5 Cara Mudah Merencanakan Liburan

Liburan adalah hak segala umat manusia.

Yha, bagi kebanyakan orang, liburan tentu merupakan salah satu cara paling nikmat untuk menghilangkan penat atas segala hal yang menjadi beban. Ketika keseharian dipenuhi oleh aktivitas sekolahan dengan segala ujian-ujian yang menjengahkan? Liburanlah saja saat libur tiba. Ketika keseharian dijejali oleh deadline skripsi dan desakan dosen pembimbing? Liburanlah saja saat pendadaran sudah tergenggam dan kelulusan hampir tercapai. Ketika keseharian dijejali oleh pressure-pressure keras dari atasan atau rekan kerja yang nggak enakan? Liburanlah saja saat masa cuti tiba dan gaji akhir bulan cair bertumpeh-tumpeh.

Intinya, liburan selalu menjadi pilihan paling tepat ketika segala hal yang memberatkan sudah terlalu menyita kehidupan.

Tapi hal yang harus diingat, meskipun liburan sudah ditangan dan kesempatan berleha-leha sejenak telah tergenggam indah… YA ANDA TETAP MASIH HARUS BERHADAPAN DENGAN RUTINITAS SEKOLAH, UJIAN, SKRIPSI, PENDADARAN, PEKERJAAN DAN TEKANAN DARI ATASAN.

HUAHUAHUAHUAHUAHUA!!!

sibuk kerja

Source : Pixabay.com

Ah, ndapapa, yang penting kan tidak pengangguran…

HEY!!! NDAK GINI CARANYA, HELL-OW!!!

Yah, jadi nggak mood nulis nih. Ngga mood nulis nih.

Ehe.

Okay, kembali ke benang merah.

Jadi, pengangguran itu…

BUKAN BAHAS PENGANGGURAN, TAPI BAHAS LIBURAN!!!

Oiya, jadi liburan itu sebenarnya bisa dicapai dengan berbagai cara. Entah itu mau dengan cara yang sederhana, yaitu mendatangi tempat-tempat terdekat pun hanya menggunakan kendaraan pribadi, atau dengan mendatangi tempat-tempat yang agak jauh dari tempat tinggal dengan menggunakan alat transportasi umum. Bahkan, untuk beberapa orang, esensi liburan kadang hanya yang sekedar duduk manis di depan taman sambil sarungan, kedua tangannya membentangkan koran, dan segelas kopi hangat menjadi teman setia di sampingnya.

Bukankah, liburan untuk setiap orang itu memang berbeda-beda, yang penting mereka bisa untuk menikmatinya kan ya?

Hehe.

Cara Mudah Untuk Merencanakan Liburan

Karena pada kesempatan kali ini saya akan menjabarkan tentang 5 Cara Mudah Untuk Merencanakan Liburan, maka sangat tidak mungkin dong kalau saya akan menjabarkan tentang tutorial memakai sarung, membentangkan koran, dan mengaduk kopi dong di depan taman bunga yang luas?

berlibur ke bukit teletubies

Tetapi, saya jelas akan menjabarkan tentang cara udah untuk bisa merencanakan liburan ke suatu tempat, agar pikiran sehat dan beban masalah ikut pergi bersama semilir angin pantai atau pegunungan yang menyejukkan. Karena saya sendiri pun juga menyukai liburan, dan mengidamkan untuk bisa liburan kembali, lantas, yoklah, mari saya kasih tau tentang 5 Cara Mudah untuk Merencanakan Liburan agar hidup tidak menjengahkan.

Caw!

1.     Menentukan Dimana Tujuan Liburan

Jelas saja, salah satu cara utama untuk bisa merencanakan sebuah liburan adalah dengan menentukan dimana lokasi yang akan kita tuju untuk liburan. Jika diantara kalian berdomisili di Daerah Jawa dan masih menginginkan liburan yang tidak terlalu jauh, tapi memiliki kesan yang bermakna, tentu pilihan tempat liburan yang tempat adalah menuju ke daerah Jawa bagian Timur, seperti misal Malang atau Banyuwangi.

berlibur ke bromo

 

Di kedua tempat tersebut, kalian bisa mengunjungi tempat-tempat ciamik dan tentu memanjakan mata serta merelaksasikan otak, seperti Taman Nasional Baluran, Kawah Ijen, Gunung Bromo, Batu, Pantai Boom, Pulau Tabuhan, Pantai 3 Warna, Taman Nasional Alas Purwo, dan lain-lain sebagainya.

Itu baru 2 tujuan yang terjabar loh, belum lagi jika kita bicara tempat liburan yang lebih luas lagi seperti misal ke Yogyakarta, Bandung, Bali, Lombok, atau segala tempat indah yang berada di Indonesia Bagian Timur sana?

indahnya berlibur di yogyakarta

Beuh, mengagumkan.

