Mampir Sebentar di FKY (Festival Kesenian Yogyakarta)

LIBOOOOR!!!

Yah, sesi perkuliahan semester 8 kemarin akhirnya selesai juga. Beberapa nilai sudah keluar, dan beberapa hasil sudah cukup memuaskan. Pada kuliah semester 8 kemarin, bisa dibilang merupakan salah satu sesi perkuliahan yang cukup selo abis mengingat gue hanya mengambil 12 SKS aja.

Merasakan kuliah hanya 12 SKS doang itu ternyata enak juga. Enak disini maksudnya bukan karena banyak liburnya, loh ya, lhawong pada akhirnya gue juga masuk setiap hari dari Senin sampai Jumat. Tapi, enak yang gue maksud adalah gue jadi bisa fokus sama satu mata kuliah perharinya. Jadi, tiap kali tiba masanya ujian, gue cuma harus fokus dan mempelajari satu mata kuliah doang. Kan enak ya?

Seandainya gue tau hal ini dari semester 1 lalu, pasti dari dulu gue ngambil 12 SKS aja tiap semesternya, dan mungkin… Gue baru bisa lulus sepuluh tahun kemudian.

Naudzubillah.

Perkuliahan selesai maka berarti libur sudah ada digenggaman. Buat gue pribadi, sebenernya berada di hari libur itu ada enak dan enggaknya sih. Enaknya, ya gue nggak ada beban untuk berpikir mengenai materi kuliah dan ujian. Sementara nggak enaknya, dirumah gue jadi gabut dan nggak ngapa-ngapain. Mentok paling cuma duduk di depan laptop, nulis-nulis artikel nggak jelas.

Sempat ada keinginan untuk keluar menikmati dunia luar sih, tapi mentok gue paling cuma muter-muter naik motor keliling Jogja doang. Nggak ada esensinya sama sekali. Tiap lihat ada event-event seru, gue cuma bisa mupeng pengen ikutan tapi akhirnya event itu lewat begitu saja tanpa gue pernah mengikutinya.

Melas abis.

Gue bukan tipikal orang yang bisa pergi sendiri ke suatu event dan bersenang-senang disana tanpa adanya temen sih. Kalau misal ditanya pernah sih, ya pernah, tapi akhirnya ya gitu. Garing. Nggak ada temen yang bisa diajak ngobrol. Nggak ada pacar yang bisa digandeng. Nggak ada orang yang mengisi relung hati yang terdalam.

Ciyeee, tay.

Jadi, datang ke suatu event tanpa ada temen bukan pilihan utama buat gue, kecuali kalau emang udah kepepet banget. Persis seperti yang gue lakukan kemarin ketika mengetahui adanya event Festival Kesenian Yogyakarta atau FKY.

Agenda Festival Kesenian Yogyakarta

Source : Pemda DIY

Yak, buat orang-orang Jogja pasti udah nggak asing lagi ya dengan apa itu FKY. Pasalnya, FKY ini kayak festival tahunan yang pasti diadakan oleh pemerintah Kota Yogyakarta guna melestarikan atau menunjukkan beragam kesenian yang mungkin kian terlupakan.

Menurut sejarahnya, FKY ini pertama kali diselenggarakan pada tanggal 7 Juli 1989. Jadi, apabila dibandingkan dengan gue yang baru lahir pada tahun 1994, maka jelas bahwa gue harus sungkem dan hormat kepada FKY.

Sejujurnya, semenjak FKY sudah mengudara sejak tahun 1989 hingga tahun 2016 kemarin, yang mana artinya sudah 28 kali terlaksana, gue belum pernah sama sekali datang ke acara tersebut. Namun, pada acara FKY yang ke-29 ini akhirnya gue bisa menyempatkan diri untuk hadir di acara yang ternyata ramenya parah sekali.

Keramaian FKY

Keramaian Festival Kesenian Yogyakarta

Ketika pertama kali tau bahwa FKY akan terlaksana pada bulan Juli lalu, sebenernya gue udah beberapa kali mencari partner buat datang ke acara tersebut, sih. Hasilnya? Ya gitu, beberapa temen gue kurang tertarik dengan event-event semacam FKY gini. Alhasil, gue terus menerus mencari hingga mendapatkan partner yang pas buat nonton FKY.

