Bagaimana Jika Saat Bulan Puasa Tiba, Virus Corona Masih Ada?

Judul di atas adalah sebuah pertanyaan yang dari kemarin saya dan ibuk saya pertanyakan, pun juga diskusikan.

Kebayang banget nggak sih,betapa kampretnya pandemi virus tersebut yang mana akhirnya membuat ruang gerak terbatas, tempat-tempat liburan ditutup, sudut kota yang mestinya ramai seolah jadi tidak berpenghuni, pun yang paling bikin geleng kepala, masjid yang harusnya tiap saat bisa diramaikan oleh para muslim-muslimah, eh, beberapa mulai tersepikan begitu saja.

Emang bangke virus corona mah.

Corona Virus Bangke

source : WHO

Bener sih, ada sisi positif yang bisa diambil dari keberadaan si virus corona ini, salah satunya adalah bumi jadi bisa bernafas lega karena tiada polusi yang dibuat manusia. Tapi, ya kaga begini juga caranya, tong.

Ya ampon.

Ngga ngerti lagi.

Ini aja, saya ketika nulis tulisan ini adalah hari Jum’at, dan saya berasa kayak… ya bukan hari Jum’at aja gitu. Masjid-masjid deket rumah saya memilih menutup pintu rapat-rapat, dan mempersilahkan para jamaahnya untuk shalat di rumah saja.

Ini sudah minggu kedua ya, dan, ya entah sampai kapan berakhirnya.

Corona Di Bulan Ramadhan?

Bulan Ramadhan Ada Corona

source : tribunnews.com

Apa benar, bulan ramadhan yang bentar lagi akan sampai, pandemi ini akan tetap meresahkan dan tempat-tempat ibadah yang semestinya menjadi tempat untuk menadah pundi-pundi pahala, masih terus ditutup entah sampai kapan?

Ibuk saya pun kemarin sampai bilang :

‘Kalau corona begini pas bulan puasa, terus tarawih di masjid ditiadakan, berasa kayak ada yang kurang ya Feb, bulan puasanya?’

baca juga : gagal ngapapa kok

Saya pun mengangguk setuju. Hari Jum’at tanpa jumatan aja, berasa ada yang kurang. Ini gimana kalau bulan puasa, tanpa ada shalat tarawih di masjid?

Ya ampon, kurang banget rasanya.

Dampak Corona di Mekah

source : detik.com

Meskipun, ya, Allah tidak akan pernah mengurangkan pahala berlimpah di bulan puasa, tapi, ya tolonglah ya ampon.

Bulan puasa tanpa ada kemeriahan anak-anak keliling komplek buat bangunin orang sahur, subuh-subuh jalan ramai-ramai sambil nyalain petasan, sore-sore di masjid nyalain iringan musik untuk panggilan kepada anak-anak yang hendak takjilan, shalat tarawih di masjid berjamaah, bahkan ramainya masjid yang dipenuhi oleh para orang-orang tua untuk membaca Al-Qur’an sampai khatam… ya kalik, tahun ini bakal nggak ada?

Kebiasaan di Bulan Ramadhan

source : misteraladin.com

Ayolah, corona bangke. Pergi dulu sono, sampai pertengahan bulan ini. Jauh-jauh. Jangan balik lagi. Kalau mau balik lagi, yaudah, balik setelah lebaran atau apa kek gitu.

Hush. Hush.

baca juga : kejutan bulan ramadhan

Tapi beneran sih, ya, saya pribadi nggak menyangka kalau dampak corona bakal sebesar ini, aslik. Kalau keterusan, nggak tau bakal kayak apa sih perekonomian tiap-tiap negara nantinya. Pasti bakal menurun pesat.

Pemerintah Mikirin Rakyat?

Meskipun, yaudah, nggapapa dulu untuk saat ini. Asalkan, ya, rakyat di negara tersebut selamat dulu deh. Mengutip dari ucapan salah satu kepala negara :

‘Jika perekonomian negara ini hancur, kami tau bagaimana memperbaikinya nanti. Tapi kami tidak tau bagaimana membangkitkan orang yang sudah meninggal’

Eits, tentunya ucapan tersebut bukan dari pemerintahan Indonesia ya. Boro-boro ya ampon, yang dipikirin tetep perekonomian yang harus naik-naik dan naik. Apalagi sekarang pemegang kendali utamanya justru seolah-olah ada di tangan LBP. Ya ampon, gini amat.

Mantap.

