125 Tempat Wisata Bandung yang Bisa Kalian Kunjungi

Kemarin saya habis mengunjungi kota Bandung dan sekitarnya.

Tentu, sebelum menuju ke tempat yang dijuluki dengan sebutan Kota Kembang, atau yah, kota yang identik dengan Dilan dan Milea-nya itu, saya pun beberapa kali mencoba meng-googling perihal tempat-tempat wisata apa saja yang layak di kunjungi di sana.

Hasilnya?

Mengejutkan.

Tempat Wisata Bandung Listicle

mantap (Source by : Google)

Beberapa kontributor blog, yang mungkin ingin tulisannya dibaca dan masuk page one, pun terlihat berlomba-lomba di sana. Ramuannya pun identik, yaitu model-model listicle dengan banyak-banyakan alternatif tempat wisata yang direkomendasikan.

Ada yang 10 tempat, ada yang 20 tempat, ada yang 30 tempat, bahkan ada yang 99 tempat. Tapi bangsatnya, setelah di klik, ya mirip-mirip doang, bahkan ada yang menyebutkan 93, ternyata isi listicle artikelnya cuma sekitar 20-an saja.

Anjeng emang.

Mantap

Jagoan (source : tempatwisataseru)

Maka, pada tulisan kali ini, saya belum akan menceritakan perihal cerita perjalanan saya traveling ke Bandung kemarin, namun lebih tertarik untuk menjadi ‘anjeng’ yang akan menjabarkan tentang tempat-tempat di Bandung yang bisa teman-teman kunjungi.

Emang kalian doang yang bisa jadi ‘anjeng’ apa?

Ehe.

Kok saya kasar sekali ya anaknya, ya ampon.

Yaudah, nggapapa.

Langsung saja kita mulai topiknya, yaitu dengan langkah pertama adalah membuat sub judul aduhai dengan menggunakan heading 1 seperti ini :

125 TEMPAT DI BANDUNG YANG BISA KALIAN KUNJUNGI SAAT TRAVELING

Observatory Bosscha

Bosscha Observatory

Mampos, banyak banget ngga tuh 125 biji. Saya anaknya emang nggak mau kalahan.

HAHA.

Cara mengakali perihal banyaknya tempat di Bandung yang bisa dikunjungi ini ya jelas dengan memberikan semacam disclaimer begini :

Tempat yang dimaksud ini secara umum ya, bukan melulu tempat wisata atau tempat makan.

Aha, beres kan?

Ya iyalah, sekarang, mari kita jabarkan satu-satu perihal tempat di bandung yang bisa dikunjungi saat traveling ini.

Gas.

1.     Tempat Wisata di Bandung bernama : Stasiun Kiaracondong

Stasiun Kiaracondong

Stasiun Kiaracondong Bandung (Source by : Google Maps)

Tentu saja, Kiaracondong adalah nama stasiun yang biasa dituju oleh para traveling low budget yang menaiki kereta Kahuripan dari Blitar menuju Bandung.

Tida masalah dong, namanya juga pengiritan dan tujuannya adalah yang penting sampai, kan?

Stasiun Kiaracodong ini berada di sekitaran Jalan Babakan Sari, Bandung. Saya kebetulan saat ke Bandung dulu nggak keluar-keluar dari Stasiun Kiaracondong gitu, karena lebih memilih untuk menumpang tidur sebentar di kursi deket peron kereta, sembari menunggu kereta lokal Bandung datang sekitar pukul 05.30 WIB.

Mayanlah, 2.5 jam istirahat sejenak.

Ehe.

2.     Tempat Wisata di Bandung bernama : Stasiun Bandung

Stasiun Bandung

Stasiun Bandung

Stasiun Bandung ini biasanya dituju oleh mereka para traveler yang punya dana lebih untuk menaiki kereta-kereta mantap, dengan harga kursi yang juga mantap tentunya.

Atau, ya, para penumpang kereta lokal bandung yang bisa dibeli dengan harga yang mayan juga. Kemarin saya sama pacar sih belinya cuma Rp. 5000 saja dari Kiaracondong ke Stasiun Bandung. Jarak tempuhnya sekitar 9 km dengan waktu 12 menitan gitu, karena harus berhenti di stasiun Cikudapateuh dulu sejenak.

Yah, namanya juga kereta lokal kan, jadi, ya harus berhentidi semua stasiun yang ada di Bandung.

Ehe.

3.     Tempat Wisata di Bandung bernama : Roti O

Roti O

Roti O Bandung (Source by : Google Maps)

Roti O, jelas saja bisa disebut dengan nama roti stasiun atau roti bandara, biasanya, kalau ada Roti O, ya, paling enggak ada CFC dah.

Aha.

Baca juga : Traveling ke Malang Mantap

Kenapa ini bisa dibilang tempat wisata di Bandung, karena, Roti O ini sering dikunjungi oleh banyak orang kalau misal lapar atau sekedar menghambur-hamburkan uang.

Aroma yang disebar oleh roti ini juga kurang ajar edannya sih.

Menggoda parah.

4.     Tempat Wisata di Bandung bernama : Indomaret Stasiun Kiaracondong

Indomaret Kiaracondong

Indomaret Kiaracondong Bandung (Source by : Google Maps)

Kembali lagi ke sekitaran Kiaracondong, tentu saja, untuk para traveller jagoan, amat sangat dianjurkan untuk dapat mengunjungi tempat wisata bandung yang satu ini, yaitu Indomaret yang ada di Stasiun Kiaracondong.

Kenapa?

Karena disana, tepatnya pas saya ke Bandung kemarin, pas banget lagi ada promo freeze food gitu diskon 50%.

Geula nggak sih?

Meskipun rasanya biasa saja, tapi, yah, hargailah promo-promo yang diusahakan oleh Indomaret, jangan promo yoshinoya sama chattime saja yang diburu.

Aduh.

5.     Tempat Wisata di Bandung bernama : Hotel Zodiak

Hotel Zodiak Bandung

Hotel Zodiak Bandung (Source by : Google Maps)

Kemarin waktu jalan-jalan di Bandung, liat hotel ini mejeng di dua tempat gitu. Saya nggak tau ada berapa cabang dari hotel ini, tapi yang jelas, ada satu yang emang tempatnya deket sama stasiun.

Jadi, untuk para traveller, yang emang punya duit lebih, ya, cobain saja deh untuk bisa nginep di hotel ini.

Alasannya?

Ya, daripada duitnya nggak kepake kan.

