5 Cara Mudah Untuk Mulai Ngeblog

‘Ngeblog itu enak nggak, sih?’

Akhir-akhir ini, beberapa orang teman mengajukan pertanyaan demikian kepada saya. Mmm… Sebenarnya saya tidak begitu tau sih, apa yang mendasari mereka sehingga menanyakan pertanyaan demikian. Sampai akhirnya, sebelum saya hendak mengeluarkan jawaban yang bagi saya adalah pure benar-benar saya rasakan, mereka melanjutkan pertanyaannya dengan kalimat :

‘Enak pasti ya, bisa dapet duit banyak dari adsense?’

Seketika saya langsung mencoba membungkam mulut saya sendiri agar tidak lekas menjawab, pun membungkam mulut mereka yang seolah seperti menyimpulkan seenak jidatnya.

Errr…

Sebenernya saya fine-fine aja sih apabila kemudian banyak orang yang menilai bahwa seseorang yang ngeblog itu bisa dapet duit dari adsense, karena memang realitanya sebagian besar blogger tuh ya begitu. Tapi yang bikin agak kurang bisa membuat fine adalah ketika mereka bertanya dan menyimpulkan sendiri bahwa ngeblog itu enak.

Karena…

Ya karena konsepnya tidak begitu wahai kawan-kawan saya yang terhormat.

Cara Menyukai Dunia Blog

Source : Coretanzone.id

Orang bisa tau sesuatu itu enak atau tidak ya kalau si orang itu yang terjun atau merasakan langsung gimana sensasinya. Kalau misalnya saya ditanya apakah ngeblog itu enak, ya tentu saya akan menjawab enak, karena di posisi ini, saya emang menyukai dunia kepenulisan. Tapi, enak bukan tanpa…

Sebentar, Feb.

Sebentar.

Kan pertanyaannya ‘enak atau enggak? doang’ dan kamu sudah menjawab ‘enak’, lalu kemudian…ya selesai dong permasalahan? Kamu tidak perlu sewot dan bertele-tele?

Emm…

Iya, sih.

Tapi…

TAPI KAN DI ATAS SAYA MENCONTOHKAN TENTANG TEMAN SAYA YANG BERTANYA, LALU SEBELUM SEMPAT SAYA JAWAB, EH MEREKA MENYIMPULKAN SENDIRI TENTANG BAGAIMANA ENAKNYA. YA SAYA SEWOT DONG.

O… iya juga ya. Yaudah, lanjut.

Pffffft.

Sampai mana tadi?

Oiya, bagi saya pribadi, ngeblog itu tuh emang beneran enak. Suwer deh. Tapi latar belakang di balik ‘enak’-nya tuh bukan karena saya dapet duit dari adsense atau gimana-gimana, melainkan karena saya bisa menuangkan opini dan sesuatu yang ada di kepala saya secara bebas di tulisan. Secara, ya saya tidak pandai ngomong secara langsung melalui gitu. Jadi, itu enak. Selain itu, mendapatkan banyak kenalan dari bidang kesukaan yang sama juga menjadi alasan kenapa ngeblog itu enak. Selain itu yang itunya lagi, ya mendapatkan tawaran kerja sama yang kemudian berujung pada pembayaran berupa uang atau produk, pun seolah menjadi hal yang enak dan melegakan.

Gitu.

Itu menurut saya ya, nggak tau kalau menurut yang lain. Karena saya belum main adsense, maka saya tidak bisa menyebutkan bahwa saya merasa ngeblog itu enak karena adsense. Jadi, saya suka sebel dan membantah aja gitu tiap kali denger celetukan teman yang bilang :

‘Febri enak ya, ngeblog terus dapet duit dari adsense sampai belasan juta’

BELASAN JUTA PALE LO!

SAYA NGGAK MAIN ADSENSE HELLOW.

KALAU SAYA NGEBLOG MAIN ADSENSE DAN  DAPET BELASAN JUTA, MAH, ISI BLOG SAYA ISINYA TENTANG REVIEW PRODUK-PRODUK YANG TERKEREN MASA KINI. LHA INI, PRODUK YANG TERAKHIR SAYA REVIEW SAJA PERIHAL PRODUK SCOTT EMULSION.

