Hayoloh, Pengen Bisa Menghasilkan Uang Dari Blog Kan?

‘Apa alasan yang membuat kamu akhirnya memilih untuk ngeblog?’

Jika pertanyaan itu diajukan kepada siapa saja yang tidak sengaja membaca tulisan ini, mungkin sebagian besar dari mereka akan menjawab dengan nada yang sangat meyakinkan, seolah-olah jawaban mereka akan membuat semua orang terkagum padanya :

‘Karena emang ingin berbagi cerita aja sih’

Sebagian yang lain, mereka mungkin tidak ragu untuk menjawab dengan kalimat sederhana seperti :

‘Eng, dulu sih karena tugas waktu SMA. Eh keterusan sampai sekarang’

Sisanya, mereka menggeleng kepala sembari berucap :

‘Enggak tau. Saya kan nggak ngeblog’

Awkaaaay, setiap jawaban yang keluar untuk merespon pertanyaan di atas itu boleh bagaimana saja ya. Tidak apa-apa. Bebas. Toh, ya mereka-mereka sendiri kan yang ngeblog? Mereka sendiri juga yang menikmati dunia blognya. Permasalahannya bukan pada alasan kenapa ngeblognya, tapi pada apakah sampai sekarang dia masih tetap rajin ngeblog atau tidak.

Alasan Ngeblog

Apanih Alasan Kamu Ngeblog? (Source : Pixabay)

Gitu kan?

Nah, kalau misal saya kemudian diminta untuk menjawab sebuah pertanyaan seperti yang di atas tadi. Tentu yang akan menjadi jawaban saya sejujur-jujurnya adalah jawaban :

‘Ya, karena saya ingin berbagi cerita sehari-hari yang saya alami sih’

Itu saja.

Nggak ada jawaban lainnya deh perasaan. Jika memang ada yang tidak percaya, coba saja lihat postingan awal saya yang mana isinya hanya perihal curhatan saya tentang gebetan, gebetan, gebetan, dan gebetan. Di mata saya pada tahun 2013 silam, yaitu saat pertama kali saya mengenal dunia blog, hal yang mendasari saya ngeblog ya hanya karena ingin membagi cerita dan keluh kesah saya perihal cinta, patah hati, atau kekesalan yang ada di rutinitas sehari-hari.

Percaya deh sama saya, memendam semua uneg-uneg sendirian itu nggak ada asik-asiknya sama sekali.

Masih nggak percaya?

Udah gih, buruan buka postingan blog saya dari awal sampai akhir ini. Lumayan, itung-itung nambahin viewers kan.

EBUSET. NGGAK GITU.

Saya hidup beriringan dengan ngeblog didasari oleh alasan sepele seperti itu. Meskipun, yaa seiring berjalannya waktu, pasti alasan sepele itu kelak akan ditambal oleh alasan-alasan lain yang dasarnya berlandas pada viewers, uang, atau kerjasama untuk mereview suatu produk.

Wajar?

Ya wajar-wajar saja. Blog-blog pribadi ini, kenapa kita ngelarang-larang.

Ye kan?

Menghasilkan Uang dari Blog Bukanlah Menjadi Rahasia Umum Lagi

Menghasilkan Uang di Blog

Menghasilkan Uang Dari Blog Yuk (Source : Pixabay)

Yak, semakin kesini, kenyataan bahwa semakin banyak orang yang ‘nyambi’ menghasilkan uang di blog bukanlah menjadi hal yang perlu ditutup-tutupi lagi. Meskipun ada beberapa orang yang berdalih dengan berulang kali meyakinkan melalui kalimat-kalimat tipikal :

‘Ah, aku tuh yang penting nulis sih. Masalah uang dari blog itu masalah terakhir’

Rasanya saya ingin menimpali pembelaannya itu dengan gimana ya? Eng… apa iya sih bisa begitu? Manusia mana coba yang memilih untuk menepikan uang yang bisa didapat hanya dari menulis di blog, menyelipkan satu link hidup di tulisannya, kemudian tunggu beberapa bulan kemudian, ya cairlah sudah rupiahnya.

Siapa juga coba yang bakal menolak untuk dikirimi produk handphone atau apalah lainnya itu yang mana kita diminta untuk mereviewnya di blog, kemudian di akhir kesempatan, produk tersebut boleh kita miliki.

