8 Destinasi Alam di Wonosobo untuk Liburan Keluarga yang Tak Terlupakan

Berlibur Ke Wonosobo

Sumber: Holidayholiday.com.au

Tersohor dengan pesona alamnya yang menakjubkan, Wonosobo merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah, dimana letak persisnya itu sekitar 95 km dari Yogyakarta.

Mayan juga ya, anjay. Pantesan, dulu motoran dari Jogja ke Wonosobo, pantat seperti mati rasa. 95 kilometer anjaaaaaaay.

Sejak diresmikan pada tanggal 24 Juli 1825 silam, Wonosobo pun kini sukses menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di tanah air, lho. Tentu kalian semua sudah pada tau tentang fakta ini, bukan?

Nah, untuk itu, karena kalian sudah pada tau…

Ya…

Ya, ngapain saya jabarkan tentang destinasi-destinasi yang ada di sana ya?

Kan, kalian sudah tau?

Tapi, hm, tulisan ini saya tujukan kepada para anak-anak berumur 1 – 10 tahun saja deh, ah.

Halo anak-anak yang bermartabat dan belum mengenal alam raya yang asri sentoas, berikut saya akan merangkumkan untuk kalian semua, perihal delapan destinasi alam terbaik di Wonosobo yang cocok untuk momen liburan kamu bersama keluarga, atau bersama teman-teman saat study tour akhir semester nanti.

Ayok, pada demo untuk liburan ke Wonosobo.

Masa saya dulu SD di Jogja, study tournya cuma di… Kaliurang.

Yaela.

Yauda, gaskeun adek-adek.

Beserta kakak-kakaknya nggapapa.

8 Destinasi Wisata yang Mengasyikan di Wonosobo

1.   Destinasi Wisata Wonosobo : Kebun Teh Tambi

Mengajak keluarga berlibur ke perkebunan teh yang hijau dan asri tentunya bisa menjadi cara terbaik untuk menikmati momen kebersamaan yang sungguh asri. Terletak sekitar 16 km dari pusat kota Wonosobo, kebun teh ini menawarkan banyak aktivitas seru yang bisa dinikmati oleh segala usia. Kami bisa mencoba fasilitas outbound di sekitar kebun teh, atau mengikuti tur ke pabrik teh lokal untuk melihat langsung bagaimana proses pengolahan teh asli sana. Untuk kenyamanan selama berlibur di tempat wisata ini, penginapan-penginapan dengan fasilitas memadai pun juga telah disediakan di sekitar area kebun teh, loh.

baca juga : pengalaman seru menaiki peanjakan bromo

Jadi kamu dan keluarga tidak perlu susah-susah lagi berpikir mau tidur di mobil atau mushola terdekat.

Aman.

2.   Destinasi Wisata Wonosobo : Telaga Menjer

Berlibur Ke Telaga Menjer Wonosobo

Sumber: Wisatadipemalang.com

Disebut sebagai salah satu “surga tersembunyi” yang ada di Wonosobo, Telaga Menjer menawarkan pemandangan panorama yang instagrammable, dan pastinya bakal membuat feed media sosialmu banjir like, ataupun komentar jika foto yang kamu sajikan sedang berenang bersama putri duyung. Sejarah dari kemunculan telaga ini pun awalnya disebabkan oleh aktivitas letusan gunung berapi, yang kemudian oleh pemerintah setempat difungsikan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air. Jangan lewatkan juga kesempatan untuk menyusuri telaga dengan sampan yang disewakan warga sekitar, dengan tarif yang tentu masih normal di kantong pun juga demi memberi masukan kepada warga setempat. Durasi untuk satu kali putaran biasanya sekitar 30 menit.

Nggak rugi dong ah.

3.   Destinasi Wisata Wonosobo : Telaga Warna

Berlibur Ke Telaga Warna

Mengenalkan keindahan telaga cantik ini juga bisa menjadi cara terbaik untuk membuat si kecil lebih dekat dengan alam, lho. Keistimewaan dari Telaga Warna yang ada di Wonosobo ini adalah karena warna airnya yang dapat berubah-ubah. Kadang-kadang, warna air telaga ini tampak biru kehijauan. Akan tetapi, di saat berbeda, warnanya bisa berubah jadi kuning atau bahkan menampilkan corak pelangi. Fenomena itu dikatakan sebagai akibat dari tingginya kandungan belerang pada telaga.

Keren banget ya, gilak.

Tapi terakhir saya ke sana sih, Telaganya berwarna hijau dan sedikit surut karena musim kemarau berkepanjangan kemarin deh kayaknya.

Telaga Warna Kering

4.   Destinasi Wisata Wonosobo : Dieng

Wisata Dieng

Sumber: Sekolahdjuwita.sch.id

Siapa pun yang ingin berlibur ke Wonosobo pasti tertarik untuk mencari tahu tentang review lengkap mengenai Dieng. Hal ini lumrah karena Dataran Tinggi Dieng adalah salah satu destinasi wisata unggulan di kabupaten tersebut dan khususnya Provinsi Jawa Tengah. Selain menyajikan panorama pegunungan yang hijau, Dieng memberi Anda tempat yang sempurna untuk keluar sejenak dari pemandangan sesak perkotaan. Dari atas puncak Dieng, Anda juga dapat menikmati pemandangan Candi Arjuna yang terlihat begitu memesona dari kejauhan, cek selengkapnya di sini.

Intinya, puncak dari apa yang ada di Wonosobo adalah Dieng.

Sikunir

Mantep banget.

