angin

ia menjelma angin.

kadang menyajikan dingin. dibalik nafas dan lembutnya tangan, tersiram uraian makna yang sedikit berkesan. ia lukiskan satu-dua warna dengan campuran putih serta hitam. pada telapak ia tiadakan keberadaan. ia hapuskan genggaman. ia potong kedekatan.

kadang ia merajut sejuk. dijahitnya satu persatu rasa yang baginya kesayangan. jarum menusuk kain yang membuatnya lubang, lalu menggantinya dengan benang-benang yang tiada sepadan. dilakukannya begitu secara berulang, hingga warna asli yang seharusnya kini tertambal dengan corak yang tiada beraturan.

kadang ia meluap semilir. ada hembus yang dibuatnya perlahan. satu dua sentuhan dia berikan, hingga tiga sampai seterusnya adalah tamparan. sedikit berlebihan, tapi mana bisa itu ditahan. semula yang ada di dasar, menanjak naik ke arah puncak hingga berontak pada tempat.

kadang ia tak sengaja merusak. dirangkainya sepasang kata dengan awal tiada dan akhir pa-apa. mereka menyatu dalam satu kecelakaan. dikosongkannya ruangan, lalu ia isi kekurangan. seorang didatangkan tanpa kesengajaan. seorang lainnya ditiadakan dengan keterpaksaan.

kadang ia bahkan tiada. pada jejak ia beranjak, ditaburkannya pasir pada bekas-bekas yang hendak ia kelupas. garis tangannya menyatu pada satu ruang. mungkin ia menyebutnya kebahagiaan, atau setidaknya kelegaan. pada tugas dan masa kontrak, ia mengelak. ada hal lain yang harus disambut. ada kepentingan lain yang harus dirajut.

ia adalah angin yang menghembus sejenak dari arah selatan menuju utara. dari hembusnya ia memberikan beragam kesan dan cara. sebelum meraih tujunya, ia berputar ulang ke arah awal ia bermula. ia menemukan rumah di sana, yang memberikan ruang lebih luas dan bebas untuk menyaji kesejukan.

ia adalah angin yang berpulang.

ia angin yang berhenti beredar.

-ef, 2021

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s