When The Children Cry

Halo Sabtu !

INI HARI MINGGU WOY !

Iya deh, maaf. Karena kemarin hari Sabtu gue nggak sempet posting tulisan #SabtuNgomonginLagu, maka khusus untuk kali ini #SabtuNgomonginLagunya dipindah di hari Minggu.

GIMANA SIH?

Yaudah, intinya, anggap aja ini hari Sabtu.

EH DEWA BANGET. SEENAKNYA GANTI-GANTI HARI.

Udahsih…

Yap, pada kesempatan #SabtuNgomonginLagu kali ini, gue mau ngebahas lagu lawas lagi ah. Yang angkatan 80-an sini atuh lah. Kalian pasti udah pada tau When The Children Cry-Nya White Lion, kan? Yang angkatan muda-mudi masa kini, sini juga atuh. Sebagai manusia berparas tua dan hampir punah, gue dongengkan sedikit tentang lagu ini.

Sebelumnya, seperti biasa dong, kita bahas bandnya dulu.

White Lion adalah sebuah band bergenre grammetal, heavymetal dan hardrock yang berdiri di New York City pada tahun 1983 silam. Seperti halnya band-band pada umumnya, White Lion ini pun sudah beberapa kali berganti personel, sampai akhirnya, formasi terakhir White Lion sebelum mereka memilih bubar pada tahun 2013 kemarin adalah Mike Tramp, Jamie Law, Troy Patrick Farrel, Claus Langeskov dan Henning Wanner.

Cukup lama menghias blantika musik dunia, White Lion ini pun pastinya sudah memiliki banyak sekali album-album hits, diantaranya adalah Fight to Survive, Pride, Big Game, Mane Attraction, The Best of White Lion, Escape from Brooklyn, Remembering White Lion, Rocking the USA, Anthology 83-89, Rhe Definitive Rock Collection, Return of the Pride dan masih banyak lainnya.

Sebagai manusia yang lahir tahun 1994, sejujurnya gue nggak begitu ngikutin perkembangan White Lion. Tapi, gue tau White Lion ini dari om gue yang emang kelahiran tahun delapan puluhan. Sewaktu gue mudik ke Tegal dulu, gue dijejelin lagu-lagu White Lion ini sama om gue. Namun, dari sekian banyak lagu yang gue dengar, hanya ada dua lagu White Lion yang lirik dan nadanya terngiang-ngiang di telinga gue sampai sekarang, yaitu You’re All I Need sama When The Children Cry ini. Ternyata, keduanya itu emang masuk didalam greatest hits-nya White Lion.

Sangar.

Membahas lagu berjudul When The Children Cry ini, sebenernya sama saja dengan kita membahas tentang sebuah keinginan akan perdamaian. Pasalnya, lirik-lirik yang tertera di lagu ini pun menceritakan tentang seorang sesepuh yang seolah menasehati generasi penerusnya kelak perihal kehidupan yang semakin kacau dan berantakan.

Little child

Dry your crying eyes

How can I explain

The fear you feel inside

‘Cause you were born

Into this evil world

Where man is killing man

And no one knows just why

Ini adalah lirik diawal lagu When The Children Cry. Disini, penyanyi seolah menasehati beberapa anak-anaknya (mungkin bisa dianalogikan sebagai para generasi penerus) perihal rasa takut yang menyelimuti mereka atas kekejaman dunia yang semakin hari semakin gila. Manusia saling membunuh atas sesamanya, padahal tidak ada yang tau pasti apa yang membuat mereka saling membunuh antar sesamanya.

What have we become

Just look what we have done

All that we destroyed

You must build again

Dilirik kedua ini, si penyanyi pun memaparkan perihal kekacauan dan kerusakan yang dulu pernah dia dan orang-orang sebayanya buat, kini harus diperbaiki oleh sang generasi penerus yang bahkan tak tau apa-apa perihal hal tersebut.

When the children cry

Let them know we tried

‘Cause when the children sing

Then the new world begins

Bagian ini adalah bagian reff. Sejujurnya, gue masih bingung perihal apa maksud yang terkandung didalam lirik tersebut. Mungkin disini si penyanyi ingin memberi tahu bahwa ketika anak-anak (generasi penerus) menangis, sebenarnya dirinya sudah berusaha untuk menciptakan kedamaian. Karena dia tau, ketika anak-anak mulai bernyanyi dengan rasa penuh bahagia, maka berarti dunia baru yang damai telah dimulai.