Itung-itung deket sama stasiun, nggak usa terlalu cape jalan atau terlalu banyak mengeluarkan ongkos untuk gojek.

6.     Tempat Wisata di Bandung bernama : Hotel Citradream

Hotel Citradream

Hotel Citradream Bandung (Source by : Google Maps)

Selain hotel zodiak, di deket stasiun bandung pun juga ada yang namanya Hotel Citradream. Hotel ini tepatnya sih, di depan SMA N 6 gitu kayaknya.

Ohiya, di depan SMA N 6 itu juga ada warung makan nasi uduk yang lumayan enak dan murah. Harganya cuma 10.000 saja, sudah sama minum.

Mantap pokoknya.

Kan mayan, duit abis buat nyewa hotel citradream, untuk berhemat, ya makan aja itu nasi uduk tiap hari.

Ehe.

7.     Tempat Wisata di Bandung bernama : Hotel Bobobox

Bobobox

Bobobox Bandung (Source by : Google Maps)

Hotel Bobobox ini merupakan hotel yang sangat membuat saya tertarik untuk mencobanya, tapi nggak jua saya coba.

Pankapan saja dah.

Soalnya, konsep yang dibuat oleh bobobox ini sangat mantap gitu. Kamarnya model kapsul, ada yang posisinya di atas, pun juga ada yang di bawah. Ukuran kasurnya double bed, yang bisa dipake buat dua sampai tiga orang, asal tau diri saja sama berat badannya.

Ohiya, bobobox ini ada aplikasi tersendiri untuk kalian yang emang ingin make kamar ini, mengingat katanya, semua penggunaan pintu, pengatur lampu, dllnya itu semua pakai aplikasi.

Yah, kalau mau coba, siapin aplikasinya saja.

Murah juga kok untuk nginepnya, semalem kisaran 130.000 saja.

8.     Tempat Wisata di Bandung bernama : Tambal Ban

Tambal Ban Bandung

Tambal Ban Bandung (Source by : Google Maps)

Ohiya, tempat wisata tambal ban ini bisa dikunjungi oleh kalian yang misal pake motor atau mobil, kemudian tiba-tiba saja bannya njeblos di jalan.

Ya, masa, ban bocor, yang dicari pom bensin?

Kan, ngga masyuk.

Jadi, Tambal Ban menjadi tempat penting yang harus dikunjungi oleh kalian para traveling mantap.

9.     Tempat Wisata di Bandung bernama : SPBU Pertamina 34-40110

SPBU Pertamina 34-40110

Pom Bensin Bandung (Source by : Google Maps)

Dimana tujuan kita apabila bensin di dalam motor maupun mobil habis?

Ya, tentu SPBU jawabannya.

Nah, untuk kalian yang misal sedang berada di Jalan Ahmad Yani, Bandung, lalu tiba-tiba kehabisan bensin, maka solusi utamanya adalah mampir sejenak di SPBU Pertamina 34-40110, yang terletak di kiri jalan.

Mantap bukan?

10. Tempat Wisata di Bandung bernama : SPBU Pertamina 34-40249

SPBU Pertamina 34-40249

SPBU Bandung (Source by : Google Maps)

Kalau misal kalian para traveller jagoan merasa bahwa SPBU di kiri jalan itu sudah terlalu mainstream, maka kalian bisa mampir ke SPBU Pertamina 34-40249 yang berada di kanan jalan Ahmad Yani.

Yah, tinggal jalan sedikit aja ke arah barat dari SPBU sebelumnya kok.

Kalem.

11. Tempat Wisata di Bandung bernama : SPBU Pertamina 34-40247

SPBU Pertamina 34-40247

SPBU Pertamina Bandung (Source by : Google Maps)

Kalau misal ternyata saat kalian sudah mau mampir ke SPBU yang ada di kanan jalan, tapi nyebrangnya sulit, atau ternyata antriannya panjang, kalian bisa lurus aja untuk mencapai ke SPBU Pertamina 34-40247.

Lokasinya berada di Jalan Ibrahim Adjie, nggak jauh-jauh kok dari Jalan Ahmad Yani tadi.

Baca Juga : Kampung Jodipan yang memesona, yuk kesana

Kalau merasa kejauhan, ya putar balik saja, nanti juga ketemu sama SPBU yang pertama tadi kok.

Ribet amat jadi traveller.

12. Tempat Wisata di Bandung bernama : Masjid Nurul Amal

Masjid Nurul Iman

Masjid Nurul Amal Bandung (Source by : Google Maps)

Untuk para travellers sejati yang sampai Bandungnya tepat di pagi hari dan pasti tidak sempat mandi, maka Masjid Nurul Amal bisa menjadi alternatif tempat termantap untuk kalian menumpang mandi.

Yah, itung-itung habis shalat subuh sebentar, lalu cabut mandi, kan nggak salah.

Pasti takmir masjidnya juga maklum kok.

Masjid Nurul Amal ini sendiri berada di Belakang Rumah Makan Ampera, Jalan Kebon Kawung.

Deket sama Stasiun Bandung kok, kalem.

13. Tempat Wisata di Bandung bernama : Masjid Daarut Tauhid

Masjid Daarut Tauhid

Masjid Daarut Tauhid Bandung (Source by : Google Maps)

Kalau misal kalian anaknya adalah introvert, dan tidak ingin mandi di masjid yang deket sama stasiun Bandung, maka kalian bisa singgah ke Masjid Daarut Tauhid saja, yang mana lokasinya berada di Jalan Gegerkalong Girang.

Jarak antara Masjid Daarut Tauhid sama Stasiun Bandung kurang lebih 7 kilometer kok, yah, tida terlalu jauh dan tidak terlalu dekat juga.

Mantap.

14. Tempat Wisata di Bandung bernama : Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman Aceh (Source by : Google Maps)

Kalau kalian masih merasa sangat introvert dan ternyata 7 km masih terlalu dekat dengan Stasiun Bandung, maka solusi selanjutnya adalah mandi saja di Masjid Raya Baiturrahman.

Masjid ini berada di Kampung Baru, yang mana jika dirunut jaraknya melalui Google Maps, maka kurang lebih 2662 kilometer jauhnya dari Stasiun Bandung.

Mayan.

Makanya jangan ribet.

15. Tempat Wisata di Bandung bernama : Warung Jafar

Warung Jafar jalan Salak

Warung Jafar Bandung (Source by : Google Maps)

Untuk kalian yang suka ngudud dan bingung belinya dimana, karena kebetulan lagi jauh-jauhan sama Indomaret, kalian bisa mampir ke warung jafar yang berada di jalan Salak kecamatan Lengkong.

