6 Cara Aman Sewa Apartemen di Jakarta

Halo, halo.

Di sini ada yang memiliki ketertarikan untuk menyewa apartemen gitu-gitu nggak sih?

Eng… gimana ya? Kalau misal saya pribadi mendengar kata Apartemen tuh, kok rasanya saya kayak membayangkan sesuatu yang mewah dan mahal gitu ya? Sedari masih kecil dulu, saya sudah dijejali dengan anggapan kalau apartemen adalah salah satu jenis tempat tinggal yang mewah banget, dimana ketika saya lihat di iklan-iklan, ya emang kelihatan mewah parah.

Lagipula, penyebutan apartemen sebagai kata penunjuk tempat tinggal itu tuh bisa terdengar ‘wah’ banget nggak sih? Coba deh, bandingin antara kalimat :

‘Hey, yuk main ke rumahku?’

Dengan kalimat :

‘Hey, yuk main ke apartemenku’

Terkesan wah dan hedon mana cobak? Kalau menurut saya pribadi sih, kok ya terdengar lebih hedon kata ‘apartemen’ ya. Tapi, masing-masing orang punya anggapan yang berbeda sih ya. Jadi, ya terserah sahaja.

Apartemen Murah

Source : Jendela360.com

Ohiya, ngomongin masalah apartemen, kita tidak bisa memungkiri bahwa apartemen ini merupakan salah satu jenis tempat tinggal yang cukup diminati, khususnya di daerah Jakarta atau kota-kota besar lainnya. Gimana tidak ya? Di kota-kota besar, untuk membeli tanah beserta rumah itu harganya sudah melonjak amat sangat tinggi sekali. Kecuali kalau anda adalah keturunan dari Raja Napoleon Bonaparte yang jika menambal ban saja anginnya harus pake tabung gas oksigen.

Jadi, salah satu solusi untuk benar-benar bisa mendapatkan tempat tinggal yang  aman dan nyaman adalah dengan menyewa apartemen. Meskipun… YA NGGAK BISA DIBANDINGIN DONG, APARTEMEN SEWAAN DENGAN RUMAH TINGGAL ITU LEBIH MENJANJIKAN MANA. MAKANYA, KERJA YANG GIAT AGAR BISA NABUNG UNTUK BELI RUMAH BENERAN, DAN TIDAK MENYEWA-NYEWA LAGI.

Pfffff…

Karena di sini saya membahas masalah apartemen, maka saya akan menjabarkan tentang bagaimana sih cara aman untuk menyewa apartemen khususnya di Jakarta ini?

Memang, tidak aman ya?

I… iya bukan tidak aman. Tapi kan, sebagai calon penyewa apartemen, kita ada baiknya tetap hati-hati dalam memilih apartemen yang hendak disewa, yaitu dengan mempertimbangkan berbagai macam aspek, entah itu keamanan, kebersihan, perawatan, dan lain-lain sebagainya.

Saat ini, kita beruntung telah hidup di era yang sangat maju, dimana akhirnya membuat kita yang ingin menyewa apartemen di Jakarta jadi terasa lebih mudah dan praktis dengan cara online. Sekarang, sudah ada beberapa agen sewa apartemen yang menawarkan listing apartemen sewaan di website-website mereka. Melalui website tersebut, Anda sekalian bisa melihat gambaran dari apartemen yang hendak disewa, membaca ulasan dari orang lain yang pernah menyewa apartemen tersebut, atau bahkan memesan langsung apartemen tersebut secara online.

Kemang Village Apartemen

Source : Jendela360.com

Menawarkan apartemen secara online memang telah membuat proses sewa-menyewa apartemen jadi lebih mudah dan nyaman, akan tetapi, hal ini juga secara tidak langsung telah membuka peluang bagi para penipu untuk menjalankan aksinya dengan berbagai modus. Maka dari itu, melalui tulisan ini, saya hendak sekedar memastikan agar Anda punya pengalaman yang aman ketika menyewa apartemen online. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Cara Aman Sewa Apartemen Secara Online

1. Ketahui dengan siapa Anda berurusan ketika menyewa apartemen

Deal Apartemen

Source : cnbc.com

Ketika Anda memutuskan untuk mencari sewa apartemen Jakarta secara online, selalu pastikan bahwa Anda tahu dengan siapa Anda berurusan. Berurusan langsung dengan pemilik apartemen bisa jadi merupakan salah satu cara paling personal untuk menyewa apartemen. Tapi hal yang harus diingat ingat, ada banyak beberapa dari mereka yang tidak menyediakan kontrak sewa.

