Masihkah Menutup Mata Atas Konflik yang Terjadi Di Masjid Al Aqsa, Palestina?

ilustrasi-foto-dok-damai-indonesiaku-5791c07b947e617c05ffceee

Source : Fiksiana

Pernah nggak sih, kalian membayangkan atau memiliki suatu impian tentang dunia yang damai, nyaman, dan tentram?

Beberapa orang mungkin memiliki impian semacam itu, impian dimana tidak ada lagi pemberitaan tentang kerusuhan-kerusuhan entah itu di dalam atau luar negeri. Impian dimana tidak ada lagi pemberitaan tentang penistaan agama yang berbuntut pada perpecahan dua kelompok yang akhirnya beradu padu tak ada ujungnya. Pun juga impian dimana tidak ada lagi aksi boikot-memboikot antar umat beragama yang merasa bahwa agama merekalah yang paling benar.

Beberapa orang lainnya mungkin tidak memiliki impian yang sama. Mereka bisa saja berpendapat dengan santai mengenai kerusuhan atau kejadian-kejadian tidak mengenakkan seperti ini :

‘Ah, kalau dunia ini damai nggak asik. Nggak ada drama, nggak ada pemberitaan, nggak ada hal yang bikin deg-degan, nggak ada sesuatu yang bisa diikuti dari awal hingga akhir. Pokoknya ngga seru ah’

Sisanya, beberapa dari mereka mungkin adalah sosok-sosok orang berjumawa di atas sana yang setiap kali melihat kerusuhan mereka akan berkata :

‘Biar aja rusuh, yang penting kita balas pakai karya.’

Ookei, semua punya pendapat, semua punya keinginan, dan semua punya hak untuk menyampaikan pendapat dan keinginannya tersebut.

Fain.

Dari tiga hal tersebut, gue termasuk dari beberapa orang yang menginginkan adanya kedamaian dan ketentraman di dunia ini. Menurut gue pribadi, kayaknya asik aja kan kalau dunia ini damai dan tentram? Meskipun pada kenyataannya gue tau juga bahwa apa yang gue inginkan tersebut sangat susah untuk direalisasikan. Tapi, ya gue tetep berharap dan percaya bahwa kedamaian masih bisa dimiliki oleh setiap orang di dunia ini.

Sebelum menulis ini, gue sempat memposting tulisan tentang ‘Toleransi Beragama dan Eh Sebentar, Kalau Boleh Tau Agama Kamu Apa Ya?’. Pada tulisan tersebut, gue membahas tentang suatu masalah yang akhir-akhir ini marak terjadi di Indonesia. Minimnya toleransi, berdebat masalah agama, hingga perpecahan yang entah kapan ujungnya, seolah hal itu membuat gue merasa resah dan nggak tau harus gimana. Akhirnya, gue tulis aja tulisan tersebut.

Sejujurnya, setiap kali menulis tulisan-tulisan semacam itu, gue nggak terlalu berharap untuk bisa merubah Indonesia, karena gue sadar bahwasanya gue nggak punya power yang cukup untuk itu. Namun seenggaknya, gue bisa sedikit berbagi pikiran dan keresahan yang selama ini gue rasakan.

Itu aja.

Bicara masalah toleransi sebenarnya memang cukup rumi karena pada kenyatannya setiap orang pasti memiliki cara pandang yang lain tentang hal ini. Tapi, apabila gue bisa keluar sedikit dari pembahasan tentang toleransi di Indonesia menuju ke tempat yang jauh-jauh-jauh lebih menyayat hati di luar sana, apakah kita bisa menyatukan pendapat kita tentang sebuah toleransi dan kedamaian dunia?

mahasiswa-di-washington-dipaksa-polisi-as-hapus-bendera-palestina-GKH

Source : Sindonews

Entahlah.

Tadi malem, gue melihat cuplikan video ini :

Ketika video masuk pada menit 0:01 hingga 0:30, pikiran gue malam itu seolah berpikir :

 

‘Ini konflik nggak kelar-kelar ya?’

Ya, kita semua tau apa yang terjadi pada saudara-saudara kita di Palestina sana yang hidupnya tertindas oleh Zionis Israel. Konflik terjadi siang dan malam, hari demi hari, dan bahkan pada Bulan Ramadhan kemarin konflik tak kunjung mereda. Sudah berapa lama kejadian ini terjadi, dan sudah berapa banyak korban jiwa yang melayang atas konflik ini?