Di sana dijual bermacam-macam jajanan sama udud kok.

Kalem.

Harganya tida mahal dan tida dikenai pajak.

16. Tempat Wisata di Bandung bernama : Indomaret Ahmad Yani

Indomaret Ahmad Yani

Indomaret Bandung (Source by : Google Maps)

Kalau merasa bahwa beli udud di warung amat sangat tidak level, maka kalian bisa mampir saja di Indomaret Ahmad Yani, yang letaknya jelas di Jalan Ahmad Yani.

Beli kondom di sana juga bisa, biasanya di rak-rak deket kosmetik.

Tenang, bagi yang belum pernah beli kondom, tidak ditanyain KTP atau ditanyain macem-macem kok.

Legal.

17. Tempat Wisata di Bandung bernama : Masjid Sukawangi

Kalau pas mampir di Indomaret tadi kebetulan sudah waktunya masuk jam Shalat Dhuhur atau Ashar, boleh mampir ke Masjid Sukawangi ini.

Deket kok.

Tinggal makcrit saja.

Daripada dosa, mending segera Shalat.

18. Tempat Wisata di Bandung bernama : Polrestabes Bandung

Polrestabes Bandung

Polrestabes Bandung (Source by : Google Maps)

Kalau di sini ada Traveller yang kebetulan ingin main sekalian ngurus SKCK buat daftar kerja atau CPNS, bisa mampir ke Polrestabes Bandung, yang berada di jalan Merdeka, Babakan, Ciamis.

Kalem, ngantrinya nggak lama kok.

Kayaknya.

19. Tempat Wisata di Bandung bernama : Samsat Soekarno Hatta Bandung

Samsat Soekarno Hatta

Samsat Bandung (Source by : Google Maps)

Siapa tau ada traveller yang surat tanda nomor kendaraan rentalan motornya mati, ya, bisa mampir sebentar, dan diperpanjang di sini kok.

Itung-itung bantuin mas-mas sewa motornya.

Mungkin dia sibuk sampai lupa memperpanjang STNK.

20. Tempat Wisata di Bandung bernama : Kantor Walikota

Kantor Walikota

Kantor Walikota Bandung (Source by : Google Maps)

Kalau ada Traveller yang saudaranya Bapak Oded Muhammad Danial, bole banget mampir sebentar untuk salim dan minta sangu di sini.

21. Tempat Wisata di Bandung bernama : Masjid Agung Al-Ukhuwwah

Masjid Agung Al-Ukhuwwah

Masjid Agung Al Ukhuwwah Bandung (Source by : Google Maps)

Habis salim sama Bapak Oded, jangan lupa shalat kalau memang sudah waktunya.

Numpang mandi juga nggapapa.

Masjid Agung Al Ukhuwwah ini ada di deket Kantor Walikota kok.

22. Tempat Wisata di Bandung bernama : Tempat Parkir Cihampelas.

Tempat Parkir Cihampelas

Parkiran Cihampelas Bandung (Source by : Google Maps)

Tempat ini tentunya ditujukan untuk para traveller yang membawa motor, dan ingin memarkirkan motornya di tempat yang aman ya.

Parkirin motornya di sana, lalu jalanlah menuju Ranca Upas.

Mantap.

23. Tempat Wisata di Bandung bernama : Cilor Cigembreng

Cilor Cigembreng

Kang Cilor Bandung (Source by : Google Maps)

Kalau kalian bener-bener nekat untuk jalan dari Cihampelas sampai Ranca Upas, jangan lupa mampir buat beli cilor abang-abang yang berada di Soreang.

Yah, setengah perjalanan menuju Ranca Upas, pasti capek dong?

Makanya, makan dulu.

Nanti mati.

24. Tempat Wisata di Bandung bernama : Zebra Cross

Zebra Cross

Zebra Cross Bandung (Source by : Google Maps)

Kalau ada persimpangan, dan kalian harus nyebrang, mampirlah sejenak di Zebra Cross buat nyebrang.

Biar kalau ketabrak, kalian dapet asuransi.

Lumayan.

25. Tempat Wisata di Bandung bernama : Pertamini Jalan Arjuna

Pertamini

Pertamini Bandung (Source by : Google Maps)

Buat kalian yang merasa anti Ahok dan tidak ingin menguatkan pertamina, bole banget untuk mengisi bensin di pertamini saja, mengingat pertamini olahan bensinnya adalah secara organik dari terumbu karang.

Pertamini ini terletak di Jalan Arjuna, dan deket sama warung.

Bisa sambil ngemil sama debatin masalah Ahok.

26. Tempat Wisata di Bandung bernama : Lampu Merah

Lampu Merah

Lampu Merah Bandung (Source by : Google Maps)

Lampu merah adalah Tempat Wisata di Bandung yang pasti akan dilewati dan dimampiri sejenak oleh para traveller.

Mantap.

27. Tempat Wisata di Bandung bernama : Toko Kelontong

Toko Kelontong

Toko Kelontong Bandung (Source by : Google Maps)

Toko Kelontong yang berada di Jalan Sukamulya ini cukup cocok untuk kalian yang sedang traveling dan membutuhkan sekilo beras ataupun gula pasir.

Baca Juga : Pantai-Pantai Indah di Banyuwangi Mantap

Siapa tau mau bikin nasi goreng sama teh anget di penginapan kan.

Silakan datang.

28. Tempat Wisata di Bandung bernama : WC Umum

WC umum

WC Umum Bandung (Source by : Google Maps)

Kalau misal kalian para traveller lagi jalan-jalan di sekitaran Braga, kemudian muncul hasrat untuk pipis maupun boker, maka WC umum yang berada di komplek Ruko Suniraja adalah penyelamat yang tepat.

Mampirlah.

Jangan ditahan.

Nanti sakit.

29. Tempat Wisata di Bandung bernama : Masjid

Saya cuma pengen ngingetin, kalau traveling jangan lupa shalat, mau dimanapun masjidnya

Oke?

Mantap.

30. Tempat Wisata di Bandung bernama : Bakul Gorengan

Bakul Gorengan

Bakul Gorengan Bandung (Source by : Google Maps)

Saya mau bilang, kalau gorengan yang diperjual-belikan di Bandung itu memiliki citarasa yang mantap.

Tempenya garing, tahunya apalagi.

Primadonya, tentu Cireng.

Kalu kalian para traveller mantap sedang jalan dan liat para bakul goreng, saya sarankan berhenti dan belilah secuil.

Yah, bagi-bagi rezeki kan pak.