Lagipula, biasanya lebih sulit bagi Anda untuk tahu apakah pemilik apartemen itu bisa dipercaya dengan listing online, karena tidak ada pihak ketiga atau perusahaan yang dapat dipercaya untuk dilibatkan.

2. Jangan percaya penawaran apartemen yang terlihat terlalu menggiurkan

Penipuan Apartemen

Source : Digitaltrends.com

Bila Anda melihat sesuatu yang terlalu bagus untuk menjadi sebuah kenyataan, maka kemungkinan hal itu bukanlah sesuatu yang sebenarnya. Ketika mencari apartemen secara online, disarankan agar Anda selalu menggunakan akal sehat. Bila Anda melihat penawaran apartemen dengan jumlah 2 kamar tidur, namun harga sewa yang dipatok terkesan sangat murah, maka bisa dipastikan ini adalah sebuah modus penipuan.

Salah satu cara untuk menghindari penipuan ini adalah dengan melakukan riset tentang harga sewa rata-rata di lokasi yang Anda inginkan. Salah satu cara praktisnya adalah dengan googling area terlebih dahulu sebelum mencari apartemen di lokasi itu, nah disitu nanti Anda bisa langsung mengira-ngira harga pasarannya. Anda juga bisa mencari website yang memiliki reputasi baik untuk tahu lebih banyak harga pasaran yang berlaku.

3. Minta info detail, gambar, video, layout, dan informasi lain tentang apartemen yang Anda minati

Livingroom Apartemen

Source : Jendela360.com

Bila Anda menemukan apartemen yang Anda suka melalui kanal online, akan tetap anda tidak punya waktu untuk mengunjunginya secara langsung, maka cobalah untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang apartemen tersebut dengan mencari banyak sumber. Perusahaan penyewaan apartemen pasti memiliki akses ke berbagai informasi mengenai properti yang ada dalam listing mereka, kok.

Di era modern dengan banyaknya pengguna kamera digital, internet, dan smartphone, sangat tidak masuk akal apabila perusahaan atau pemilik apartemen tidak dapat menyediakan gambar dari apartemen yang hendak disewakan. Tapi tetap perlu diingat, penipu juga dapat menggunakan gambar apartemen lain untuk memasarkan apartemen ‘khayalan’-nya, hanya demi meraih keuntungan untuk dirinya sendiri. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa semua informasi yang Anda terima tentang apartemen yang hendak anda sewa adalah sesuai.

4. Cek ulasan tentang apartemen yang Anda minati

Ulasan Apartemen

Source : Jendela360.com

Salah satu fitur yang pasti terdapat pada website sewa apartemen adalah kolom review/ulasan yang diposting oleh orang yang benar-benar tinggal di apartemen itu, bukan oleh teman atau anggota keluarga dari pemilik apartemen.

Dengan memeriksa ulasan yang ditulis di sana, Anda bisa dengan mudah melihat dan menilai apakah apartemen yang hendak Anda sewa sudah sesuai dengan kebutuhan Anda atau belum.

Namun hal yang harus diperhatikan, ulasan-ulasan yang tertera pada website sewa apartemen itu sebenarnya juga bisa dipalsukan.

Ulasan palsu biasanya hanya berisi komentar singkat, tidak personal, dan tanpa penjabaran detail mengenai apartemen tersebut. Bahkan, beberapa ulasan bisa mengandung informasi yang tidak cocok tentang apartemen, seperti misal jumlah kamar, atau dalam ulasan disebutkan bahwa kamar dilengkapi AC, namun ternyata eh ternyata hanya dilengkapi kipas angin.

