari awal.

Sekitar lima minggu yang lalu, pihak fakultas di kampus gue mengadakan sosialiasi khusus untuk angkatan tua agar dapat menghadapi skripsi dengan baik. Selain itu, pihak fakultas pun menjabarkan runtututan cara dan kiat sukses untuk melewati ritual bedebah bernama skripsi tersebut. (more…)

7 Langkah Mudah Menggunakan Aplikasi SAP2000 yang Anti Mainstream

Kemarin gue iseng-iseng baca tulisan lama gue yang ini :

Tutorial Kalkulator.

Seketika, sebagai mahasiswa teknik yang budiman, gue pun merasa miris.

MASA ANAK TEKNIK SKILLNYA BEGITU DOANG?

Maka, mengacu pada permasalahan diatas, gue pun mempunyai hasrat untuk memberikan sebuah tutorial yang lebih berbobot lagi, yaitu tutorial mengenai 7 Langkah Mudah Menggunakan SAP2000 yang Anti Mainstream.

Ya, 7 Langkah Mudah Menggunakan SAP2000 yang Anti Mainstream.

Sekali lagi, 7 Langkah Mudah Menggunakan SAP2000 yang Anti Mainstream. (more…)

Balada Pencarian Proyek

Dalam hidup, kita nggak akan pernah tau apa yang akan terjadi di masa depan. Satu jam yang akan datang. Dua jam yang akan datang. Bahkan sepuluh menit yang akan datang, kita tetap nggak akan tau apa yang akan terjadi nantinya. Semesta seolah telah memiliki detail skenarionya sendiri, seperti apa yang telah terjadi pada gue di hari Rabu kemarin.

Kala itu pukul 17.10 WIB, tepat dimana gue, Dian, Farkhan dan Martin baru selesai menjalani sesi perkuliahan. Sebelumnya, kami berempat udah janjian untuk mencari proyek buat kerja praktek bersama-sama. Maka, tepat pada pukul 17.15 WIB itulah kami berempat pergi mencari proyek dengan menaiki motor sendiri-sendiri. (more…)

Inovasi Membangun Negeri

Kita miskin kreativitas.

Ralat.

Kita miskin kreativitas untuk menciptakan suatu inovasi.

Secara umum, hanya ada sedikit orang yang mau berkreasi untuk membuat sebuah inovasi.

Walaupun ada, itu pasti setelah melalui tahapan ‘dihina’ dan ‘dicibir’.

Ya, kita hidup di masa yang mana hal baik akan selalu dicibir, sementara hal buruk didiamkan.

Miris.

Itulah yang menjadi alasan kenapa setiap orang merasa enggan untuk menciptakan suatu pembaharuan, lah, baru mau merencanakan aja udah dicibir? (more…)