31. Tempat Wisata di Bandung bernama : Mall

Travelling ke Bandung kalau mau jalan-jalan ke Mall nggapapa, kayaknya menjelang akhir tahun bakal banyak diskon.

32. Tempat Wisata di Bandung bernama : Pangkalan Ojek

Pangkalan Ojek

Pangkalan Ojek Bandung (Source by : Google Maps)

Kita jangan pernah melupakan jasa para ojek pangkalan. Maka mampirlah sejenak untuk mengobrol mengenai hidup dan rezeki.

Lalu pulanglah kembali ke penginapan dengan naik ojol.

Biar praktis.

33. Tempat Wisata di Bandung bernama : Kampus ITB

Kalau lagi travelling ke Bandung, mau nggak mau, kalau ngikutin google maps, kita pasti diarahin untuk lewat jalan atau area kampus ITB.

Percaya deh.

Jadi, terima sajalah.

Cewenya cakep-cakep kok.

34. Tempat Wisata di Bandung bernama : Kampus Unikom

Kemarin saya nginepnya di deket kampus Unikom, jalan Dipatiukur. Disitu ceweknya cakep, udah gitu mandiri.

Masa beli seblak, mereka masak sendiri?

Tapi saya ngga ngegodain karena pacar saya sudah ngepalin tangan saat saya ngelirik sebentar.

35. Tempat Wisata di Bandung bernama : Kampus Institut Teknologi Harapan Bangsa

Universitas Harapan Bangsa

Universitas Harapan Bangsa Bandung (Source by : Google Maps)

Kalau mampir Unikom, jangan lupa lewat Institut Teknologi Harapan Bangsa.

Kampusnya bagus.

Suwer.

Mewah banget, kek hotel.

36. Tempat Wisata di Bandung bernama : SPBU Dipatiukur

Bensin habis saat lewat Institut Teknologi Harapan Bangsa?

Kalem, ada SPBU di kanan jalan kok kalau dari arah utara.

Belok saja sebentar.

Antrinya nggak lama.

37. Tempat Wisata di Bandung bernama : Kantor BPJS Cabang Bandung Suci

BPJS

Kantor BPJS Bandung (Source by : Google Maps)

Kantor BPJS yang berlokasi di Jalan PH H Mustofa, tentu merupakan tempat yang tepat bagi kalian para Traveller yang ingin jalan-jalan sekaligus mengurus kartu BPJS Ketenagakerjaan.

38. Tempat Wisata di Bandung bernama : Rumah Sakit Hasan Sadikin

Kalau misal kalian para traveller merasa sakit flu, dan kebetulan punya duit banyak karena kalian anak sultan, bole banget mampir ke Rumah Sakit Hasan Sadikin untuk berobat.

Fasilitasnya sepertinya mayan juga kalau misal pengen rawat inap.

39. Tempat Wisata di Bandung bernama : Puskesmas Sekeloa

Kalau kalian para traveller low budget dan sakit tipes, tapi ngga punya duit, yaudah, ke Puskesmas Sekeloa saja di Jalan Tubagus Ismail Bawah.

Nggapapa.

Saya wajar kok.

40. Tempat Wisata di Bandung bernama : Panti Pijat

Panti Pijat

Panti Pijat Bandung (Source by : Google Maps)

Kalau kalian para traveller yang sakit urat, dan suka cara tradisional untuk mengatasinya, mampir saja di Panti Pijat Bandung, salah satunya di Jalan Zamrud, Kota Bandung.

Nga tau apakah bisa pijat plus-plus atau tidak.

Tapi, tanya saja.

Malu bertanya, sange di jalan kan?

41. Tempat Wisata di Bandung bernama : ATM BRI

ATM BRI

ATM BRI Bandung (Source by : Google Maps)

Tempat wisata terfavorit yang apabila dilewatkan begitu saja akan membuatmu bingung untuk bayar pijet, beli bensin, beli udud, beli bensin, dan nambal ban.

Ya, ya jelas, ATM BRI ini tempatnya.

42. Tempat Wisata di Bandung bernama : ATM Mandiri

ATM Mandiri sama BNI

ATM Mandiri Bandung (Source by : Google Maps)

Kalau ATM-nya Mandiri ya ke sini dong.

43. Tempat Wisata di Bandung bernama : ATM BCA

Kalau ATM-nya BCA, lebih baik ke sini.

44. Tempat Wisata di Bandung bernama : ATM BTN

BTN ada?

Kesini saja.

45. Tempat Wisata di Bandung bernama : ATM BPD

PNS merapat.

Tempatmu di sini.

46. Tempat Wisata di Bandung bernama : ATM Er Rak Error

ATM Er Rak Error

ATM Er Rak Error Bandung (Source by : Google Maps)

Itu judul film, anjeng.

47. Tempat Wisata di Bandung bernama : Neutron

Untuk para traveller yang ingin berwisata sembari mendapatkan ilmu yang cepat, dan memahami rumus jitu untuk pelajaran SMP-SMA, main saja ke Neutron, siapa tau ketemu Joshua sama Tasya.

48. Tempat Wisata di Bandung bernama : Ganesha Operation

Kalau ada yang lebih suka dengan rumus The King, ya ke Ganesha Operation saja. Siapa tau lulus masuk ITB.

49. Tempat Wisata di Bandung bernama : Primagama

Kalau ngga mau keduanya, yasudah, Primagama juga bagus kok.

50. Tempat Wisata di Bandung bernama : Yayasan Panti Asuhan

Para Traveller yang berjiwa dermawan dan baik hatinya, bole banget untuk mampir ke Yayasan Panti Asuhan untuk menyumbangkan sedikit rezekinya.

Bisa jalan-jalan ke Bandung, pasti duitnya banyak dong?

Hayok sedekah.

51. Tempat Wisata di Bandung bernama : SMP Muhammadiyah

Siapa tau kalian yang lagi Traveling ini adalah saudara dari Haedar Nashir kan, maka kunjungan sebentar ke SMP Muhammadiyah di Bandung sembari jajan cilok dari abang-abang yang jualan di depan pager sekolahnya kan nggak salah juga.

52. Tempat Wisata di Bandung bernama : SMA N 20 Bandung

Para Traveller yang menjadi bagian dari fans beratnya Dilan, silakan main ke SMA N 20 Bandung sambil bawa gear lalu teriak :

‘DILAN MANA LU ANJENG, KELUAR’

Pasti sangat mantap.

Mengingat SMA N 20 ini merupakan tempat syutingnya film Dilan.

