Luar Biasa! 5 Hal Ini Biasa Kamu Temui Di Bulan Desember

‘Aku… Selalu suka… Sehabis… Hujan di bulan… Desember…. Bulan… Desember’

Beberapa dari kita mungkin tidak asing dengan kutipan lirik lagu berjudul Desember dari band Efek Rumah Kaca yang tertulis di atas. Lagu dengan iringan nada yang syahdu itu seolah menjadi salah satu playlist yang wajib didengarkan ketika bulan Desember menjelang.

Entah, untuk beberapa orang, mereka mungkin beranggapan bahwa bulan Desember adalah bulan yang istimewa dan penuh kesan karena di bulan Desember itu mereka bisa merayakan sesuatu.

Untuk beberapa orang yang lain, mereka mungkin menganggap bahwa bulan Desember adalah bulan yang sangat menyebalkan dan penuh kesedihan karena di bulan Desember, mereka yang sudah berpacaran hampir 8 tahun tiba-tiba gagal menikah karena si pasangan lebih memilih berpaling dengan orang baru yang lebih baik.

Setiap orang mempunyai kesan tersendiri dari apa yang tersimpan di bulan Desember.

Lantas, memang apa sih Desember itu?

Oke, jadi, kalau menurut wikipedia, Desember adalah bulan kedua belas tahun dalam kalender Gregorian. Sebenernya, kata Desember itu diambil dari bahasa Belanda, December yang mana nama itu juga diambil dari bahasa latin, Decem yang berarti ‘sepuluh’.

Loh, Desember kan bulan keduabelas? Kok jadi sepuluh sih?

Soalnya dulu itu tahun bermula pada bulan Maret.

Oooo… Gitu…

Kalau Tempe Decem itu artinya tempe sepuluh ya?

BACEM SAMA DECEM JAUH, CUK. TOLONGLAH.

Oke. Kalau…

DUGEM SAMA DECEM JUGA JAUH. UDAH SIH!

Maap.

Terlepas dari semua kesan yang dimiliki oleh orang-orang, bulan Desember ternyata memiliki semacam hal berulang yang seolah identik hanya ada di bulan keduabelas ini aja, loh. Apa saja sih memangnya? Kuy kita bahas.

1. Hujan

gambar-dp-hujan-terbaru-2

Source : Klik

Sebagaimana yang kita tahu bersama, Indonesia ini memiliki dua musim yang berbeda yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Biasanya, untuk musim kemarau itu terjadi pada bulan April hingga Oktober sementara untuk musim hujan terjadi pada bulan Oktober hingga April.

Lantas, kenapa bulan Desember itu identik dengan hujan?

Karena pada dasarnya, Bulan Desember merupakan puncaknya musim penghujan di Indonesia.  Jadi, hujan akan lebih sering turun dengan intensitas yang tinggi ya pada bulan Desember ini.

Biasanya, orang-orang lebih sering berdiam diri di dalam kamar sambil terduduk di depan jendela ketika hujan di bulan Desember tiba. Mereka terdiam sembari mengenang apa-apa saja yang pernah terjadi ketika hujan di Bulan Desember tahun lalu. Kemudian, mereka akan bermain dengan kata ‘Seandainya… Seandainya… dan Seandainya’.

‘Seandainya saat hujan turun di bulan Desember lalu aku bisa mengutarakan perasaanku kepada dia dia’

‘Seandainya saat hujan turun di bulan Desember lalu dia bisa menerima cinta yang aku berikan’

‘Seandainya saat hujan turun di bulan Desember lalu aku dan dia bisa bersama-sama menjalin cinta’

Pada akhirnya, mereka akan sadar, kata-kata dengan awalan ‘seandainya’ hanyalah sekedar kata yang tak bisa mengubah apapun yang telah terjadi.

2. Akhir Tahun.

end-of-year-fundraising-367x235

Source : Klik

Ya, jika bertemu dengan bulan Desember, maka itu berarti kita bertemu dengan akhir tahun. Biasanya, setiap orang menunggu hadirnya momen ini karena disini mereka bisa membuat semacam resolusi-resolusi yang akan dia lakukan pada tahun baru yang akan datang.

Pun demikian, pada bulan Desember ini biasanya banyak orang pintar yang mencoba meramal-ramal apa yang akan terjadi di tahun baru selanjutnya.

Selain itu, seperti halnya yang terjadi, banyak orang yang seolah berintrospeksi diri atas apa yang telah dia lakukan pada tahun-tahun yang telah lalu kemudian mencoba membenahinya pada tahun baru yang akan datang.

Intinya, bulan Desember sangat identik dengan perayaan-perayaan untuk menyambut tahun baru yang akan datang.

Maka, berbahagialah.

3. Hari Ibu.

gambar-dp-bbm-selamat-hari-ibu

Source : Klik

Desember mungkin juga bulannya para ibu. Pasalnya, pada bulan Desember atau tepatnya pada tanggal 22, merupakan tanggal dimana hari Ibu dirayakan. Pada hari itu, semua orang mendadak menjadi sayang kepada ibunya. Foto instagram bercaption ‘Selamat hari ibu’, status facebook puitis teruntuk ibu, serta twit-twit manis yang didedikasikan untuk ibu seolah mengisi dunia maya pada hari itu.

Meskipun, entahlah, apakah di dunia nyata orang-orang tersebut akan melakukan hal yang sama dengan yang dia lakukan di dunia maya.

Kita tidak ada yang tau.

