Melipir Enak di Bakso Mblenger Sagan

Bakso Mblenger diangkat

Makan Bakso Enak di Bakso Mblenger

Di sini, siapa yang belom pernah makan bakso?

Ajegile, seriusan sih, kalian termasuk manusia ‘hebat’ kalau misal di umur… emm, berapa ya? yah, pokoknya di umur yang sudah bisa bikin kalian mampu untuk duduk dan membaca dengan seksama di depan laptop atau perangkat smartphone lainnya, tapi kalian belom terkontaminasi dengan bakso beserta kuah yang dipenuhi dengan bubuk mi-won atau ajinomoto.

Kalian sungguh jagoan.

Saya pribadi sih, yaaaa, selalu menyerah tiap kali mencium aroma dari kepulan asap yang keluar tiap kali tutup dari dandang baksonya dibuka. Aslik, mereka para pedagang bakso kayak sengaja aja gitu, nebar kepulan asapnya ke para calon pembelinya.

Nggaaaaaa kuwat, aslik. Ku tidak tahaaaaan.

Bakso Mblenger Dalam Dandang

Bakso di Bakso Mblenger

Etapi, boro-boro kepulan asap yang menggoda, bahkan, postingan instagram yang berseliwer lewat saat saya sedang iseng buka eksplorenya pun, bisa membuat saya  langsung nelen ludah dan nge-share postingan tersebut via dm ke pacar, sambil dibawahnya saya kasih pesan.

‘Ngebaksoooooooooo, yuk’

Kemudian, saya dimarahin. Saat itu, kira-kira pukul 23.43 WIB. Padahal sebenernya masih ada loh bakso yang buka jam segitu. Saya jadi heran, kenapa saya malah dimarahin?

Tapi, ya, kan memang, laki-laki bakal selalu salah, kawan.

Mau gimana lagi?

Rencana Mbakso di Bakso Mblenger

Bakso Mblenger feat saos kecap sambel

Bakso? Ya disaosin!

Akhirnya, pada keesokan harinya, di sesi chat yang diisi dengan selamat pagi, saya pun langsung menodong ke pacar perihal DM yang semalam saya kirimkan. Gayung bersambut, si pacar pun mengiyakan dengan senang hati.

Sungguh membahagiakan.

Pengertian Bakso

Oiya, sekedar memberi info, agar postingan saya ada faedahnya sedikit, dan juga untuk orang-orang yang selama ini mengira bahwa bakso adalah gotri, saya akan menjelaskannya di sini, tentu dengan wikipedia sebagai sumbernya.

Menurut wikipedia, bakso adalah sejnis bola daging yang umumnya ditemukan padamasakan Indonesia. Secara pembuatan, bakso dibuat dari campuran antara daging sapi giling dan tepung tapioka. Namun, seiring berjalannya waktu, karena memang di dunia ini selalu ada modifikasi, maka daging ayam, ikan, maupun udang pun bisa digunakan sebagai alternatif bahan olahan.

Baca Juga : Mencicipi Nikmatnya Rica ISI

Karena namanya bakso, maka akan sangat sah apabila penyajiannya pas lagi panas-panasnya, terus dicampur kuah kaldu, mie, bihun, tahu, dan bisa juga telur maupun pangsit. Mantap dah. Aslik. Ngga boong.

Kira-kira begitulah definisi dari bakso yang saya lihat di wikipedia pada tanggal 21 Oktober 2019 ini. Tentu saja, dalam hal ini, bakso belum bikin masalah di mata najwa atau viral di twiter. Kalau misal besok-besok viral dan meresahkan warga Indonesia, mungkin penjelasan di wikipedia akan diubah dan menjadi :

Bakso adalah sejenis makanan yang banyak bacotnya. Karena sering bacot, maka bakso mempunyai nama panjang yang artinya : BACot Kau Soe atau jika diindonesiakan menjadi Bacot kamu anjing. Pokoknya, ya buat keluarga si bakso ini, sabar sajalah, gua bukan siapa-siapanya saja malu, apalagi kalian. Sabar ya.

Kembali ke benang merah…

Lokasi Bakso Mblenger

Bakso Mblenger Jogja

Bakso Mblenger Sagan

Akhirnya, hari itu, tujuan kami dalam hal perbaksoan tertuju pada suatu tempat yang bernamakan Bakso Mblenger.

Di Jogja, gerai Bakso Mblenger ini ada 2 cabang, yaitu di Sagan dan di Babarsari. Pada penentuan tujuan kemarin, saya dan pacar lebih memilih untuk menyambangi gerai yang ada di Sagan, karena kalau ke Babarsari agak jauh, meski sebenernya, kedua tempat itu amat sangat jauh jika dijangkau dari rumah pacar saya, yang amat sangat pedesaan sekali.