Sempet hopeless dan berniat untuk berangkat ke FKY sendirian, akhirnya tepat pada tanggal 10 Agustus 2017 kemarin pun ada dua orang sahabat gue (Martin dan Farkhan) yang mengajukan diri (atau lebih tepatnya terpaksa karena gue ajakin mulu) untuk menemani gue ke FKY.

Acara FKY pada tahun ini diselenggarakan di Pyramid, Jalan Parangtritis. Maka, sekitar pukul 18.40 WIB gue pun sudah tiba di FKY setelah sebelumnya membelah dua ringroad yang berbeda dari Jalan Kaliurang Km 14 menuju Jalan Parangtritis Km 5.

Sesampainya di FKY, sejujurnya gue bingung kenapa acara ini banyak digandrungi oleh masyarakat Yogyakarta. Soalnya, gue bisa lihat dengan jelas betapa antusiasme dari masyarakat sekitar yang datang berbondong-bondong memasang muka bahagia sembari menggandeng tangan pasangan.

Depan FKY

Gue?

Biasa aja. Kala itu gue lagi fokus mengerjakan revisi skripsi ditengah-tengah euforia masyarakat Yogyakarta yang menikmati FKY.

SYEEEEEEEH~

Sorry ya.

YA KALEK!

Ketika masuk di area FKY, gue baru tau bahwa ternyata di sana itu ada banyak orang yang menjajakan jajanan, ada beberapa panggung yang menampilkan pentas kesenian, ada beberapa tong sampah, dan yang paling gue suka, ada beberapa pameran karya seni yang di tampilkan.

Akhirnya, tempat yang pertama kali gue tuju adalah…

Tong sampah.

YA KALEK LAGI AH!

Gue dan kedua sahabat gue pun akhirnya berjalan dan mengantri agar bisa masuk ke tempat pameran guna melihat-melihat karya apa saja yang dipamerkan disana.

Setelah berhasil masuk ke tempat pameran yang mana tempatnya ternyata numpang di lapangan futsal pyramid, gue pun akhirnya menjadi liar dan berlari kesana-kesini untuk melihat berbagai macam karya seni yang tersebar disana.

Meskipun gue bukan orang bisa membuat karya seni dan juga bukan orang yang mengerti seni, tapi gue selalu suka ketika melihat adanya lukisan-lukisan unik yang membuat mulut gue mangap atau sekedar nyengir mesum. Gue juga selalu kagum melihat berbagai macam konsep karya seni yang kadang diluar nalar, tapi kalau dilihat ternyata oke juga. Pun, gue juga selalu terkesima ketika melihat karya seni sederhana tapi membuat gue ngangguk-ngangguk ngerti tentang pesan apa yang disampaikan.

Pokoknya, seni itu mantaplah.

Setelah puas melihat berbagai macam karya seni yang dipamerkan, gue dan dua orang sahabat gue pun akhirnya mengelilingi kawasan FKY yang penuh dengan orang menjajakan pakaian, makanan, dan juga pernak-pernik keren dari FKY. Pokoknya keren bangetlah FKY ini. Busetlah. Eng… Tapi gue nggak beli apa-apa sih, karena niat gue disini juga cuma jalan-jalan doang.

Akhirnya, perjalanan gue dan kedua sahabat gue malam itu berakhir di angkringan yang ada di jalan Wates.

Angkringan

Yha, kami bertiga memang selo banget sih. Dimulai dari Jalan Kaliurang, mampir ke Jalan Parangtritis, terus mampir lagi di Jalan Wates, dan kemudian kembali ke rumah masing-masing.

Beginilah potret hidup mahasiswa tingkat akhir.

Skripsi pa kabar?

Iye, lagi direvisi. Hehe.

Terimakasih.

Ah iya, yang di Jogja dan mau main ke FKY, buruan ya. FKY cuma sampai tanggal 13 Agustus loh soalnya. Cuslah berangkat!

Advertisements

45 comments

    1. Hehhe iya Mbak πŸ˜€ Aku udah tau dari lama, cuma baru datang di tahun ini wkwk ternyata keren juga loh mbak πŸ˜€ ciyus deh πŸ˜€

      Ringroad sama jalan bypass beda mbak. Ringroad Jogja itu sebenernya nggak muter sih, ada kepotong gitu. Nah potongannya itu bypass πŸ˜€ wkwk sini mbak main ke Jogja πŸ˜€

  1. Btw, itu sahabat2nya foto berdua, giliran sahabatnya sahabat2 baik foto sendiri, palingan males kali yak nemenin foto sahabatnya sahabat2 baik. Wkwkwkw. Bercanda.. 😁😁😁

    Aku juga suka lihat karya2 seni. Suka kagum gitu. Walau padahal aku gak ngerti apa-apa tentang begituan. Haha.

