The Black

Sabtu yaa.

Gimana cuaca di kota kalian malam ini?

Emm… Jogja cerah sih, tapi dingin. Sepoi-sepoi angin mendera menusuk dada. Menghempas semua luka akan kata penolakan yang engkau ucapkan dua tahun silam.

YAKALIK DUA TAHUN SILAM MASIH DIINGET-INGET?

Nggak semua luka bisa terobati, bos.

Huft.

Emm… Langsung aja deh, waktunya kita #SabtuNgomonginLagu.

Pada kesempatan kali ini, lagu yang akan gue bahas adalah The Black-Nya Asking Alexandria.

Ada yang belum tau siapa itu Asking Alexandria? Mari kita kepoin sebentar.

Asking Alexandria adalah sebuah grup band yang terbentuk pada tahun 2008 di York, North Yorkshire, England. England adalah sebuah negara yang ada di Eropa. Eropa adalah sebuah benua yang ada di bumi. Bumi adalah sebuah planet yang ada di alam semesta. Alam semesta adalah sesuatu yang telah diciptakan oleh sang pencipta. Sang Pencipta adalah Tuhan Seru Sekalian Alam yang sudah menentukan kamu untuk berjodoh denganku.

Bergenre metalcore, electronicore dan heavymetal, band yang saat ini beranggotakan Ben Bruce, James Cassells, Cameron Liddell, Sam Bettley dan Denis Stoff sudah menelurkan beberapa album dan EP, diantaranya Tomorrow. Hope. Goodbye (2006,EP), The Irony of Your Perfection (2007), Stand Up and Scream (2009), Life Gone Wild (2010, EP), Reckless & Relentless (2011), Stepped Up and Scratched (2011), Under the Influence A Tribute to the Legends of Hard Rock (2012, EP), From Death to Destiny (2013) dan The Black (2016).

Ngomongin masalah lagu… Yak, The Black adalah sebuah lagu yang ada di album terbaru Asking Alexandria yang juga bertajuk The Black. Jadi bisa dikatakan bahwa ini adalah sebuah The Black di dalam The Black. Ironi diatas ironi.

Secara garis besar, lirik yang terkandung di dalam lagu The Black ini berisi tentang seseorang yang tenggelam dalam kegelapan dan meronta-ronta ingin diselamatkan untuk keluar dari kegelapan tersebut.

Maksudnya gimana sih?

Coba deh kita pahami tiap lirik yang ada.

Bury me, just leave me to sleep in the dirt

Finish me, I’m floating away

There’s a demon staring straight through your eyes

Am I wasting my time?

Something’s dying inside of me

Itu adalah lirik pertama dalam lagu The Black. Terkesan agak-agak mengerikan dan penuh kata kiasan karena disini bercerita tentang seseorang yang meminta agar dirinya dikubur dalam tanah dan meminta agar dibiarkannya dia sendiri disana. Dia pun melihat perihal iblis yang menatap melalui mata seseorang yang dia lihat dan membuat sebagian dalam dirinya sekarat.

You make me feel like I’m fucking drowning

(I need to cut you out, I need to cut you out)

You made my world come crashing down around me

(I need to cut you out)

Entah menyambung dari lirik pertama atau enggak, disini seseorang dalam lagu ini menganggap bahwa sosok ‘kamu’-yang-entah-siapa itu telah membuat dirinya seperti tenggelam dan membuat dunianya runtuh seketika.

Oh God I wish you’d just speak to me

Black is all that I see

Speak to me

You used to be all that I needed

Dilirik selanjutnya, seseorang itu akhirnya berharap dan meminta pertolongan kepada Tuhan. Dia merasa bahwa kegelapanlah yang hanya bisa dia lihat. Dia pun meminta supaya Tuhan mau berbicara kepadanya karena dia merasa bahwa Tuhanlah yang mampu memberi pertolongan atas apa yang dia butuhkan.

I’ve been crucified and hung out to dry

Yet my heart still beats and I feel so alive

This time I’ll fight for myself as you try to fuck me over

I bet you never cared, I knew you never cared

Disini, seseorang dalam lagu ini pun menekankan bahwa dirinya telah disalib dan menggantung dalam keadaan mengenaskan. Namun, jantungnya masih tetap berdetak dan dia merasa masih hidup. Disitu dia membulatkan tekad supaya bisa berjuang untuk dirinya sendiri ketika ‘kamu’-yang-entah-siapa itu mencoba meninggalkannya. Dia merasa bahwa ‘kamu’-yang-entah-siapa tidak akan peduli pada dirinya, dan tidak akan peduli.