53. Tempat Wisata di Bandung bernama : Barber

Traveller lakik yang rambutnya kepanjangan dan pengen daftar ABRI, boleh mampir ke sini.

54. Tempat Wisata di Bandung bernama : Salon

Traveller cewe yang pegel-pegel dan pengen menicure pedicure, silakan mampir sebentar.

55. Tempat Wisata di Bandung bernama : ASUS Service Center

ASUS Service Center

ASUS Service Center Bandung (Source by : Google Maps)

Traveling ke Bandung pake hape ASUS dan hapenya tiba-tiba error?

Mampir saja ke ASUS Service Center di Jalan Gurame, Burangrang, Bandung.

56. Tempat Wisata di Bandung bernama : Astra Motor Bandung

Motor butuh ganti oli?

Mampir saja  Astra Motor Bandung, di Jalan Jend Sudirman.

Biasanya dapet teh kotak loh.

57. Tempat Wisata di Bandung bernama : Bengkel

Yah, kalau males ke Astra karena mahal dan antrinya lama, bole deh, ke Bengkel biasa saja.

Sama-sama mantapnya kok.

Yang penting motor beres dan ngeng-ngeng.

58. Tempat Wisata di Bandung bernama : Apotek K24

Apotek K24

Apotek K24 Bandung (Source by : Google Maps)

Motoran muterin Bandung pasti capek kan?

Makanya, beli koyok cabe di Apotek K24 dong.

59. Tempat Wisata di Bandung bernama : Tupperware

Ibuk di rumah pasti menunggu kepulangan dan ingin dibelikan oleh-oleh?

Maka, beli Tupperware saja di Tupperware Bandung, Jalan Buah Batu.

60. Tempat Wisata di Bandung bernama : Xtrans Shuttle

Bosen muter Bandung? Ya, keluar saja ke daerah Bandung dengan mampir ke Shuttle Xtrans.

Tujuannya bisa ke Bekasi, Cilegon, Jakarta, Semarang, Pekalongan, Serang, Solo, dan Tangerang loh.

61. Tempat Wisata di Bandung bernama : Terminal Bandung

Males naik X Trans, naik Bis saja boleh. Tapi, mampir dong ke Terminal Bandung.

Sambil beli gorengan di gerai sekitar terminal, pasti banyak yang jual.

62. Tempat Wisata di Bandung bernama : JNE

Ingin kirim barang secara cepat dan praktis, JNE saja.

Kalian bisa mengunjunginya di jalan Jend Sudirman No.179 Cibadak, atau ya cabang lainnya sedeket kalian saja deh ya.

Ngga usah jauh-jauh.

Nanti capek.

63. Tempat Wisata di Bandung bernama : TIKI

Kalau yang males sama JNE gegara ada mantan yang kerja di sana, atau pernah barangnya tidak sampai dengan selamat, kalian bisa beralih saja ke TIKI.

Salah satu alamatnya kalau di Bandung ya di Jalan Otto Iskandar Dinata No.471-473, loh.

64. Tempat Wisata di Bandung bernama : JNT

JNT

JnT Deddy Cobuzier Bandung (Source by : Google Maps)

Kalau pengen ketemu sama Deddy Cobuzer lagi nyengir sambil bawa-bawa kardus, ya mending ke JNT saja nggapapa.

Semua itu pilihan kok.

65. Tempat Wisata di Bandung bernama : Dealer Honda

Untuk para traveller tajir anak sultan yang pengen pulang dari Bandung bisa bawa oleh-oleh, sangat disarankan untuk beli motor di Dealer Honda yang berada di jalan Moch Toha No. 136.

Saran saya sih, beli PCX saja, biar bisa kayak speedboat.

66. Tempat Wisata di Bandung bernama : Planet Ban

Buat traveller yang ingin main ke kolam renang, tapi bingung beli ban buat pelampungnya dimana, planet ban adalah pilihan tepat loh.

Alamatnya ada di jalan Laswi No.292.

Atur saja.

67. Tempat Wisata di Bandung bernama : Sol Sepatu

Saat traveling, segala sesuatu memang tidak pernah bisa diprediksi.

Maka, tempat wisata paling tepat apabila disaat kalian lagi jalan menyusuri kota Bandung lalu tiba-tiba sepatu jebol, tentu saja adalah Sol Sepatu.

Untuk dapat menjangkaunya, kalian hanya tinggal mampir saja ke jalan Malabar No. 16

68. Tempat Wisata di Bandung bernama : Tempat Pemakaman Umum

Tempat wisata yang satu ini tentu saja cocok untuk mereka yang merasa ingin traveling sekaligus mencari pesugihan atau mengirim doa kepada sanak saudara yang ngga tau beneran saudara atau tidak.

Dimana?

Ya, di TPU Gemuruh, jalan Gemuruh No.171.

Mancap.

69. Tempat Wisata di Bandung bernama : Tempat Futsal

Orang yang lagi Traveling pasti ingin bisa nyari keringet dong?

Jadi, kalau misal jalan-jalan kalian tidak menghasilkan keringat, kalian bisa beralih sebentar untuk main futsal di Kavaleri, tepatnya yaitu di Kecamatan Lengkong, Kota Bandung.

Berfaedah bukan?

70. Tempat Wisata di Bandung bernama : Alfamart

Oiya, perasaan dari tadi yang saya sebutin Indomaret mulu ya?

Karena iri, maka sekali-kali kalian bole mampir sebentar ke Alfamart loh. Beli jas ujan, atau sekedar beli permen mentos.

Ohiya, kalau di Alfamart, nyari kondom gampang, biasanya dipampang di deket kasir.

Kalem.

71. Tempat Wisata di Bandung bernama : Tol Padeleunyi

Untuk para traveller yang naik motor dan ingin merasakan sensasi baru agar dapat viral di twitter, bisa loh, main-main ke jalan tol sebentar.

Nggapapa.

Yah, paling ditilang kena berapa sih?

Ngga sebanding sama viralnya kalian di media sosial kok.

72. Tempat Wisata di Bandung bernama : Pondok Pesantren

Ingin traveling kalian sangat berfaedah, dan pulang-pulang ke kota asal langsung hafal surat Al-Baqoroh?

Ikut paket fast track saja di Pondok Pesantren Miftahul Jannah di daerah Margahayu Tengah sana.

Nggak akan rugi deh, suwer.

73. Tempat Wisata di Bandung bernama : Gedung Pusdik Armed  Kodiklat TNI AD

Gedung Pusdik Armed Kodiklat TNI AD

Gedung Pusdik Armed (Source by : Google Maps)

Traveling ke Bandung sambil main ke sini juga nggapapa.