Siapa juga coba yang memilih untuk menolak memasangkan iklan dari suatu agensi, yang kemudian dibayar perbulan? Kita nggak perlu ngapa-ngapain, duit ngalir terus tiap bulan hanya dari banner iklan di blog.

Yakin ada yang masih bisa bilang :

‘Ah enggak, yang penting mah nulisnya sih’

Coba deh, revisi sedikit jadi :

‘Ah iya, yang penting mah nulisnya bisa dapet duit’

HAHAHA.

Kagak deng. Kagak. Pasti masih ada yang memang ngeblog untuk hobi menulisnya. Masalah uang, pikir terakhir. Kan sekali lagi, semua itu terserah setiap umat manusia pemilik blog tersebut ya.

Ehehe.

Pada dasarnya, saya dulu juga pernah bersikap begitu terhadap rutinitas ngeblog saya. Menilai bahwa apa-apa saja yang bisa di dapat dari blog hanya sekedar bonus semata. Enggak lebih, dan nggak kurang.

Pertama Kali Mendapat Sesuatu Dari Blog

Satu tahun ngeblog, yaitu sekitar tahun 2014, mungkin itu adalah awal mula saya mulai mendapat pundi-pundi keuntungan dari ngeblog. Kala itu, saat saya sedang membuka email, disitu saya melihat ada ada satu buah email masuk dari suatu portal belanja online ternama meminta kerja sama dengan blog saya.

Saat pertama kali membaca email tersebut, jelas perasaan yang saya rasakan hanya satu : SENANG LUAR BIASA BANGKEK.

Itu saja.

Meskipun jika dilihat dari nominal dan bentuknya yang hanya berupa voucher Rp.100.000 saja, tapi hal tersebut ternyata mampu membuat saya semakin semangat ngeblog dan ingin bisa kembali mendapatkan kesempatan kerjasama lainnya di waktu yang nggak tau kapan.

Bagi saya saat itu, tidak peduli berapa nominalnya, yang penting blog saya bisa dikenal orang dan ada satu pihak yang bisa saya bantu dengan blog ini.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Menjalin Kerjasama Dari Blog Untuk Menghasilkan Uang (Source : Pixabay)

Alhasil, dengan alasan tersebut, ya Alhamdulillah saya sudah beberapa kali mendapat kesempatan untuk bekerja sama dengan berbagai pihak. Karena bahagianya saya masih sangat sederhana dan sekedar ingin bisa membantu, maka saat beberapa pihak itu membahas masalah fee yang harus dibayar, saya pun hanya menjawabnya dengan balasan :

‘Biasanya berapa ya, kak? Saya sih ngikut aja kok. Yang penting bisa bantu’

Dari jawaban saya yang terkesan ‘nerimo’ banget itu, saya pun akhirnya dibayar sekedarnya. Mulai dari voucher, pulsa, atau uang 150.000 rupiah.

Murah banget sayanya.

Hal itu berjalan beberapa bulan, karena memang job-job begitu tidak rutin saya dapatkan. Bisa dua bulan sekali. Bisa setahun 4 kali. Bahkan bisa tidak sama sekali. Nggak tentu deh pokoknya. Jadi kalau misal ada orang yang memang ingin ngeblog hanya karena mencari jobreview atau content placement, mending pikir ulang lagi aja deh ya ehehe.

Etapi bebas sih. Kenapa juga saya ngatur-ngatur.

Hari demi hari berjalan masih dengan diri saya yang nerimo-nerimo aja. Sampai akhirnya, saya pun dipertemukan dengan seorang blogger yang lebih senior dari saya, Bang Firman. Disitu saya sharing dengan beliau masalah blogging dan tetek bengek di dalamnya. Saya tanya masalah DA/PA, masalah tema blog, masalah ranking blog gitu-gitu, masalah adsense, sampai pada titik dimana saya bertanya masalah berapa uang yang biasa beliau dapat saat mendapat job review atau content placement.

Pertanyaan saya itu mungkin terdengar agak klise, tapi sangat dimaklumi oleh sebagian blogger yang memang tidak memungkiri perihal hal tersebut.