Oiya, mampir ke puncak sikunir deh, berangkat pagi-pagi dari penginapan untuk mendapatkan view menarik seperti ini :

Pemandangan Puncak Sikunir

Keren kan?

5.   Destinasi Wisata Wonosobo : Pemandian Air Panas Kalianget

Anak-anak pasti suka kalau diajak bermain air. Untungnya, kolam renang yang satu ini juga dapat dinikmati oleh orang dewasa. Maka, mampirlah ke sebuah pemandian air panas alami yang berada di Dieng km 3 atau tepatnya berada di Desa Kalianget. Memasuki kompleks pemandian Kalianget, Anda akan disuguhi dua pilihan kolam dengan kedalaman mulai dari 50 cm sampai 1 meter. Selain bikin tubuh jadi terasa lebih relaks, kandungan belerang yang ada di dalam air kolam juga diyakini dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit, loh.

baca juga : Trip To Baluran : Mencicipi Nikmatnya Nasi Tempong Mbok Nah

Relaks dapet.

Refreshing dapet.

Eh, kesehatan kulit pun didapat.

Memantapi diri.

6.   Destinasi Wisata Wonosobo : Agrowisata Tanjungsari

Wisata Wonosobo Agrowisata Tanjungsari

Sumber: Doyanjalanjajan.com

Wonosobo juga memiliki Tanjungsari sebagai salah satu wisata kebun teh yang populer di daerah tersebut. Menikmati pemandangan perkebunan teh yang hijau tentu jadi aktivitas utama dari destinasi alam ini. Namun, Agrowisata Tanjungsari juga menyediakan fasilitas pendukung seperti area outbound dan camping, serta kolam renang. Tak hanya itu, tersedia pula fasilitas pondok wisata bagi Anda yang ingin lebih lama dalam menikmati keindahan Tanjungsari.

Wonosobo nggak kalah sama Situ Patenggangnya Jawa Barat deh, aslik.

7.   Destinasi Wisata Wonosobo : Kawah Sikidang

Kawah Sikidang dari Jauh

Menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Dieng, Kawah Sikidang terbentuk karena adanya aktivitas vulkanik. Menariknya, lokasi kawah ini disebut dapat berpindah-pindah tempat. Karena suhu airnya mencapai 90 derajat Celcius, wisatawan umumnya membawa telur untuk dicelupkan ke dalam kawah. Hanya menunggu sekitar 10-15 menit, telur itu pun akan matang dan siap disantap. Tentunya, sensasi makan telur yang direbus di dalam Kawah Sikidang bisa jadi pengalaman wisata yang unik.

Kawah Sikidang

8.   Destinasi Wisata Wonosobo : Kawah Sileri

Wisata Kawah Sileri

Sumber: Backpackerjakarta.com

Selain Sikidang, Kawah Sileri juga menjadi tujuan wisata yang tersohor di Dieng. Kawah ini berlokasi tepatnya di Desa Kepakisan. Membentang seluas 4 hektar, Kawah Sileri menyajikan panorama kabut putih yang cantik untuk dipotret. Untuk kenyamanan para wisatawan yang  berkunjung ke ana, pemerintah Wonosobo juga menyediakan beberapa unit gazebo sebagai tempat istirahat. Tak cuma itu, fasilitas tangga beton untuk akses menuju bibir kawah juga tersedia, lho.

Wah, bener-bener kita sebagai wisatawan dimanjakan banget sama pemerintah wonosobo untuk menikmati tempat wisatanya ya.

Ena.

Ehe. Ehe.

baca juga : cerita pendakian di gunung andong

Selain 8 tempat di atas, apakah kalian pernah menemukan surga tersembunyi lain di Wonosobo?

Share, dong.

Eh iya, Prau yang golden sunrisenya sangat aduhai itu juga masuk di daerah Wonosobo nggak sih?

Semoga rekomendasi yang dijabarkan di atas bisa jadi referensi untuk kalian yang ingin merencanakan liburan ke Wonosobo bersama keluarga ya. Cek juga situs resmi pemerintah setempat untuk cari informasi detail tentang destinasi favorit, serta dapatkan promo atau diskon tur ke Dieng dan sekitarnya dengan mengunjungi web agregator pemberi cashback seperti ShopBack.

ShopBack mania?

Mantap!

7 comments

  1. Tulisan ini bikin saya kangen Dieng nih…
    Telah 2 kali saya berkunjung ke Dieng, dua-duanya saat berlangsungnya Dieng Culture Festival…
    Sempat berkunjung juga ke destinasi2 yang ditulis disini seperti Telaga Warna, Sikidang…
    Dieng tetap ngangenin, Mas.

    Salam,

  2. Wuhuuu. wonosobooo. mau ikutan komen ah, krna pernah ksana~ walopun kek kebelet boker, nginep sehari doang besoknya pulang. kurang puaas huhuuu. wisata kulinernya kurang dieksplor 😦 Iyak, gunung Prau di situ jg, deketan sm Sikunir itudeh, Sikunir itu trmasuk dataran tinggi dieng, toh? Pokoknya sebutannya klo udh di wonosobo mah dieng mulu, jd gabisak bedain wkwkw monmaap. tp daku kurang cucok deh wisata yang banyak menanjak2.. akibat jarang gerak berat2 jg kaliyak wkwk. Mau ke wonosobo lg… yg lamaa. mau ke jogja juga. hehe. hehe. org jauh pgnnya ke jogja, org jogja bosen liburannya sekitar jogja doang yak. dasar manusya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s