DFUkuqzXkAEaaRp

Source : Twitter.

Sejujurnya, gue nggak begitu tau dan nggak begitu riset tentang bagaimana awal mula terjadinya konflik ini. Kalau sekilas gue baca dari Wikipedia, disitu dijabarkan bahwa konflik ini terjadi karena  perbedaan sudut pandang dari dua bangsa yang berbeda, yaitu Israel dan Palestina. Awal mula terjadinya konflik pun disitu dijabarkan telah mulai pada akhir abad ke-19 sampai tahun 1920. Pokoknya banyak hal yang terjadi sehingga sampai sekarang, konflik ini masih terus berlanjut.

Gue masih terus menonton video cuplikan di atas, hingga sampai pada menit ke 0:46, gue merasa kayak ‘Loh, kok gitu sih?’ karena disitu diperlihatkan ada satu orang yang sedang berdoa di atas sajadah, tiba-tiba dia ditendang gitu aja oleh salah satu tentara Israel.

Atas dasar video itu, malam itu gue mulai mencari-cari sumber yang menjabarkan tentang berita atas konflik yang terjadi ini. Sampai akhirnya, gue menemukan sebuah berita tentang penutupan Masjid Al-Aqsa, yang notabenenya merupakan tempat suci ketiga umat Islam di Dunia, untuk Shalat Jum’at.

Dari pemberitaan-pemberitaan yang tersebar, disitu dijabarkan tentang alasan kenapa Israel menutup Masjid Al-Aqsa untuk Shalat Jum’at adalah karena adanya insiden penembakan yang menewaskan dua orang polisi Israel. Saat itu gue sempet mikir sih, dua orang tewas aja segitunya. Gimana Israel dan tentara Rusia yang menewaskan banyak warga di Palestina sana ya? Harusnya negaranya ditutup untuk kegiatan apapun.  Tapi, ya gimana?

Kabarnya, Israel akan kembali membuka Masjid Al-Aqsa pada Minggu besok, namun aksesnya terbatas dengan dipasang detektor logam dan kamera pengintai, yang mana jelas itu memicu adanya boikot dari warga Palestina.

Beberapa kali membaca berita yang isinya menjabarkan tentang konflik ini, gue cuma bisa berulang kali berkata di depan layar hape :

‘Israel kok gini, sih?’

Nggak cuma masalah ini sih sebenernya yang bikin ngilu. Masih ada banyak hal di dalam konflik ini yang jelas-jelas nggak manusiawi dan nggak ada toleransinya sama sekali. Anak-anak ditindas, pelecehan seksual, penembakan, dan lain-lain sebagainya, hal ini seolah membuat harapan gue untuk menemukan dunia yang jauh lebih damai itu tuh jadi benar-benar sulit untuk tercapai.

unknown

Source : Mirajnews

 

Gue nggak tau ya, mau nanggepin gimana lagi tentang konflik yang terjadi di Palestina sana. Namun yang jelas, apa yang terjadi di sana benar-benar jauh dari kata manusiawi dan toleransi.

Berawal dari dua sudut pandang yang berbeda, dua bangsa yang bersebelahan pun terjadi konflik. Indonesia? Mungkinkah dengan adanya dua paham berbeda nantinya akan menimbulkan konflik yang sama?

Jangan.

Gue nggak mengharapkan itu.

Selanjutnya, sejenak mari kita mendoakan saudara-saudara kita di Palestina sana agar senantiasa diberikan kekuatan oleh Allah untuk terus berjuang melawan zionis-zionis kejam Israel. Aamin. Semoga konflik tersebut segera usai, dan dunia kembali damai.

Aamiin.

#SavePalestine #SaveMasjidAlAqsa #SaveAlAqsa

Terimakasih.

Advertisements

41 comments

    1. Hahaha sekali kali bikin sedih orang ya mbak wkwkw tapi bener sih, ini bikin bener-bener banyak orang tergugah hatinya sih mbak. Bener-bener sedih apa yang terjadi sama saudara kita di Palestine sana :’)

  1. Sampai srkarang aku jg belum paham. Ada yg bilang ini konflik agama tp ada juga yg bilang bukan. Karena korbannya tdk hanya muslim.

    ???