Per-hari ini, 4 April 2020 tepatnya pukul 14.07 WIB, pas ketika saya nulis sampai paragraf ini, nilai tukar rupiah berada di angka 16.640. Sebuah nilai yang mantap sekali bukan? Buset abissssssss. Ngeri-ngeri. Bakal melemah ke angka berapa lagi nih, kalau misal corona bangkai ini masih tetap stay sampai lebaran?

Nilai Tukar Dollar

Geleng-geleng kepala saja sudahlah.

Harga emas berapa ya?

Duh, nggak update. Mungkin kita bisa mengeceknya di sini kali yak : harga emas hari ini. Karena saya nggak begitu ngerti masalah emas, dan belum begitu tertarik untuk ikutan investasi di bidang ini, jadi yaaaa, kalian sendiri kalik ya yang bisa menilai.

Harga Emas

Masalah corona, juga bakal berimbas ke reksadana nggak sih? Saya juga mau ngasih info mengenai biaya reksadana juga nih, relate nggak ya? kalau relate, bisa juga kalik dilihat di sini : reksadana.

Reksadana

Ehe.

Kita masih belum tau, akan sampai kapan si corona bangkai ini akan menetap dan merusuhi manusia. Tapi selagi si virus kampret itu masih ada, ya, sebisa mungkin, di rumah dulu aja deh ya? tahan-tahan bentar mau kemana-mananya.

Saya saja dari kemarin-kemarin mau hunting poto, kaga bisa melulu. Pasti tempat-tempat wisata, pada ditutup rapat. Mau foto-foto orang, kok ya takut. Selain takut kena diri sendiri, ya lebih takut kalau misal nanti sampai rumah malah ngebawa itu virus.

Ih amit-amit.

Jangan deh. Jauh-jauh.

Di Rumah Aja ditemani Promo-Promo Tokopedia menyambut Bulan Ramadhan

Jadi, untuk yang masih tetap bertahan di rumah saja, entah untuk bekerja dari rumah atau untuk berikhtiar kembali mencari pekerjaan, tokopedia bentar lagi bakal ngasih semacam kejutan besar loh.

Saya kasih penjabaran tanggal-tanggalnya yak :

  1. Bebas Ongkir.

Bebas Ongkir Tokopedia

Kalau kalian adalah tokopedia mania. Mantap. Kalian pasti sudah ngeh bahwa dari beberapa bulan lali, Tokopedia lagi gencarnya ngasih promo bebas ongkir 5 kali sehari, yang mana tentu ini sangat membantu sekali.

Oiya, di hari besar bulan Ramadhan, yaitu tanggal 3 dan 4 mei, toppers mania, mantap, akan merasakan bebas ongkir tanpa bats maksimal.

JADI. BURUAN BELI KULKAS DELAPAN PULUH BIJI. ONGKIRNYA GRATIS.

Crazy Deals (Mulai 1 April).

Crazy Deals in berisi promo-promo menarik dengan kategori berbeda-beda setiap harinya. Promo Crazy Dealsnya tokopedia ini berlangsung di setiap harinya, mulai pukul 10.00 sampai 14.00 WIB.

Kategori yang kena promo pun beragam, mulai dari produk elektronik, gadget, otomotif, produk kecantikan, hingga perlengkapan ibu dan bayi.

Brand Deals (Mulai 1 April).

Nah, di promo tokopedia nanti, akan ada penawaran menarik dari brand-brand maupun official yang telah bekerjasama dengan Tokopedia.

Siapa tau, kan, ada brand yang menjadi favorit kamu. Yuk, mulai geledah tokopedia segera.

Flash Coupon (Mulai 1 April).

Kupon promo tokopedia merupakan sebuah serdadu yang sangat menguntungkan bagi kita, para toppers mania, mantap, yang memang hendak belanja dan mencari cashback atau keuntungan lainnya.

Nah, di promo tokopedia ini, akan ada banyak kupon spesial yang pastinya bakal memanjakan kita semua loh.

Kejar Diskon (Mulai 1 April).

Kejar Diskon Tokopedia

Promo tokopedia makin menggila, dengan adanya kejar diskon ini, yang mana produk yang ditawarkan hanya sebesar kurang lebih 99 ribuan saja.

Udah gila.

Tiap dua jam sekali, jenis kategori produk yang didiskon akan berganti. Jadi, nyalakan alarmmu untuk memantau kejar diskon ini. Siapa tau, ada barang yang kamu inginkan da harganya dibawah 99 ribu.

Tokopedia Play – Live Shopping (Mulai 20 April).

