Ngomongin Lagu Waterparks – 21 Questions

Howaloha.

Saya mau bahas lagu ah kali ini.

Yaiyalah, judulnya aja ngomongin lagu. Masa iya, bahasnya… ketidaksengajaan dalam menyiram air keras? Hadoh, bangsat emang.

Saya sedikit pesimis sih, dengan bagaimana penerapan hukum yang ada di Indonesia. Bukan maksud memukul rata kalau hukum di Indonesia itu bangsat ya, tapi, yaaaaaaa, ada beberapa keputusan yang bikin saya geleng-geleng kepala aja gitu.

Lho kok bisa loh, anjer?

Lho kok begini sih, bangke?

Lho he, lho he, kenapa gitu, munyuk?

Pokoknya bikin saya mengumpat kesal, tapi kemudian tersadar bahwa… ya, kayaknya udah nga bisa diapa-apain lagi.

Mungkin karena uang?

Mungkin ada banyak bekingan di belakang? Ya, ya ngatau aja. Tauk ah, serem bahas beginian. Nanti ilang. Ehe. Tenang, tulisan saya nga akan kemana-mana kok. Emangnya saya siapa, anjir.

Okay deh, langsung aja saya gaskeun menuju pembahasan lagu yang sudah lama saya tunggu-tunggu tapi baru kesampaian sekarang, karena mba penerjemah lagu yaitu pacar saya sendiri baru mengirimi terjemahannya kemarin ehe.

Saya mau membahas tentang band yang bernama Waterparks. Apakah di antara kalian sudah mengenal band ini? Jika sudah, mantap ya kalian. Jika belum, tenang, saya akan menjabarkannya di sini.

Waterparks Yellow

Source : Calltheone.com

Jadi, Waterparks adalah sebuah band bergenre pop rock yang dibentuk pada tahun 2011 silam, tepatnya di Texas, Amerika… em, Texas itu Amerika mana sih? Serikat ya? Oiya, di Jogja juga ada Texas-Texas gitu tuh kayaknya. Tapi Texasnya di Amerika bagian… fried chicken. Uwaw.

baca juga : ngomongin lagu sleeping with sirensΒ 

Pada awalnya, Waterparks ini terdiri dari lima personel yaitu Awstens Knight (Lead Vocal + Rhythm Guitarist), Geoff Wigington (Backing Vocal + Lead Guitarist), Otto Wood (Drums + Backing Vocal), Gage Matthieu (Bass), dan Owen Marvin (Drums). Namun seiring berjalannya waktu, karena suatu alasan tertentu, entah itu perbedaan aliran musik atau salah satu dari mereka menyukai perempuan yang sama, akhirnya Gage Matthieu dan Owen Marvin pun keluar dari band. Oiya, keluarnya pun juga cepet loh, kayak cuma setahun doang mereka di band lalu cabut.

Apakah Gage Matthieu dan Owen Marvin menyelinap masuk ke Waterparks untuk mengambil resep Texas Fried Chicken? Ya, ya ngatau. Tapi, biarkan sajalah ya.

Waterparks 21 Questions

Source : Yallemedia.com

Sejak berdiri di tahun 2011 itu, Waterparks telah meneluran beberapa album (Double Dare (2016)), (Entertainment (2018)), dan (Fandom (2019)) serta EP (Airplane Converstation (2012)), (Black Light (2014)), dan (Cluster (2016)).

Band yang sekarang bernaung di bawah label Hopeless Record ini bisa dibilang meraup kesuksesan besarnya pada kisaran tahun 2017 silam, dengan menjadi pemenang di nominasi Best Breakthrough Artist di ajang Alternative Press Music Awards, Best International Breakthrough Artist di ajang The Rock Sound Awards, dan yang terbaru, pada tahun 2019 kemarin mereka berhasil memenangi nominasi Song of the Year di ajang The Rock Sound.

Mantap bukan?