Cara lain untuk membedakan antara ulasan palsu dengan ulasan yang asli adalah dengan melihat apakah pemilik apartemen tertentu menjawab ulasan yang diberikan atau tidak. Biasanya, pemilik apartemen akan menulis jawaban personal pada tiap ulasan, yang mana itu akan membantu memastikan keaslian ulasan tersebut.

5. Pastikan apakah ada biaya tambahan ketika Anda menyewa apartemen

A Man Rising Coins

Source : Okezone.com

Kadang ketika Anda mencari apartemen online, Anda bisa melihat service charge yang disertakan di harga sewa. Bila ternyata di website sewa apartemen itu tidak tertera service charge, maka pastikan langsung kepada pemilik apartemen apakah Anda akan diminta untuk membayar biaya tambahan atau tidak. Tanyakan juga apakah ada biaya lain yang harus Anda tahu dan Anda bayar. Sering kali masalah ini berbeda di setiap apartemen. Oleh karena itu, pastikan ada komunikasi yang jelas antara pemilik atau agen dengan Anda, sang customer, sebelum akhirnya memilih deal untuk menyewa apartemen.

6. Mencari melalui website sewa apartemen terbaik

Jendela360

Source : Jendela360.com

Untuk mempermudah Anda dalam menemukan apartemen ideal, maka saya sarankan untuk mengunjungi website jendela360 di jendela360.com. Disitu, Anda bisa memanfaatkan filter pencarian untuk menemukan apartemen berdasarkan harga sewa, jumlah kamar, pun juga lokasi yang dikehendaki.

Jangan bingung dan pusing untuk mencari apartemen melalui website tersebut, karena team jendela360.com akan mendampingi Anda, mulai dari melihat apartemen hingga menandatangani perjanjian sewa yang notabenenya merupakan prosesi sakral dari sewa-menyewa apartemen.

Jadi, bagaimana? Masihkah ada yang ragu dan bingung untuk menyewa Apartemen?

Jangan khawatir, segera tentukan pilihan dan dapatkan pengalaman mencari apartemen yang jauh lebih mudah dan cepat bersama jendela360.com.

Terimakasih.

32 comments

  1. Kalo bisa sebenarnya cobain dulu beberapa hari di situ (polusi suara hahaha), nyewa sekelas apartemen lebih aman and hemat bareng teman sih cuma yaa harus kompromi privasi

  2. Baru kali ini sempet komen setelah gagal komen di artikel ” Cara Cepat Mendapatkan Uang . . . . . . “. Sekalinya posting di komenan sewa apartemen padahal gak bakal sewa apartemen XD Nice info kalo ke Jakarta sama temen sekampung om haha
    Salam

  3. Apartemen sekarang ibarate uds kayak kacsng goreng feb, trus ada kelas2nta
    Iya yg mewah fully furnish ma buat kalangan crazy rich…nah yg sekelas kosan pun ada loh hahaaa
    Aku takute klo apartemen bgitu umur gedung habis, musti dirobohin lah itu gedung
    Aku prefer rumah yg napak tanah, sertifikat hak kepemilikan jelas

  4. Alhamdulillah..sudah tidak perlu sewa…sombong ya daku..tapi enggak betah tinggal di apartment..susah cari tukang cilok. Paling kalau week end aja..biar krucil berenang gratis.

  5. Hi Febri!

    Tinggal di apartemen asyiknya fasilitas udah lengkap, tinggal turun ke lantai bawah buat nge-gym atau pakai kolam renang. Kalo memang kerja di pusat kota jakarta, apartemen bisa jadi pilihan sih dibanding harus tiap hari commute ke pusat kota hehehe. Tapi, pilihan apartemen vs rumah tapak tergantung sama kebutuhan dan preferensi masing-masing orang yah 😉

    Cheers,
    Dee Rahma

    1. Heheh bener, mba. Semua tetep tergantung sama kebutuhan sih. Apalagi kalau sudah ngomongin masalah tempat tinggal yang notabenenya bakal kita tempati untuk hidup gitu :’)

      Terimakasih banyak ya, Mba Deerahma 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s