Straightjacket Feeling

Selamat hari Sabtu semua…

Jogja sekarang lagi sering hujan nih. Kota kalian gimana?

Banyak yang bilang kalau hujan itu 1% air, 99% kenangan. Padahal, menurut Wikipedia, hujan adalah sebuah presipitasi berwujud cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju, batu es dan slit. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi. Di Bumi, hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. Dua proses yang mungkin terjadi bersamaan dapat mendorong udara semakin jenuh menjelang hujan, yaitu pendinginan udara atau penambahan uap air ke udara. Virga adalah presipitasi yang jatuh ke Bumi namun menguap sebelum mencapai daratan; inilah satu cara penjenuhan udara. Presipitasi terbentuk melalui tabrakan antara butir air atau kristal es dengan awan. Butir hujan memiliki ukuran yang beragam mulai dari pepat, mirip panekuk (butir besar), hingga bola kecil (butir kecil).

HEH? INI APAAN SEH?

Nah, pusing? Materi hujan ini ada loh di mata kuliah teknik sipil yang namanya Hidrologi Terapan. Kebayang dong betapa judegnya otak gue?

Yah, daripada menjabarkan tentang hal-hal menjelimetkan lainnya, mending sekarang kita masuk ke #SabtuNgomonginLagu aja.

Hehehehehe.

Pada kesempatan kali ini, gue mau ngomongin tentang sebuah lagu dari The All-American Rejects yang berjudul Straightjacket Feeling.

Udah pada tau The All-American Rejects pasti ya? Yah, biar gue jabarkan sedikit saja deh.

The All-American Rejects adalah sebuah band bergenre Alternatif Rock, Pop Punk, Power Pop dan Pop Rock yang terbentuk di Oklahoma, Amerika Serikat pada tahun 1999, yaitu tahun dimana gue masih berumur 4 tahun dan gue lagi belajar pipis sambil melompati lingkaran api.

Anyway, kalau ngomongin masalah Amerika Serikat, pasti yang terpikir dibenak  adalah tentang si manusia kontroversial yang kemarin berhasil terpilih sebagai presiden US.

Itu, si Donald Trump Trump mundur 3 langkah…

Tu… wa… ga…

Hompimpah alaiyhum gambreng…

ITU DONALD BEBEK

Oh, Christiano Donaldo

CRISTIANO RONALDO!

Lanjut.

The All-American Rejects ini mempunyai 4 personil, yang diantaranya adalah : Tyson Ritter (vokal dan bass), Nick Wheeler (backing vokal dan gitar), Mike Kennerty (gitar), dan Chris Gaylor (drum). Band yang dulu pernah manggung di Indonesia ini telah merilis 4 full album (The All-American Rejects (2002), Move Along (2005), When the World Comes Down (2008), dan Kids In The Street (2012)) dan beberapa mini album.

all_american_rejects_707-e1465555793336

Source : (Klik)

Keren.

Bicara masalah lagu yang akan kita bahas kali ini yaitu Straightjacket Feeling, mari kita jabarkan maknanya :

Straightjacket Feeling

Straight = Lurus

Jacket = Jaket

Feeling = Perasaan

Straightjacket Feeling : Perasaan jaketnya lurus.

Eng… Mungkin pada masa-masa awal terbentuk The All-American Reject ada cerita begini deh :


Di sebuah Universitas Study United States (USUS), empat mahasiswa USUS yang juga personel The All-American Reject itu yang sedang duduk-duduk di study center dan mengomentari siapa saja yang sedang lewat disana. Suatu masa, lewatlah seorang mahasiswa dari fakultas lain yang menggunakan jaket bertuliskan Hamba Allah dipunggungnya. Reflek, empat mahasiswa itu pun berkomentar :

Tyson : Itu jaketnya keren ya?

Nick : Iya, keren jaketnya.

Mike : Hmm… Aku terharu melihat jaket itu.

Chris : *Menitikkan Air Mata*

Hening lama.

Cukup lama.

