Singing In The Rain

Udah hari Sabtu aja nih ya? Duh, cepet banget rasanya.

Perasaan baru kemarin deh gue ngerasain hari Jumat, sendirian, ngeliatin mantan jalan, gandengan tangan, sambil melirik dan tersenyum sinis, eh sekarang udah Sabtu aja.

Huft.

Di hari Sabtu gini daripada gak ngapa-ngapain, terus menghambur-hamburkan uang dan kemudian bikin dosa yang sia-sia, mending kita Ngomongin Lagu aja ya kan?

Karena apa?

KARENA INI SAATNYA #SABTUNGOMONGINLAGU.

Yuhuuuuy.

Pada kesempatan kali ini, lagu yang akan gue presentasikan (Jiaaah dikira presentasi tugas kampus kalik) adalah lagu Singing In The Rain-Nya Simple Plan.

Gue yakin, diantara kalian pasti udah pada tau siapa itu Simple Plan, kan?

Yak, Simple Plan adalah rencana simpel.

Jadi, Alhamdulillah banget ya dengan hanya bermodalkan rencana simpel aja bisa jadi terkenal :’)

Eh, gimana-gimana?

Ya jelas enggak sesimpel itu dong. Kan segala sesuatunya harus disertai usaha dalam berkarya dan tentu doa sebagai pelengkapnya. Jadi, kira-kira itulah yang menjadi kunci sukses Simple Plan biar bisa terkenal sampai sekarang.

Eh iya, kita bahas sedikit tentang Simple Plan dulu, yuk?

Simple Plan adalah sebuah band pop punk yang terbentuk pada tahun 1999 di Montreal, Kanada. Simple plan beranggotakan Pierre Bouvier (vocal), Jeff Stinco (guitar), Sébastien Lefebvre (guitar), Chuck Comeau (drum), dan David Desrosiers (bass).

Menurut gue, yang paling gokil dari Simple Plan ini adalah, sejak pertama kali terbentuk sampe tahun 2016 sekarang ini, Simple Plan belum pernah sekalipun ada pergantian personil. Keren banget ya? Mungkin ada benernya juga tuh kata orang, eh apa kata pepatah ya? Ah gatau, pokoknya gini “Jika persahabatan berlangsung lebih dari 7 tahun, persahabatan itu bakal berlangsung seumur hidup.” Friendship goals banget.

Jadi kesimpulannya adalah : Kalau kamu suka sama orang yang sudah bersahabat dengan kamu selama lebih dari tujuh tahun, maka kemungkinan besar kamu hanya akan terjebak friendzone.

Sejauh ini, selama kurang lebih tujuh belas tahun berkarya, Simple Plan sudah merilis 5 full album, 2 live album dan 2 mini album. Keren. Pokoknya Simple Plan ini childhood banget lah buat anak-anak kelahiran 90-an. Apalagi lagunya yang mempunyai lirik ngehits : ‘I’m sorry I can’t be perfect’, pasti hampir semua anak yang lahir pada tahun 90-an tau dan mungkin sangat hafal sama lagunya tersebut sampe sekarang.

Sebagai penggemar garis kerasnya Simple Plan, gue punya cd bajakan-nya dong yang album Still Not Getting Any (2004). Gue inget banget, dulu, sewaktu masih SD, setiap pulang sekolah, gue pasti nyetel CD itu terus dan berlagak lagi konser. Hahaha. Eh kok malah jadi nostalgia gini ya? Huuuuft, masa itu…

lll

Sekarang kita lanjut bahas lagunya, yuk.

Singing In The Rain ini merupakan salah satu single dari album terbaru Simple Plan yang bertajuk Taking One For The Team yang rilis bulan Februari 2016 lalu. Ini merupakan album comeback Simple Plan semenjak album Get Your Heart On! rilis pada tahun 2011 lalu. Dan tentunya, album ini pun sudah sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar Simple Plan dipenjuru dunia manapun.

Simple Plan tetap mengusung tema pop punk di album terbaru ini. Namun, sebagaimana halnya Simple Plan yang musiknya penuh warna, ada beberapa lagu mereka yang di luar genre pop punk. Seperti lagu Singing In The Rain ini misalnya. Kalau kita dengar-dengar sekilas, genre lagu ini terdengar agak reggae pop asik gimana gitu. Pokoknya beda dari genre aslinya Simple Plan, deh.