Namun, yang kita tau hanyalah : Pada bulan 22 Desember, semua orang terlihat sayang kepada ibunya. Dan seharusnya, setiap hari kita memang harus sayang kepada ibu kita.

Ulala.

4. Liburan

holiday

Source : Klik

Selain tiga hal tersebut, pada bulan Desember pun selalu identik dengan liburan. Coba kita perhatikan berapa banyaknya tanggal merah yang tersedia di bulan Desember ini :

desember

Selain itu, belum lagi liburan sekolah untuk para pelajar di tengah semester yang notabenenya terjadwal pada pertengahan bulan Desember.

Maka, bisa dikatakan bahwa bulan Desember pun juga merupakan bulannya para pelajar untuk menyegarkan otak dan pikiran, bukan?

Nggak ada orang di dunia ini yang nggak suka liburan. Jadi, gimana? Kapan Presiden Jokowi mendeklarasikan bahwa semua bulan diganti bulan Desember aja?

YAKALIK!

5. Diskon Besar-besaran.

discounts

Source : Klik

Desember identik dengan diskon!

Yah, buat mereka yang hobi belanja-belanja, hal ini tentu menjadi sesuatu yang sangat ditunggu dan dinanti-nanti. Pasalnya, banyak sekali brand atau toko-toko yang membuat diskon besar-besaran untuk mereka yang ingin terlihat cihuy di tahun baru mendatang.

Tak tanggung-tanggung, diskon yang ditawarkan pun bermacam-macam mulai dari diskon yang 20%, 50% hingga 75%. Namun ya tetap, kalau kita amati dengan seksama, diskon-diskon itu masih diberi embel-embel : *syarat dan ketentuan berlaku.

Hak-hak-hak. Fakuy kan, ya? Ngasih diskon kok bersyarat. Ikhlas nggak sih?

Eh, tapi ada yang mau diskon tanpa embel-embel : *syarat dan ketentuan berlaku? Bisa kok.

Gimana caranya?

BELI ONLINE!

YIHA!

Udah pada tau belum sih tradisi tahunan yang sudah terlaksana selama kurang lebih 4 tahun ini di bulan Desember?

HARBOLNAS!

harbolnas-640x426

Source : Klik

Yak, memang nggak pernah salah kalau bulan Desember ini menjadi bulannya diskon besar-besaran bagi pecinta toko online. Jadi, selama tanggal 12, 13, 14 di bulan Desember ini, hampir semua e-commerce yang berpatisipasi dalam HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional) ini bakal memberikan diskon terbesarnya.

hari-belanja-online-nasional-1212-2016

Source : Klik

Ada cukup banyak e-commerce yang ikut andil dalam HARBOLNAS ini. Jumlah keikutsertaan dari e-commerce pun dari tahun ke tahun semakin bertambah. Terhitung sejak tahun 2012 lalu, HARBOLNAS  hanya diikuti oleh tujuh e-commerce. Namun, pada tahun 2015 kemarin, HARBOLNAS diikuti oleh 140 e-commerce yang menawarkan diskon besar-besaran. Peningkatan yang sangat drastis bukan?

Ada satu e-commerce yang selalu ikut andil dari awal diselenggarakannya HARBOLNAS, loh.

Apa?

Zalora!

Zalora?

Ya, e-commerce fashion terbesar di Asia Tenggara itu selalu ikut andil dalam terselenggaranya HARBOLNAS sejak tahun 2012 lalu. Diskon yang diberikan pun tidak pernah tanggung-tanggung.

zalora-lalala

Jadi, siapkah kalian untuk menyambut HARBOLNAS tanggal 12, 13 dan 14 Desember besok?

Nabung dulu deh. Nabung. Jangan sia-siakan kesempatan ini sama seperti kamu menyia-nyiakan dia yang begitu mencintaimu.

Selamat berbahagia di bulan Desember yak.

Terimakasih.

 

Advertisements

29 comments

  1. Ngeri juga y om kalo desember identik dengan ujan
    Apalagi kelo maen kenang2an
    Cuma bisa berandai2
    .
    Wah iya om
    G nyangka loh kalo desember itu artinya dikit lagi tahun baru padahal bulan desember itu egga ada di awal tahun loh
    .
    Ya om
    Tanggal 22 desember itu hari ibu
    Saya suka ngucapin sayang ke ibu saya om
    Trus dibales sama dy
    Sayang juga ma ayah
    .
    Setuju om
    Kalo semua bulan diganti ma bulan desember
    Oh iya kalo bisa semua hari diganti sama hari minggu om
    .

  2. Ciye ujung-ujungnya promosi ciyeee. Ahahaha.
    Btw, itu hari yg ketiga emang spesial. Bertepatan sama ultahku, eeeyak *woy, gue gak nanya*. Yaudah sih kalo ga nanya.

    Eh, Febri sekarang bikin judul postingannya anu banget 😀

    1. Wkwkw namanya juga usaha yekan Des 😀 wkwkwk

      Waaaaaaaaaaaa selamat ulangtahun ya sebelas hari lagi. YEAAAY AKU PENGUCAP YANG PERTAMA ! HADIAH SINI HADIAH

      Wkwkwk iya nih, ga tau kenapa kok judulnya wadiduw ngets 😦 padahal ga viral sama sekali wkwkw

  3. desember itu yanng di nanti nanti adalah sales … umumnya brand2 yang di incar pada ngabisi barang … lumayanlah dapat harga murah.
    selain sales … ya liburan … tapi sebelum liburan … karena pegawai, banyak banget kerjaan yang mesti dikelarin dulu … kejar target .. yah itulah suka duka desember yang saya inget 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s