Sampai akhirnya, secara bersamaan empat mahasiswa itu kemudian berucap :

Tyson, Nick, Mike dan Chris : PERASAAN, BARU PERTAMA KALI INI AKU MELIHAT JAKET YANG MEMBAWA KITA MENUJU JALAN YANG LURUS. INI JAKET YANG LURUS. STRAIGHTJACKET FEELING!

Setelah itu, keempat mahasiswa tersebut mengucapkan syahadat bersamaan dan bersama-sama pergi ke Padang Mahsyar.


Errr…

Nggak gitu.

Straightjacket Feeling adalah salah satu single The All-American Rejects yang ada di album bertajuk Move Along (2005).

Eh iya, tadi di atas ngomongin hujan yang katanya 1% air dan 99% kenangan, kan? Nah, lagu ini mengajarkan kita untuk move on dan letting go dari kenangan-kenangan tersebut, kenangan akan rutinitas dengan dia, kenangan akan bayangnya yang senantiasa membayangi. Kalian harus bisa ‘pindah’ demi masa depan yang lebih cerah.

Halah, Pret.

Coba kita pahami liriknya dalam-dalam.

Back me down from backing up
Hold your breath now it’s stacking up
Etched with marks, of my disdain
And you’re the problem and you can’t feel
Try this on, straight jacket feeling
so maybe I won’t be alone
Take back now, my life you’re stealing

Nah bait pertama ini seolah-olah menjelaskan tentang seorang cewek yang gak pengen cowoknya mengingat-ingat masa lalu mereka. Namun, si cowok gak bisa ngelupain itu dan masih merasa bahwa semua masalah yang sudah terlanjur menumpuk harus diselesaikan.

Si cowok ini merasa sakit karena sikap si cewek, tapi si cewek itu kayak gak sadar atas sikapnya yang secara gak langsung udah menyakiti si cowok. Si cowok ini merasa kalau dia menceritakan semua tentang masalah itu ke si cewek, si cowok akan merasa lebih lega dan mungkin akan lebih tegar move on.

Disini, seolah si cowok kayak menempatkan semua beban masalah antara dia dengan si cewek di bahunya sendiri. Ini mungkin menjadikan judul straightjacket feeling sebagai diksi untuk melambangkan perasaan terperangkap, terjebak, atau bahkan berjuang sendirian. Si cowok merasa ‘hidupnya’ telah hilang dirampas oleh si cewek. Si cowok ini pun tahu, dia harus segera mengambil kembali ‘hidupnya’ tersebut walaupun itu terasa sulit.

Yesterday was hell
But today I’m fine without you
Runaway this time without you
And all I ever thought you’d be
That face is tearing holes in me again

Masuk ke bagian reff, biasanya bagian ini yang gue teriakan paling kenceng. Cermati deh liriknya yang mempunyai arti :

Kemarin kayak neraka, tapi hari ini aku baik-baik aja tanpamu

Lirik yang sangat amat super duper mantab. Masa lalu ya masa lalu, walaupun kelam, nyakitin, bikin sedih, tapi yaudah sih. Go ahead aja kayak iklan rokok. Go Pro aja kayak produk kamera. Dan Go Food aja kalau laper.

Susah?

IYALAH, SITU MASIH SAYANG~

Trust you is just one defense
off a list of others, you don’t make sense
Beg me time and time again
to take you back now, but you can’t win
Take back now, my life you’re stealing

Dibait ini,  si cowok udah niat move on. Dia kayak udah nge-iya-in dan sok sokan percaya aja sama si cewek. Padahal sih perih. Seperih sariawan yang dikasih albotil terus dicabein.

Namun uniknya, disini si cewek malah meminta biar si cowok nggak terlalu cuek gitu. Karena si cowok emang udah meniatkan diri buat ‘move’, yaudah dia tetep bodo amat. Kalau dibikin chat mungkin bakal jadi kayak gini :


Ce : Sayang. [read]

Co : Ya. [read]

Ce : Lagi apa? [read]

Co : Lagi gini. [read]

Ce : Lagi gini gimana? [read]

Co : Gini gitu. [read]

Ce : Ih kok cuek sih? [read]

Co : Enggak. [read]

Ce : Iya cuek. Jangan cuek-cuek ngapa? [read]

Co : “Aku sayang banget sama kamu, tapi kenapa selalu aku yang ngalah? Kenapa aku yang ngerasain sakit? Kamu nyadar gak sih?” [delete]

Co : Gapapa. [read]

Ce : Tapi kok cuek? [read]

Co : Gapapa [read]



Problema cinta kok begini amat ya.