PFFFFFT.

LATAR BELAKANG SAYA NGEBLOG TUH MURNI KARENA PENGEN CURHAT DAN CERITA-CERITA SAJA. PERIHAL MAIN ADSENSE…

Bermain Adsense di Blog

Source : mhira.com

YA… YA ANJER KENAPA SAYA BELUM PAHAM CARANYA MAIN ADSENSE SIH. AJARIN SINI DONG BIAR SAYA BISA DAPET BELASAN JUTA.

TELEQUE.

Jadi, awkay sekarang paham kan bahwa alasan ngeblog enaknya orang itu berbeda-beda dan antar satu dengan yang lainnya itu juga tidak melulu sama?

Oleh karena itu, jika disini ada teman saya atau siapa saja deh ya, yang merasa ingin tau apakah ngeblog itu enak atau tidak, mending coba saja deh ngeblog sekali. Rasakan sensasi rajin nulis di awal dan ngambang di akhir. Rasakan sensasi malas yang kadang menyelimutinya. Rasakan sensasi membahagiakan saat tulisan kita dibaca orang lain. Dan rasakan sensasi-sensasi lain di dalamnya.

Ragu dan masih tidak tau harus darimana memulainya?

Tenang, saya akan sedikit memberikan satu atau dua langkah yang dulu saya lakukan ketika ngeblog. Mau tau gimana? Gas deh liat saja.

5 Langkah Awal Untuk Mulai Nge-Blog.

1.     Pastikan Kamu Memang Ingin Menulis.

 

Menyukai Dunia Blogging

Source : Bangsyaiha.com

Ya… ya ini bener dong? Tidak mungkin kan, disini ketika kalian ingin bisa suka ngeblog, lantas kalian kemudian meneguhkan diri untuk les balet?

Waduh, itu mah sangat tidak nyambung dong.

Mengingat blogging adalah kegiatan tulis-menulis, ya berarti tugas kalian memang harus memusatkan fokus untuk menulis dan menulis. Entah menulis apapun, deh. Bebas. Setidaknya, tekankan kepada diri kalian bahwa kalian tuh ingin menulis. Titik. Kalau perlu, jadikan menulis sebagai nama tengah kalian, lalu mulai menulislah segera.

2.     Tentukan Niche Blog.

Cara Agar Disiplin Menulis dan Posting Blog

Source : Indrathrw.com

Awkay, ini merupakan hal yang agak terlambat saya tau dan yaudahlah ya. Tapi demi kebaikan kalian, hal ini lantas layak saya ajukan pun kalian lakukan. Bagi siapa saja yang ingin suka ngeblog dan memang sudah memastikan bahwa kalian ingin menulis, selanjutnya ada baiknya kalian menentukan niche yang seperti apa yang kelak akan mengisi rubrik blog kalian.

Suka musik, tulislah tentang musik.

Suka masak, tulislah tentang masakan.

Suka traveling, tulislah cerita perjalanan.

Suka nonton film bokep, tulislah surat Al-Baqarah lalu taubatlah segera.

Intinya begitulah, ya.

3.     Buatlah Jadwal Untuk Menulis dan Posting Tulisan.

Jadwal Menulis dan Posting Blog

Source : Plukme.com

Menulis sebenarnya adalah sebuah kegiatan yang bebas dan tidak melulu terikat. Akan tetapi, menulis ada kalanya membutuhkan kedisiplinan yang tinggi dan kesungguhan yang matang.

Oleh karena itu, hal tersebut bisa dikontrol dengan penjadwalan yang rutin untuk menulis maupun posting tulisan.

Ini optional sih sebenernya. Apabila memang kalian sudah terbiasa menulis dan tidak perlu jadwal yang pasti… ya yasudah.

Tidak apa.

Santai saja.

