Tips Memperkaya Pengalaman Di Usia Muda

Menambah Pengalaman

Source : Merdeka.com

Tips memperkaya pengalaman di usia muda sangat penting untuk dipelajari karena hal ini bisa membantu memaksimalkan kualitas diri. Disini, memang siapa sih yang tidak ingin menggali pengalaman lebih dalam sedari muda? Pasti tidak ada dong. Semua pasti ingin dapat memperkaya pengalaman sejak dini, agar kelak ketika sudah dewasa nanti, kita hanya perlu mengasah pengalaman tersebut agar menjadi pribadi yang luar biasa.

Sukses Di Usia Muda, Kenapa Tidak?

Berbicara mengenai sukses, tentu hal tersebut merupakan impian semua orang. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meraih kesuksesan tersebut. Dimulai dari menempuh pendidikan setinggi mungkin, pun juga diakhiri dengan memperbanyak pengalaman seluas mungkin. Dengan niat yang mantap dan juga didukung dengan tekad yang bulat, maka kesuksesan niscaya akan dapat diraih dengan mudah. Namun sebagai catatan, agar kesuksesan bisa dibilang lebih maksimal, tak ada salahnya kita semua untuk menerapkan tips memperkaya pengalaman di usia muda.

Tips memperkaya pengalaman di usia muda terbilang cukup penting. Hal ini dikarenakan, dengan adanya pengalaman yang banyak, tentu akan membuat kita semakin terlatih untuk bekerja dan berusaha. Dengan usaha yang keras maka kesuksesan dapat diraih dengan mudah, bahkan di usia muda sekalipun.

Kiat – kiat Memaksimalkan Pengalaman Di Usia Muda

Untuk menjadi orang yang sukses, kita memang perlu untuk mengerahkan usaha yang keras. Karena sesuatu yang berharga (dalam hal ini kesuksesan) membutuhkan banyak usaha untuk meraihnya, pun juga doa yang menyertainya. Sebagai generasi muda (yang tentu saja saya bermuka tua), sangat disarankan untuk memperbanyak pengalaman agar nantinya, bisa dibilang sebagai generasi yang tahan banting dalam meraih masa depan. Oh iya, untuk catatan tambahan untuk para generasi muda yang ingin memperkaya pengalaman di usia muda, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk kita semua.

  • Percaya Diri
Cara agar Percaya Diri

Source : Hellosehat.com

Tips memperkaya pengalaman di usia muda bisa dimulai dengan memupuk rasa percaya pada diri sendiri. Sebanyak apapun pengalaman yang dimiliki, rasanya tidak akan berkesan jika tidak diimbangi dengan kepercayaan akan bagaimana kemampuan yang ada dalam diri sendiri. Rasanya akan sangat percuma apabila pengalaman yang dimiliki selangit, tapi diri sendiri merasa minder untuk maju.

Jadi, percayalah pada kemampuan diri pribadi, karena itu adalah modal utama untuk maju.

  • Jangan Membuang Waktu
Membuang-Buang Waktu

Source : Viva.co.id

Jika ingin memiliki banyak pengalaman, kita disarankan untuk lebih menghargai waktu. Seperti kata pepatah, yang mana pernah berkata bahwa kesempatan tidak akan datang dua kali. Sehingga agar pengalaman yang didapatkan semakin banyak, ada baiknya kita tidak membuang – buang waktu dengan percuma. Lebih baik, kita membuang sampah pada tempatnya.

Iya kan?

Oh, tidak nyambung ya.

Bhaiq.

  • Jangan Takut Gagal
jangan-takut-gagal-kamu-hanya-perlu-kekuatan-untuk-bangkit-1519172638_1519172638-b

Source : Plukme.com

Setiap orang yang sukses sudah pasti pernah mengalami kegagalan. Semakin banyak kegagalan yang dialami, maka akan semakin banyak pula pengalaman yang didapatkan. Tidak ada kesuksesan yang diraih secara instan, kecuali jika anda sekalian adalah anak Sultan. Jadi, jangan pernah merasa takut untuk gagal. Ingat selalu pesan ini : Tidak peduli seberapa sering engkau jatuh, tapi yang terpenting adalah, seberapa cepat engkau bangkit.

Jika kamu gagal, maka cepatlah bangkit untuk mencoba terus dan terus!

Semangat!

Baca juga : Makna Dari Kegagalan dan Ebook untuk Kalian

  • Mencobalah Hal Baru
try-something-new-1764x700

Source  Lipstickmamas.nl

Pengalaman bisa didapatkan melalui berbagai macam cara, pun tidak terkecuali dengan mencoba hal – hal yang baru. Hal-hal baru ini mencakup banyak hal, salah satunya adalah mencoba untuk mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi.

Percaya sama saya, berlibur ke tempat baru itu ternyata dapat memberikan pengalaman mengenai hal-hal sosial. Sudah ada banyak orang yang sepulang mereka berlibur, mereka akan bercerita hal-hal menyenangkan, atau bahkan mengubah dirinya menjadi pribadi yang lebih baik. Sebab, perjalanan adalah awal langkah kita untuk mencapai satu dua pengalaman yang menyenangkan.

Oleh karena itu, jika ingin mendapat pengalaman baru, cobalah berlibur dengan daftar PayLater Traveloka, Semakin banyak mencoba hal yang baru, maka pengalaman pun akan semakin banyak dan wawasan pun semakin meluas.

