Kuliah Sering Kosong? Inilah 3 Tipe Dosen yang Punya Cara Berbeda Dalam Mengatasi Masalah Tersebut

Kebahagiaan yang paling sederhana untuk anak teknik adalah hari libur.

Yak, sebagai bagian dari anak teknik pada umumnya, hari yang paling gue nanti-nanti adalah hari libur. Bahkan, setiap kali gue selesai shalat, gue selalu memanjatkan doa supaya jatah libur mahasiswa diperpanjang. Seminggu empat kali. Dengan demikian, kami pun akan sangat bahagia. Dan dengan demikian pula, kelulusan kami pun tertunda 2 tahun.

Naudzubilah.

Hari Sabtu dan Minggu adalah hari dimana gue nggak bisa diganggu gugat oleh adanya tugas, dosen dan mata kuliah. Di dua hari itu, gue mau bersantai. Gue mau bermalas-malasan. Gue mau hidup seperti boneka barbie yang lontang-lantung nggak jelas tapi tetep senyum aja.

dededededede

Tapi sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, itu semua hanya angan semata. Jika mahasiswa bisa berharap setinggi langit tentang liburan, maka tetap, dalam ruang lingkup perkuliahan, Dosenlah yang menentukan apakah kita bisa benar-benar liburan atau enggak.

Di kampus gue, sering terjadi tragedi PHP dimana pada hari tertentu seorang dosen memilih untuk nggak ngajar tanpa alasan yang jelas. Ya, pada awalnya, hal ini tentu disambut dengan baik oleh seluruh mahasiswa karena arti dari dosen nggak ngajar adalah nggak ada kuliah, sementara arti dari nggak ada kuliah adalah libur. Semua mahasiswa berbahagia, sebelum pada akhirnya, satu minggu kemudian sang dosen pun kembali mengajar dan mengajukan penawaran kepada mahasiswanya dengan tawaran yang memaksa layaknya leader MLM memprospek para calon downlinenya, untuk mengadakan kuliah pengganti, yang disambut dengan muka sedih dari seluruh mahasiswa.

Percayalah, hal ini sering terjadi.

Ada 3 tipe dosen yang berbeda-beda dalam menanggapi kurangnya pertemuan kuliah dalam 1 semester. Berikut adalah penjabarannnya :

  1. Dosen Kesayangan Mahasiswa.
dosen-wanita

Source : Klik

Ini adalah salah satu contoh dosen yang menjadi idaman para mahasiswa. Dosen yang paling disayangi oleh mahasiswanya. Dosen yang ketika melihat presensi kuliah, beliau melihat ada satu jadwal perkuliahan yang kosong, beliau langsung bicara di depan kelas dengan nada yang berwibawa :

“Perhatian semuanya, ini di dalam buku presensi ada satu jatah kuliah yang kosong karena minggu lalu saya nggak ngajar. Jadi, saya mau menawarkan apakah kalian ingin kita kuliah di hari minggu atau hari ini kalian tanda tangan dua kali?”

Yang mana akan segera di jawab oleh seluruh mahasiswa dengan serentak satu jawaban :

“HARI INI ABSEN DUA KALI PAK !!!”

Lagu we are the champion pun berkumandang. Seluruh mahasiswa merayakan kemenangannya.

Dosen-dosen semacam inilah yang harus dipertahankan. Dosen yang sangat merakyat kepada mahasiswanya. Dosen yang pernah muda dan tau apa yang disukai oleh anak muda masa kini.

Setelah itu, biasanya seluruh mahasiswa lebih fokus kepada presensinya daripada materi yang disampaikan oleh bapak dosen. Karena bapak dosen tau akan hal tersebut, biasanya setelah presensi selesai, beliau langsung menutup perkuliahan dengan segera.

Benar-benar dosen idaman.

  1. Dosen Lumayan Idaman Mahasiswa
dosen

Source : Klik

Ini hampir mirip dengan tipe dosen yang pertama. Dosen tipe ini adalah dosen yang mempunyai prinsip bahwa tugas adalah absensi pengganti kuliah. Pada saat beliau punya hutang ngajar satu  pertemuan, maka yang beliau lakukan adalah mengumbar tugas. Kenapa nggak ngumbar aurat? Karena dosa, selain itu, beliau adalah laki-laki dan sudah berumur. Nggak akan ada yang nafsu.

Percayalah.

Sumpah.

Biarpun beliau berdandan seperti ini.

bh3geg5cqaavbg4

Source : Klik

Teteup.

AAAARGHHH!!! MATAAAAAAKU 😦

Lanjut.

