Bulan Ramadhan, Mari Menjaga Diri Dari Godaan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah.

Hehehe yap, sekarang kita sedang masuk di dalam bulan yang penuh berkah tersebut. Sebagaimana layaknya bulan yang di dalamnya terdapat banyaaaaaak sekali pahala yang dibagikan, sudah pasti banyak pula orang yang berbondong-bondong untuk mendapatkan pahala-pahala tersebut.

Puasa, Sedekah, Shalat, Baca Al-Qur’an, dan juga amalan-amalan lain yang sudah dijanjikan bakal mendapatkan pahala pun juga senantiasa orang-orang lakukan.

Kultum-Malam-Kedua-Bulan-Ramadhan-Hakikat-Takwa-Bukan-Hanya-Sekedar-Beribadah

Source : Klik

Apakah amalan-amalan tersebut akan diterima dan pasti mendapatkan pahala?

Wallahualam.

Hanya Allah yang tau, kan?

Nah, bicara masalah puasa di Bulan Ramadhan, tentu kita pasti akan berbicara masalah godaan-godaan yang menyelimutinya.

Haha, bener aja, meskipun sedari kecil mungkin kita sudah dikasih tau bahwa di Bulan Ramadhan itu setan-setan semuanya dikurung di dalam neraka, tapi, siapa yang bisa ngasih jaminan kalau Puasa kita di bulan Ramadhan itu 100% tanpa godaan?

Puasa di Bulan Ramadhan itu Tetep Ada Godaannya

Secara pribadi, diumur yang sudah menginjak ke angka 23 tahun, gue merasa kalau godaan puasa di bulan Ramadhan itu bukan sekedar warung-warung makan yang buka di siang bolong. Bukan juga tukang es cendol yang senantasa menjajakan dagangannya di sela-sela adzan Ashar.

Cara-Membuat-Es-Krim-Sederhana-Yang-Enak

Ini Godaan? (Source : Klik)

Bukan.

Tapi, godaan terbesar gue saat ini adalah lebih kepada godaan-godaan yang bisa mengurangi pahala dalam berpuasa, tanpa kita perlu membatalkannya. Sedih banget nggak sih, kita sudah puasa seharian penuh, tapi pahala yang kita dapatkan itu nol besar gara-gara kita terlena akan godaan-godaan kampret tersebut.

Ada beberapa godaan yang menurut gue sangat menggunggu keseharian dalam berpuasa di Bulan Ramadhan. Entah karena godaan itu adalah sebuah kebiasaan yang sering dilakukan selama di bulan-bulan lain, atau mungkin karena emang guenya aja yang nggak bisa mengatasi dengan baik godaan tersebut.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah godaan-godaan yang nggak membatalkan puasa, tapi sangat mengganggu di Bulan Ramadhan. Cuslah kuy.

Godaan untuk Berbohong

12_febrero_vida

Source : Klik

Siapa yang bisa tahan untuk nggak berbohong selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan?

Ada sih, pasti ada. Tapi mungkin hanya beberapa, dan gue akan mengangkat kedua jempol sembari tepuk tangan deh untuk mereka yang benar-benar bisa nahan buat ga bohong. Pasalnya, berbohong itu kayak sesuatu hal yang secara nggak sadar menjadi kebiasaan kita di bulan-bulan biasa nggak, sih?

Mungkin disini ada yang pernah denger orang-orang menuduh dengan kalimat semacam ini :

‘Hayooooo ngaku… Bulan Puasa nggak boleh bohong’

EMANG CUMA DI BULAN PUASA DOANG GAK BOLEH BOHONGNYA?!!!

YAKALEK KAN YA!

Bohong mah emang nggak boleh atuh ah.

Sesederhana apapun itu kebohongan, yang namanya bohong ya bohong. Dan segala apapun bentuk kebohongan, kayaknya emang bisa ngurangin pahala puasa gitu nggak sih? Apalagi bohong yang ngakunya bilang puasa, tapi pas bilang dia sambil nyemil gorengan.

Itu parah sih.

Eh, tapi ada pengecualian buat bohong yang demi kebaikan gitu kan ya? Meskipun gue kadang nggak bisa ngebedain sih mana bohong yang demi kebaikan diri sendiri dan mana bohong yang demi kebaikan orang lain.

Jadi bisa kuat menahan godaan untuk nggak berbohong di sisa-sisa bulan Ramadhan ini nggak nih hayoooo?