Kalau misal diantara kalian ada yang pecinta alam dan ingin berlibur dengan cara mendaki gunung, suwer ya, Indonesia memiliki banyak gunung yang indahnya ampun-ampunan. Gunung Prau, Gunung Semeru, Gunung Papandayan, Gunung Rinjani, dan sebagainya.

Nah loh, jadi, mau dikemanakan nih liburan kalian nantinya? Yuk, lekas ditentukan.

2.     Membuat Itinerary Liburan

Dalam hal merencanakan liburan, itinerary jelas merupakan hal yang sangat penting mengingat segala sesuatu tentu memiliki banyak plan dan pertimbangan.

Sebenarnya, nggak jadi hal yang masalah sih, jika memang ketika kita berlibur, kita tidak membuat itinenary, asal sudah tau dimana tujuan liburan, bagaimana cara menjangkaunya, dan duit segaban di dalam dompet atau rekening tabungan.

Akan tetapi, untuk beberapa orang, itinerary Liburan ini bisa digunakan menjadi acuan dalam liburan, seperti halnya outline dalam penulisan cerita. Biar runtut, jelas, tertata, dan nyaman aja gitu liburannya.

berlibur ke jodipan

Itinerary ini isinya nanti bisa mencakup budget, waktu liburan, dan juga lokasi-lokasi yang harus dikunjungi selama liburan. Nggak kaku dan resmi-resmi kok isinya, karena, kan sebenernya kita sendiri toh yang mengatur liburan kita.

Untuk contoh-contoh Itinerary liburan, mungkin kalian bisa melihat postingan beberapa travel blogger handal yang memang suka menceritakan pengalaman liburannya dan berbagi itinenary sebagai gambaran perihal budget minimal yang dibutuhkan untuk liburan.

Hayo, gimana? Apakah berpikir dua kali untuk membuat itinerary liburan?

3.     Mengajak Rekan atau Orang Tersayang

Untuk poin ketiga dalam hal merencanakan liburan ini sebenarnya opsional, karena untuk liburan pun, jika memang sangat butuh, kita pasti bisa merealisasikannya sendiri, tanpa harus mengajak rekan atau bahkan orang tersayang.

Akan tetapi, keberadaan dari rekan atau orang tersayang ini bisa membantu kelancaran liburan kita, entah dalam hal isi dompet maupun dalam hal ingat-mengingat. Suwer deh, keberadaan rekan atau orang tersayang ini bisa jadi bikin kita irit atau bikin kita merasa aman kalau uang abis gitu-gitu. Biaya nginep, biaya transportasi di tempat liburan, dan biaya makan, bisa saja terbagi dua sama rata atau justru dibayarin. Ditambah lagi, rekan atau orang tersayang ini bisa membantu kita dalam hal foto-foto gitu.

Seru kan ya?

mengajak orang tersayang ke bromo

Tapi sebagai catatan, rekan yang dimaksud ini adalah rekan sahabat yang memang sudah klop banget loh ya?

Takutnya, kalau rekan yang diajak hanyalah kenalan yang belum tau siapa dia dan siapa kita, kelak nanti justru akan membuat liburan terasa menyebalkan. Kita ingin dimana dan berlama-lama, eh, si rekan malah ingin kemana dan tida ingin berlama-lama.

Kan males ya?

Oiya, satu lagi. Kalau misal pergi sama orang tersayang, apalagi yang belum nikah, siap-siap saja mendapat anggapan sentimen seperti:

‘Wah, saya kira kamu alim. Ternyata pergi liburan keluar kota sama pacar, nginep bareng pula’

Padahal, ya… yaaaaaaaaa… yaaa gimana ya.

Ehe.

4.     Pesan Tiket di PegiPegi.com Untuk Keberangkatan Liburan

Setelah penentuan tempat liburan, pembuatan itinerary liburan, dan mengajak rekan atau orang tersayang sudah tercentang panjang, lantas goal dari cara mudah merencanakan liburan selanjutnya adalah langsung memesan tiket perjalanan untuk keberangkatan liburan yang direncanakan.

Ada banyak cara untuk bisa menjangkau tempat liburan yang ingin kita tuju, yaitu dengan pesawat, travel, bus, motor, atau yang menjadi primadona perjalanan ekonomis menurut saya pribadi, yaitu kereta api.

Kalian bebas untuk memilih dengan apa menjangkau tempat liburan. Tapi, jika memang jarak jangkaunya itu masih satu daratan dan tidak menyeberang lautan luas, ditambah lagi menginginkan biaya yang relatif murah, tentu pilihan utamanya adalah kereta api.

Ya, kereta api memang bisa dikatakan terdepan dalam menyajikan biaya perjalanan yang relatif murah. Ditambah lagi, pembelian tiket kereta api ini sudah bisa dipesan melalui banyak tempat, salah satunya adalah : pegipegi.com.