Bang Firman akhirnya menjawab tentang ratecard untuk blognya. Dia dengan senang hati menjabarkan bahwa selama ini, untuk urusan job review atau content placement, Beliau telah mematok harga yang lumayan tinggi untuk blognya.

Saat tau harganya, saya langsung kaget. Jujur saja. Nggak nyangka banget Bang Firman bisa menghasilkan uang yang mungkin 4 kali lipat dari yang selama ini saya dapatkan dari blog. Menyadari kekagetan saya, Bang Firman pun akhirnya bertanya balik yang kemudian hanya membuat Beliau ikutan kaget.

Buset, ini kenapa jadi kaget-kagetan ya anjer?

Saat tau bahwa saya tidak mematok ratecard untuk blog saya, Bang Firman pun sedikit menyentil saya tentang kebegokan saya tersebut. Katanya, untuk ukuran blog yang saya miliki, sangat merugikan sekali apabila mematok tarif seikhlasnya untuk jobreview atau content placement. Pasalnya, ada permainan yang dilakukan oleh pihak yang meminta kerjasama gitu-gitu. Jika boleh saya menggambarkan bagaimana siklusnya, maka kira-kira begini :

Sebuah agensi besar meminta bantuan kepada pihak kedua untuk mengiklankan produknya dan memberikan imbalan Rp. 1.000.000,00. Pihak kedua itu pun akhirnya mencari blogger-blogger yang mau untuk mereview produk tersebut, dengan imbalan yang jauh dibawah 1.000.000,00. Artinya apa? Jika ada yang mau hanya dibayar 150.000 atau bahkan 50.000 saja untuk mereview produk, jelas itu merugikan diri sendiri dan hanya menguntungkan pihak kedua.

Benar bukan?

Kira-kira begitu gambarannya.

Selain itu, kata Bang Firman, jika saya masih mematok harga murah untuk blog saya, maka sama saja saya mematikan pasaran untuk blogger-blogger yang masih di bawah saya (Meskipun saya tidak yakin apakah ada blogger di bawah saya, karena saya merasa justru sayalah blogger terbawah). Katanya begini :

‘Kasihan juga blogger yang ada di bawah kita. Jika kita mau dibayar murah, lantas bagaimana dengan blogger-blogger baru yang juga butuh rupiah dari blog?’

Emmm…

Benar juga ya?

Atas dasar masukan dari Bang Firman, akhirnya saya pun mulai menentukan ratecard untuk blog saya. Masih dengan harga yang tidak melonjak sangat, dan masih bisa dianggap wajar untuk blogger rendah seperti saya.

Akhirnya, Alasan Ngeblog Kelak Juga Untuk Menghasilkan Uang

Ah, tidak-tidak. Saya memilih menggunakan heading dua sekaligus menempatan kalimat bernada ‘Menghasikan Uang di Blog’ di atas itu semata-mata hanya untuk memainkan SEO semata. Hahaha. Begini bukan sih caranya? Ajarin dong yang bisa mainan SEO.

Pada dasarnya, alasan utama saya ngeblog bukan semata untuk uang juga. Sekali lagi, uang hanya untuk pengiring saja. Jika ada yang mengajak bekerja sama, ya ayoklah boleh. Jika tidak, ya ndakpapa. Ngeblog masih jalan terus.

Gitu.

Lagian, selama 5 tahun ngeblog ini, saya sama sekali tidak bermain-bermain dengan adsense sih. Bukan karena tidak mau, tapi karena tidak bisa. Eh, bukan karena tidak bisa, karena tidak mempunyai uang cukup untuk pindah ke selfhosting atau membeli paket premium di wordpress.

Miskin sekali memang saya ini.

Sejujurnya, terkadang saya merasa iri dan agak gimana gitu ketika melihat ada teman-teman blogger yang dengan bangga memposting foto selembaran surat cinta dari adsense gitu-gitu. Wah, keren. Terus tergugah ingin pindah selfhosting, atau minimal main di paket premium wordpress. Setelah itu, saat saya mulai kepo mengenai biaya pindah selfhosting atau beli paket premium, nyali saya langsung ciut.

BUSET MAHAL AMAT.

Alhasil, sampai sekarang, saya masih tetap menumpang di wordpress tanpa menghasilkan pundi-pundi rupiah secuil pun.