Baca Juga : Trip To Baluran : Perjuangan Menikmati Nasi Tempong Mbok Nah

  • Perbanyak Lingkaran Sosial
6-Tips-Untuk-Memperluas-Pergaulan-Sosial-Anda

Source : Bramardianto.com

Memperbanyak lingkaran sosial adalah salah satu hal yang sangat baik. Dengan memiliki banyak “kenalan“, maka akan banyak pula tambahan informasi yang kita terima. Selain itu, pengalaman pun juga akan bertambah seiring dengan saling tukar-bertukarnya pikiran antara kepala satu dengan kepala lainnya. Baik itu dari orang – orang yang berada dilingkungan kita, maupun dari orang – orang yang baru kita kenal.

  • Manfaatkan Peluang yang Ada
sapersivendere

Source : genproperwira.blogspot.com

Tips memperkaya pengalaman di usia muda adalah dengan cara melihat situasi dan kesempatan secara pandai dan detail. Seorang yang sukses tidak melulu harus memiliki background pendidikan yang tinggi, melainkan harus memiliki kepandaian dalam memanfaatkan peluang. Semakin sering memanfaatkan peluang, maka sama halnya dengan memperbanyak pengalaman.

  • Memaksimalkan Potensi Diri
Potensi-Diri

Source : arryrahmawan.net

Untuk bisa meraih sukses, selain dengan memperbanyak pengalaman, kita pun juga dianjurkan untuk memaksimalkan kemampuan yang dimiliki. Kenali potensi yang ada pada diri pribadi, lalu kemudian asah sematang mungkin dan terus maksimalkan agar kelak dapat membantu kita untuk meraih pengalaman dan kesempatan sukses yang lebih besar.

  • Lakukan Evaluasi
Koreksi Diri

Source : ahmadbinhabal.wordpress.com

Disamping beberapa hal yang sudah disebutkan di atas, tak ada salahnya jika kita pun selalu melakukan evaluasi diri. Evaluasi ini sangat penting dilakukan untuk mengoreksi kembali semua hal yang sudah kita lakukan sebelumnya. Jika terjadi kesalahan dan kekurangan, maka kita pun bisa dengan sadar untuk memperbaikinya kembali. Sehingga kedepannya, ketika kita dihadapkan lagi dengan pengalaman yang baru, kita sebisa mungkin dapat berusaha lebih baik lagi.

Baca Juga : Ketakutan-Ketakutan Itu

Nah, dengan adanya beberapa tips memperkaya pengalaman di usia muda di atas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa pengalaman memang memiliki andil yang cukup besar dalam meraih kesuksesan. Selain itu, pengalaman pun juga harus didukung dengan adanya faktor-faktor lain untuk memaksimalkan proses dan perjalanan karir yang sedang kita jalani.

Tidak perlu khawatir tentang kendala atau kegagalan. Karena setiap kesuksesan selalu diawali dengan perjalanan sulit dan usaha yang keras. Berbekal pengalaman yang banyak, tentu akan membantu kita dalam memperjuangkan apa-apa saja yang sedang kita jalani. Pengalaman akan mengajarkan kita untuk lebih menghargai waktu dan juga proses.

Jadi, sudah seberapa banyak pengalaman yang kalian miliki?

Yuk kita gas dan gali lagi!

Terimakasih.

 

 

Advertisements

26 comments

  1. Alhamdulillah kontennya berfaedah juga wkwk. Tapi bener loh dari 8 point yang tertera diatas emang bener adanya harus dilakukan. Karena kebalikan dari sifat tersebutlah yang membuat mager itu muncul. Tapi butuh penyemangat dulu sih, biar ada yang memicu duluan. Ehm…

    1. Ehehe, terimakasih banyak sekali ya 🙂

      Benar sih, banyak yang memang kadang membuat takut untuk mencoba hal baru. Tapi, mencoba hal baru bisa bikin kita naik 1 step lebih tinggi loh 🙂

  2. harus berani memanfaatkan peluang yang ada sekalipun terkadang terdapat beberapa resiko yang harus di hadapi, seperti mencoba berwirausaha, sekalipun gagal tapi tidak begitu masalah karena gagal dimasa muda tidak seburuk gagal dimasa tua

  3. Sudah sering rasanya membaca tips-tips seperti ini. Tapi yang paling penting dari diri sendirinya. Mulai dari mengubah pola pikir menjadi lebih baik dan kedua yang juga penting sekali adalah berani melakukannya, tidak hanya bermimpi dan menyusun rencana saja.

    Diriku juga seringkali masih terjebak dalam zona nyaman, mungkin saat ini juga. Kalimat di atas hanya sebagai pengingat bagi diri sendiri dan teman-teman yang lain.

    1. Benar bangeeeet, semua tips, kata-kata motivasi, dan juga quote-quote penyemangat itu hanyalah pendukung sebenernya. Selanjutnya, ya tergantung diri pribadi. Mau maju setelah didukung atau tidak 🙂

  4. Usiaku masih muda ngga ya? Ngga tau kenapa dari tahun ke tahun aku ngerasa usiaku makin jauh dari yang namanya muda. 😦 Dan pas liat tulisan ini lumayan semangat deh jadinya mba karena penuh dengan motivasi.

  5. Ujung2nya sih semua itu tergantung dari diri kitanya masing2 kak… mau sukses atau tidak nya kan kita yg memilih.. tapi ya itu, resiko tanggung sendiri. 🙂

    “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang kesepian, *ehsalah; ketepian”

  6. sekarang lagi nyoba hal baru, belajar bahasa Alzerbaijan. terus bikin vlog pakai bahasa mereka. Hal-hal baru ini membuat lebih tertantang dan bisa menghasilkan sesuatu yang lebih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s