Ada banyak lagu ciptaan Waterparks yang enak didengar, seperti Royal, Lucky People, Blonde, Easy to Hate, Watch What Happen Next, dan lain-lainnya. Tapi untuk ngomongin lagu kali ini, saya hendak membahas satu lagu yang paling saya suka dari Waterparks, yaitu lagu yang berjudul 21 Questions.

Kenapa membahas lagu ini?

Ya, ngapapa. Suka aja sama perpaduan musik yang awalnya cuma genjrengan pake rythem doang, tapi pas menjelang akhir, semua iringan musik didendangkan dan… waw, enak deh pokoknya. Ehe.

Waterparks

Source : onerecordmag.com

Kalau dirangkum dari keseluruhan lirik lagu yang ditulis oleh Waterparks ini, jelas saja lagu ini berisi tentang seorang laki-laki yang merasa jatuh cinta kepada seorang perempuan yang sudah punya pacar. Kemudian, entah karena hoki atau ada maksud tertentu, si perempuan yang disukai oleh laki-laki ini pun akhirnya putus sama pacarnya, lalu memilih untuk pacaran saja sama laki-laki yang naksir sama dia.

Okay.

baca juga : ngomongin bring me the horizon – throneΒ 

Ini ribet amat sih awalan dari hubungannya. Lalu apakah si laki-laki ini merasa bahagia setelah akhirnya mendapatkan perempuan yang dia sukai sejak lama itu? Ya, nga sepenuhnya bahagia sih. Justru si laki-laki ini merasa khawatir dan takut, bagaimana jika suatu saat nanti si perempuan ini melakukan hal yang sama ke dia, lalu memilih untuk jadian sama laki-laki lain yang juga menyukainya?

Hm, benar juga. Mungkin, inilah kenapa 21 Question adalah judul yang dipilih oleh Waterparks untuk menceritakan kisah ini. Etapi kenapa 21 pertanyaan ya? ya kaga tau anjir, nanya ane. Mari kita ulik satu persatu lagunya, cus.

I wish there was a situation to be mad at

Or a person I could blame

I’ve got a loud mouth, I’m pale with a ghost obsession,

But behind the scenes with her I’m playing 21 Questions

There’s gotta be a reason

You keep your guy in hiding

I’m becoming what I’ve hated

But your talk is so inviting

Di sini, kayaknya si laki-laki yang tadi saya bahas di atas sudah mulai menjelaskan kekesalannya akan hal-hal yang dia rasakan sekarang. Apa itu? Ya, tentu saja tentang hal-hal yang sedang dia pertanyakan perihal hubungan yang sedang dijalani bersama pacarnya sekarang, pun juga tentang dia yang sekarang malah menjadi sosok yang dia benci.

Saking banyaknya hal-hal yang dia rasakan, sampai di sini dia bilang ada 21 pertanyaan. Ya, meskipun untuk ukuran banyak, 21 adalah angka yang tidak terlalu banyak. Jika ingin benar-benar kesannya sangat banyak, mungkin bisa diganti judulnya dengan 1.345.342.300.000 Question.

Ribet amat idup ente.

But then what?

You drop your guy and take me on

It’s everything I wanted

But then what?

Would you get tired of my time?

Di bagian ini, ada dua hal yang sedikit berseberangan, yaitu mengenai si cowok yang sebenarnya merasa bahwa kenyataan tentang si pacar yang dulu akhirnya ninggalin mantannya untuk dia, merupakan hal yang dia inginkan sejak lama.

Tapi, ketika si pacar sudah didapatkan, dia malah kepikiran : apakah nanti si pacar juga bakal ninggalin dia juga? Em, untuk laki lain yang juga memendam rasa ke dia, mungkin?

Hm. Sungguh dilema sangat. Berperasaan sekali ya, anda.

