#SaveAleppo… Kenapa ini harus terjadi?

Hmm…

Gue bingung mau nulis apa sebenernya.

Tapi, sebelum membuka blog dan mulai menuliskan kalimat-kalimat ini, beberapa menit yang lalu gue melihat video di link ini :

Jurnalis yang terperangkap di Aleppo

Dan seketika gue langsung diem sambil berpikir :

‘Ini sebenernya kenapa sih?’

Atas dasar pertanyaan itu, gue pun lantas langsung mencari jawaban mengenai berita-berita di Aleppo melalui kolom pencarian di google. Dari situ, gue pun menemukan banyak judul artikel yang sedikitnya cukup menggambarkan bagaimana kondisi Aleppo sekarang :

Tapi gue masih nggak ngerti…

Kenapa sih ini harus terjadi?

96526102_Syria_aleppo_bombed_hospital_10-large_trans++ZgEkZX3M936N5BQK4Va8RWtT0gK_6EfZT336f62EI5U.jpg

Source : Klik

Milisi Assad, Rusia dan Iran mengepung dan membombardir Aleppo selama berhari-hari. Puluhan ribu jiwa dari tanah Aleppo terkepung. Nyawa yang melayang tak terhitung. Puing-puing bangunan hancur lebur. Tangis tak bersuara mendengung. Saling bersautan tapi tak bertautan.

Kenapa ini harus terjadi?

SIRYA-CONFLICT-ALEPPO

Source : Klik

Muslimah Aleppo menjadi korban atas pelecehan-pelecehan yang dilakukan oleh milisi biadab tak berkemanusiaan. Disiksa, dihancurkan martabatnya, hingga nyawa yang menjadi akhirnya disita begitu saja. Beberapa dari mereka memilih untuk menyudahi hidupnya daripada harus tersiksa karena diperkosa.

Kenapa ini harus terjadi?

syria_un013175_2016

Source : Klik

Hari-hari selalu terasa mencekam di Aleppo. Cuaca dingin menusuk tulang. Darah dingin mengucur dari dahi yang entah sampai kapan akan berhenti. Kehangatan tak lagi mereka rasakan, kecuali suara letupan-letupan atas bom yang milisi jatuhkan. Itu bukan menghangatkan. Melainkan menghancurkan dan memusnahkan.

Kenapa ini harus terjadi?

LEBANON-SYRIA-CONFLICT-DEMO

Source : Klik

Pesan-pesan mulai dikirimkan melalui media sosial. Pesan-pesan mulai dikirimkan agar dunia membuka mata. Pesan-pesan mulai dikirimkan agar dunia mau mendengar. Pesan-pesan mulai dikirimkan agar mereka mendapat bantuan. Pesan-pesan mulai dikirimkan agar semua penindasan ini diberhentikan. Pesan-pesan mulai dikirimkan hingga nanti pesan ini hanya terdengar sebagi pesan selamat tinggal. Pesan salam perpisahan.

maxresdefault

Source : Klik

czwpomeuaaaogeb

save_aleppo__1462118534_41-34-159-4

Source : Klik

but_how_1000.jpg

Source : Klik

Kenapa ini harus terjadi?

Semoga semua penindasan ini segera berakhir.

Aamiin.

czwduhrvqaaf75y

#SaveAleppo

czzg9ukveaumkuk

#SaveAleppo

czw9yd6vqaasrhh

#SaveAleppo

Advertisements

25 comments

  1. Karena sedang terjadi proses filterisasi untuk memisahkan mana yang munafik dan mana yang iman…
    yang terjadi akan terjadi, karena begitulah skenario akhir zaman. Tinggal bagaimana sikap diri..

    Mau ikut yang mana hayo..?? (^^)v

    1. Tapi masa begitu sih mba caranya? Siapa yang tau kalau satu kubu itu munafik, dan mana yang tau kalau satu kubu lainnya itu iman? Kok saling menindas?