Little child

You must show the way

To a better day

For all the young

‘Cause you were born

For the world to see

That we all can live

With love and peace

No more presidents

And all the wars will end

One united world under God

Dilirik setelah reff ini, si penyanyi kembali memberikan pesan kepada para generasi penerus bahwa mereka harus menunjukkan jalan untuk menuju ke hari yang lebih baik. Mereka harus tau bahwa alasan mereka dilahirkan adalah agar bisa melihat kehidupan yang penuh cinta dan kedamaian. Tanpa perintah seorang presiden. Tanpa adanya peperangan dan kekacauan.Yang ada hanya satu dunia yang bersatu dalam naungan Tuhan.

Hmm…

Lagu yang bener-bener mengharapkan sebuah perdamaian yang hakiki.

Namun pada akhirnya, ini pun hanya sekedar lagu yang bernada dan tak selamanya bisa terealisasikan. Karena pada kenyataannya…

Kita tau apa yang terjadi pada dunia ini sekarang.

Orang-orang masih saling membunuh antar sesamanya. Nyawa tak lagi ada harganya. Perdamaian yang hakiki hanya omong kosong belaka.

Sebelum masuk ke lagu, bersama-sama mari kita berdoa untuk para saudara-saudara kita yang belum benar-benar merasakan apa arti perdamaian yang sesungguhnya. Karena kita tau… mereka bukan lagi menangis, tetapi mereka kehilangan nyawa oleh ulah para manusia bengis.

Selamat menyongsong bulan Ramadhan yang penuh berkah.

Selamat mendengarkan.

 

Advertisements

83 comments

  1. Om kamu lahirnya tahun 80an? Serius?

    Dua lagu itu emang nendang banget. Satunya bikin baper satunya bikin kita mikir bahwa jaman sekarang dunia nggak bagus buat anak2 nggak nyaman. Bahkan di negara kita yang nggak ada perang pun anak2 nggak aman. Kekerasan, pelecehan, pemerkosaan sama narkoba.

    Eh tapi itu mas Mike Tramp kenapa unyu bingits sih?

    1. Iyaa Mbak 😀

      Omku lahirnya tahun 80an 😀 hihihi

      Heheh iyaa nih, aku jadi sering ndengerin lagu itu lagi sekarang 😀 enak semua :’
      Sedih sih yang when the children cry ini :’ sampai sekarang, dunia belum bisa damai-damai ya :’ masih ada kekerasan disudut manapun :’

      Hihihi iyaa 😀 tapi udah milik Mbak Ayu Ashari ya wkwkw

  2. ini lagu jaman sy es em pe… saat itu ini termasuk salah satu lagu wajib buat dinyanyiin…
    di pojokan kantin laaaah, masa di upacara bendera >.< (selain lagu2 GnR tentunya…)

    sedih ya… ketika kata damai itu masih asa, bahkan jauh dari wacana..

  3. Alhamdulillah indonesia udh merdeka.. Udh ngk ada perang lg. Makanya gw kadang kesel sama org yg ngk serius pas nyanyiin lagu indonersia raya. Ngomongin when the children cry knpa ya ini pertikaian tak usai-usai sedih liatnya ak mau adopsi satu lah kalau deket.. Dua jg ngak papa.

    1. Iya, menangnya Indonesia ya udah merdeka. Nggak ada perang. Tapi untuk urusan moral, kelakuan, ya rakyat indonesia masih ada yang dijajah :’ huh. :’ Emang pertikaian memang susah selesainya ya :’

  4. Kelahiran 94, udah 22 tahun pasti lagi sibuk-sibuknya kuliah
    Kenapa bahas umurnya?

    Keren juga lagunya, maknanya dalam. Kadang suka ngeri hidup di jaman sekarang. Sengketa sedikit perang, konflik agama perang. Semua yang harusnya diselesaikan dengan baik-baik tapi malah diselesaikan dengan perang yang akhirnya rakyat sipil termasuk anak-anak yang jadi calon penerus malah jadi korban.