    1. Iya mas :’)

      Sampai sekarang aku juga bingung, ini kenapa sih sebenernya. konflik apaan :’ Kalau masalah agama, kan aneh juga. Ada orang non yang ikut prihatin dan mendoakan loh. Huuuuft :’ ngga tau juga lah aku :’

  2. gue juga semalam baru ngeserch berita yang sama, tiap kali nonton videonya air mata gue meleleh, jujur bukan alay atau baper tapi kenyataannya udh kyk gini umat islam di palestina ngk akan berhenti kesengsaraannya. semoga saudara – saudara kita disana selalu dalam lindungan Allah SWT amin ya rabbal alamin :’)

    1. Hmmm iya kan Mbak Dian :’ kita semua pasti sama. Kalau kita liat berita semacam ini, ya paling enggak hati kita pasti tersentuh banget :’

      Hmmm… Sedih ya kalau tau kenyataan ini :’ Aamiin. Semoga saudara saudara kita disana selalu dalam lindungan Allah :’)

  3. Sedih banget liatnya, kemarin Pendeta gw share videonya (ga tau deh sama apa engga dgn yg Febri share, ga kebuka soale masih diblok) benar2 mencekam sekali, Nembaknya serampangan bener. liatnya sampai nangis. Ada seruan doa juga di Gereja kami untuk Palestina. Semoga dilindungi Tuhan selalu. Dan semoga jauh2 dari Indonesia ya yg begini gini.. Amit2..

    1. Aaaaaaaaakh di gereja mbak juga ada seruan doa untuk Palestina :’) terharuuuuu, banyak yang toleransi dan peduli juga. :’) Aamiin, semoga senantiasa dilindungi tuhan ya mereka yang di Palestina sana.
      Dan di Indonesia, jangan sampai begitu juga :((

      1. Lho Feb, Betlehem tempat lahir Isa Almasih kan di Palestina. Orang Indonesia kebanyakan emang selalu mikir Palestina itu Muslim semua. Padahal sebenarnya ada Kristen juga. Cuma terlepas dari segala urusan agama, kan ini Humanity ya. Mo dimana pun ada perang pasti kita berdoa supaya dikasih kesabaran menghadapi dan kalau boleh damai2 aja lah.

      2. Ah iyaaaaaa ya ._. Duuuuh, jadi sebenernya tersebar beberapa agama juga ya mba di palestine? Nah, sekarang yang jadi permasalahan, israel itu menindas gitu tuh tujuannya apa ya? Yahudi itu agama apa sih? Sebenernya ini israel maunya apaan ya ._.
        Tapi iya juga sih mbak, ini lebi ke masalah kemanusiaan :’) tetep berdoa semoga mereka yang di palestina diberi ketabahan dan kedamaian :’)

      3. Iya setauku sih gitu Feb.. Kalauu ga salahh nih yaa pernah di ceritain Pendeta gw krn perebutan daerah kekuasaan. Tapi dah mleber kmn2. Saling claim gitu lah. Tapi sih ya, kalau dibalikin ke Kitab suci, saat si Israel ini damai, berarti kesudahan jaman alias kiamat.. 🙈 Kata temen sebelah kubikal di kantor yg Muslim juga gitu, iya kah? Yahudi agama apa kurang paham. Mesti baca2 lagi.

      4. Eeeh? Sama ya mbak brati isi kitab sucinya? Banyak yang bilang emang perselisihan antara Israel dan Palestine ini berhenti kalau kiamat 😦
        Yaaah, sedih. Tapi katanya si Israel lagi mengusahakan untuk mencari emas atau apa ya di bawah masjid Al Aqsa :’

        Entahlah, agama apa yahudi nih. Zionisnya Dajjal mungkin? Aaah tauk deh :’ banyak baca dan belajar nih untuk tau lebih dalam.

  4. videonya emang memancing reflek emosi sekali. Yang bikin bingung di manakah negara2 arab yang koaya roaya itu saat konflik begini? sesama negara islam harusnya saling membantu. Entahlah kapan konflik di israel-palestina ini bakal kelar,kita yang di Indonesia cuma bisa bantu doa.