Baiklah, mari lanjut ke bait selanjutnya aja.

And when that memory slips away
There will be a better view from here
And only lonesome you remains
and just the thought of you I fear
it falls away

Ini adalah bagian bridge-nya. Disini, si cowok berharap agar bisa segera ‘lepas’ dari si cewek. Dia yakin bakal ada “pemandangan” yang lebih baik ketika dia benar-benar berhasil ‘lepas’. Namun, si cowok ini masih ada perasaan peduli sama si cewek. Aneh kan? Namanya juga pernah cinta.

Kembali sedikit ke lirik awal yang berbunyi :

And you’re the problem and you can’t feel”.

Si cowok khawatir kalau suatu hari nanti, ketika si cewek udah berhasil dapetin cowok baru, si cewek gak bisa merubah sikapnya itu yang akhirnya bakal sama aja kayak hubungan yang sebelum-sebelumnya. Si cowok peduli sampai segitunya ya? Ya namanya juga masih sayang dan peduli, tapi dia tetep merasa harus move on daripada kesiksa terus-terusan.

Eh bentar…

Si cowok sayang sama si cewek, tapi si cewek bersikap seenaknya dan gak nyadar kalo udah nyakitin si cowok. Si cowok berniat untuk move on walaupun pada dasarnya dia masih sayang dan peduli.

Lah ini sebenernya gimana sih?

Yaudah sih. Intinya ya begitu lagunya.

Ada yang bisa ngambil kesimpulan?

Mending dengerin lagunya dulu.

Nih :

 

 

Ditulis Oleh : Achmad Ananta Hadi

Diedit Oleh : Febri Dwi Cahya Gumilar

Dihiasi Oleh : Langit Mendung semendung perasaanmu

Advertisements

23 comments

  1. Sama di surabaya juga lagi sering hujan, ea november rain. Hahaha
    Yaampun cocoklogimu yang straight jacket feeling bikin geregetan 😁😁
    Aku tadi ngeplay yang straightjacket feeling ga bisa, tapi aku aku ngeklik yang it end tonight, overall iyasih recomended.

    1. Wwkwkw hujannya rata brati ya wkwkw November Rain banget 😀 wkwkw

      Cocoklogi looooh :p wkwkwk
      Masa ngga bisa diplay sih? Padahal keren loh lagunyak ._. wkwkwk It End Tonight juga keren ngets sih 😀

  2. Di Depok jadwal ujan tiap sore menjelang malem, khusus weekend suka-suka ujannya kadang pagi, kadang siang, kadang malem. Kalo di Jakarta dalam sehari gak nentu ujannya kadang pagi cerah, siangnya ujan deres, sorenya gerimis, malemnya meringis.

    Wah, udah lama banget gak dengerin The All American Reject, kayaknya lagunya cocok nih, didengerin di musim ujan kayak sekarang.

    Intinya mah, si cowok itu butuh pengganti ceweknya yg baru, pasti lebih mudah move on, kayaknya, sih..

    1. SAMAAA BANGETT wkwkwk bikin betek ga sih, mana kuliahku banyak yang sore lagi wkwkw 😀 tapi kalau weekend beda, tetep pas sore ujannya wkkwkw 😀

      Hahahah November Rain banget yaaaak 😀
      Iyaaa, keren dumz yaaak ndengerin The All American Reject 😀 hihihi
      Iya, pada akhirnya semua memang butuh pengganti sih ya ._.

  3. Dirumah saya g ujan bang
    Kenapa g ujan? Lah kan ada gentengnya bang
    .
    Loh kok diliriknya engga bahas jaket sih? Malah bahas move on
    Trus dimana jaketnya bang
    Balikin bang jaketnya
    Punya orang loh
    Jaket minjem kok g dikembaliin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s