Live Shopping Tokopedia

Untuk menikmati pengalaman berbelanja yang lebih seru serta mendapatkan promo ekslusif, diskon dan cashback.

Kotak Kejutan (Mulai 6 April).

  1. Kotak Kejutan (tap di app untuk dapat hadiah).
  2. Scan QR (user bisa menemukan tanda QR yang bisa di-scan untuk mendapatkan hadiah pada setiap partner offline store Tokopedia).
  3. Kotak Kejutan dan Scan QR berkesempatan mendapatkan hadiah: Kupon Diskon + Ovo Points, Kupon Cashback + Ovo Points, dan Kupon Undian Grand Prize (1 mobil, 5 motor, 50 smartphone, 500 emas 1 gram & 1.000 powerbank) + Ovo Points.

Gajian Ekstra (27-29 April)

Gajian Ekstra Tokopedia

Promo paling gila dari tokopedia ya ini. Gajian eksra, yang mana promonya akan ada diskon sebesar 80%.

Udah gila.

Adapun produk yang didiskon itu bermacam-macam, mulai dari baju, kosmetik, aksesoris, hingga makanan.

Mantep bukan?

baca juga : tips belanja online hemat

Oiya, kabarnya, promo gajian ekstra ini bisa digabung dengan promo gratis ongkir maupun kupon cashback loh.

Ya ampon, makin hemat. Gokil.

Tuh, mantep nggak?

Nggakpapa di rumah dulu, kalian masih bisa mendapat promo-promo menarik untuk kebutuhan sehari-hari kok.

Kalem. Ini nggak akan lama.

Semoga.

Ya.

Semoga.

Sabar yak.

Selamat siap-siap berbelanja nanti.

Selamat beristirahat.

62 comments

  1. dari awal baca kamu sm korona kok benci bgt ya, hehe.. dimisuhin terus. Semoga koronanya cepat selesai deh, biar kita bs hidup normal seperti sedia kala.

  2. Semoga wabah corona ini cepat berakhir dan ga balik-balik lagi.
    Biar Ramadhan ramai seperti tahun sebelumnya ya.
    Dan semoga perekonomian tetap membaik hingga kita belanja2 di Tokped ya, Feb.

  3. aku juga nggak menyangka kalau virus ini akan sampai ke Indonesia, bahkan hampir merata di seluruh provinsi. Dan yang jadi pertanyaan yang sama juga, ketika puasa dan lebaran nanti, bakalan sepi

    1. Nggak nyangka banget ya, mba, persebarannya sunggu meluas dan bangke sekali :’

      Semoga puasa dan lebaran aman deh, meskipun suda ada info kalau tarwih sama shalat ied di rumah :’

  4. Kamu kok tiba-tiba nggaya mikirin perekonomian sih, mas? Segala dollar naik, harga emas, reksadana mbok pikirin mbarang ik…

    Aku itu nunggu-nunggu pisuhan-mu di tiap postingan lho… aaah, ora gayeng iki!! 😀

  5. Kompliiit …pliit ..bangeet …
    Mulai dari corona si virus menjengkelkan, puasa, reksadana, imbas ke perekonomian daan .. belanja online …, xixiixii ..
    Bisaan deh mas satu ini merangkai kata 😁👍

  6. Duh, maybe karena kita take it for granted gitu sirup marjan dan ketupat selama ini, semangat mikirin buat bukber, hafalannya tiap bulan puasa segitu2 aja, duhh dasar aku

    anyway, yg tokped hari besar 4 Mei itu, harus diproses lsg sehari itu ya? kadang suka galau akutu yang responnya lama

  7. Mulai mencium bau-bau sponsored post pas mbahas nilai tukar rupiah dan emas dan reksadana. Eh, belum selesai dong, karena ternyata ditutup dengan tulisan promo-promo mantap dari tokopedia.

    Tokopedia?Mantap! *kaya acara di Tv sebelah.

    Yaudah, Feb, nitip salam buat ibuk. Lanjutin diskusinya lagi. Biar corona bisa segera musnah dari bumi ini. Aamiin

  8. Corona membuat semuanya menjadi berbeda. Saya juga udah bingung duluan sama keadaan pas nanti Ramadhan & Lebaran. Meskipun tetep berdo’a biar cepet selesai. Bahkan masa daruratnya aja diperpanjang terus kan:(

  9. Iya nih, mau kemana-mana jadi gak bisa gara-gara Corona. Niat mau backpacker-an ke Jogja awal April ini juga jadi gagal. Emang jahanam tuh Corona.