    1. Iya Yog :’ liat videonya itu bikin sedih, sekaligus emosi banget ya :’ ditendang gitu aja loh itu orang lagi doa 😦
      Hmm, entahlah dimana mereka Yog :’ harusnya kan saling membantu,

      Iyaaa, kita hanya bisa bantu doa deh sementara ini :’)

  5. bukan hanya peristiwa mesjid Al Aqsa tapi konflik Palestina ini telah membuat geram .. penerapan double standard dari negara2 barat .. dan negara2 Islam malah pada ribut sendiri .. kemungkinan pada di adu domba, mudah2-an negara Indonesia tetap solid, karena juga terlihat ada indikasi untuk mengadu domba umat Islam Indonesia .. banyak negara yang takut kalau negara Indonesia yang Islam-nya mayoritas dan besar di dunia menjadi solid kompak dan maju. Karena Indonesia termasuk negara yang konsisten mendukung kemerdekaan Palestina.

    1. Heeeee, sebentar-sebentar. Penerapan double standart itu gimana ya mas ._.

      Eng iya yaaa, sepertinya memang diadu domba gitu deh. Indonesia itu terindikasi sedikit udah mulai kepancing nih mas, uda kayak berhasil di adu domba gitu ._. ini kenapa ya sebenernya 😦

      Indonesia konsisten mendukung kemerdakaan Palestina, tapi memang negara lain ada yang enggak po mas?

      Duuuh, aku kurang riset tentang permasalahan ini 😦

  6. konflik yang susah berhenti kayaknya bang 😦
    melihat israel yang bertindak seperti itu, dunia serasa tak berbuat apa-apa. kata-kata PBB yang katanya “mengutuk” atau apapun, itu juga saya rasa ngga mempan.

    kaget pas lihat video pertama dan ada mas-mas ditendang pas posisi berdoa

    1. Berhentinya mungkin pas akhir zaman ya, seperti apa yang diprediksikan? :’ hmmmm… sedih juga sih, PBB udah mengutuk-mengutuk, tapi nggak berbuat apa-apa -_-

      Iya mbak, video itu yang bikin miris dan mendasari kenapa aku nulis ini :’

  7. *ngetik komen lagi setelah komen panjang tadi gagal karena koneksi stabil buat apa T.T

    Iya, Feb, sedih bet liat keadaan palestina begitu. mana di peta dunia juga gak digambarkan wilayahnya. Saya gatau kenapa konflik mereka gaselesai2. tapi mau menyalahkan negara muslim lain juga gabisa. Dalam bernegara, ada etika/aturan yg mengatur hubungan antarnegara. dalam kasus konflik negara seperti itu, jika ada negara lain yang ikut campur, itu dihitung deklarasi perang.

    Misalnya, ada sangat banyak warga negara indonesia yang ikutan berperang melawan israel dengan mengatasnamakan tentara indonesia, maka israel diperbolehkan menyerang negara indonesia. sehingga yg niatnya mau menolong warga palestina, malah menyebabkan warga sendiri jadi mengalami nasib yang sama. itu biasanya yg jaid pertimbangan pemimpin negara.

    belom lagi negara yang memiliki hak veto gak menemukan kata sepakat dalam menindaklanjuti konflik tersebut, sehingga menyebabkan konfliknya semakin berlarut. sebagai orang yang peduli dan menganggap saudara, kita hanya bisa berdoa, berdonasi dan menyumbangkan tenaga jika termasuk dalam PMR dunia. Juga terus membuat tulisan ttg ajakan kedamaian dan sadar akan konflik tersebut, ya sapatau bisa menggugah generasi selanjutnya atau siapapun sehingga bisa ada yg bertindak untuk menghentikannya.

    selain itu, dalam konflik tersebut, tidak hanya warga muslim saja yg menderita, warga palestina non muslim juga mengalami nasib yg sama. hanya tidka banyak terekspose karena penampilan mereka juga sama. dalam menghadapi kekejaman israel, mereka non muslim dan muslim sama2 slaing membantu dalam melawan israel. dari itu, alangkah baiknya jika dalam konflik tersebut, dan mau mengabarkan tentang kedamain, tidak hanya mengajak kaum muslim. ada kaum non muslim juga di sana. tapi warga non muslim di negara lain tidak tau. bukankah jika mereka tau, donasi yg akan warga palestina makin besar? ya kalo mereka peduli sih. tapi pasti ada org yg peduli, apapaun agamanya.

    yah, akhir kata, semoga Allah mendatangkan kebaikan bagi palestina, kare Dia Yang Maha tau dan Maha Berkehendak.