Kalo kata Jeff Stinco (gitaris) tentang lagu Singing In The Rain ini sih gini : “Singing In The Rain is about adversity and being positive through it all.”

Nah, kalo kata Pierre Bouvier (vokalis) sih agak berbeda, tapi maksudnya tetap sama : “The world is a dark place these days, a lot of weird stuff happening and it’s about keeping a smile on your face and just moving forward.”

Coba kita baca liriknya dulu ya.

I’m reading through the Sunday paper and it’s all bad news
(All bad news)
I’m looking for a smile on the streets but it’s just no use
(Just no use)
Sing with me now

I jump into my car turn the key but it just won’t start
(No it just won’t start ooooh)
I got a text from my ex it’s official she just broke my heart
(She just broke my heart ooooh)

Storm clouds are circling around
But I won’t let that shit drag me down

So I’ll be singing (I’ll be singing)
I’ll be singing (I’ll be singing)
I’ll be singing in the rain
(Singing in the rain)

I got a song in my heart and I’m bulletproof
(Bulletproof)
There’s nothing in the world that’s gonna kill this mood
No matter what life wants to throw my way
I’ll be singing
I’ll be singing in the rain

I went to see a fortune teller and she said that I’m doomed (she said that I’m doomed)
What the hell does she know, why she tryna break my grove
(Why she have to break my grove)
All of life’s colors turned to grey
Then you turn around and you smile my way
Suddenly all my problems disappear on cue (all because of you)
Oh-oh

Storm clouds are circling around
But I won’t let that shit drag me down

So I’ll be singing (I’ll be singing)
I’ll be singing (I’ll be singing)
I’ll be singing in the rain (singing in the rain)

I got a song in my heart and I’m bulletproof (bulletproof)
There’s nothing in the world that’s gonna kill this mood
No matter what life wants to throw my way
I’ll be singing
I’ll be singing in the rain

Udah jelas banget kan tuh makna dari lirik lagunya?

Baca koran, isinya berita jelek gak bermutu semua. Mau nyalain mobil, tapi ga nyala-nyala. Dichat mantan, langsung bikin hati patah. Semua hal itu pasti bakalan bikin mood kita turun. Tapi jangan sampai hati kita murung terus dong? Lagu Singing In The Rain ini menceritakan perihal bagaimanapun caranya agar kita bisa tetap tersenyum, berpikiran positif, maju ke depan dalam menghadapi situasi apapun yang bahkan dalam hal yang tidak menyenangkan sekalipun. Sejelek-jeleknya, seburuk-buruknya situasi yang kita hadapi, kita harus tetep senyuuum. Kalau kata di acara di tra*ns tv yang joget joget itu sih Y.K.S. YUUUUK KEEP SMILEEEE.

Teteteteteteteroreteroret…

Oke. Maap.

Memang, semua hal yang terjadi tidak selalu sesuai dengan apa yang kita harapkan. Kita pun nggak akan pernah tau apa yang bakal terjadi di kemudian hari nantinya. Apakah besok kita akan mengalami kejadian yang menyenangkan, atau justru kita harus mengalami kejadian yang sangat-sangat tidak menyenangkan. Makanya, istilah kata ‘kecewa’ pun tercipta. Kita harus menyediakan sedikit ruang khusus untuk menampung kekecewaan di dalam diri kita. Jadi, jika suatu saat akhirnya kita mengalami hal yang mengecewakan, kita nggak akan terlalu berlarut dalam kekecewaan itu sendiri.

Di bagian reff lagu Singing In The Rain terdengar : So I’ll be singing (I’ll be singing)… I’ll be singing (I’ll be singing)… I’ll be singing in the rain (singing in the rain) yang mana maksudnya adalah ‘kita masih bisa bernyanyi kok walaupun lagi diguyur hujan‘. Atau jika kita artikan makna kiasan tersebut, maka berarti : ‘Kita masih layak untuk bahagia kok walaupun sedang ditimpa kejadian yang kurang menyenangkan’

Ya, jadi begitulah kira-kira makna yang terkandung di dalam lagu Singing In The Rain ini. Dengan irama yang agak reggae pop asik gimana gitu, lagu ini cocok banget didengerin kalo mood kita lagi turun. Dijamin moodnya bakal naik lagi deh. Kecuali kalau ndengerinnya didepan mantan pacar yang lagi ciuman sama pacar barunya.

