Hard Times

Sabtu!

Hihi, ketemu lagi deh di Sabtu yang penuh berkah selama kurang lebih satu bulan ke depan. Syukur Alhamdulillah banget ya, pada bulan yang mulia ini kita masih diberi umur untuk bertemu dengan bulan Ramadhan. Yosh, harus diperbaiki ibadahnya. Harus diperbaiki baca Qur’annya. Harus ditambahi amalan-amalan baiknya.

Jadi, sepanjang hari pertama puasa kali ini masih belum ada kendala berarti, kan?

Semangat sampai akhir bulan puasa nanti yak!

Sip-sip!

Oh iya, meskipun Sabtu ini bertepatan pada hari pertama puasa, tapi bukan berarti #SabtuNgomonginLagu libur yak. Meskipun pada kenyataannya, #SabtuNgomonginLagu ini masih nggak konsisten dan sering ilang-ilangan sih. Haha, tapi…

Ah, udahlah langsung aja kita mulai membahas lagu yang akan gue ulik pada kesempatan kali ini, yaitu Hard Times-Nya Paramore.

Gue yakin deh, disini pasti kebanyakan udah pada tau siapa Paramore, kan?

Yap, Paramore adalah sebuah band bergenre pop punk, pop rock, power pop, alternative rock, dan emo pop yang sudah terbentuk pada tahun 2004 silam di Franklin, Tennesse, U.S.

Kurang lebih 13 tahun berkarya di industri musik dunia, Band yang sekarang hanya beranggotakan 3 personel yaitu Heyley Williams, Zac Farro, dan Taylor York ini telah menelurkan 5 buah album yang diantaranya adalah All We Know Is Falling (2015), Riot! (2007), Brand New Eyes (2009), Paramore (2013), dan yang paling baru kemarin After Laughter (2017).

23PARAMORE1-superJumbo

Source : Klik

Yoik, buat yang ngikutin Paramore, pasti mereka tau dong kalau dua minggu lalu, tepatnya tanggal 12 Mei 2017, Paramore udah mengeluarkan album baru bertajuk After Laughter. Sebelum album itu rilis, Paramore pun juga udah mengeluarkan MV dari album terbaru mereka, yaitu Hard Times, yang mana akan gue bahas pada kesempatan kali ini.

Haha, sejujurnya sih, waktu pertama kali tau kalau Paramore kembali mengeluarkan lagu baru setelah sekian lama, gue cukup antusias banget. Terlebih lagu Hard Times ini yang pertama kali dikeluarin. Beuh. Mantap, parah.

Kalau dibandingin sama lagu-lagu Paramore sebelumnya seperti misal Missery Business, That’s What You Get, Bring by Boring Brick, Born for This, The Only Exception, Turn it Off, Ain’t It Fun, Ignorance, dan juga lagu-lagu Paramore terdahulu yang keren abis itu, gue pikir sih lagu di album After Laughter ini cukup berbeda ya.

Terutama Hard Times ini sih, lagunya catchy, funky, unyu, dan agak gimana-gimana gitu konsepnya. Gue aja langsung suka waktu pertama kali denger lagu Hard Times ini, kok. Hahaha, menghilang tanpa album baru selama empat tahun dan kembali dengan After Laughter-nya sih, gue pikir sudah cukup untuk mengobati rindu para penikmat lagu Paramore ya!

MANTAP, PARAMORE!

Nah, bicara masalah makna dari lagu Hard Times ini… yuklah kita bahas!

All that I want

Is to wake up fine

Tell me that I’m alright

That I ain’t gonna die

All that I want

Is a hole in the ground

You can tell me when it’s alright

For me to come out

Diawali dengan iringan musik yang catchy abis, suara Hayley Williams yang lembut parah pun mulai mengisi iringan musik itu dengan manis. Lirik awal ini menceritakan tentang seseorang yang sedang berada pada masa-masa sulit, dan satu-satunya hal yang dia butuhkan adalah secepat mungkin keluar dari masa-masa sulit tersebut.

Inginnya sih, seseorang itu ketika terbangun dari tidurnya, dia bisa terbangun dalam keadaan yang baik-baik saja dan semua masalah yang tadinya menyelimuti dirinya tiba-tiba pergi menghilang begitu saja.

Yakalik ya.

Hard times

Gonna make you wonder why you even try

Hard times

Gonna take you down and laugh when you cry

These lives

And I still don’t know how I even survive

Hard times

Hard times

And I gotta get to rock bottom

Dibagian reff ini, si penulis lagu mencoba menggambarkan bahwa ketika kita berada di masa-masa sulit, kita nggak boleh langsung menyerah untuk mencoba memperjuangkan hal yang kita inginkan, bahkan meskipun masa sulit itu benar-benar bikin kita down dan sedih.

Intinya sih ya masa-masa sulit itu bukan untuk dihindari, tapi masa-masa sulit harus kita hadapi. Survive! Gimanapun caranya, dan sekeras apapun masa sulitnya.

Walking around

With my little rain cloud

Hanging over my head

And it ain’t coming down

Where do I go?

Gimme some sort of sign

You hit me with lightning!

Maybe I’ll come alive

Disini kembali menggambarkan tentang seseorang yang harus tetap kuat meskipun rasa sedih menyelimuti dirinya. Sesulit apapun itu, dia nggak pernah mau membiarkan rasa sedih tersebut menguasai dirinya.

Berlandaskan atas kesedihan dan kesulitan itu, seseorang itu pun mencoba untuk terus mencari jalan keluar agar dia bisa meneruskan hidup yang bahagia-bahagia saja. Dia merasa harus tahan banting terhadap masalah untuk bisa mencapai kebahagiaan itu.

Haha, faigk ngets yak!

Tell my friends I’m coming down

We’ll kick it when I hit the ground

Tell my friends I’m coming down

We’ll kick it when I hit the ground

When I hit the ground

When I hit the ground

When I hit the ground

When I hit the ground

Dilirik bagian ini, seseorang itu seolah hendak bercerita kepada teman atau kerabat dekatnya bahwa dia sudah bisa menghadapi segala masalah yang ada di hidupnya. Selain itu, dia pun juga meminta bantuan kepada orang-orang terdekatnya untuk senantiasa memberi saran agar tidak  merasa sendirian lagi dan mampu menghadapi semua masalah, apabila masalah itu datang kembali.

Yah, keberadaan orang-orang terdekat itu kadang memang menentukan sih ya.

Hahaaaa, pas banget nggak sih makna sama irama lagu dari Paramore berjudul Hard Times ini? Gue ngerasa sih begitu. Lagunya yang bikin kayak joget-joget dan makna lagunya yang nyaranin kita biar nggak mudah menyerah atas semua masalah…

MASOKLAH YAAA!

Yoklah coba dengerin bersama-sama!

Advertisements

9 comments

  1. Masoklah yaaaaa! Yuhuuu~ Ku suka Hard Times juga~ Trus di MV Hard Times, Hayley 17 kali lebih cantik daripada pas di MV Still Into You. Poninya jauh lebih normal~

    Sempat mikir Paramore bubar kayak Kangen Band. Huhuhuhu. Untungnya enggak ya, Feb. 😂

    1. Hahaaa yoiiik, Chak. Masok banget ini Hard Time mah 😀 hehehe. Beneeeer, di Hardtimes ini tuh Hayley tuuuuh aaah unch unch banget deh yaaaaa.

      Hahaaa yakalek bubar. Tapi kenapa nyamainnya sama kangen band 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s