Apalagi sambil nggembor-nggemborin motor lalu bilang :

‘ASSALAMUALAIKUM

WAALAIKUMSALAM

ASSALAMUALAIKUM

WAALAIKUMSALAM

ANGKATAN LAUT DATANG

BAWA PASUKAN’

74. Tempat Wisata di Bandung bernama : Kolam Renang

Jangan panas-panasan terus, sekali-kali main ke Kolam renang, Mas-Mbak.

Di Bandung banyak kok, salah satunya di Jalan Rancakendal No.11.

75. Tempat Wisata di Bandung bernama : Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Buat kalian yang traveling ingin bisa sambil belajar naik motor atau mobil, main saja ke Stadion.

Biasanya kalau pas sepi, area parkirannya gitu banyak dipake buat latihan nyetir.

Atur saja, bos.

76. Tempat Wisata di Bandung bernama : Rumah Bapak Wardi

Oiya, ini alternatif apabila kalian lagi motoran keliling Bandung, lalu tiba-tiba hujan, kalian bisa mampir untuk berteduh ke Rumah Bapak Wardi saja.

Teras rumahnya cukup luas kok.

77. Tempat Wisata di Bandung bernama : Rumah Bapak Sutrisno

Kalau nggak enak sama Pak Wardi, bisa deh, ke Rumah Bapak Sutrisno saja.

Sama-sama baik kok Bapaknya.

Kalem.

78. Tempat Wisata di Bandung bernama : Gereja Ketedral Santo Petrus

Untuk kalian para traveller muslim yang ingin pindah agama, boleh main ke gereja Ketedral Santo Petrus di jalan Merdeka No.14

Bilang saja : ‘buk pak, saya mau dibaptis dong.’

Gitu.

Baca Juga : Tips Jalan dari Banyuwangi ke Bali hanya dalam waktu 1 Jam

Eh, nggak tau, kayaknya begitu.

Tapi jangan pindah agama ah.

Etapi terserah deh.

79. Tempat Wisata di Bandung bernama : Giant Express

Mau ngasih tau aja kalau di Giant Express itu biasanya ada banyak dijual ikan-ikan gede bet.

Kalau kamu suka ikan, dan kamu adalah traveller sejati yang sedang mengunjungi Kota Bandung, maka Giant Express adalah tempat singgah yang tepat.

80. Tempat Wisata di Bandung bernama : Pusat Pendidikan Kavaleri (PUSDIKKAV)

Pusat Pendidikan Kavaleri (PUSDIKKAV)

PUSDIKKAV (Source by : Google Maps)

Buat kalian para traveller jagoan yang ingin pulang dari jalan-jalan merasa mentalnya kuat, boleh banget main ke sini.

Apalagi sambil ngusep-ngusep pala komandan di sini.

Jago.

81. Tempat Wisata di Bandung bernama : Kantor PU

Kantor PU (Pekerjaan Umum) tentu menjadi tempat yang sangat tepat bagi kalian yang sedang Traveling ke Bandung sekalian mencari tempat magang, khususnya para mahasiswa Teknik Sipil semester 6.

Buruan cari tempat magang, anjer.

82. Tempat Wisata di Bandung bernama : Dinas Pendidikan

Kayaknya nggak salah juga kan ya, traveling sembari main-main ke Dinas Pendidikan?

Jangan lupa ngevlog, sambil nunjukin apa yang dikerjain oleh Bapak-Bapak PNS di sana ya.

Saya pengen liat.

83. Tempat Wisata di Bandung bernama : Kantor PLN

Kalau pas lagi istirahat, kemudian listrik penginapan kalian bermasalah, kalian sebagai traveller mantap tentu harus punya inisiatif untuk membantu owner si penginapan, karena siapa tau saat itu mereka sedang sibuk.

Jadi, main-main saja ke Kantor PLN terdekat.

84. Tempat Wisata di Bandung bernama : BBWS Citarum

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) tentu menjadi tempat yang sangat tepat bagi kalian para traveller yang lagi kuliah di jurusan teknik sipil dan lagi skripsian.

Apalagi skripsiannya tentang sungai.

Nah, biar liburan kalian tidak mubadzir, bisa tuh, main ke BBWS Citarum yang ada di jalan Inspeksi Cidurian, buat minta data-data hujan gitu.

InsyaAllah dibolehin kok, kalau emang ada surat pengantarnya.

Kalau lupa bawa surat pengantar?

Ya, yasudah.

Nyelem aja di Sungai Citarum.

85. Tempat Wisata di Bandung bernama : Sawah

Percaya sama saya, traveling sambil membajak sawah itu menarik loh.

Apalagi Bandung Utara deket Lembang sana, sawahnya masih Asri.

Nggak salah, loh, kalau pengen nyoba.

86. Tempat Wisata di Bandung bernama : Pemancingan

TRAVELING MANIA?

MANTAP!

87. Tempat Wisata di Bandung bernama : Rental Motor Shiro

Hmm…

Kenapa Rental Motor malah ada di nomer 87 ya.

Padahal, harusnya di awal-awal tadi.

Tapi nggapapa, dari pada tidak sama sekali kan?

Sewa motor mantap, bisa di Shiro Rent, yaitu di daerah Sadang Serang sana.

88. Tempat Wisata di Bandung bernama : Rental Mobil Makajaya

Kalau misal motoran tidak level untuk kalian, maka, rental mobil di Makajaya adalah solusi utama.

Bisa lepas kunci loh.

Nyetirnya bisa lepas tangan juga kalau misal lurus.

Alamatnya di Jalan Subang, No.1 Antapani, Bandung.

Sikat.

89. Tempat Wisata di Bandung bernama : Transmart

Yaelah, Transmart bisa menjadi solusi pelarian yang tepat apabila kalian berasal dari pedesaan di Nikaragua Timur yang main di Bandung.

Ada rollercoasternya, loh.

90. Tempat Wisata di Bandung bernama : Superindo

Kalau kalian saat traveling tiba-tiba batuk, bisa banget buat mampir beli konimex di Superindo jalan Ir. H Juanda, Citarum, Bandung.

91. Tempat Wisata di Bandung bernama : Grabwheels

Saya yakin, di sini, para traveller ada yang memiliki tujuan dari jalan-jalannya adalah dengan berselfie demi konten.

Maka, untuk mengikuti perkembangan zaman yang kekinian, kalian bisa loh, antri untuk naik Grabwheels di Bandung.

Mana saja lokasi Parkirnya?