Oiya, lagu ini ada dua versi. Versi pertama ada di dalam album Taking One For The Team itu sendiri yang mana Simple Plan featuring sama R.City. Sementara untuk versi kedua, yaitu yang ada di dalam video klip, Simple Plan bermain sendiri tanpa ada featuring dengan siapapun. Tapi dua-duanya tetep keren kok.

Eh ngomong-ngomong masalah Simple Plan, mereka sudah fix buat ngadain konser di Jakarta dalam rangka South East Asia Tour 2016 pada tanggal 4 September 2016 besok, loh. Ada yang mau nonton?

Doain bisa nonton ya 😦

Eng… Dengerin lagunya dulu aja yuk biar besok kalau kalian ada yang onton di Jakarta bisa hafal dan nyanyi-nyanyi bareng.

Uuwuwu.

Cekidot!!!

 

Ditulis Oleh : Achmad Ananta Hadi

Diedit Oleh : Febri Dwi Cahya Gumilar

Ditemani Oleh : Bayangan Senyum Manismu Yang Hanya Bisa Aku Nikmati Dalam Diam

 

Advertisements

43 comments

  1. Baru ngeh di akhir kalo ternyata penulis tamu.
    Album simple plan 2004 itu yg hits bangeeeet sepanjang masa kayanya ya. Atau aku aja yang gak move on cuma tau itu?

  2. Musiknya lucu juga, ngajak joget. Sesuai sama tema lagunya yang ngajak untuk selalu berpikir postif, pesan yang pas mungkin “janga lupa bahagia”

    Aku cuma tau lagunya simple plan yang jetlag doang masa, itupun udah dari tahun kapan coba. Kalo nggak kolaborasi sama kotak ya nggak bakal tau bandnya.

    1. Iyaaa kan 😀 enak banget lagunyaaaa 😀 bener, bikin njoget dan bikin kita ngelupain segala masalah. Mending nyanyi aja 😀

      Nggapapa 😀 sekarang kan tambah tau singing in the rain ini 😀

  3. kan yang nulis Nanta nih, yang edit Febri, pertanyaanya yang “baru kemarin ngerasain hari Jumat, sendirian, ngeliatin mantan jalan, gandengan tangan, sambil melirik dan tersenyum sinis” itu siapa? Ananta atau Febri ? hehehe

  4. simpleplan uda dari jaman jebod feb…tapi sekarang masi berkarya ya *duh berasa tuanya eykeh ahahahha
    suka kalimat ini “Kita harus menyediakan sedikit ruang khusus untuk menampung kekecewaan di dalam diri kita. Jadi, jika suatu saat akhirnya kita mengalami hal yang mengecewakan, kita nggak akan terlalu berlarut dalam kekecewaan itu sendiri”.

  5. Ngebaca 2004 itu kamu masih sd kok rasanya sedih ya 😭 tp simple plan emang lagunya asik asik sih dulu jaman smp-sma, sekarang udah ngga ngikutin lagi

  6. Fyi aja, ayudia sama ditto sahabatan 13 tahun terus married, jadi lebih 7 tahun belum tentu sahabatan kok hahahaha

    Gatau ayudia sama ditto? Gugel aja sonoh 😛

    *fasya mah gitu.. gak bahas lagunya…*

    1. Ooooh, jadi sama kayak kisahnya Pak Warjiman sama Bu Sartikem tetanggaku dulu ya? beliau sahabatan juga dari SD eh sampai sekarang beliau menginjak umur pernikahannya yang ke berapa tahun ya, lupak.
      Nggak tau Pak Warjiman sama Bu Sartikem? Kerumah, sini.

  7. Lumayan enak juga yaa lagunya

    Udah lama nggak nyimak Simple Plan. Soalnya udah jarang muncul di TV dan radio
    Dulu sih sering banget.Kayak Welcome to my life, Perfect, Jetlag…

  8. Lagu yg ini aku suka Feb, tp ntah kenapa ya, lagu sepanjang jamannya sorry I can’t be perfect nya ga prnh bisa nikmatin :D.. bukan salah satu band yg aku tergila2 bgt sih, cuma sekedar suka sesekali dgrin lagunya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s