7 Langkah Mudah Menggunakan Aplikasi SAP2000 yang Anti Mainstream

Kemarin gue iseng-iseng baca tulisan lama gue yang ini :

Tutorial Kalkulator.

Seketika, sebagai mahasiswa teknik yang budiman, gue pun merasa miris.

MASA ANAK TEKNIK SKILLNYA BEGITU DOANG?

Maka, mengacu pada permasalahan diatas, gue pun mempunyai hasrat untuk memberikan sebuah tutorial yang lebih berbobot lagi, yaitu tutorial mengenai 7 Langkah Mudah Menggunakan SAP2000 yang Anti Mainstream.

Ya, 7 Langkah Mudah Menggunakan SAP2000 yang Anti Mainstream.

Sekali lagi, 7 Langkah Mudah Menggunakan SAP2000 yang Anti Mainstream.

Bagi anak-anak teknik sipil atau mereka yang tertarik dalam hal ketekniksipilan, ada baiknya kalian menyimak perihal 7 Langkah Mudah Menggunakan SAP2000 yang Anti Mainstream ini karena 7 Langkah Mudah Menggunakan SAP2000 yang Anti Mainstream ini terkesan sederhana dan mudah diikuti.

Untuk sebagian orang yang mengetahui SAP2000, mereka pasti tau bahwa SAP2000 ini berguna untuk mendesain dan menghitung momen atau kekuatan suatu kerangka bangunan yang akan dibangun nantinya. Bangunan itu bisa mencakup Gedung, Jembatan, Bendungan, Stadion atau apapun itu.

Namun, didalam tulisan ini yaitu tulisan yang berjudul 7 langkah mudah menggunakan SAP2000 yang Anti Mainstream ini, kita akan melakukan 7 langkah menggunakan SAP2000 yang bener-bener Anti Mainstream.

Yak, kita akan menghitung bagaimana kekuatan suatu hati dalam menerima beban kesakithatian.

Benar-benar 7 langkah menggunakan SAP yang Anti Mainstream sekali bukan? Ya, memang 7 langkah meng

WOY ! UDAH SIH, JANGAN DIULANG-ULANG GITU KALIMATNYA. NGGAK ENAK DIBACA.

Kan buat ningkatin traf…

Ya nggak gitu juga kalik.

Terus?

Kita autoreload aja. Dua menit sekali buka ulang tulisan ini.

Oke~

Jadi, di 7 Langkah menggunakan SAP2000 yang Anti Mainstream ini kita gu…

MULAI LAGI KAN !

Maap.

Yap, 7 langkah yang harus dilakukan untuk menghitung kekuatan hati dalam menghadapi kesakithatian akan kita mulai dari sini. Silahkan disimak baik-baik.

Cus.

  1. Baca doa, siapkan aplikasi SAP2000 dan bulatkan tekad yang kuat.

Ini bukan tutorial biasa. Untuk membuat dan menghitung perihal kekuatan hati, butuh kesiapan mental yang tinggi. Maka ada baiknya kita sebagai umat manusia yang tak luput dari dosa terlebih dahulu memanjatkan doa kepada sang maha pencipta. Setelah itu dilakukan, maka segera kita persiapkan aplikasi SAP2000 dan membulatkan tekad yang kuat.

Semangat.

  1. Pilih Model, Buat Grid, dan Edit Grid.

Setelah membuka SAP2000 dan mempunyai tekad yang kuat, kita pilih menu New Model pada toolbar SAP2000 hingga menampilkan pilihan sebagai berikut :

1

Dari sekian banyak pilihan diatas, kita pilih yang Grid Only supaya memudahkan kita untuk membuat bentuk apapun, terutama bentuk hati. Setelah dipilih, maka tampillah layar sebagai berikut :

2

Itu adalah menu untuk membentuk jarak dari arah X Y dan Z. Isilah sesuai dengan soal yang tersedia. Jangan takut salah. Itu bisa diedit kok. Jangan takut menyatakan cinta juga. Mentok-mentok cuma ditolak kok. Setelah semua kolom tersebut diisi, maka akan tampil layar sebagai berikut :

3

Nah, itu adalah gambar grid yang masih kasar dan belum diapa-apain. Karena kita akan membentuk sebuah hati, maka bayangkan bagaimana bentuk hati, kemudian kita sket dan kita tulis berapa kira-kira jarak tiap grid yang ada.