Tugas yang diberikan pun nggak tanggung-tanggung. Kadang bisa ngasih 10 soal sekaligus, bahkan kadang bisa hanya 1 soal, tapi jawabannya bisa dua lembar kertas folio. Semua tergantung mood dosen.

Sebagai mahasiswa yang udah tau kebiasaan dosen yang begitu, biasanya gue memilih untuk mengerjakan tugas seadanya. Asal kertas itu ada nama, NIM, dan sedikit coretan perhitungan, ya sudah pasti absensi gue aman.

Lagipula tujuan utama dosen ngasih tugas itu ya cuma buat pengganti presensi. Jadi… Aman.

Aman ndasmu.

  1. Dosen Nggak Kira-Kira
hipwee-6-23

Source : Klik

Sering disebut sebagai Dosen Dewa, maka, dosen tipe ini adalah dosen yang selalu didoakan oleh seluruh mahasiswanya supaya senantiasa mendapat kesehatan oleh sang mahakuasa, sehingga kuliah yang diampunya nggak ada yang kosong. Karena jika ada satu saja pertemuan kuliah yang kosong, maka di pertemuan berikutnya, beliau akan berdiri di depan kelas dengan memberikan sebuah tawaran.

“Perhatian semuanya. Minggu kemarin saya tidak bisa ngajar karena ada urusan dengan rektor, jadi, saya akan menawarkan kuliah pengganti. Kalian semua bisa hari apa?”

Merespon tawaran dari sang dosen, kebanyakan mahasiswa yang setiap hari tempat favoritnya duduk di pojok belakang menjerit lantang :

“NGGAK USAH DI GANTI PAK !!!”

“HARI INI ABSEN 2 KALI AJA PAK !!!”

“DIGANTI SAMA TUGAS AJA PAK !!!”

Karena mayoritas menjerit demikian, akhirnya para kaum minoritas yang setiap harinya duduk di kursi paling depan pun mengangguk setuju.

Mendengar jeritan hina dari para mahasiswanya itu, sang dosen pun memperhatikan dengan seksama, sampai akhirnya, beliau membuat kesimpulan sendiri.

“Baik, Kalau begitu, kuliah pengganti saya adakan di hari minggu pukul 07.00 di ruangan ini ya”

Jeritan putus asa pun terdengar menggema.

Dalam keadaan kayak gini, gue pernah menjerit dengan suara parau :

“JANGAN HARI MINGGU PAK ! ADA SHINCAN. TOLONG BANGET”

Tapi tentu saja, Dosen Dewa nggak akan pernah mendengarkan jeritan putus asa dari mahasiswanya.

Yah, begitulah.

Gue nggak tau gimana kebijakan kampus lain dalam memberi toleransi kepada dosen yang nggak ngajar kuliah, apakah diberi kesempatan buat mengadakan kuliah pengganti sama seperti kampus gue? Atau mungkin memberi peringatan supaya dosen nggak mengulangi kesalahannya kembali?

Entahlah.

Yang jelas, kuliah pengganti di hari libur itu bener-bener merusak jadwal kami para mahasiswa. Tentunya kami punya planning untuk sedikit bersenang-senang atau sekedar istirahat di hari libur tersebut.

Seharusnya sih, dosen nggak boleh absen ngajar. Kan udah komitmen buat ngajar. Kalaupun boleh, ya harus ada konsekuensinya dong sama kayak mahasiswa yang absen nggak berangkat kuliah?

DIMANA KEADILAN DIMUKA BUMI INI?!!!

Kalau gue boleh usul sih, seharusnya konsekuensi buat dosen yang tiga kali nggak ngajar kuliah itu ya beliau nggak boleh ngasih nilai dibawah B untuk mata kuliahnya.

Adil,kan? Beliau dibayar untuk mengajari kami loh.

Kalau usul gue itu dipenuhi, maka gue akan segera membentuk tim khusus buat ngebocorin ban mobil sang dosen selama 3 kali berturut-turut.

HIDUP NILAI B!

HIDUP KESENJANGAN SOSIAL!

HIDUP KEADILAN!

HIDUP MAHASISWA!

Terimakasih.

Advertisements

40 comments

  1. Komen pertama: njinjik’i foto2nya. Haha.
    Komen ke2: itu dosen kesambet apa, kuliat sekali tapi absen 2x? Kok gue gak pernah dapet dosen yg begitu sihh?! Kelas pengganti ngintilin jadwal dosen. Bagian jelas pengganti (kelas tambahan yg maksa lebih tepatnya) contohnya bisa di hotel grand hyatt di bundaran HI yg mana WAJIB hadir di acara (saat itu) Pak Dino Pati Djalal dengan tamu2 VIP yg salah satunya saat itu Ahok sebelum menjabat gubernur. Dan parahnya tetap diabsen! Pergi – pulang macet plus selama acara kudu behave! Kelarrr.