Ya, di Eduplex Dago, Baso Boedjangan (Cihampelas & Graha Pos Bandung) dan Warung Upnormal (Riau, Dipati Ukur, Sumur Bandung, Coffee Warehouse, Coffee roaster Riau, Pasir Kaliki)

Sikat.

92. Tempat Wisata di Bandung bernama : Isi Ulang Galon

Isi Ulang Galon

Gang Masuk Menuju Isi Ulang Galon (Source by : Google Maps)

Barangkali ada yang mau traveling sambil isi ulang air galon, kalian bisa mampir ke Gang Tilil 2 no.28 loh, yang punya namanya Mas Andi.

Nggak tau panjangnya.

Tapi airnya asli Aqua.

Begitu sih, kata gmaps.

93. Tempat Wisata di Bandung bernama : Konter Pulsa

Yang isi pulsa-yang isi pulsa.

Biar bisa dihubungi sama atasan atau sama pacar di kota asal, kalian harus beli pulsa buat daftar paketan dong.

Nah, belinya di Konter Pulsa Tanty Cell saja, tepatnya di Gang Kebonpisang, Kecamatan Sumur Bandung.

Deket deh dari pusat kota.

94. Tempat Wisata di Bandung bernama : OCBC NISP

Kalau misal bank kalian bukan OCBC juga ngapapa kok.

Numpang ngadem ngapapa.

Bandung kadang panas.

95. Tempat Wisata di Bandung bernama : RSUD Al Ihsan Bandung

Buat para traveller sekaligus calon pejuang CPNS, kalian bisa banget loh main-main ke Bandung sambil mampir ke RSUD Kota Bandung buat bikin surat keterangan sehat sama surat keterangan narkoba.

Lokasinya di Jalan Ki Astramanggala, Baleendah.

96. Tempat Wisata di Bandung bernama : Depot Air Minum Pak Bibih

Nah, ini solusi kalau misal gerai isi galonnya Pak Andi tutup, kalian bisa beralih ke Depot Air Minum Pak Bibih.

Alamatnya di Jalan Rumah Sakit Sukamulya, kayaknya jauh dari rumahnya Pak Andi.

Tapi ngapapa, namanya juga traveling kan?

97. Tempat Wisata di Bandung bernama : Pusdiklat PU

Barangkali ada temen-temen Traveller yang lagi jalan-jalan ke Bandung, tiba-tiba diminta buat diklat kan, ya, di sini tempatnya.

98. Tempat Wisata di Bandung bernama : Bandara

Bandara bisa dijadikan tempat untuk melihat montor mabur.

Iya, buat kalian yang mungkin di Kotanya tidak ada bandara, kalian bisa nontonin montor mabur di sini.

99. Tempat Wisata di Bandung bernama : Konveksi Kaos

Setiap perjalanan, harus memiliki kenangan.

Maka, bagi kalian para Traveller jagoan, ada baiknya mengabadikan kenangan dengan membuat kaos di konveksi kaos yang berada di jalan SD Sikemandung No.7 ini.

Baca Juga : Savanna Bekol di Baluran keren loh

Katanya harganya murah.

Tapi ngga tau juga.

Saya dulu cuma numpang neduh.

100. Tempat Wisata di Bandung bernama : Mandiri Trans Rental Car

Ini adalah solusi apabila rental mobil Makajaya full book.

Mandiri Trans Rental Car bagus juga kok, alamatnya di Jalan Jupiter Barat No.88.

Buset, jauh amat di Jupiter sana.

101. Tempat Wisata di Bandung bernama : Selempang Wisuda Bandung

Selempang Wisuda Bandung

Toko Selempang Wisuda (Source by : Google Maps)

Apakah ada traveller yang menjelang wisuda tapi main dulu ke Bandung?

Kalau ada, ya, boleh kali, beli selempang wisudanya di sini?

Deket kok, cuma di Jalan Bojong Koneng Gg Rukun 3 Nomer 83.

Sehari jadi, loh.

102. Tempat Wisata di Bandung bernama : Dinas Lingkungan Hidup

Barangkali ada traveller yang main ke Bandung, buat lihat water truck penyiram tanaman, atau truck pengangkut sampah, bisa loh, main ke sini.

Selfie sebentar.

Cekrek.

103. Tempat Wisata di Bandung bernama : Boneka Wisuda

Beli selempang, nggak sekalian beli boneka wisuda?

Beli sekalian saja, nih, di Bandung ada, tepatnya di Jalan Sekeloa Tengah No. 32b.

104. Tempat Wisata di Bandung bernama : ATM Cimb Niaga

Kalau ATM OCBC NISP tadi penuh sama orang-orang yang lagi ngadem, kalian bisa berpindahke ATM Cimb Niaga saja nggapapa.

105. Tempat Wisata di Bandung bernama : Kantor Pos

Orang kalau traveling biasanya beli materai kagak?

Kalau iya, kalian bisa beli di Kantor Pos Jalan Banda No.30 sana ya.

106. Tempat Wisata di Bandung bernama : Agen Pos

Kalau ternyata materainya habis, kalian juga bisa beli di Agen-Agen Pos kok, salah satunya di jalan Gunung Batu No.59A

107. Tempat Wisata di Bandung bernama : Kost Putri

Pengen liat cewek cantik Bandung?

Ke Kost Putri saja.

108. Tempat Wisata di Bandung bernama : Kost Putra

Pengen Liat cowok ganteng Bandung?

Ke Kost Putra saja.

109. Tempat Wisata di Bandung bernama : Lapangan Tenis

Buat teman-teman traveller yang punya hobi main tenis, bisa banget loh kalian mampir untuk main tenis di sekitaran jalan Setramurni, Sukarasa, Bandung.

110. Tempat Wisata di Bandung bernama : GN Ticketing Tour and Travel

Kalau ada traveller gabut dan pengen ngeliatin admin tour and travel lagi mencetin keyboard komputer, boleh banget main ke sini sebentar.

111. Tempat Wisata di Bandung bernama : Service Hape

Hape anda njebluk saat lagi traveling ke Bandung?

Aduh, solusi tepat tentu ya service hape dong.

Masa nari tortor.

112. Tempat Wisata di Bandung bernama : Toko Knalpot

Toko Knalpot

Toko Knalpot (Source by : Google Maps)

Sahabat Racing yang lagi traveling, jangan lupa untuk membelikan oleh-oleh kepada sobatmu di rumah berupa knalpot, yang mana bisa kalian dapatkan di Toko Knalpot JMB, jalan Sukaraja 1 No.1.