Tapi, nggapapa. Demi kasih sayang dan perbaksoan, saya rela.

Kenapa ngga beli bakso biasa, deket rumah pacar? Kan, pasti pedagang bakso amat sangat banyak sekali.

Hooo… iya juga ya?

Tapi nggapapa, mengutip motto dari anak-anak muda jaman sekarang :

Kalau bisa ribet, kenapa harus mudah?

Yang pada akhirnya, ya ngeribetin hidup sendiri, lu, mampus.

Baca Juga : Nikmatnya Pizza Kaki Lima Harga Bintang Lima

Oiya, untuk yang mau ke Bakso Mblenger, ini di bawah saya tunjukin mapnya, meskipun saya yakin, kalian tentu tidak terlalu malas untuk membuka gmaps sendiri dan mengetik kata Bakso Mblenger di sana.

Tapi, ya sudahlah, nih.

Menu Bakso Mblenger

DSCF0604

Menu Bakso Mblenger

DSCF0605

Menu Minum di Bakso Mblenger

Bisa dibilang, apa yang disajikan di Bakso Mblenger ini termasuk bakso yang sangat modern sekali, mengingat dari apa yang tertera di menu-menunya terjabar jelas mengenai isian dari bakso itu sendiri. Dan jelas, yang paling mengherankan adalah…

Bakso Keju.

Sumpah deh, sesuka-sukanya saya sama keju, ya, nggaaaa di bakso juga kali dah buset. Tapi, tentu hukum itu hanya berlaku untuk saya ya, tapi kalau emang yang demen sih, ya sah-sah saja

Ehe.

Dari banyaknya menu yang tertera itu, akhirnya saya lebih memilih untuk menu bakso yang cincang spesial membara, dimana isian daripada baksonya itu adalah daging cincang yang dibumbui dengan cabe pedas.

Bakso Mblenger cincang pedas

Bakso Cincang Super Membara

Sementara itu, si pacar, dia dengan pede memilih menu bakso yang super granat, yang mana isian dari baksonya hanyalah cecabean. Ngga ngerti lagi ini, mau bakso mau ayam, mesennya pasti yang pedes. Untuk isian dari bakso ini sebenernya sama, yang membedakan hanyalah isi bakso yang hanya cabe doang dan tidak ada daging cincangnya.

Ngeri.

Ehehe.

Bakso Granat di Bakso Mblenger

Bakso Super Granat

Kalau minum, kala itu saya ingin memesan Es Cincau Milktea, tapi karena secara bersamaan si pacar juga ingin minum itu, ya, saya pun akhirnya mengalah dan memilih untuk membeli yang yakult lycee saja. Pemilihan minum saya sebatas yang ada tanda jempol di menu deh pokoknya.

Minuman di Bakso Mblenger

Es Cincau Milktea dan Es Yakult Lychee

Secara penyajian, bakso ini dilengkapi dengan bakso goreng yang sangat nagih enaknya, mie kuning, mie bihun, bakso kecil 2 biji, dan yang menjadi andalan, bakso berukuran agak besar dengan isian sesuai menu.

Dinilai secara rasa pun, tidak mengecewakan karena rasa daging dari baksonya cukup berasa. Namun yang kurang menurut saya cuma satu : kurang panas.

Alih-alih ingin makan makanan berkuah yang panasnya nyegerin, eh, kemarin saya mencicipinya malah yang kurang panas, jadi sensasi baksonya agak kurang pas gimana gitu.

Bakso di Bakso Mblenger

Perbaksoan Duniawi di Bakso Mblenger

Oiya, kebetulan saat kami ke sana pun mati lampu, mungkin itu penyebabnya ya? Etapi, masa iya, alasan mati lampu membuat mereka tidak menghidupkan kompor untuk manasin?

Errrrr… nga tau juga sih.

Untuk harga, sesuai yang tertera di menu, untuk satu mangkok bakso cincang spesial membara adalah senilai Rp. 18.000, sedangkan untuk bakso super granat adalah senilai Rp. 15.000. Selisih 3.000 untuk daging cincangnya saja. Mantap.

Baca Juga : Sensasi Unik Richeese Black

Sedangkan untuk minumnya, Es Cincau Milktea yang segernya sungguh sangat mantap itu dihargai senilai Rp. 6.500 saja. Bagi saya, ini adalah minuman yang cukup recommend. Ternyata gambar jempol di menunya itu tidak bohong. Selain itu, Es Yakult Lychee yang saya pesan sebagai alternatif pun juga tidak kalah nyegerinnya. Perpaduan antara yakult dan perasa lycee seharga Rp.7.500 ini pun bisa dibilang recommended, sesuai apa yang dikatakan oleh menu.