Melalui aplikasi Pegipegi.com, kita bisa memesan tiket kereta api dengan mudah dan praktis banget. Ngga perlu pusing-pusing deh, ya kalik, sudah dipusingkan dengan urusan beban hidup, eh, pas mau liburan, pusing juga?

Ya kan?

Jadi, kalian hanya tinggal mengikuti cara berikut ini saja :

a.      Buka Aplikasi Pegipegi.com

 

aplikasi pegipegi

Untuk kalian yang memang jiwanya adalah liburan, maka sudah barang pasti jika di dalam smartphonenya telah tersedia aplikasi pegipegi.com. Namun, apabila ternyata belum ada, kalian bisa loh, membuka playstore terlebih dahulu dan instal pegipegi.com di sana.

Gratis kok.

b.      Pilih Tiket Kereta (Train) di Menu Utama Pegipegi.com

promo aplikasi pegipegi

Pada menu utama dari pegipegi.com, kalian nanti akan disajikan tiga macam pilihan, yaitu tiket pesawat, hotel, atau tiket kereta. Nah, karena pada kali ini misal kalian ingin menaiki kereta, ya kalian cukup klik menu kereta saja. Namun apabila selanjutnya kalian ingin naik pesawat atau menyewa hotel, bisa banget loh melalui aplikasi pegipegi.com ini.

Murah.

Dan mudah tentunya.

c.       Tentukan keberangkatan, tujuan, tanggal, dan penumpang di pegipegi.com

tiket kereta pegipegi

Selanjutnya, kalian hanya tinggal menentukan dimana stasiun keberangkatan anda, dan tujuan mana yang hendak kalian tuju. Setelah itu, tentukan tanggal yang memang menjadi waktu luang untuk kalian.

Ingat, waktu luang ya. Jangan waktu kerja, bisa digampar atasan nanti anda.

Kecuali jika anda pengangguran.

Memangnya kamu, Feb?

HISH, NGGAK GITU LAGI MAINNYA!!!

Lanjut lagi, setelah beres menentukan tujuan dan tanggalnya, langsung tentukan jumlah penumpangnya. Jika sudah, klik pencarian deh.

d.      Silahkan pilih kereta yang tersedia di pegipegi.com

Jika sudah di klik cari pada point c tadi, maka kalian akan mendapatkan berbagai macam pilihan kereta yang siap mengantarkan kalian menuju lokasi tujuan. Nah, di situ, silahkan pilih yang menurut kalian sesuai dengan kantong ya.

Jangan terlalu mahal, jika budgetnya minim.

Jangan terlalu memaksakan, jika kapasitas kereta yang anda inginkan penuh.

Santai saja.

e.      Teliti lagi pesanan anda dengan melihat rincian di pegipegi.com

Apabila kalian sudah menentukan untuk menggunakan kereta mana yang sesuai, maka selanjutnya adalah mengecek ulang rincian-rincian pemesanan yang ada di pegipegi.com. Rincian tersebut mencakup rincian perjalanan, yang menampilkan kembali tentang waktu keberangkatan, waktu sampai tujuan, dan nama kereta, pun juga rincian harga, yang menampilkan mengenai biaya yang harus kalian bayar.

Perhatikan dengan detail semua rincian tersebut ya, jangan sampai salah.

f.        Check out, konfirmasi, dan bayar pesanan pegipegi.com di ATM terdekat

membayar mudah pegipegi

Jika kalian sudah merasa yakin dan mantap dengan semua rincian yang telah terjabar, maka selanjutnya adalah check out pesanan kalian. Nantinya, kalian akan kembali diingatkan melalui menu konfirmasi, untuk sekali lagi mengingatkan apakah pemesanan yang kalian pilih itu benar atau tidak.

Merasa sudah benar dan tepat, langsung saja bayar di ATM terdekat, Indomaret, atau dengan kredit. Pokoknya di sini, pegipegi.com akan memudahkan kalian mulai dari pemesanan hingga pembayarkan kok.

Gimana?

Sudah, kelar.

Mudah banget kan?

Jadi, siapkah kalian untuk liburan?

5.     BURUAN LIBURAN BUSET! NGAPA MASIH DI SINI?!!!

Selanjutnya, cara mudah untuk merencanakan liburan adalah…

BURUAN BERANGKAT SANA!!!

cara booking kereta api di pegipegi

BUSET DEH, NANTI KEBURU KETINGGALAN KERETA!!! RUGI BANGET KALIAN SUDAH BAYAR, TAPI NGGAK BERANGKAT.

CEPAT! CEPAT! CEPAT!

UDAH, SANA YA BERANGKAT.

HATIHATI DI JALAN.

BHABHAY!

Terimakasih.