    1. Hahah iyaaa, soalnya sahabatnya sahabat baik kalau foto suka random dan bikin miris :p wwkwk

      Iya kaaan, karya seni itu emang enak buat dinikmatin πŸ˜€ heheh suka ajaa gitu πŸ˜€

  2. Sepertinya akn mnjdi kslhan klo ngumumin lg skripsi d sosmed, soalny tiap kmna mna dn d pmerin bkal ada komentar ‘jalan jalan mulu, skripsi gimana’ 😏

      1. Itulah kujuga ga tahu Mas. Apa skripsi dibawa kemana2 gt ya.

        Kerjakan skripsinya saja wes. Moga revisi lekas selesai. 😒

    1. Eng… Event yang di alun-alun utara itu Sekaten mas. Eh itu kan yang dimaksud? Soalnya banyak event jga sih yang di Altar πŸ˜€ hehehe

      Sini bang ke Jogja, saya tourguide in deh sebisanya wkwkw

      Wahaa makasih banyak sekali ya bang semangatnya πŸ˜€

  3. dari jakal atas ke jalan parangtritis jauh bet, ujung ke ujung itu mah hahahah. wah lain kali ajak aku aja, aku ke fky bisa berkali-kali soalnya tiap hari shownya kan beda-beda. enaknya sebelum ke sana dilihat dulu jadwal pertunjukannya apa aja dan di panggung mana, biar nyampe sana ada yang dituju gitu :))

    1. Hahha naaah kan, ujung ke ujuuung kan. Habis itu mampir ke jalan wates looooh. Gimana cobaaak. Ujung ke ujung, habis itu ke sisi ujung lagi wkwkw πŸ˜€

      Waaaaaa ini nih. Aku noted nih ya. hahaha. Aku ajak kamu kok pankapan. Tapi… INI NGUBUNGINNYA GIMANA YA? BLOGNYA KOK MASI KOSONG ._.

      Btw, betah amat buk tiap hari ke FKY ._. tapi iya sih, eventnya beda-beda dan pasti menarik πŸ˜€ hihihi
      Kamu anak event sekali yak πŸ˜€

      1. abis dari jalan wates aturan sekalian mampir ke prambanan :p
        ngggg aku basa basi aja aslinya mah hahahahah tapi hayu aja sih, ngubunginnya via twitter/ig, tapi ini kan fkynya udah abis yah hhh. blog aku lupa password, terakhir ngepost januari 2012. belakangan ini pen ngeblog lagi jadi bikin blog baru gitu tapi ga mulai-mulai nulisnya, malah blogwalking mulu :)))
        aku ngga ke fky tiap hari wlwl, juga bukan anak event. aku hanya hamba Allah. ok.

      2. Hahahaha aku pernaaaah loh btw, dari jakal ke prambanan, habis itu nyari angkringan di wates. Apa nggak selo?
        Hahaha yeaaaay, uda aku hubungi ya IGnya, twitternya nanti menyusul yeeek. Iya e, FKY uda mau kelar. Brati event selain FKY deh. Hahaha.
        Ini kenapa pada lupa password blog ya 😦 sedi. Yaudaaa, ditunggu postingan blognya yaaa. Terimakasih hambanya Allah

  4. Kalo aku ke sana mungkin yg pertama didatengin adalah… Tempat makanan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Etapi asik ya kayaknya acaranya. Bisa poto2, nampak instagramable sekali *generasi milenial bgt nih anaknya wkwk*

    1. Wahahhaaaa langsung tempat makan ya brati tujuan kamu pertama πŸ˜€
      Disana itu kemarin bener-bener pertama masuk itu udah ada yang jual kerak telor, terus stand makanan dimana-mana πŸ˜€ wkwk asik deeeh

      HIhihi iyaaa loooh. FKY ternyata seru abiiis. Siiniiii dong main Jogja πŸ˜€

  5. Even FKY sudah 29 Kali digelar, lama juga ya.

    Pasti bagus ne evennya, pengen datang ke even yang kayak gitu, tapi ditempatku nga ada yang kayak gini.

    BTW Itu sepatu yang ada sayapnya, kalau di pake bisa terbang nga ya, hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s