Mari Nikmati #SUN2UII

Secara nggak sadar, ada banyak hal yang ketika hanya dilihat, hal tersebut dapat menenangkan hati dan pikiran seseorang yang sedang suntuk.

Teruntuk mereka yang menyukai drama korea, cukup dengan melihat Lee Min Hoo nyeruput luwak white coffee di iklan TV, pasti rasa suntuk yang mendera mereka itu langsung hilang seketika.

Teruntuk mereka yang menyukai lagu-lagu K-Pop, cukup dengan melihat adegan personel Bigbang kayang diatas panggung sambil nyanyi lagu Fantastic Baby, pasti rasa gundah yang melanda mereka akan reda seketika.

Teruntuk mereka yang menyukai hal-hal berbau komedi, cukup melihat para comic ber-standup di atas panggung pun pasti sudah mampu untuk meredakan stress yang menyiksa.

Ya, setiap orang mempunyai cara untuk melepaskan diri dari rasa suntuk, gundah, dan stress yang terkesan menjebak.

Gue adalah salah satu orang yang lebih suka menghilangkan stress dengan cara menonton standupcomedy ketimbang melihat mantan ciuman sama pacar barunya.

Menurut beberapa sumber yang gue baca, tertawa itu bisa mencegah berkembangnya hormon penyebab stress dan mampu meningkatkan sel kekebalan tubuh. Selain itu, tertawa pun ternyata mampu untuk menyehatkan jantung.

Oleh karena itu, gue pikir, mereka para komedian sangat layak untuk diberi apresiasi karena secara nggak langsung, mereka telah menyehatkan jantung banyak orang.

Sebagai penikmat standupcomedy, hampir seminggu sekali gue pasti menyempatkan diri untuk melihat penampilan para komika keren, baik itu di layar kaca maupun di channel youtube. Ada beberapa komika lokal favorit gue seperti Pandji Pragiwaksono, Raditya Dika, Arief Didu, Ge Pamungkas, Jui Purwoto dan Ryan Adriandy. Untuk komika luar, gue pun mengagumi sosok Richard Pryor dan Mitch Hedberg.

Dari menonton para komika favorit menyampaikan joke-joke-nya, gue pun banyak belajar hal dari situ. Teknik-teknik mendasar dari standupcomedy udah cukup banyak gue ketahui. Sampai puncaknya, gue pun mencoba untuk membaca-baca sebuah buku panduan standupcomedy yang ditulis oleh Greg Dean dan diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia oleh Ernest Prakasa berjudul Step by Step to Stand Up Comedy.

DSC_0513

Sampai akhirnya, puncak dari rasa penasaran gue akan standupcomedy membawa gue untuk masuk komunitas StandUpUII, ikutan audisi SUCI4 hingga ikut jadi panitia dalam acara #STANDUPNIGHTUII.

Semua tertuang ditulisan ini : Ngomongin Stand Up Comedy & Di Belakang Panggung

Beberapa lama berjalan, gue merasa kalau kayaknya dunia standupcomedy bukan dunia gue. Disatu sisi, gue menyukai standupcomedy. Namun disatu sisi yang lain, gue nggak percaya diri kalau harus ngomong di depan banyak orang.

Atas dasar itulah akhirnya gue pun memilih untuk keluar dari komunitas StandUpUII dan memilih untuk menjadi  sekedar penikmat aja.

Sampai akhirnya, gue pun mendapat kabar kalau komunitas StandUpUII kembali mengadakan acara #STANDUPNIGHTUII untuk yang kedua kalinya pada tanggal 19 Mei 2016 besok.

Secara pribadi, gue nggak terlalu asing sama komika-komika yang hadir di acara #SUN2UII tersebut. Selain Dzawin dan PrazTeguh yang terlahir dari StandupKompasTV dan sudah kondang melanglang buana di dunia standupcomedy, pun ada Aan Papeda sebagai perwakilan dari StandUpIndoJogja yang juga pernah gue lihat secara langsung di beberapa event , dan ada juga komika lokal kampus gue yang beberapa diantaranya adalah temen gue sendiri.

