I Don’t Know My Name

Sabtuuuuh!

Bhihihik, perasaan gue girang banget deh ngomong ‘Sabtu’-nya. Padahal, ya aslinya begini nih. Memilih untuk memojokkan diri di pojok kamar sembari mengucap pamit kepada seisi dunia, yang mana memberikan tanda bahwa hari Sabtu buat gue sudah berakhir semenjak pukul 18.00 WIB.

Alay amat, anjer.

Jadi, akhir-akhir ini gue lagi suka-sukanya mainan ukulele. Hampir tiap hari, disaat waktu senggang, gue pasti menyempatkan diri untuk mengambil ukulele yang tergeletak di sudut kamar lalu kemudian sok-sokan menggenjrengnya dengan asal diiringi dengan nada-nada false yang gue senandungkan.

Ukulele

UKULELE KESAYANGAN! TAPI TOLONG ABAIKAN MANCHESTER UNITEDNYA YA!

Padahal, chord ukulele yang gue tau ya baru sedikit, kayak misal chord C, Em, D, G, F, Am, sama A doang. Udah itu aja. Alhasil, ya gue kalau genjrengan pakai ukulele pasti chordnya itu-itu aja. Bodo amat nada lagu sama nada chord ukulelenya nggak nyambung, yang penting ada suaranya. Itulah esensi dari seni….

NGGAK GITU, HEH!!!

Alasan kenapa gue jadi suka mainan ukulele itu pada awalnya gara-gara gue melihat sebuah video di youtube tentang audisi pencarian bakat di amerika. Disitu ditampilkan ada seorang anak yang masih berumur sekitar 12 tahun sedang memegang ukulelenya. Beberapa saat kemudian, si anak itu kemudian mulai memainkan ukulelenya dengan lihai sembari menyenandungkan sebuah lagu yang katanya dia ciptakan sendiri.

Tau nggak kira-kira anak itu siapa?

Karena hari ini adalah hari Sabtu, dan tepat juga waktunya untuk #SabtuNgomonginLagu, jadi ya kayaknya pas aja deh buat gue membahas si anak emas pemenang America’s Got Talent 2016 ini.

Yap, siapa lagi kalau bukan Grace VanderWaal.

Grace VanderWaal Twitter

GRACE VANDERWAAL! (Source : Twitter.com)

Untuk yang belum tau, Grace VanderWaal ini adalah seorang penyanyi sekaligus pencipta lagu yang lahir pada tanggal 15 Januari 2004, di Suffern, New York. Artinya, di tahun 2017 ini Grace VanderWaal baru berumur 13 tahun, yang mana arti dari artinya lagi, apabila suatu saat nanti gue diberi kesempatan untuk bertemu dengan Grace VanderWaal di Bantar Gebang, maka kalimat yang akan dia ucapkan adalah :

‘Halo, Uncle’

Buset, muda amat itu orang.

Nama Grace VanderWaal ini melambung tepat ketika dia mengikuti audisi America’s Got Talent dengan menyanyikan lagu ciptaannya, I Don’t Know My Name, yang mana disana dia langsung mendapatkan golden buzzer dari Howie Mandel. Nggak cuma itu, Simon Cowell pun sampai bilang kalau Grace VandeWaal ini adalah The Next Taylor Swift.

Nais.

Grace-VanderWaal-Taylor-Swift-silos-billboard-1548

Source : Billboard.com

Sejujurnya, saat pertama kali gue melihat penampilan dari Grace VanderWaal ini, gue kurang begitu suka dan justru kebingungan kenapa dia bisa dapet Golden Buzzer dengan penampilan yang menurut gue sedikit gimanaaa gitu.

Namun beberapa saat kemudian, tepat ketika gue lagi iseng dan pengen tau siapa pemenang di audisi America’s Got Talent, disitu gue dikagetkan dengan nama Grace VanderWaal yang terpampang nyata disana. Setelah itu, gue mulai kembali melihat dan mendengarkan lagu I Don’t Know My Name yang Grace VanderWaal dendangkan di audisi pertama America’s Got Talent. Lama kelamaan, gue jadi suka. Suka banget malah. Sampai akhirnya gue memutuskan untuk membeli ukulele agar bisa memainkan lagu I Don’t Know My Name ini.

Kecil-kecil cabe rawit mungkin adalah julukan yang cocok untuk diberikan kepada Grace VanderWaal. Pasalnya, nggak cuma menang di audisi America’s Got Talent, Grace ini pun juga pernah memenangi berbagai macam penghargaan seperti dari Radio Disney Music Award (Best New Artist) dan juga dari Teen Choice Awards (Choice Next Big Thing). Masalah penciptaan lagu? Eits, jangan salah. Kecil-kecil begini, Grace VanderWaal udah punya EP bertajuk Perfectly Imperfect (2016) dan juga lagu-lagu hits seperti Moonlight, Sick of Being Told, dan juga I Don’t Know My Name yang akan gue bahas kali ini.