      Penindasan semacam ini di Aleppo kapan berakhir 😦

      Iya sih, skenario akhir zaman :’ tapi kaaaaan 😦

      1. ehehe…
        Rumit ya. Yang paling jelas yang kena bombardir itu saudara2 kita. Lakukan yang bisa dilakukan kek bikin postingan pemberitahuan semacam ini (^^)b

        kalo diibaratkan nonton pilem, di babak akhir sebelum tamat biasanya serinya keok habis-habisan lalu, tak lama, akan bangkit dan menang tapi habis itu, the end of the world ^^

      2. Iya, Mba :’ rumit.
        Yaaah, iya. Saudara-saudara kita baru kena musibah :’ kita yang ada disini bisa apa selain berdoa dan ngasih semacam info-info begini :’

        Skenarionya pasti begitu kok ya mba :’) tinggal nunggu waktu :’)

  2. Ini terjadi karena yang berkuasa, yang memberontak atau yang unjuk rasa merasa paling benar semua. Yang tidak mengerti apa apa jadi korbannya. Dan semua sanggup masih bertahan berjuang atas nama Tuhan. Saling menuduh teroris, padahal yang ngucap teroris juga teroris paling ulung. Ahhh aku selalu menangis lihat korban perang ini. Kenapa ga pernah berakhir.

  3. Iya sama feb… aku juga bingung dan bertanya tanya. Kenapa harus terjadi perabg dengan korban warga sipil yang tak bersalah. Padahal lagi2… yg diperebutkan hanyalah tahta dan wilayah. Ya Allah lindungilah para warga Aleppo…selamatkan yang masih hidup, sembuhkan yg terluka, muliakanlah yg sudah meninggal, dan berilah balasan yang setimpal bagi yang salah. Amiiin

    1. Aamiin… Aamiin… Aamiin :’) lindungilah mereka warga-warga Aleppo yang tidak bersalah :’ kalau sudah terlanjur jadi korban, semoga mereka damai bersamaMu ya Allah 😦 Sedih seriusan kalau begini. Masalahnya yang jadi korban itu orang-orang yang ga bersalah dan ga tau apa apa loh :’

  4. Saya baruuu aja bahas ini sama suami. Jd misal di Aleppo itu ada RS yg diklaim adalah wilayah paling aman. Tentu ada saja oknum pemberontak yang memanfaatkan dengan maksud tercela. Yang ngebom pun tak peduli apa ada masyarakat sipil yg jadi korban. Kalau sudah begini tidak bisa hitam atau putih. Tapi abu2, karena semua punya kepentingan.

    1. Ini sebenernya sudah cukup lama kan ya mba terjadinya? tapi ga usai-usai :’

      Lah, kalau gitu nggak ada sama sekali tempat yang aman dong ya mba kalau oknum pemberontak memanfaatkan kondisi tempat aman untuk tindakan tercela 😦

      Iya, yang jadi korban itu masyarakat sipil yang bahkan gabersalah dan gatau apa-apa :’ sediiih :’

  5. Wah, tumben ngomongin politik Feb. 😀

    Klo kamu tanya kenapa ini semua harus terjadi, jawabanku adalah “ya, kenapa nggak?”

    Namanya juga perang. Semua pihak sama-sama imbang. Sama-sama nggak mau berdamai. Jadinya ya kayak gini deh dan makanya sudah 5 tahun nggak selesai-selesai.

    Klo dirimu kepingin tambah bingung (lho?), coba cari tahu kenapa alasan pihak-pihak yg perang sipil di sana nggak pada mau damai dan gimana caranya bikin mereka supaya mau damai. 😀

    1. Hahaha iya nih, Mas. Soalnya agak miris aja kok ngga berhenti-berhenti kejadian begini :’

      Yah, masa 2016 masih ada perang-perang gitu sih? Emang Aleppo ga layak merdeka ya? Aaaah, aku ga ngerti beginian 😦 aku pengennya mereka damai 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s