Rating Bakso Mblenger

Secara rating, saya memberi nilai 7, namun apabila besok saya kembali kesana dan baksonya panas, maka saya akan menambahkan menjadi 8, serius, menurut saya, kurangnya karena tidak dipanasi saja. Untuk minumnya, yah, 7.8 deh, karena memang nyegerin.

Ehe.

Kalau mba pacar sih, kayaknya delapan deh, atau tuju? Ngga tau.

Yang penting kami saling sayang.

Ahai.

Najay.

Yasudah. Terimakasih ya.

Babay.

Pesanan Bakso Mblenger

Pesanan di Bakso Mblenger

 

36 comments

    1. Hahahaaa itu adalah quote-qoute para milenial mbaaaaa wgwgwgw.

      Samaaaaa, saya yang biasa-biasa saja sama keju saja nga pernah bisa ngebayangin, apakah enaaaaaa bakso dikasi isian keju ._.

  1. Pertama, teruslah bikin review makanan agar kalo saya ke Jogja bisa jajan banyak dan bervariasi.

    Kedua, kalimat “bakso yang super granat, yang mana isian dari baksonya hanyalah cecabean” malah bsaya baca bakso dengan isi cabecabean 😦

    Ketiga, bakso keju enak tauuuuu.

    Keempat, kayaknya varian bakso yang macam-macam gini mulai banyak ya. Saya pernah nyoba bakso baksoan kayak gini di Bakso Boedjangan, tapi kalo soal harga sih beda jauh. Lebih murah ini.

    Kelima, kalo baksonya kurang panas bisa dikata-katain dulu biar panas. Apaan ini garing bats kayak kerupuk pasir wkwkwk.

    Sekian, jangan lupa ajak saya makan bakso mblenger kalo ke jogja yaa~

    1. Kapaaaaaan kamoh ke Jogjanya dah, rencanaaaa muluuuuuuuuh hu.

      Hahahaa kamu fokusnya pada cabe-cabean dasar. padahal kamu kan nga make cabe-cabean. yang make para laki

      ena darimananya dah -_- lumer doang.

      Benar sekali, bakso modern sudah makin banyak wgw. Bakso Boedjangan belum pernah nyoba, tapi kayaknya sungguh menarik itu bakso.

      Nga gitu…

      Baiq. atur saja.

  2. Saya menyesal baca postingan panjang ini, lha wong ada kalimat anfaedah macam ini…

    “Kira-kira begitulah definisi dari bakso yang saya lihat di wikipedia pada tanggal 21 Oktober 2019 ini.”

    Ngapain juga dijelaskan begini, emangnya kami para pembaca perlu tahu. Kasih tahu sekalian yes, buka wikipedia-nya di Malioboro Mal lantai 2 dekat restauran Ta Wan… 😀 😀 😀

    *Hidup misuh misuh

    Mas mas… Kalau kuah baksonya kurang panas, lha mbok ya bawa air panas sendiri dalam termos besok kalau jajan lagi. Hahahaha

    *piss

    1. Wgwgww bangke, padahal kalimat itu saya pake buat set up, sebelum masuk ke punchline. ternyata tida kena. yauda ngapapa.

      BAEQ BESOK SAYAAAAAAA AKAN MEMBAWA API UNGGUN UNTUK MEMANASI KUAH YANG DINGIN

  3. Duuuh ada baksoooo! camilan kesukaanku hahah camilan? Iya, soalnya kalau ga nambah ga nendang wakakakak 🙂 Emang enak menyantap bakso di segala suasana cocok aja ya mbak. Apalagi sambalnya kudu super hot 🙂 Bakso Mblenger ini sepertinya patut dicoba. Minumnya enakan teh tawar hangat biar ga sakit gigi… hihihihi 😀

    1. Wahahahaa bakso adalah kitaaaa 😀

      Bisa nyebutnya camilaaaan yaaa, jagoan sekali 😀 padahal saya satu porsi saja sudah kenyang, tapi cuma beberapa saat ding wgwgw 😀

      Hahahaha benaaaar, di segala cuaca emang enak sih mbakso tuh 😀

      Mantaaap, teh tawar sebenernya memang yang paling benar sih 😀

  4. Wah mas Feb terakhir mampir sini yang alasan resign, ehhh tau tau postnya udah banyaaak!
    Produktif kali sambil saling sayang sama mbak pacar *opo seh..

    Kalau bisa ribet, kenapa harus mudah?
    wkwkwk sebuah motto

    Eh aku baru tau soal Gotri wkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s