My mood’s dictated by our conversations

And if you don’t text I get too frustrated

I want you all to myself this time

Oiya, kabarnya, bagian reff ni merupakan penggalan lirik yang menjadi favoritnya Awsten, sang vocalist. Lirik ini jelas menggambarkan betapa clingy-nya si laki-laki ini kepada pacarnya. Kayak, yaaaa, pengen dikabarin mulu gituh, biar nga kemana-mana atau apa deh ya nga tau.

Usut punya usut, di kehidupan nyata, si Awsten ini pernah pas naksir sama cewek gitu tuh dia sampai ngebela-belain nyalain notifikasi handphonenya biar tau kalau ceweknya itu ngechat dia.

Duileeeeh.

Etapi… sebentar…

INI BUKANNYA NYALAIN NOTIFIKASI HANDPHONE ADALAH HAL YANG SUDAH BIASA SEKALI YA? APA DUILEHNYA, HE?

Conflicted looks good on me

I’m trying desperately

I want you all to myself this time

Di bagian reff selanjutnya, penggalan ini menyatakan tentang si laki-laki yang merasa bertentangan gitu akan sesuatu hal. Tapi apa ya? Hm, mungkin tentang dia yang bahagia karena akhirnya berhasil mendapatkan perempuan yang dia idamkan, dan, ya, dia pengen bisa memiliki perempuan ini seutuhnya tanpa ada rasa was-was nantinya akan bernasib sama kayak mantannya si perempuan, yang ditinggalin hanya untuk orang lain.

Beuh.

I never have to

Carefully shape sentences

When I’ve got some words to say

They’re falling from my mouth from the time

That they hit my brain

‘Cause we built a picture made for frames

We live in chemistry away from all the wasted time and taste

Di lirik ini, si laki-laki bilang kalau dia nggak pernah harus berhati-hati kalau mau ngomong suatu hal. maksudnya, mungkin dia anaknya blak-blakan ya. Intinya, ketika ada suatu hal yang mana membuat dia kepikiran akan sesuatu, ya, itulah yang keluar dari mulutnya.

Bener-bener ada rasa khawatir yang dalam sih, atas apa yang akan terjadi di hubungannya nanti.

Hm, menarik.

baca juga : ngomongin chunk no captain chunk – playing dead

Tapi diluar rasa khawatirnya ini, si laki-laki merasa bahwa di hubungannya, mereka sudah saling mengisi cerita yang membahagiakan di dalamnya.

Tapi tetep khawatir.

Tapi bahagia.

Tapi khawatir.

Ya ampon

And it sucks to sleep

‘Cause you aren’t talking to me

I wanna give you space

But the amount between us is wrecking me

Di lirik menjelang perakhiran, si laki mulai merasa gelisah karena si pacar sudah mulai jarang mengirimkan chat atau mengobrol dengannya. Di sini, dia merasa kayak pengen ngasih ruang dan jarak ke si pacar, tapi di sisi lain, dia takut kalau nanti pacarnya malah macem-macem di belakang karena keleluasaan yang dia dapet itu.

Puft.

‘Cause then what?

You dropped your guy and took me on

It’s everything I wanted

But then what?

Am I in his position now?

Hm…

Di bagian ini kayaknya adalah salah satu pertanyaan sekaligus ketakutan terbesar dari 21 pertanyaan yang dia utarakan. Dia takut kalau ternyata sekarang dia malah sudah berada di posisi mantan pacar si perempuan, yang dulu perna ditinggalkan.

Hm.

Kacaw sih ini.

I’ll forget you if you need me to

Like nothing ever happened

My sun still sets without you

Like nothing ever happened

Di lirik akhir ini, akhirnya dia mencoba menggambarkan sebuah permisalan, yang mana kalau suatu saat nanti mereka akhirnya putus, ya, dia bakal ngelupain mantannya kayak gapernah ada apa-apa sebelumnya dan go on with his life.

Karena kenyataan yang ada, hidup memang harus berlanjut meskipun ada atau tanpa dia.

Mantap, Awsten!

Hormat.

Tetap tegar, ya. Salam dari Bapak Pranoto di Palbapang.