SAYA HAMBA UANG YANG GAGAL.

Lantas, Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Di Blog?

Heh?

YA BUSET.

MANA SAYA TAU YA CARANYA GIMANA?

Gini nih ya, saya itu kadang dapet job review atau content placement juga untung-untungan. Nggak tau bagaimana caranya ada orang yang tiba-tiba tau blog saya, kemudian ngirim email untuk mengajak kerjasama.

Saya benar-benar nggak tau teknisnya, selain dengan sigap langsung membalas dan mengiyakan.

Haha.

Tapi jika boleh saya memberikan semacam pengetahuan yang sebatas saya tau mengenai cara menghasilkan uang di blog, maka saya akan memberi tahu bahwa cara untuk bisa menghasilkan uang di blog itu ada berbagai macam cara. Salah satunya adalah Adsense.

YAIYALAH.

SIAPA JUGA YANG DI ERA SERBA CANGGIH INI TIDAK TAU ADSENSE YA BUSET?

Untuk pengguna wordpress, bisa juga tuh mencari rupiah dari WordAds. Meskipun, ya sampai sekarang saya juga nggak mainan WordAds karena paketan wordpress yang saya pake nggak include itu.

JADI YA GIMANA YA?

SAYA TIDAK TAU APA-APA PERIHAL BLOG NIH.

Ehehe.

Kalau misal ingin bisa menghasilkan uang di blog dalam bentuk produk atau apalah itu namanya, mungkin terlebih dahulu kalian harus memperbaiki niche blog yang kelak akan kalian tekuni.

Blog gado-gado macam blog saya ini, biasanya kesempatan untuk mendapatkan job-job macam itu hanya sedikit. Berbeda dengan blog yang memang sudah menetapkan nichenya khusus untuk satu fokus saja, seperti misal technoblogger, foodblogger, bookblogger, beautyblogger, movieblogger, atau embel-embel blogger apaan gitu lah pokoknya. Selain viewersnya bakal melonjak karena terus dicari, blogger dengan niche yang jelas akan sering mendapat kiriman produk untuk direview, tawaran kerjasama atau mungkin sekedar undangan untuk hadir di suatu acara gitu-gitu.

Enak kan?

YA ENAKLAH BUSET.

Ehe.

Tapi satu hal yang harus menjadi catatan adalah, untuk menjadi blogger yang bisa menghasilkan uang di blog, bukan berarti kalian hanya perlu membuat blog, menentukan niche blog yang jelas, menggebu di awal, lalu berhenti beberapa bulan kemudian loh ya.

Inti dari kenapa blogger-blogger bisa menghasilkan uang di blog adalah karena memang mereka rutin menulis di blog. Rutin blogwalking. Rutin mencari teman. Rutin mencari link. Lambat laun, apa yang dinamakan uang itu akan menghampiri dengan sendirinya. Entah disengaja, atau entah tidak.

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Menghasilkan Uang Dari Blog Bisa Menjadi Alasan Utama Untuk Rajin Ngeblog, Loh (Source : Pixabay)

Jadi kesimpulannya, jika diantara kalian ingin bisa ngeblog lancar, mulailah dari rasa suka. Mulailah dari terbiasa. Mulailah dari hanya ingin bercerita. Perlahan-lahan, jadikanlah itu alasan agar bisa menghasilkan uang.

HIDUP UANG!

HAHAHA.

Terimakasih.

Advertisements

35 comments

    1. Master sekali memang mas Mam nih lah yaaaa. Biarkan uang mencarimu~ wwgwg.

      Iya yaa, tagnya banyak bet. Satu paragraf tida ada henti-hentinya wgwg. Sebenernya postingan ini hanya postingan trial untuk mengetahui seberapa berhasilnya tips-tips agar bisa masuk Pej wan sih wgwgw

    1. Ehehehe iya, mas 😀 Kalau masih awal awal dulu itu 150ribu itu sangat sangat amat disyukuri. Tapi semakin kesini, kayaknya harus diniakin deh mas 🙂 biar nggak matiin nilai jual gitugitu 😀

  1. perkenalkan nama saya ******
    ini alamat blog saya **************com
    saya tuh ngeblog pengen dapet duit, cewek cantik, jadi orang ngetop, muda hura-hura, tua hura-hura, mati masuk surga,