    1. Wkwkwk lagi kurang waras, Mba wkwk :p wkwkw

      Iyaaaa dosen baik dan males sih beliau wkwk tapi seriusan loh, ada dosenku yang begitu. Banyak malah wkwk
      Duuuh, jamanmu kuliah dulu kurang asyik mbak :p wkwk ribet. Tapi aku ada sih dosen yang begitu ._. datang ke seminarnya beliau, eh ada absen kuliah. Kan resek ._.

  2. Haha, gue paling benci yg namanya kuliah pengganti. Pernah gitu aku ngambil matkul pilihan, dan dosennya gak bisa ngajar blasss selama satu semester di jadwal yg udah ditentuin akademik fakultas. Ndilalah, dosennya ganti jadwal ke hari sabtu dan paten selama sesemster. Entah kenapa, ada matkul wajib (apa pilihan ya? aku lupa), yg jg dipindah ke hari sabtu. Si matkul pertama dan kedua beda jam masuk cuma sejam. Gimana cara bagi badan jadi dua di hari sabtu? 😑

    1. SAMA MBAK!

      Wkwkw aku juga benci kuliah pengganti -_- ngganggu jadwal libur wkwkw

      Itu kok aku pernah ya begitu wkwk resek banget kuliah jadi hari sabtu 😦 wkwkw tapi mending sih, aku pernah kuliah udah milih dosen, eh dosennya bentrok sama ngajar di kampus lain. Habis itu dosennya diganti sama dosen yang terkenal killer parah 😦 kan nyebelin wkwkw

      1. Aku juga pernah kek gt. Kalo bukan karna dosen paporit, mitamit ngambil matkul itu. Eh diganti sm dosen yg ngbosenin dan malah masuk ga masuk ya sama aja 😑

  3. Wah, untung di kampusku penggantinya antara hari senin-jumat, menuh-menuhin jadwal sih, seenggaknya ga ngerusak weekend gabut nan magernya anak kost hehe

  4. Hihihi ngakak 😀 yang paling enak sebetulnya nggak ada yang kosong. Normal aja sesuai jadwal biar nggak ada gantinya. Kadang suka nyesek kalau udah datang ke kampus eh ada pengumuman kalau dosen berhalanga hadir. Ya Allah… ke kampus kan nggak tinggal ngedipin mata -.-

    1. Hihihi makasih, Mba 😀 hehehe iya sih, bener. Yang paling enak itu ya kalau kuliahnya lancar dan nggak ada yang kosong ._. penggantinya itu loh yang resek wkwkw
      BENER ! SEPAKAT ! UDAH JAUH-JAUH DARI RUMAH KE KAMPUS, EH KOSONG 😦

  5. yampun feb itu boneka barby beli dimana haha.. cocok buat anti tikus sama kecoak haha.. kalau jam penganti tu paling males digabung sama kelas lain 😀

  6. aku jd inget jaman kuliah dulu wkwkwkwk… tp sebenrnya ga ada yg bener2 nyebelin sih dosennya… cuma semuanya rada2 unik… krn aku kuliah di kampus international, jdnya dosen2nya jg banyak dari luar… nah, ada tuh yg dr meksiko, cantik, muda, sexi ;p.. pokoknya kalo ngajar baju ketat deh :D.. Kalo students cewe mah ga masalah, yg cowo2, suka lgs mingkem kalo mrs mexico ini ngajar hahahaha.. antara ga konsen ato memang mw fokus dengerin secara mata kuliah hukum international ini rada2 bikin puyeng ;p

    trs ada dosen dari bangladesh, cowo, cakep, muda, tapi rada ganjen ;p.. nah kali ini giliran yg cewe cari perhatian kalo Mr ini ngajar ;p.. jd kangen juga ama dosen2ku dulu :D.

  7. Untungnya seumur-umur aku gak dapet dosen yang minta ganti hari minggu. Mungkin dosen-dosen yang ngajar kelasku pas kebetulan orangnya juga butuh tamasya. Ya gak feb.

  8. Ga ada pertemuan, Ga ada materi dan Ada tugas itu namanya ga bertanggungjawab………..
    yahhh kuliah sepeuluh semester jadinya, trus jadi omongan skampus dan di lingkungan t4 tinggal. Akademisi pantang dkritik kalian anak kmaren sore taunya apa sih?………
    aduh… penddidikan di indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s