Ehe.

Bagaimana kalau langsung dengerin lagunya aja?

Cus silakan!

 

Ditulis oleh : Febri Dwi Cahya G

Diterjemahkan Oleh : Nadya Irsalina

53 comments

      1. Ah ternyata galau gak cuma milik cewek ya. Banyak terjadi di kota besar. Karena perasaan insekyur, malah mikirnya jauh kemana-mana ya. Padahal dinikmati aja apa yang ada sekarang. Gimana besok gak usah dipikirin sekarang.

        Aku jadi pingin buat lirik tandingan wkwkwk

  1. baca panjang-panjang tp yang keinget adalah:
    kok bisa ya nyiram air keras ga sengaja?
    beli air keras aja kudu niat ya…hahahaha

    sungguh komen yang tidak diharapkan ya πŸ˜€

  2. Suaranya Simple Plan banget ui! πŸ˜‚

    Karena dibentuknya tahun 2011, jadi genrenya masih mecing banget buat emak-emak yang menghabiskan masa lajangnya di era 00-10an hihihi…

    Enak-enak beud lagunya, emang paling asik denger lagu-lagunya kalo lagi hepi, yak. Saya baru denger beberapa lagu yang di rekomendasiin sih. πŸ˜…

    Jadi penasaran sama lagu yang laen-laennya juga, pengen donlot se album πŸ˜‚

  3. Band yang sempat trend dari tahun 2012 sampai 2013 ini uniknya bagi saya antara seorang Awsten dan Gage meski berbeda aliran tetapi mereka bisa bergabung dan membentuk sebuah nama Waterparks band.

    Bagi anak sekarang mungkin keren yaa….Tapi masih ngetrenan band zaman gw dulu seperti The Rolling Stones, The-Bheatles, Sepultura.Dll..🀣🀣🀣

    Waterparks anehnya masuk dalam 3 aliran Pop,Rock ,Punk dll mungkin… Saya juga kurang paham ide kedepannya seperti apa dari Waterparks ini. Tampilan Punk , Lagu sedikit ngepop.🀣🀣🀣

  4. gw termasuk pecinta musik mas, tapi ya gw gak ngerti sih dengan band ini hahaha, masih asing di telinga :D.. jalan cerita lagunya lumayan komplikated ya, tapi lagunya lumayan oke buat di dengerin πŸ˜€

  5. terdistract sumpah sama tulisan pembukanya…
    Sama saya juga “mengumpat kesal”.. Rasanya itu hakim pengen gue jambakkkk!!! hahaha

    btw rekomendasi lagunya mantepp..Saya suka!
    Saya juga punya rekomendasi lagu yng bagus buat anda *Kalau belum tau!! hehe
    Nadin Amizah baru aja ngeluarin album terbaru dia “Selamat Ulang Tahun”.. Isinya bagus2.. Menurut saya sih…

  6. Lagunya tentang laki laki yang merebut seorang wanita dari pacarnya ya, biarpun ia berhasil membuat wanita itu suka padanya tapi sayangnya dia was-was kalo nanti dia juga diselingkuhi.πŸ˜‚

  7. Saya baca sambil dengerin lagunya dan tetap langsung jatuh cinta sama lagunya. Jenis musik yang bisa langsung saya suka di pendengaran pertama. Suaranya si vokalis enak yaaa. Asik kayaknya kalo dinyanyiin gini. Mas gebetan mau gak ya nyanyiin lagu ini? Hahahaha.

    Btw saya suka sama lirik akhirnya. Thanks Feb udah menambah khazanah permusikan saya. Ditunggu pembahasan lagu-lagu lanjutannya

  8. Aku sebagai #timmbahsurip dan #tonightalive belum bisa menasbihkan waterparks sebagai band yang eargasm lagu2nya.

  9. Wow aku baru pertama kali dengerin lagu ini. Aku gak pernah denger band ini sebelumnya, haha. Maap saya kurang gaol. Enak juga lagunya. Enak kalo didengerin jalan sore-sore cerah.