4.     Buatlah Blog Segera.

Cara Menulis Blog Yang Baik

Source : Solusiwebsitebandung.co.id

Ya… ini merupakan hal terpenting yang seharusnya kalian semua lakukan jika kalian memang ingin dapat menyukai dunia blogging. Point pertama, kedua, dan ketiga tidak akan berarti apa-apa jika memang kalian tidak memiliki blog.

Lantas bagaimana selanjutnya?

YA BUAT AJA ANJER! BIKIN BLOG ITU MUDAH KOK.

JIKA TERNYATA DI SINI MASIH ADA YANG BINGUNG DAN BUTUH SEMACAM TUTORIAL ATAU TIPS-TIPS JITU MEMBUAT BLOG, SILAHKAN BACA ARTIKEL DISINI.

Mudah kan?

5.     YA SUDAH NGEBLOG DONG !

HEYLOOOOOOW!

KALIAN KENAPA MASIH DISINI?

BURUAN TULIS, POSTING, LALU SEBARKAN TULISAN KALIAN MELALUI MEDIA SOSIAL YANG KALIAN PUNYA. JANGAN LUPA KUNJUNGI BALIK BLOG-BLOG YANG MUNGKIN KALIAN SUKA, ATAU ISTILAHNYA ADALAH BLOGWALKING.

TIDAK PERLU MALU. TIDAK PERLU RAGU.

TERIMA KRITIK DAN SARAN ATAS TULISAN YANG BAGI MEREKA KURANG, LALU PERBAIKI KEMUDIAN.

SEGALA HAL YANG MENGACU PADA KESALAHAN, KETIDAKRAMAIAN, KEJELEKAN, DAN LAIN-LAINNYA ITU ADALAH LUMRAH KOK. SETIAP ORANG PASTI BISA BERKEMBANG.

JADI, MAU MULAI SEKARANG?

TERIMAKASIH.

Eh, kenapa saya sewot pake capslock-an ya?

Terimakasih. 🙂

Advertisements

43 comments

    1. Menuruuuut kabar yang beredar sih iya, Mbak. Soalnya kalau misal niche kita jelas merujuk pada satu fokus saja, kan lebih khusus gitu. Kayak misal mau nyari blog yang mbahas perbeautyan, eh langsung mampir di blog itu. Terus, agency atau kerjasama juga ngalir lancar.

      Tapi, ya ga tau sih.

      Blog saya gado-gado juga soalnya, Mbak 😀

  1. Kalau review produk itu post paid/sponsor post ga ada hubungannya dg Adsense Feb 😀 . Hasil dari GA sdh ga spt dulu bangett, dapat belasan juta/bln itu mah yg trafiknya jutaan per bulan deh, klo spt blogku trafik dikisaran 35-50rb/bln dapatnya 10-15 euro (rp.160-240rb), baru bisa cair stl sejutaan rupiah.

    1. Iyaaaa, Mbaaa. Maksudnya, kalau saya main adsense dan dapet duit belasan juta, saya bakal beli-beli produk mahal yang kemudian akan saya review atau unboxing gitu-gitu wgwgw.

      Hooooo, GA sekarang teramat sangat kecil dan sulit juga ya ._. baiklaaaah wgwgw. Terimakasih banyak banget, mba, infonya 😀 sangat membantu :))

  2. wokeyyyy.
    adsense itu lumayan pahit padahal feb. untuk payout perbulan aja butuh trafik yg gede. sepanjang perjalanan ngeblog, butuh 360k tayang perbulan, yg artinya butuh 10k lebih tayangan perharinya.