Karena gue sudah mencoba membayangkan bentuk hati dan men-sket-nya baik-baik, maka kita coba edit grid dengan cara klik kanan Edit grid dataModify/Show system sehingga menampilkan layar tampilan sebagai berikut :

4

Edit sedemikan rupa dan menghasilkan gambar grid baru seperti berikut :

5

  1. Masukkan Material dan Membuat Frame

Ketika Grid diatas telah kita tentukan, selanjutnya kita perlu membuat material apa-apa saja yang bisa digunakan untuk membentuk sebuah hati. Disini, kita bisa menganalogikan bahwa hati terbuat dari beton dan baja tulangan. Maka, kita perlu membuatnya dengan langkah sebagai berikut :

Pilih Define pada toolbar – Add MaterialAdd New Material.

6

Disitu, kita bisa mengisikan tiap kolom dengan data yang telah kita punya, mulai dari beton dengan f’c berapa hingga tulangan baja dengan fy berapa. Semua bebas kita isikan disana. Setelah memasukkan data material, maka selanjutnya kita membuat frame dengan langkah sebagai berikut :

Define pada toolbar – Section propertyFrame sectionAdd new property. Hingga muncul gambar berikut pada layar :

13

Karena dalam hal ini kita mengibaratkan bahwa hati terbentuk dari beton bertulang, maka disini kita pilih type concrete dan berbentuk rectangular.

Setelah dipilih, kita akan dihadapkan dengan sebuah tampilan :

14

Yang mana disitu kita hanya perlu mengisikan perihal data-data tinggi dan lebar beton yang kita punya. Isi saja bentuk rangka hati sesuai dengan persoalan yang ada. Disini, kita hanya perlu mengisikan perihal fungsi beton apakah akan digunakan untuk balok atau kolom.

REVISI

  1. Masukkan Beban hidup, mati, dan kombinasi antar keduanya.

Material sudah diisi, bentuk frame sudah ditentukan, maka selanjutnya kita menentukan beban hidup, mati dan kombinasi untuk frame yang sudah ditentukan sebelumnya. Caranya dalah sebagai berikut :

Define pada toolbar – Load Patterns – Pilih sesuai keinginan. Karena yang akan dimasukkan adalah beban untuk hati yang tersakiti, maka disini isikan beban-beban seperti : BEBAN DISELINGKUHIN, BEBAN DIBOHONGIN dan BEBAN DIJADIIN PELARIAN.

18

Setelah semua beban telah ditentukan, maka selanjutnya kita membuat kombinasi antar keduanya melihat kita pasti pernah menemui bahwa satu hati bisa merasakan bagaimana sakitnya dibohongin kemudian diselingkuhin atau dijadiin pelarian kemudian diselingkuhin.

Sumpah, itu sakit.

Begini caranya :

Define pada toolbar – Loads CombinationsAdd New Combo – Masukkan sesuai pengalaman pribadi kalian masing-masing.

Karena sesuai dengan pengalaman, maka disini gue mengisikan mulai dari 2 kombinasi yaitu dibohongin sekaligus diselingkuhin, dijadiin pelarian sekaligus diselingkuhin dan dijadiin pelarian sekaligus dibohongin hingga 3 kombinasi paket lengkap yaitu dijadiin pelarian, dibohongin dan diselingkuhin.

MODARO.

19

  1. Gambar Bentuk Hati.

Setelah semua tahap dari 1 – 4 telah dilaksanakan, selanjutnya kita membuat gambar bentuk hati yang sudah kalian bayangkan sebelumnya.