Mantap jiwa memang.

113. Tempat Wisata di Bandung bernama : Toko Helm

Tempat wisata paling tepat untuk mereka yang lagi travelling tiba-tiba kehilangan helm sewaan, tentu adalah toko helm dan aksesoris di Jalan Soekarno Hatta No. 655.

Helm ilang, ganti.

Ketemu yang nyuri, gebukin.

114. Tempat Wisata di Bandung bernama : Kampung Inggris Bandung

Saya yakin, pasti di sini ada sobat traveller yang sebenernya ingin banget ke Kampung Inggris Pare, tapi kesampaiannya malah ke Bandung?

Untuk itu, jangan khawatir, karena sekarang, Kampung Inggris pun juga ada di Bandung, tepatnya di jalan Punawarman No.70

Let’s Go

Bersatu dengan angin, larilah, sampai tujuan.

115. Tempat Wisata di Bandung bernama : Gramedia

Buat para traveller yang lagi jalan-jalan di Bandung, terus tiba-tiba pengen beli buku kiat sukses CPNS 2020, maka sangat dianjurkan untuk main ke Gramedia saja.

116. Tempat Wisata di Bandung bernama : Toko Kulkas

Butuh air dingin setiap saat ketika traveling di Bandung?

Main ke Toko kulkas saja.

117. Tempat Wisata di Bandung bernama : Changchong Service Center

Changchong Service Center

Service Changchong Bandung (Source by : Google Maps)

Jauh-jauh main ke  Bandung sambil bawa TV Changchong yang lagi rusak?

Jangan khawatir, mainlah ke Changchong Service Centernya Bandung, yang berada di jalan Leuwi Sari No.2A.

Mantap.

118. Tempat Wisata di Bandung bernama : Yamaha Motor

Ingin denger suara montir lagi nggembor-nggemborin motor?

Ya, main saja ke Yamaha Motor.

Kalau punya duit lebih, beli Jupiter X sekalian.

119. Tempat Wisata di Bandung bernama : Karaoke

Butuh hiburan karena stress kesasar di jalanan Bandung dan hape lowbat?

Karaokean saja!

120. Tempat Wisata di Bandung bernama : Pengrajin Boneka

Ya…

Siapa tau ada yang pulang ke Kota asal langsung bisa bikin boneka kan?

121. Tempat Wisata di Bandung bernama : Fotocopy

Kalau misal kalian kesasar dan tidak tau arah jalan pulang, main-main saja ke tukang fotocopyan terdekat buat nanya arah.

InsyaAllah sampai penginapan kok.

122. Tempat Wisata di Bandung bernama : Pos Polisi

Pos Polisi

Pos Polisi (Source by : Google Maps)

Bisa jadi ini adalah tempat wisata wajib bagi kalian yang ketilang.

Biasanya gratis, sekaligus dapet tourguide yang pake rompi ijo yang bisa nganterin kamu menuju ke posnya kok.

Kalem.

Kamu ngga akan nyasar.

123. Tempat Wisata di Bandung bernama : KUA

Mau Traveling sambil nikah?

Bisa.

124. Tempat Wisata di Bandung bernama : Money Changer

Ngapain ke Money Changer anjir.

Lu cuma di Bandung.

125. Tempat Wisata di Bandung bernama : Pegadaian

Masih mau jalan-jalan, tapi duit abis, sementara hape bagusan?

Gadai!

Ya ampon, cape ya saya.

Nah, kira-kira begitulah 125 Tempat Wisata di Bandung yang bisa dikunjungi oleh kalian para traveller handal dan jagoan.

Kira-kira, dari semua tempat yang disajikan, kalian mau main ke Tempat Wisata Bandung yang sebelah mana?

Yuk, sharing is caring.

Tapi kalau judulnya 93, ya isi 93 juga dong, ah.

Gajul sisan.

Terimakasih.

 

71 comments

      1. wkwkwk, makin ke bawah gambarnya tidak ada, kupikir “ini capek kali dia ya, capek geser2 google maps”
        tepuk tangan dulu deeh *prok prok prok

  1. Ini artikel kocak banget, teras iingin ngakak guling-guling sambil nimpukin batu bata ke admin bog ini. Bacanya serius, eh tahunya diajak makan tempe
    Saya pernah ke bandung, beli roti terkenal itu, tapi kok saya lupa ya. kenapa tidak diulas sekalian.

  2. BGSTTTTTTTT. APA APAAN INI?!!!
    Gue baca semuanya lagi.

    Apalagi bagian Kost Putri dan Kost Putra, BACANYA PAKE NADA ANJIR. Niat banget ya anda~
    Pengen marah saya jadinya. Kembali waktuku yang sudah membaca ini!

      1. Akoh baca karena memang lagi gabutsss.

        Bacanya pake nada kuliah? Di BSI aja. Gituuuu.

        Hmmmm. Bang Firman mulu dibawa-bawa. Dia sudah bahagia dengan hidupnya. *semoga* Mending lu doain gue Feb biar bahagia juga kayak bang firman.

  3. Wow niat banget nih kang. Mantap Deh.

    Bener tuh. Kadang gugling misalnya tempat wisata menarik. banyak blog yang muncul di Gugel yah isinya mirip2 kayak copas satu sama lain

  4. Astaga niat banget parah akang nya (*0*)

    SEBANYAK INI TEMPAT DI BANDUNG??????
    SERIUSAN?????

    Lalu miris sendiri karna cuma pernah ke ciwalk, ciwidey, pasar apung dan pluncut

  5. wakakak.. ngakak gak abis-abis..
    nah ini baru penulis artikel yang jujur.. isi dan judul sesuai..
    ya tapi tambal ban, wc umum, parkiran, kenapa jadi tempat wisata juga yak? wkwkwkw
    dirumah juga ada itu weyyy.. gak usah jauh-jauh ke bandung.. wkwkwk 😀

  6. wakakak.. ngakak gak abis-abis..
    nah ini baru penulis artikel yang jujur.. isi dan judul sesuai..
    ya tapi tambal ban, wc umum, parkiran, kenapa jadi tempat wisata juga yak? wkwkwkw
    dirumah juga ada itu weyyy.. gak usah jauh-jauh ke bandung.. wkwkwk 😀

  7. Busyet…
    Sampe rumah pak Wardi dan Pak Sutrisno juga bisa jadi tujuan wisata.
    Dan siapa pula yang jalan-jalan ke Bandung tapi mandinya di Aceh. -_-

    Bener-bener niat amat mas bikin daftarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s