Godaan untuk Berghibah

Gosip

Source : Klik

Ghibah mungkin menjadi godaan yang cukup berat untuk manusia-manusia berumur 15 tahun ke atas kalik ya? Seolah ghibah itu menjadi bahan pembicaraan paling menarik ketika kita berkumpul bareng temen-temen.

Gue aja nih sejujurnya baru hari Senin kemarin tuh ngeghibah bareng temen-temen kampus. Ada aja bahan ghibahnya. Mulai dari ngomongin orang yang manja, sampai ngomongin orang kawin.

Mmm… Jadi, udah jelas sih kalau puasa gue di hari senin lalu itu pahalanya negatif tujuh puluh dua.

Solusi untuk bisa terhindar dari ghibah ini pastinya ya dengan nggak bertemu sama teman sejawat aja sih. Tapi, ya gimana? Kalau nggak kumpul, nanti dikira sombong. Kalau kumpul, nanti hilang pahala. Kalau kumpul tapi diem aja, nanti dighibahin. Kan serba salah ya kampret ya?

Berarti ya emang bener, godaan untuk berghibah itu berat dan pasti selalu ada. Meskipun disela-sela ghibah itu kita berucap dengan keras :

‘ASTAGHFIRULLAH, JANGAN GHIBAH’

Tapi pasti beberapa detik kemudian kita bakal tetep lanjut untuk berghibah.

Seriusan deh.

Jadi, gimana nih pahala puasa kita?

Serahin sama yang di atas deh ya.

Godaan untuk Menahan Ucapan

BICARA-KOTOR

Source : Klik

‘JANGKRIK!’

‘JAN*UK!’

‘A*U’

‘BAKWAN!’

‘ANJER!’

Untuk seorang cowok, pernah nggak sih kalian terhindar dari kata-kata yang gue tulis di atas itu? Entah kenapa ya, gue pribadi itu kalau ngucapin kata-kata di atas ya pasti karena reflek aja gitu. Liat ada temen dimarahin pacarnya, gue pasti berucap : ‘MODAR’. Liat ada cowok biasa aja yang menggandeng cewek cantik banget, gue pasti berucap ‘Jangkrik, dunia ini nggak adil’. Liat ada temen bilang ‘Gitu aja bangga, aku loh biasa aja’ gue pasti bilang ‘Fak, sombong anjer’.

Rasanya itu kayak mulut udah tersetting dengan rapi untuk mengucapkan kata-kata kiasan tersebut.

Sempet sih berusaha untuk mengganti kata-kata itu ke bahasa Arab, seperti misal jadi :

أنجنغ

تاي

أس

Tapi, tetep aja ye kan.

Duh, mulut ini kadang emang bener-bener bikin pahala puasa berkurang drastis ya.

Godaan untuk Menahan Nafsu

kiat-hindari-nafsu-syahwat

Menahan nafsu adalah hal utama yang harus dilakuin ketika berpuasa.

Okei sih. Okei.

Tapi menahan hawa nafsu kan banyak jenisnya ya?

Misalnya menahan nafsu untuk makan. Hmm secara pribadi sih buat gue yang udah berumur 23 tahun ini, hal itu menjadi sesuatu yang biasa aja. Gue masih bisa tahan untuk menahan dan mengabaikan makanan selama Subuh hingga Maghrib, kok.

Seriusan, loh.

Menahan nafsu untuk minum? Itu juga mudah kalau sebatas dari Subuh sampai Maghrib.

Tapi, yang susah itu ya menjaga nafsu selain makan dan minum, seperti misalnya menjaga nafsu syahwat. Fyuuuuuuh, itu berat banget sih. Godaan untuk menahan masalah itu tuh rasanya kayak aaaaah anjer susaaaaaah. Godaan dimana-mana.

Di jalan, liat cewek bercelana di atas lutut, pikiran jadi macem-macem.

Di kampus, liat ada mahasiswi berjilbab tapi berpakaian ketat, pikiran jadi macem-macem.

Di kamar, liat di layar laptop ada Chika Bandung, duuuuuh. Godaan.

DBK1rYeUIAIwHut

YA NGGAK GINI JUGA CHIKA BANDUNGNYA ANJAY!

Temen gue aja kemarin mengaku kalau di kampus itu godaannya banyak banget. Ada ajalah mahasiswi-mahasiswi berpakaian ketat yang bertebaran. Iya sih, gue mau menjaga pandangan. Tapi kan, masa gue merem sepanjang di kampus.

Lagian, yakin nggak sih ada cowok yang bisa menahan pemandangan semacam itu? Meskipun di mulut mengumpat :

‘KAMPRET! PAHALAKU BERKURANG! ITU CEWEK KOK PAKAI PAKAIAN KETAT BANGET SIH!’