Caranya cukup mudah. Kalian hanya tinggal menyambungkan antar garis yang sudah ada pada grid-grid yang telah kalian tentukan.

Pilih Draw pada toolbar – Draw Frame/Cable/ Tendon – Sambungkan

asdadassa

Jika kalian ingin lebih niat dan menghasilkan bentuk yang lebih bagus, kalian bisa setting dan edit gambar tersebut menjadi bentuk 3D yang ada dibawah ini :

3D

  1. Masukkan beban kesakithatian untuk hati yang telah kalian buat.

Ini adalah sesuatu yang paling berat.

Ya, disini kalian harus memasukkan beberapa beban kesakithatian yang kalian rasakan dengan tingkatan beban mulai dari satu hingga tak terhingga.

Caranya adalah dengan pilih semua bentuk hati yang tersedia, kemudian lakukan langkah berikut :

Pilih Assign pada toolbar – Pilih Frame loads atau Joint Loads – Kemudian masukkan beban-beban yang kalian rasakan jika disakiti.

22

Ini Joint Forces

23

Ini Distributed Loads

Setelah dirasa pembebanan telah cukup, maka langkah selanjutnya kita harus memberikan tumpuan untuk satu hati yang kasihan tersebut. Hal ini penting untuk menahan kesakithatian yang mendera.

Begini Langkahnya.

Klik pada satu tumpuan hati paling bawah – pilih Assign JointJoint Restraints – pilih beban jepit.

21

  1. Run Analysis dan lihat apa yang terjadi dengan hati yang terlalu sering disakiti.

Semua elemen dan langkah penggambaran sudah dilakukan, selanjutnya yang harus dilakukan adalah analisa.

Disini, kita hanya perlu melakukan running dengan langkah :

Pilih Analysis pada menu toolbar – Run analysisRun now.

25

Tunggu beberapa lama selama analysis dilakukan.

Setelah dirasa semua proses telah berjalan, maka tampillah bentuk sebuah hati yang terlalu sering disakiti :

hancur 2

Dan beginilah untuk bentuk 3D :

hancur 3d

HANCUR.

REMUK.

LULUH.

LANTAH.

Ya, beginilah bentuk hati mereka… para manusia fakir asmara yang mempunyai pandangan ‘lelah untuk jatuh cinta lagi’.

Miris bukan?

Sekarang kalian puas para manusia yang sukanya menyakiti antar sesamanya? Mau jadian cuma karena butuh doang, kemudian dilepas karena ada orang lain yang lebih baru.

Kalian juhut.

Huh.

Ya, karena baper sudah melanda, gue kira cukup sekian tutorial mengenai 7 Langkah Menggunakan SAP2000 yang Anti Mainstream. Semoga untuk suatu saat nanti, 7 Langkah Menggunakan SAP2000 yang Anti Mainstream ini dapat berguna untuk kalian para korban sakit hati yang mendalam.

Harapan gue nantinya, semoga setelah mempelajari perihal 7 Langkah Mudah Menggunakan SAP2000 yang anti mainstream ini, tidak ada lagi orang yang menjadi korban kesakithatian yang membuat menderita dan menghancurkan relung hati yang paling dalam.

Aamiin.

Teruntuk kalian para pecinta diam-diam… Nyatakanlah cintamu, sebelum hatimu remuk seperti gambar yang telah dianalisis diatas.

Terimakasih.

Salam coba-coba.

Advertisements

94 comments

  1. Coba cek kekakuan (EI/L) setiap elemen strukturnya mas. Dan cek diameter tulangan berapa yang cocok buat struktur tersebut agar kuat menahan beban aksial lateral sakit hati terhadap mantan (?)

  2. kerenn…
    daya ruangmu tinggi ya Mas..keok kalo udah masalah gambar2 teknik gini..dulu pakenya autocad..cuma bisa bengong di depan kompi kalo pas praktikum..huftt..
    Jadi kangen ngoprek software,, 😀
    Ini software khusus sipil ya Mas??