    1. Iyaaa 😀 dan bener :” lagi sibuk-sibuknya kuliah banget nih :’ sampai vakum ngeblog tiga minggu coba :’

      Hihihi emang, kereeen lagunya :’ dan ngasih beberapa pesan buat kita semua :’ semoga kebencian didunia ini segera dimusnahkan :’

  5. Weih,,, aku kalau lagi – lagu lawas dari luar negeri bener – bener buta mas, hehehe….
    Tapi ada sebuah pelajaran yang dapat di petik dari sini,,,, isi lagu nggak sesuai dengan kenyataan ya mas Febri,,,, coba kalau sesuai dengan kenyataan dunia ini pasti tentram dan damai,,,, Kita masih bersyukur tinggal di negara Indonesia yang damai ini,,, 🙂

    1. Tapi anak2 Indonesia juga nggak aman lho meski di sini nggak ada perang. Bahkan ada ‘bom waktu’ yang nggak kalah sadis seperti pemerkosaan, pelecehan anak, kdrt, narkoba. Mengancam anak2 kita kapan saja. Apa yang beginian nggak serem?

      1. Nah, bener mbak :’ kata aman itu masih banyak arti dan ruang lingkupnya ya :’ sedih kalau di Indonesia ini nggak amannya begitu :’ dunia ini udah bener-bener nggak aman kan ya mbak :’

  6. Aku suka banget loh sama lagu ini…inget2 jaman Smp ngeband bawain lagu ini, kegantengan rasanya bertambah. Ahaa…eh baru tau juga kalau band ini bubar. Beneran yak? 😦

  7. Suka banget sama lagu ini mas, keinget waktu ngeband smp mainin lagu ini, Kegantengan serasa bertambah. wwkwkw. Eh baru tau juga kalau band ini bubar. Beneran yak?

  8. Lagu ini mengingatkan gue ketika belajar fingerstyle sama bang Sungha.. gak sama bang Sunghanya sih, cuma nyimak dari video2nya. wkwkwk..

    Ngomong2, itu foto-fotonya bikin gue merinding.. mantab

    Salam – ACHDMR

  9. No more presidents

    And all the wars will end

    One united world under God

    Aku nggak ngerti lirik yang itu deh feb.. apa artinya ? No more presidents ?
    Tp aku paham yang selanjutnya sih.. and all the wars will end.

    Heem aku juga miris, ketika kalau islam dianggap terroris di USA atau Eropa lah, itu di gembar gemborkan islam teroris lah apa lah.. until they hate islam.
    Sampai sampai nama yang berbau islam masuk ke amerka atau nergara barat bakal bener bener di scanning..

    Tapi kalau dilihat soal negara yang terjajah tiada habis nya itu.. why they just dont care ?
    Disini, kita hanya bisa berdoa.

    Tanpa bisa apa apa.
    Sedih ya feb.

    Btw lagunya liriknya bagus, lagi dengerin nih di yutup. tp kok buffer ya.. ehm.. koneksiku lelet ternyata

    1. Wkwkwk aku juga gagal paham ._. maksudnya apa ya ._. tanpa presiden yang mengatur negara kalik ya? duuuh tauk deh ya :’

      Bener :’ kekuatan media nggak sih yang gitu? kenapa ya di USA pada benci islam :’ huuuuuh.

      Sedih banget rasanya, Lel 😦

  10. Baru tau ini toh yg namanya white lion.. lagunya dalem, tapi lebih enak didengerin tanpa liat videoklipnya.. coba ada yg recycle lagu ini disesuaikan sm keadaan dunia saat ini, pasti bakal ngena banget..

  11. baru tau ada lagu ini

    yahh udah laa banget sih tapi kalimatnya seperti lagu kehidupan yang benar benar diharapkan.. tapii… ya begitulah… semoga suatu saat bener bener terjadi kehidupan yang damai.. 🙂

  12. nga tau lagi itu sih. tapi baca lirik dah eh ternyata di ending di kasih link, nyess juga ternyata. padhal lagu lama tapi masih cocok aja sama jaman sekarang, malah lebih menjadi-jadi.