    1. Hahaha aku sempet baca twitmu tentang koneksimu itu bang wkwkwk kamu memang mantap hehehe

      Eng… gitu yaaa, jadi susah selesainya ya bang :’ Walaaah, jadi begitu. Alasan kenapa banyak negara yang sebenernya peduli, tapi tidak bertindak itu karena masalah itu. Mereka nggak mau niatnya menolong, malah menjadi boomerang sendiri untuk negaranya :’ butuh pertimbangan yang sangat matang ya bang brati :’

      Jadi ya bener. Kita disini hanya bisa membantu doa dan berdonasi semampu kita :’ terus ada gitu gerakan memboikot produk israel, apakah itu akan berjalan ya bang? hmmm… kita lihat saja.

      NAH, INI BENER BANGET!
      Di Palestina itu nggak cuma muslim aja yang jadi korban, tapi banyak juga korban non muslimnya :’ harusnya, ya manusia dari berbagai umat bersatu mendoakan dan berdonasi :’
      Aku juga terharu pas Mbak Py disini komentar bahwa gerejanya mendoakan Palestina.

      Pasti peduli, Bang. Pasti :’)

      Aamiin, semoga Allah mendatangkan Kebaikan kepada Palestina :’) Dia Yang Maha Tau Segalanya :’)

  8. setiap liat video2 tentang rakyat palestina selalu sukses bikin nangis.. ini konflik udah kaya gitu tapi negara-negara yang selalu koar2 tentang HAM dsb pada tutup mata aja… 😦

    1. Iya Mbak :’ apa yang terjadi di palestine ini tuh terjadi setiap hari kan ya mbak :’ betapa ngerinya ya kondisi disana :’ miris. Kita cuma bisa berdoa dan berdonasi sebisa mungkin :’

      Hmmm, iya mbak :’ Negara yang mengutuk, menegur, dan seolah selalu yang didepan bicara masalah HAM, tapi belum bergerak :’)

      Katanya sih pada takut kalau misal ikut menyerang, jadi malah gantian diserang sama Israel. Tapi, kenapa nggak bersatu untuk menyerang bersama?

      Aaaah ngga tau ah :((

  9. Hanya bisa melihat miris dan mendoakan aja dr jauh
    Hiks 😥

    Sampai akhir zaman sih katanya pertikaian antara bani israil dan palestin tidak akan berakhir
    Pun suatu hari berhasil didamaikan, zionis nggak akan berhenti

    Kalo nggak salah sih, salah satu penyebab utama penjajahan palestin oleh israel itu yaitu adanya sisa-sisa peradaban sulaiman/solomon berupa kuil emas yang terpendam jauh di bawah tanah al-aqsa. Jadi itu semacam artefak suci yahudi zaman sulaiman gitu. Gatau juga sih info nya valid atau enggak, tapi ya intinya sebelum tanah palestin terutama kawasan al-aqsa jatuh ke tangan israel, penjajahannya gak akan berhenti

    1. Iya kan Ul :’

      Cuma bisa mendoakan dan berdonasi :’

      Hmm, kalau dari banyak pendapat gitu tuh ya sampai akhir zaman. Tapi kan miris ngelihatnya :’ sediiih banget :’

      Eng, brati Israel itu ngicner emasnya itu? Oh iya, pantes Al Aqsa di urug gitu ya :’

      Yaaaaaaah 😦

  10. Nah ini nih. Yang harusnya diperhatiin orang-orang kayak kita. Sumpah aku tiep nonton sodara-sodara muslim yang ada disana past nangis. Nggak tega.

    Tapi kemarin pernah baca di salah satu akun di Instagram, kalau Allah membinasakan Israel, lantas apa yang menjadi alasan kita berjihad? Allah menyisakan Israel untuk menjadi medan jihad kita yang terakhir untuk membela agama Allah. :’))

    1. Banget :’ harus diperhatiin banget nih masalah yang begini :’ harus perbanyak berdoa dan berdonasi juga untuk yang di Palestine sana :’

      Aku juga nggak pernah tega tiap ngeliat ada banyak saudara kita di Palestine sana yang tertindas :’

      Eng… brati sebenernya apa yang terjadi di Palestina sana itu kesempatan utama kita untuk berjihad ya :’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s