    SAP ki tak kirain software bisnis aja..ada juga tho yang buat kayak ginian..

    1. Hihihi makasiiih banyak Mbak 😀

      Kebetulan kemarin iseng dan kepikiran pengen bikin tutorial lucu-lucuan 😀 eh, jadi beneran wkwk 😀

      Waaaks pernah megang autocad juga ? kereeen kamu Mbak 😀

      HIhihi iya mbak, SAP2000 ini buat sipil kok 😀 hehehehe aku malah kurang tau yang SAP buat bisnis ._.

  3. Ummm… mas feb coba ya, itu hati gausah diaplikasikan dalam SAP2000 yang Anti Mainstream…

    Karena hati kita bukan rangka beton yang bisa diterapkan pada SAP2000 yang Anti Mainstream…

    Lagipula hati itu hidup sdangkan rangka adalah rangka benda mati yang dibuat manusia dan dibikin sketch nya di SAP2000 yang Anti Mainstream…

    Doh! ini kenapa jadi latah ngomong “SAP2000 yang Anti Mainstream” mulu sih! ah gara-gara mas feb ini lah kan! 😐

    Tapi ini aplikasi SAP2000 yang Anti Mainstream ini ker… *hentikaaaaan*

      1. Ho’oh…yang udah uzur kayak saya sampek lupa umur kalau baca tulisan dia apalagi kalau sudah bahas mantan.
        Sori Dik kita rumpiin kamu…

      2. Haha uzur mah mending mba, saya dong dari jomblo sampe jomblo lagi baca ginian ya tetep aja jomblo *emang nasib mah susah yak*

        Heran ya ama mas feb dia kan tampang ga cakep tapi kok susah ya dapet pacar… *sorry mas feb bukannya ngomongin tapi aku cuma anu sama mba Dyah, ya kan mba?* u_u

    1. Wkwkwk iya juga sih :’ hati itu hidup sedangkan rangka adalah benda mati. Tapi, kan ada hati yang mati juga mbak :’ :p

      Eng… Mbak Ran lataaaaaah :p wkwkkw 😀

      1. Apalah arti manusia dengan hati yang mati
        Hanya seonggok raga tanpa cinta yang bertuan
        (ih…ih… aku ngomong keren gini)

        engga ih ga latah… DOORR!! (ayam…ayam…!!)

  4. jadi hati rapuh atau tidak bisa di hitung dong dengan SAP2000, makanya cek dulu kerapuhan hati dengan aplikasi ini .. kalau kuat baru cari pacar … jadi kalaupun ditinggal .. tetap tegar .. hikss

      1. Kalo hatiku mending disamain sama besi dan baja aja deh 😀 biar ga mudah ancur, tp tetep aja bisa patah sama meleleh 😆

  5. ntar kita udah nyatain cinta eeh malah ditolak.. kan tambah remuk sih..*nangis dipojokan*
    ooomfebri, kalo hatinya udh remuk mending langsung digoreng aja.. #emangayam

  6. Kalau gw punya usul skripsi gua berjudul, analisa perbandingan dampak collapse beton mutu tinggi terhadap putusnya hati akibat hanya bersandar pada 1 sandaran (tumpuan)

  7. Bwahahaha… sumpah gue ngakak baca tutor lo feb. 😀
    benar2 anti mainstream coba deh rancangan lu itu di acc ke dosen paling lu digeplak pake sendal. Hahaha..