  13. ya ampun, aku denger lagunya jadi tersentuh. Ya, lagu ini memang sulit direalisasikan. Namun, mari kita tetap berharap. makasih udh di review, kak ! 🙂

  14. vokalis White Lion ini suami terbarunya Ayu Azhari kan 🙂
    saya juga suka banget sama lagu yang satu ini. mereka keren euy, wajah boleh sangar, body boleh bertato tapi lagunya yang ini sungguh menyentuh hati.. *jempol untuk mereka*

  15. aku tau band ini dari tante sama paman aku. mereka lahir tahun itu juga wkwkkw.
    lagunya emang beuh… pokoknya beuh dah. 😦
    menyentuh hati :’)
    *seketika nyanyi lagu perdamaiannya Gigi-

  16. akhirnyaaaa ada lagu yg aku tau tanpa harus dengerin dulu hahahahahah :D.. ini band fav ku Feb ^o^.. tiap lagi mudik gitu, lagu2 white lion, skid row, bon jovi, the ugly kid joe, motley crue, mr big, garbage, dkk selalu jd temen pas d mobil deh :D.. kenapalah lagu2 dulu selalu abadi yaa ;p hihihihihi… banyakin dunk bahas lagu2 90an feb :D.. motley crue sesekali 😀

    1. Yeaaaaaaay 😀 hihihi lagu favoritnya Mbak Fan ya ternyata 😀 hihihiih aku juga suka Whitelion Mbak 😀 wkwkwk syahdu sih didengerinnya 😀

      Aaaaaaaaakh, skidrow, bonjovi, mr big 😀 keren semua itu 😀

      Hihihi okeee, bakal sering dibahas juga kok lagu-lagu lawasnya 😀

  17. Makasih komen tepung kanjinya ya mas sgt terharu sy:” wkwkkw
    Subhanallah…. Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal saling kasih, saling menyayang dan saling cinta adalah seperti sebuah tubuh, jika salah satu anggotanya merasa sakit, maka anggota-anggota tubuh yang lain ikut merasakan sulit tidur dan demam. (Shahih Muslim No.4685) :” #SaveAleppo

    1. Hihihi ampuuun loh Mbak :)) soalnya kamu hebat semua bahasa sih ._. bahkan tepung kanji sekalipun :’

      Aaaaaaaaaaakh :3 kamu hafal Shahih Muslim No 4685 :3 Ruar Biasa :3

  18. Pas liat judul ini, gue lgsg bersyukur, “AKHIRNYA ADA JUGA LAGU YANG GUE TAU PAS LU BAHAS DI BLOG INI!! HAHAA!” Maka gue pun gak akan mnyia2kan ksmpatan, hrs komen! 😀 Kebetulan gue punya lagunya di laptop, jd gue baca ini sambil dgrin lagunya. Gak usah buka link yutubnya lagi. Ehehehe #masihhematkuota #sempetsempetnya #biarinaja #yangpentinghepi

    Gue aja kelahiran taun 90an demennya lagu taun 70-80an, lohh. Sama jg kyak lu kak, awalnya gegara om, dan mama yg sering nyetel lagu jadul mulu, eh jadi demen deh._. Lagu jadul itu keren2, liriknya biasanya memiliki makna yg dalam, ada yg simpel tp asik, dan ada juga so sweet, mcem2 dah :’)

    Lagu ini dri instrument nya aja udh mnyentuh bgt yaa.. Mengiris hatiii…. :’)
    Aku udh sering dgr lagu ini sih, tp gapernah liat lirik, dan gatau makna lagunya jg. Hehe.
    Tentang perdamaian…. Gue jd inget sama lagu Heal The Worldnya Michael Jackson, lagu yg sama2 mengharapkan kedamaian di muka bumi ini… Tapi yaa… Sulit jg, pda knyataannya gak sprti itu. Lagu2 itu hnya sbuah harapan dan angan2, dan entah kpan bsa trwujud :’) Biarpun gak ada salahnya jg kita berharap adanya prdamaian yg hakiki :))
    Liat foto2nya miriss ya, sedihh:(

    1. Kyaaak, Lulu tau lagu ini juga ternyata 😀 hihihi keren ya kamu 😀
      Sama dong kayak aku 😀 aku suka banget lagu-lagu lawas loh, meskipun aku lahir tahun 90an dan mukaku tahun 30an -_- 😀

      Hihihi iya, pokoknya kalau tentang perdamaian gitu, kita langsung kepikir ke heal the worldnya MJ sama Imaginenya JL ya 😀 kereeen 😀

      Iya :’ fotonya, sedih :’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s