I wish you could save me, there’s something lost inside

I’m scared it might kill me

All my life I’ve needed you with me

You’ve always let me down

But still I try

Don’t leave me here

I need you around (don’t turn your back on me)

Lift my feet off the ground (I can’t cut you out)

Your tongue like a knife

Your eyes cut like daggers

I don’t feel a thing ’cause I’m so dead inside

Lift my feet off the ground

Don’t leave me here

I need you around

Dilirik terakhir ini, entah kenapa, tiba-tiba seseorang itu akhirnya malah berharap pada sosok ‘kamu’-yang-entah-siapa untuk bisa menyelamatkan dirinya. Dia merasa bahwa ada sesuatu yang hilang darinya ketika sosok ‘kamu’-yang-entah-siapa itu pergi meninggalkannya. Dia pun merasa takut kalau akibat kepergian sosok ‘kamu’-yang-entah-siapa itu malah bisa membunuhnya karena sepanjang hidupnya, dia sudah seperti ketergantungan akan kehadiran sosok ‘kamu’-yang-entah-siapa.

Meskipun sosok ‘kamu’-yang-entah-siapa itu selalu mengecewakannya, namun dia tetap mau untuk mencoba mengerti. Dia pun meminta agar sosok ‘kamu’-yang-entah-siapa itu untuk tidak meninggalkannya dan ingin sosok ‘kamu’-yang-entah-siapa itu selalu ada disekitarnya.

Hmm…

Secara pribadi, gue masih bingung perihal makna yang terkandung di dalam lagu The Black tersebut. Terutama pada sosok ‘kamu’ yang selalu muncul di setiap lirik. Apakah ‘kamu’ disini adalah sosok mantan yang tega meninggalkannya? Atau justru ‘kamu’ disini adalah sosok Tuhan? Mengingat ada kiasan yang menyebutkan bahwa ‘matamu tajam seperti belati’ dan ‘aku membutuhkanmu disekelilingku’

Entahlah.

Yang jelas, lagu ini enak didengerin dan menjadi playlist yang paling sering gue putar dalam 2 minggu terakhir ini.

Penasaran?

Silahkan.

Advertisements

44 comments

  1. Kalau menurutku, kata kamu atau rangkai ini lebih merujuk pada Tuhan. Di bait sebelumnya kan udah ada Oh God… nah mungkin karena nggak ingin ada pengulangan dia cukup menyebutnya dengan engkau atau kamu.
    Tapi ya entahlah…wong bahasa Inggris juga hancur. Tapi lagu ini nayamul buat nambah isi flash disk. Kalau bete di mobil bisa didengerin

    1. Nah, aku menduganya juga beginian mbak 😀 jadi semacam orang yang pernah meminta tuhan untuk pergi dari hidupnya, kemudian dia merasakan gimana terpuruknya tanpa tuhan, sampai akhirnya dia meminta untuk kembali 😀 Intinya begitu deh 😀

      wkwkw inggrisku luwih parah meneh mbak wkwkwk 😀

      Nayamul -_- bahasa walikan banget mbak :p lahadap aku juga suka bahasa walikan sih 😀

  2. Kalo menurut saya bang kamu itu febri dwi gumilar cahhaya cinta sejati lagunya bondan fade 2 black tapi sekarang mereka udah pisah bang

  3. woghh asking alexandria. Dulu sempet dengerin lagu-lagunya yang di album Reckless & Relentess. Jaman sekarang udah bukan jamannya band-band genre gini ya? sekarang semua serba EDM. Ntar gue coba dengerin deh. temen gue waktu itu ngasih denger lagu di album barunya ini tapi lupa judulnya apaan, baru ganti vokalis juga ya?

    oiya band2 yang genrenya begini menurut gue agak susah dideskripsiin liriknya, karena kadang liriknya keliatan maki orang, eh taunya maki tuhan. Iluminati… Muahahaha ._.

    1. Wohoooo kamu keren juga brati ya 😀 sempet ngikutin AA 😀 hehehe

      Jaman sekarang udah nggak terlalu begini genrenya, cuma tetep keras dan clean 😀 wkwkwk

      Selamat mendengarkan yak 😀 hihihi

      Lagu barunya yang sangar ya The Black sama I Won’t Give In 😀 hihi

      Iyaa 😀 setelah ganti vokalis juga tetep kece kok 😀

      Bener ._. ini lebih ke kayak iluminati sih :p wkwkw 😀

  4. Mau tanya nih, itu 2 sosok yang satunya anak kecil sama yang satunya lagi raksasa yang ada di cover album The Black itu siapa ya?

  5. Sebagai Salah Satu AAfamily Sejak Stand up And Scream . DiAlbum Ini Kebanyakan Amarah Ben Bruce &Personil Lainya Mengenai Keluarnya Dsnop . Mulai Dari Sakit Hati Segala Macem . Diluapkan Di Lagu Baru Barunya. Dg Datangnya Dennis. Emang Dari Vocal Jauh Lebih Bagus Danny (opini gue) tp Setiap Vocalist punya beda karakter . tp overall gue nikmatin Album The Black

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s