Grace VandeWaal

Source : Teenvogue.com

Keren bangetlah ini, anak usia 13 tahun tapi prestasinya mendunia. Gue? Umur 13 tahun mah lagi belajar kencing sambil kayang buset deh.

Selanjutnya, yuklah kita ulik makna dari lagu I Don’t Know My Name ini. Kira-kira gimana ya isi dari lagu yang diciptakan oleh anak yang baru berusia 13 tahun…

I don’t know my name

I don’t play by the rules of the game

So you say I’m just trying

Just trying

Di awali dengan genjrengan ukulele yang sedikit cempreng, beberapa saat kemudian suara dari Grace yang agak serak-serak gimana gitu pun masuk. Lirik awal lagu ini pun menceritakan tentang seseorang yang merasa nggak kenal dengan dirinya sendiri. Seolah ada sesuatu yang merubah hidupnya, dia pun lantas merasa bahwa selama ini dia nggak menjalani kehidupannya dengan normal seperti dulu. Tapi meskipun begitu, dia pun mencoba untuk beusaha agar bisa tetap hidup dengan normal-normal aja.

So I heard you are my sister’s friend

You get along quite nicely

You ask me why I cut my hair

And changed myself completely

Ternyata nggak hanya seseorang itu yang merasa bahwa dirinya telah berubah. Di sudut pandang yang lain, orang-orang disekitarnya pun mulai merasa bahwa seseorang itu telah mengalami banyak perubahan dari penampilan dan juga perilakunya.

I went from bland and popular to joining the marching band

I made the closest friends I’ll ever have in my lifetime

I am lost…

Trying to get found

In an ocean of people

Please don’t ask me any questions

You won’t get a valid answer

I’ll just say that

Di lirik selanjutnya, ternyata dijabarkan bahwa perubahan yang terjadi dihidupnya itu mengacu pada kepopulerannya yang kian meredup. Namun meski begitu, seseorang itu masih sadar bahwa dibalik popularitasnya yang redup, dia masih punya kesempatan untuk bisa memiliki teman-teman yang senantiasa hidup didekatnya.

Seseorang itu pun mencari teman-teman yang dimaksud bisa selalu ada didekatnya. Namun, dia justru tersesat di kesendirian. Lantas, seseorang itu pun langsung berharap agar dia bisa ditemui oleh orang lain. Tapi, ketika kelak ada orang yang bisa menemukannya, dia berharap orang itu nggak banyak tanya tentang masalah hidup yang dimilikinya.

Karena…

Suwer deh, njelasin masalah yang terjadi di hidup kita itu susah. Apalagi kalau udah cerita panjang lebar, jawaban yang diberikan hanyalah : ‘Yaudah, sabar aja’

Hmm…

I now know my name!

I don’t play by the rules of the game

So you say, I’m not trying

But I’m trying

To find my way

Ini adalah lirik terakhir yang mana memiliki kesan happy ending. Pasalnya, disini diceritakan bahwa seseorang itu akhirnya sudah mulai bisa mengerti akan dirinya sendiri. Meskipun dia belum bisa menjalani hidup dengan normal, tapi dia senantiasa akan terus mencoba untuk hidup dengan caranya sendiri, bukan dengan cara orang lain.

Karena kenapa?

Ya karena cara hidup setiap orang itu berbeda, dan nggak pernah bisa dibanding-bandingkan.

AAAAARGH!

BUSET!

Anak umur 13 tahun bisa bikin lagu yang bermakna dalam begini. 13 tahun loh. 13 tahun. Tau fakta ini rasanya bikin seneng sekaligus sedih aja gitu. Senengnya karena ternyata ada banyak anak-anak berbakat di dunia ini, dan sedihnya karena… GUE NGAPAIN AJA DEH DARI DULU TUH AHELAH.

Penasaran sama lagunya?

Disini gue akan memberikan 3 versi lagu I Don’t Know My Name ya. Musiknya beda-beda kok. Siapa tau ada yang disukai dari 3 versi ini. Cuslah :

1. I Don’t Know My Name versi Grave VanderWaal

2. I Don’t Know My Name coveran The Naked Waiters

3. I Don’t Know My Name coveran Devenety Perkins & Aja9

 

Eh, kayaknya video pas audisi harus ditayangin juga deh :

(Bonus) I Don’t Know My Name versi audisi America’s Got Talent

 

Terimakasih.

Advertisements

31 comments

      1. Mari segera tuntaskan kejombloaam kita, semangat 💪

        Nih nih kita yg kmren baru posting begadang. Masih berasa kelelawar aja ya jam segini 😂

  1. Pas dengerin video pertama, ah ngga suka ah. Pas liat video audisinya, laaah gue merinding, hahaha. Raw gimana gitu suaranya, lebih oke saat audisi. Hebat banget ya bocah

  2. Wah sekali sekali sharing tentang chord ukele atuh bang, biar bisa belajar juga hehehe..

    Wah langsung bang feb, bikin channel youtube, pasti keren nih covernya! Tapi tetep jangan kalahin bagusnya si grace :v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s