Tapi, percaya deh. Cowok nggak bakal mengalihkan pandangannya itu.

Apalagi kalau liat foto begini :

14714476_1096268600448692_3897430848273645568_n

Bisa tahan?

Unch unch kan?

Udah, nikmati aja.

Eits, jangan marah. Ini godaan. Godaan loh.

Bulan puasa nggak boleh marah.

Nafsu nggak?

NAJES ANJER! GUE AJA MARAH SENDIRI LIATNYA! KENAPA GUE SUDI BERFOTO BEGINI YA ALLAH 😦

Hih.

Nah, jadi, di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, sebisa mungkin kita harus menjaga diri dari godaan-godaan yang bertebaran dimana-mana. Sebisa mungkin usaha aja deh menghindarinya. Masalah puasa kita berpahala atau enggak, itu kan urusan Allah SWT. Sebagai umat yang patuh mah kita tetep harus berusaha kan ya?

Jadi, nggak usah diliatin terus ya foto aduhai di atas itu.

Unch Unch.

NAJES AH!

Terimakasih.

Advertisements

22 comments

  1. Ghibah. Selalu ada bumbu-bumbu baru disetiap perbincangannya. Selalu ada hal menarik untuk dicicipi..

    Aku gak kuat sama fotonya Bang. Lambaikan tangan boleh? 😂

    1. Hahaha bener kan. Ghibah hal yang sulit untuk dihindari deh ya sepertinya -_- terlalu menarik wkwkw

      Duuuh, segera lambaikan tangan Kak. Segera lambaikan tangan wkwkwk

  2. Kok kampret yak itu kata2 kasarnya pake bhs arab dbcanya sama aja:’D

    Ya srba salah dah klo udh ngumpul brg tmen2 sbaya psti gibah itu tak bsa dihindari. Ngumpul sm mak emak lbh parah lg malah gibahnya. Wwk
    Rsanya pgn pura2 pingsan aja pas mrka pda ngegibah, emg sih kita ga ikut nimpalin, tp kan ttep kdengeran:’)

    Apakabar bang? Kok gue rindu poto2 cantik lu dehh.. Eh tp itu poto trcntiknya di pejeng gt sih? Tar klo puasa gue batal gmn? Wkwk. Kok gue jd geli ndiri yak:’D

    1. Hahaha waaa kamu bisa membacanya dengan baik yaaa. PAdahal tidak ada harokatnya :p wkwkkw

      Nah itu diaaaa. Kalau udah ngumpul sama temen mah ghibahnya parah. Apalagi mengumpatnya wkwkwk duuuuh abis deeeh. Tapi gimanaa yaa, susah menghindarinya sih ya Lu. wkwkwk

      KAbar baik niiiih wkwkwk. Wadaaaaw, aku dirinduin nih. Tapi kok rindu sama gaya edannya ya 😦 wkwkwk Batallah dirimu. Batallaaah wkwkw

      Aku juga geli anjeeeer wkwkw :p

  3. Foto yang terakhir 😂😂😂
    Kak Febri, aku nggak bisa bayangin kalau esok lusa kak Febri punya anak terus anak-anak kak Febri ngelihat foto itu 😂😂😂
    Menahan untuk tidak gibah memang sulit sekali ya kak 😢

    1. Hahahaha siaaaaal. Duuuh, Aziizzaaaaaa. Jangan bayangin dong yaaa :’ aku sedi juga nanti gimana bilang ke anak-anakku yaaa wkwkwk. Tapi nda apalah, pede aja. Kita harus memberi pelajaran ke anak agar Pede. Tapi nggak over juga sih 😦

      hahaha ghibah memang sulit sekali dihindari :’

  4. Bohong sih, yang sulit dihindari. Kasusnya sering terjadi, supplier telepon cari bos, si bos pesan gak mau diganggu, terpaksa bohong bos lagi gak di tempat 😦

    Hufft, untung liat foto terakhirnya pas udah buka puasa

    1. Ahahah itu sering terjadi yaaak wkw kalau aku sih bukan bos, tapi bapak -_- wkwkwk beliau kalau lagi males ketemu tamu atau nerima telpon, mesti suruh bilang lagi keluar -_-

      Hahaha untunglah yaaa~

  5. memang di bulan puasa godaan menggoda dari berbagai sisi …
    makanya lebih baik sering2 itikaf di mesjid … lha ini malah kluyuran sana sini … mencari yang menggoda goda .. halah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s