  8. HHhahahahahhahaa yawlaaa
    Aku udah serius serius bacanya, tapi kenapa bentuk yg digunain buat contohnya bentuk hati sehhh bhaanggg?
    Hati yg hancur, remuk, luluh

    Ini mah judulnya, ” 7 Langkah Mudah Menggunakan SAP2000 yang anti mainstream dalam keadaan baper ”

    Okesip

  9. Yaampun mas gagal paham saya wkwkwkwk.
    Sumpah ya kepikiran aja bikin model hati di SAP:(
    btw baca yg edit grid itu jadi ingat pas belajar SAP saya kira kaga bisa diedit jarak gridnya…

    1. Wkwkwkw ayooo anak teknik, berkreasi dengan SAP :p wkwkwk
      Iya nih, lagi iseng, makanya bikin model hati. padahal tugas bejibun, sempet-sempetnya bikin beginian 😀

      Hihihi bisa diedit kok :))

  10. Ya ampun feb sumpeh itu judul diulang berapa kali yee. Gue sampe bingung ini mulai tutorialnya kapan 😀 agak rumit sih kalau cuma sekedar liat tutorialnya feb, kalau dicoba mungkin lumayan bisa, bisa minta bantuan hehe. Berarti hati gue kek gitu ya hancur, remuk lelah untuk jatuh cinta lagi dan maunya cuma bangun cinta biar pondasinya kuat *eeh

    1. Wkwkwk itu iseng-iseng nyoba nerapin tips naikin trafic sih mbak wkwk jadi nggak enak banget ya dibacanya 😀 wkwwk

      Iyaaa. enak dipraktekin langsung 😀

      Aaaakh, gilang baper :p

  11. Anyway, kayanya akan lebih dramatis, kalau ada perhitungan beban yang kolomnya ga menerus. Semacam flat slab atau one way slab.

    Btw, anak sipil kan? Ikutan lomba Wiratman Bridge Challenge lah~

    1. Wkwkw dramatis banget mbak, soalnya yang bikin otaknya langsung berasap :p wkwkwk 😀

      Kamuuu kereeen tau istilah flatslab one way slab 😀 hihihi

      Iyaa sipil mbak 😀 Eng…. lombaaa Wiratman Bridge Challenge ya~ eng…. wkwkw 😀

  12. Dongengnya bagus mengharukan bang
    Kira2 si sap2000 ketemu jodohnya g y nanti?
    Kalo ketemu jangan ditemuin bang

  13. Wuisshh ngelu aku bacanya, bisa aja nih ada cew di sebelah mana gitu yg baca postingan ini terus senyum-senyum sendiri lalu membatin penulisnya, kayak apa sih wujud aslinya. HaHaHa. Gokil abis

  14. Tokhay bener diulang-ulang entah sampe berapa kali. Gue jadi inget tulisan Adi yang bahas trafik blog itu. 😄

    Njir, hati bentuk 3D gitu kok keren yak. Febri naq teknik cinta sejati.

  15. Gue waktu SMK Jurusan TGB kok nggak pernah diajarin tentang 7 Langkah Menggunakan SAP2000 yang Anti Mainstream ini sih bang Feb. Apa emang sekolah gue aja yang masih kudet, masih menerapkan metode konvensional daripada menerapkan 7 Langkah Menggunakan SAP2000 yang Anti Mainstream ini.

    Padahal 7 Langkah Menggunakan SAP2000 yang Anti Mainstream, ini lebih mudah loh kayaknya. Dan hasilnya juga cihuy banget, tuh gambar hati yang remuk redam. Malah bisa sekalian curcol kan jadinya.

    Hmmm 7 Langkah Menggunakan SAP2000 yang Anti Mainstream

    Tsadis !!

    1. Wkwkwk kan emang beluuuum nyampe buat anak TGB 😀 ini udah ngitung kekuatan struktur 😀 wkwkwk

      Eng… ikut-ikutaaaan ngulaaang judul 😀 kamu keceeeeh Ka :p wkwkw 😀

  16. Bukannya tidak menghargai jerih payah lo dalam membuat tulisan ini, Feb. Tapi gimana ya… Serius. Gue bahkan gak tahu apa itu SAP2000. Wkwkwk. Tapi keren lah hasilnya bisa bikin hati yang bergoyang-goyang begitu. Semoga hati kita tidak bergoyang ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s