    😌😌😌

    1. Haloooo, Mbaaaaaak.

      Terimakasih banyaaaak, jika kamu seneng mampir ke blog saya :’ suatu kehormatan nih buat saya :’

      Makasih banyak ya, Mbak. Hehehe. baiklah, saya akan rajin ngeblog :3

  3. Sensasi yang kamu sebutkan kok bener semua ya, mas? Apalagi penekanan pada malas huft.

    oke bhaiq, setelah baru beberapa kali bertamu ke blog ini, saya simpulkan niche blognya adalah kumpulan opini/perspektif yang nyelenehnya lebih banyak 😦

    wha, masih belum ngerti saya main adsense caranya gimana. sesusah main simcity pas baru donlot nggak, mas? hahaha

    asik dong udah dapat tawaran kerja sama xD

    1. Menulis kadang kendalanya emang di malas sih ya mba :((

      Hahaha niche blog ini sebenernya random sih, tida ada yang jelas di postingan blog saya :p wgwgwg

      SAMAAAAA!!! SAYA MASI BELUM TAU JUGA MAIN ADSENSE, APALAGI SIMCITY BUSET WGWGW

  4. *ngakak dulu* *keselek jamur* Iya banget ya, Mas. Saya sering juga dianggap begitu, bahkan sering dijulid-in perkara jadi blogger. Ahahaha saya sendiri santai saja, saya pakai adsense sih, tapi ndak naik-naik eh angkanya. Dan emang cuma asal pasang wkwkwkwkwk.

    Oiya, jadi tambah semangat nulis nih jadinya.

    1. Whooohoooo kayaknya emang sering ya yang kayak dikomentarin atau dijulidin begitu. Santai saja laaaah wgwgw

      Wohoooo pengguna adsense nih, dewaaa sayaaa 😀

      Ihihii semangat ya mbaaaaa 😀

  5. Ya gitulah seorang blogger pasti ada aaja yg nyeletuk “adsense kenceng nih” palelu, dia belon tau ngumpulin duitnya susah minta ampun wkwkkwk, tapi tetap semangat, ngeblog karena hobi 🙂

    1. Hahaha kaaan, bener kaaaan, kampret sekali yaaa yang bilang adsense kenceng 😦 padahal saya tau kok derita orang-orang yang kalau pake adsense wgwgw.

      Kalau dari awal ngeblog emang karena hobi, Insya Allah lancar jaya 🙂

  6. HAHAHAHA. Bener banget, Feb. Khususnya pas semangat di awal-awal trus ngambang di akhir. Ini pernah terjadi di gue. Jadi dulu ketika gue memulai nulis di blog sebagai personal bloger–sebut saja blogger curhat supaya lebih dekat–dalam sebulan kayaknya bisa buat nerbitin 10 hingga 20an tulisan. Dan makin ke sini kayaknya makin parah aja. Dalam sebulan cuma bisa 2 – 3 tulisan. Kadang cuma 1 saking malesnya.

    Trus kalau ngomongin adsense, sebenernya enggak seenak yang dibayangkan. Dulu gue beranggapan kalau nulis trus diterima sama Adsense, bakal bisa menghasilkan banyak uang. Trus pas udah di approve sama tim GA, malah hasilnya jauh dari yang gue bayangkan–enggak pernah nyangkut di belasan juta kayak yang orang orang bilang. Huhu. Nyesel banget dulu dengerin dan percaya apa kata orang-orang. Sedih, sih. Tapi semenjak itu gue enggak berpatokan dengan GA lagi. Sekarang mah, nulis buat suka suka aja.

    Ngelihat dari headernya kok gue ngerasa engga asing ya sama blog lu ini. Setelah gue inget-inget lagi, ternyata bener, ini blog yang dulu sering banget gue kunjungi antara tahun 2015 – 2016! Iya engga sih? Gue lupa. Tapi header sama blog lu ini kayak enggak asing gitu :’)

    1. HAHAHAHA Kaaan, menulis itu emang kadang cuma kayak menggebu di awal gitu doang deh. Sebel bet rasanya wgwgw.

      Kalau masalah adsense, saya sering denger cerita dari berbagai macam orang kok. Emang nggak semudah dan seenak yang dibayangkan ya 😀

      HAHAHA HAYOOOLOOOH, INI BLOG INI BLOG SIAPA HAYOLOOOOH.

  7. aku nge blog karena memang suka, ga perduli ada duit nya atau gak hihihii… tapi akhir2 ini lagi susah mau nge blog dan blogwalking,tapi doakan aku agar tetap istiqomah yaa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s