    Semoga aja sebelum Lebaran sudah minggat si Corona. Kalau gak minggat-minggat, bakal gagal mudik pula nih aku.

    Eh, btw semoga kita semua diberi kesehatan dan dihindarkan dari segala penyakit ya. Aamiin.

  10. Iya nih. Gara-gara Corona jadi gak bisa kemana-mana. Niat backpacker an ke Jogja awal bulan ini juga gagal gara-gara si Corona. Emang jahanam tuh Corona.

    Semoga aja Corona cepat-cepat minggat, ya. Bisa-bisa jadi gagal mudik pula aku kalau si Corona ini Lebaran belum minggat. 😭

  11. Sepertinya sih memang puasa ini bakal berbeda dari tahun tahun sebelumnya karena ada Corona, bahkan mungkin lebaran juga masih ada sehingga tidak bisa mudik.

    Padahal sudah mulai banyak iklan sirup di tv ya, tapi berasa belum kayak mau puasa, soalnya ada Corona sih.

    Tokopedia banyak amat sih promonya, jadi pengin belanja tapi duit pas pasan…😂

    1. Nah, bener. Udah bakal beda. Ketebak banget Emang virus bangkai sekali Corona mah.

      Hahaha, ku malah nga merhatiin iklan di tipi. Jarang nonton tipi wgwgwg

      Haha, tahan-tahan. Kalau mepet, ngausa dulu. Idup masi panjang :’

  12. Tenang Feb, si markonah ini bakalan sungkem sama kita dan bilang maaf lahir batik sebelum puasa dateng, aamiiiiiiin 😀

    Bt, kita saingan nih, aku mah tim Shopee :p

  13. Tenang Feb, si markonah ini bakalan sungkem sama kita dan bilang maaf lahir batin sebelum puasa dateng, aamiiiiiiin 😀
    Btw, kita saingan nih, aku mah tim Shopee :p

  14. wah mantap, bisa tetap belanja online ya. hmmm..semoga sebelum puasa dah ilang ni penyakit. tapi kok ya rasda pesimis ya, apa lagi puasa kurang dr setngh bulan lagi.

    pemerintah kali ya udah usaha ya, cuman ayolah dimaksimalkan lagi. kami ni apalah, rakyat biasa yang hanya bisa #dirumahaja

    1. Wahahha tapi tetep di hemat sih, soalnya perjuangan melawan si bangke korona ini masi sangat tidak bisa diprediksi bakal sampai kapan.

      Pesimis banget ini, Mba :’

      Iyaaa, ayok pemerintah, maksimalkan terus ah.

  15. Iya karena wabah virus corona saat ini alamat bulan puasa Ramadhan dan Idul Fitri berbeda dengan biasanya. Sedih juga .
    Aku belum pernah belanja di tokopedia.. mungkin suatu saat
    Sekarang yang prioritasnya kebutuhan pokok semvako ..Hehehe

    1. Dan ternyata beneran, bulan ramadhan ini nampak beda dan sepi banget.

      huft.

      hahaha bener sih, sekarang kepikiran buat kebutuhan pokok dulu. Karena masanya bener-bener sulit.

  16. Tinggal beberapa hari saja lagi nak masuk ramadhan dan virus corona masih belum redha. Semoga kita semua tabah hadapi ujian ini dan diberikan kesihatan yang baik untuk menunaikan ibadah puasa. Aaminn…

  17. Tau ah udah serius baca taunya iklan……..

    ….tapi serius deh bulan puasa tanpa tarawih itu kayak sepi banget huhu. Kayak hati yang bolong karena udah tercerabut. Sedihnya beda 😦

  18. Aku ga nyangka hrg emas sampe melonjak gitu :D. Nilai investasiku terdongkrak banget Krn hrg emas yg naik sih :D. Gitu jg dgn beberapa forex yg aku punya. Jd setidaknya memang ada sisi positif lah utk yg investnya di sana :D.

    Aku sih positif ini bakal berlalu. Apalagi aku msh punya tiket utk trip ke Iran sept, dan jepang February THN depan wkwkwkkw . Jd masih sangaaat berharap ini bakal membaik :D. Harus positif feb, biar bisa ttp waras 😉

    1. Waahahah sangat melonjak, mbaaaa.

      waaa, dirimu main investnya hebat-hebat. Menang banyak nih :

      Aamiin, semoga lekas membaik ya coronanya :’) ilang dan menjauh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s