  2. HIDUPPPP!!!!

    alasan gue ngeblog karena pengen dapat cowok blogger juga. wwkwk yg minat blogwalking dong ke blog gue. LOL

    ahhh bohong ituu… salah satu alasan ngeblog juga krna pengen dpt uang. yekaaan ?? gue juga gitu kok ngk usah jaim lahh… wkwkwk

    minggu lalu gue juga bru ditawarin kerja sama, sama kayak lu lah feb terserah mau ngasih brapaa eeh gue udah balas gitu malah ampe sekarang email balasan gue kagak dibalas. bangke!

    tahun lalu ditawarin juga dapat fee 150 rb dan dpt voucher blnja 250 rb. hihihi Alhamdulilove :p

    1. Hahahaaaa, kaaan kaaaan 😀 Mesti pada ujungnya bakal merujuk ke duit yaak 😀

      Tapi harus seimbang. Uang iya, ngeblog lancar jaya terus 😀 wgwgw.

      Hahahaa 400 ribu ya totalnyaaa 😀 sangat lumayaaan. Sudah menjadi blogger profesyenel, jangan mau dibayar murah 😀

  3. entah sudah berapa kali saya membuat blog, namun tidak ada yang berhasil dan sukses menghasilkan pundi pundi, dan akhirnya memutuskan untuk kembali menulis secara jujur tanpa mengejar Da Pa, kata kunci, dan sebagainya. memang saya ada satu blog gado gado yang mengejar semua itu, walaupun tidak tercapai, senses nulis saya jadi kaku, terkutuklah google dengan produk adsensenya yang memaksa saya jadi rewrite tulisan tulisan trending, ah sudahlah. jadi curhat kwkw

    1. Hahah kayaknya semua penulis begitu yaaa. Maksudnya menulis yang awalnya dari kesukaan, kemudian muncul keinginan buat bisa menghasilkan. Gagal dan nggak pasti, yaudah yang penting nulis. Mau main ads, kok sulit gwgw. YA UDAAAH GOOGLE BUSET gwgw

    1. Siyaaaaal, yang ini bisa minta tolong itungin mba?

      Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah, Buset dah, buset dah, buset dah, buset dah,

    1. Tidak apa-apa, Mas 😀

      Tergantung wordpress apa yang kita pakai, mas. Kalau wordpress.org, bisa kok. Tapi ya itu, bayarnya mahal ehehe.

      Kalau masih .com, ya belum bisa 😀

      1. Hehehe jadi malu aku di ketawain duluan jiahahaa..

        Aku masih sangat newbie ni dlm dunia blog. Iseng iseng aja hehehe.. Tp gk muna berharap suatu saat nnti bisa ngasilin duit ahihi.. Ngemeng² caranya gmna biar bisa ngasilin duit dr blog syaratnya apa aja gitu. Selain postingan yg bermanfaat hehehe.

        Monggo yang mau jawab siapa aja boleh. Klo mau di bully juga boleh wakwakwak

      2. ahahah santai aja kaliiiik. Wajar kok, saya ini juga newbie hehehe.

        Kalau mau ngasilin dulu, saran saya mending konsisten ngeblognya. Ngalir aja gitu, nanti tau-tau juga dapet tawaran buat review-review gitu yang dibayar ehehe.

        Kalau mau main adsense, beli paketan premiumnya wordpress, habis itu daftar adsense sama wordads.

        Tapi yang jelas satu : konsisten.

      3. Saya sudah mengunjungi blog kamu ya 🙂

        dan masalah saran untuk tampilan tema, kayaknya nggak ada yang masalah deh. Bagus kok dilihatnya 🙂 jadi tinggal itu aja sih, konsisten :). Baru mulai Februari 2018 kan ya

      4. Hehehe jadi malu aku di ketawain duluan jiahahaa..

        Aku masih sangat newbie ni dlm dunia blog. Iseng iseng aja hehehe.. Tp gk muna berharap suatu saat nnti bisa ngasilin duit ahihi.. Ngemeng² caranya gmna biar bisa ngasilin duit dr blog syaratnya apa aja gitu. Selain postingan yg bermanfaat hehehe.

        Monggo yang mau jawab siapa aja boleh. Klo mau di bully juga boleh wakwakwak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s