    1. Saya baru tau ada band Waterparks padahal bandnya sudah hampir Happy Birthday yang ke 10 tahun, ya πŸ™ˆ mungkin karena saya agak kurang update soal musik rock jadi nggak tau ada Waterparks 😁 nanti saya coba dengarkan lagunya, thanks untuk rekomendasinya mas πŸ˜†

  10. Saya jarang ikut musik terkini, jadinya gak tah deh. Tapi begitu coba dengar, boleh juga nih lagu. Soalnya uda enak lagunya, bisa sekalian belajar bahasa inggris, jadinya dapat dua2nya nih πŸ˜€

  11. nama waterparks ini baru denger, mungkin pas taun 2011 aku nggak terlalu merhatiin top chart radio, atau mungkin di waterparks ini nggak masuk chart di kotaku, jadi nya nggak tau
    jenis musiknya iya mirip simple plan, ada kalem di depan, trus musik beat nya ditengah tengah. aku dulu ya demen musik beginian, waktu masih kuliah semua lagu dilahap abis

  12. Baru tau dengan grup band satu ini, gayanya cool juga sih, tapi lagunya koq ya bikin devastating gitu…

  13. Iya sama saya juga udah pesimis banget sama hukum di Indonesia, sekarang malah cenderung merasa prihatin T_T

    Kirain bakal mau nyinyir sampe ke paragraf akhir kak, ternyata masih fokus sama judulnya yah haha

  14. Baru tau grup band ini mas Feb. Kudet emg aku tu,, wqwqwq
    Bahas penyiraman air keras yg katanya nggak sengaja emg bikin darah naik ke pelaminan eh naik ke ubun2. Gamasok akal blassss ya kan. Eh udh ngapa jd ikutan bahas air keras. Mending bahas texas fried chicken.. Eh

  15. Baru pertama kali tau soal band ini dan dengerin lagunya. πŸ˜€ Sekilas mirip-mirip Simple Plan, Feb. Dan lagunya juga cocok buat film-film remaja kayak American Pie. πŸ˜€

  16. Tolong jangan bahas hukum, hati saya jadi remuk mata jadi buram hiks

    Ngomong dua, eh maksudnya ngomong ngomong cerita dalam lagu itu cukup banyak orang yg mengalaminya seolah perwakilan hati

  17. Kalo lagu2 pilihan Febry utk diulas, kebanyakan pasti sesuaiiii Ama aku hahhaahahah. Pada dasarnya aku dr dulu slalu suka lagu rock dan alternatif gini. Jd gampang masuknya. Walopun setelah kerja jujur aja, aku ga ngikutin lagu2 zaman skr LG feb. Pak suami ngikutin, tp selera musik kami beda bagai langit ketujuh Ama dasar palung laut . Dia sukanya yg slow, menyayat jiwa,sementara aku benci lagu begitu hahahahaha.

    Ini ntr aku msukin ke list spotifyku ah :). Enak dgr lagunya lgs semangt

  18. Liriknya ngena memang.
    Aku setuju juga dengan yang dirasakan oleh laki-laki.
    Bagaimana jadinya jika perempuan itu suatu saat melakukan hal yang sama kepada dia?
    Pasti banyak orang yang juga pernah atau bahkan dalam posisi menanyakan hal tersebut.

  19. You drop your guy and take me on…

    Klo saya percaya karma sih, jadi ya bisa jadi berikutnya dia yang akan dicampakkan dengan cara yang sama.

    Cmn lagu, kok saya baper ya

  20. aku fangirl geoff wigington hahaha xD
    kamu tau ngga feb kalo ep dan albumnya waterparks itu huruf depannya selalu urut abjad, coba perhatiin deh πŸ˜€
    (a)irplane conversations
    (b)lack light
    (c)luster
    (d)ouble dare
    (e)ntertainment
    (f)andom

Leave a Reply to ikromzain Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s