Advertisements

34 comments

  1. Hahahah skrg ada tuh iklan yang begini “Malu aku malu, pada tanggal meraaaah”
    wkwkwk

    ANJAY AKU TERSINDIR
    Iya, dikala yang lain merencanakan libur ditanggal merah atau cuti dihari kejepit, saya masih harus berkutat dengan skripsi hahahaha

    Tapi tenang, sebentar lagi aku mau liburan biar GAK MALU SAMA TANGGAL MERAH. HAHAHAH

    Btw, liburan gak harus sama orang tersayang atau yang udah kenal, aku pernah ikut opentrip yang ga kenal sama pesertanya, dan yak! asik banget.
    Jadi temen sampe skrg padahal mainnya tahun 2015

    1. WHAHAHAHA MALU AKU MALU, PADA TANGGAL MERAAAH BUSET WGWGW 😀

      Duuuh, bukan maksud menyindir nih padahal hehe, semoga lekas selesai skripsinya ya Mba Leliiiiiii 😀 lancar jayaaaaaa bekerjanya juga hehhe.

      Wahahaah tergantung orangnya berarti ya, Mba. Ada yang cocok langsung sama orang baru, ada yang susah. Yaaah, yang penting liburan menyenangkan deh ya 😀

  2. Wajib banget sih bikin itinerary buatku, walaupun ga semua dilakuin waktu liburan, cuma jadinya dah kebayang di hari itu mau ke mana aja. Mengurangi buang-buang waktu karena kebanyakan mikirrr. Udahlah cuti dikit, liburan mepet, jadi harus berjalan seefektif mungkin 😀

    1. Hahahaha bener mba, itinerary sangatlah penting, meski kalau saya pribadi biasanya lebih ke pemastian saat di kota mana gitu, harus wajib ke mana-mananya, dan harus kesampaian wgwgw 😀

      Mantaplaaaaah, saya sering liat cerita travel Mba Ata dan itinerarynya gokil detailnya 😀

  3. kalo saya simple. pilih tiket termurah dr berbagai tujuan. hahaha maklum kantongnya budget banget. karena sering kayak gitu, jadinya justru malah sering banget liburan ke tempat2 yg ga mainstream.

    kayak tahun kemarin, pengen liburan, trs cek website maskapai ada promo kemana, klik, dan jadilah pergi ke Manila.

    sampai di Manila ngapain? keliling ke kota kota tetangga. hehehe

  4. Kaloo bikin poin nomor 2 bisalah intip2 harga tiket di pegipegi.com. nah kalay jadi pergi liburus ncus langsung pesan di pegipegi.com. secara di pegipegi.com mudah ya pesan tiket

  5. wahh saya pengen dong mas, tutorial cara mengaduk kopi di depan taman bunga yang luas hehehe.. aku belum pernah pake pegipegi, kemaren itu sering promo katanya, tapi gak sampe 5 detik abis terus promoannya, gak pernah kebagian, padahal aku sudah merasa cepet banget buka promoannya, disaat detik di mulai,.. *kayak curhat ya anaknya* wkwkw

    1. Jadi gini, tutorial mengaduk kopi di depan taman bunga yang luas adalah…

      HEYLOH, MASA BEGINI DOANG HARUS DITUTORIALIN HEEEY WGWGW 😀

      Nah iya kaaan, pegipegi.com terjuara sih ngasih promo, jadi rebutan banyak orang heheh. Mungkin, suatu saat bisa dicoba sekali deh pake aplikasi pegipegi.com dijamin puas 😀 hehe

  6. Kayak-kayaknya cuman aku deh yang belum pernah sama sekali nyobain pegi2 dot kom … wwwkkkwkk ….
    Tapi baca penjelasan mas Feb kayaknya banyak promonya … , ntar coba kupantengin aplikasinya.
    Siapa tau kan dapat tiket murmer bingiits 😉

  7. EH iya lho yang milih rekan itu bener bgt. sejauh ini rekan yg cocok saama aku cuma suamiku aja, dari jaman pacaran jg yaaaa “eh kok jalan2 brg pacar sih? tidur seranjang ya?” Ya bodoamat masa iya kalian mau liat gmn aku tidur lol

    april ke jogja, siap2 pesen tiket. mana pas ga sngaja brg tgl merah pula uhlalaaa siap2 beli dari jauh nih dah

    1. Wahaha iya, kan. Beberapa memang tergantung partner, kalau mau jalan-jalan atau gimana wggw. Saya juga paling cocok sama pacar saya ini nih, soalnya baru sama pacar saya ini jalan-jalan jauhnya wgwgw.

      Perkara pertanyaan ‘ih kok jalan-jalan keluar bareng pacar? sekamar ya?’

      YA BODO AAMAT YA, KAN URUSAN KITA WGWGW

      Waaaa, selamat datang ke Jogja ya April nanti Mba hehee 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s