  1. Syangit

Sejujurnya, sewaktu pertama kali masuk komunitas StandUpUII, gue udah percaya banget kalau Syangit emang berbakat di dunia standupcomedy. Semua bisa gue lihat dari cara dia ngebanyol saat sharing kumpul bareng komunitas dan juga saat dia tampil openmic. Gaya dia hampir mirip-mirip kayak Kemal Palevi, lengkap dengan materi-materi yang absurd parah.

2. Firman

Buat gue, Bang Firman ini udah kayak guru gue sewaktu di komunitas. Dengan aksen kocak namun serius, beberapa kali gue dikasih pelajaran perihal materi standup. Hal yang paling gue inget kala itu adalah sewaktu gue sharing materi yang gue buat, Bang Firman adalah satu-satunya orang yang mau memberi komentar dan saran untuk materi gue tersebut.

Khas dengan otot bisepnya, Bang Firman selalu tampil diatas panggung dengan gaya seperti binaragawan maho. Joke andalannya adalah tentang pengalamannya kram dibagian pantat.

Epic.

3. Aziz

Dia adalah kakak angkatan gue di teknik sipil. Gue kenal pertama kali sama Aziz justru saat gue ikut audisi SUCI4 di UGM. Kala itu, Sewaktu menunggu giliran audisi, gue dan Aziz berkenalan dan ngobrol banyak perihal Standupcomedy. Uniknya, saat audisi SUCI4, Aziz belum menjadi anggota komunitas StandUpUII, sementara gue udah. Beberapa tahun berselang, gue keluar dari komunitas StandupUII, eh Aziz tampil di acara #SUN2UII.

Kece.

Dunia cepat sekali berputar ya.

4. Arvin

Dia adalah manusia koplak yang pernah gue temui di komunitas. Ya, entah kenapa, dari cara dia bicara, berjalan dan berinteraksi dengan sesamanya, gue berasa geli dan mau ketawa aja. Secara pribadi, gue belum pernah liat dia tampil openmic. Maka, gue nggak bisa berkomentar banyak tentang dia.

5. Qodri

Dia adalah ketua baru di komunitas StandUpUII. Gue nggak begitu kenal sama dia karena saat dia menjadi ketua, gue udah keluar. Jadi, kayaknya gue nggak bisa berkomentar panjang lebar tentang dia.

Menurut gue, yah, ini jelas acara yang menarik dan bikin penasaran ya, mengingat beberapa temen gue tampil disana.

Sebenernya, beberapa waktu yang lalu Syangit pernah meminta gue untuk membantu acara #SUN2UII ini. Namun, entah kenapa akhirnya gue pun menolak dengan sebuah kalimat singkat:

‘Enggak ah, aku mau jadi penikmat aja’

Sampai akhirnya, Syangit meminta gue untuk promo acara #SUN2UII ini.

Jadi kesimpulannya?

Kalian meluangkan waktu sekitar 10 menit buat duduk manis baca tulisan ini yang isinya cuma promo colongan doang.

Maap.

Nggak ada salahnya kan?

Jadi, ada yang udah berencana mau nonton? Atau mau ditemenin buat nonton? Hayuklah~

Sehatkan jantungmu, tertawalah bersama #SUN2UII.

Terimakasih.

Advertisements

72 comments

  1. Wah kereeen… ga nyangka mas feb pernah ikutan audisi SUCI *4 jempol buat keberaniannya*

    Aku sendiri ga terlalu ngikutin acara stand up comedy sih, tapi tadi nonton stand up dua komika diatas jadi keketawaan sendiri dan mau banget lah nonton SUN2UII, etapi di Jogja ya? gajadi deh 😀

    Coba lagi dong mas feb ikut2 audisi gitu, kan gamungkin sekali nyoba langsung cespleng, TRY AGAIN FEBRI! gitu kan kata Mitch Hedberg juga. Ayo semangkaaaa!

    1. Wkwkwk iya mbak 😀 tapi gagal :p ya sama aja atuh ya kan wkwkw 😀

      Wkwkwk kamu hebat ya bisa ngerti bahasa inggris 😀 wkwkwk Tapi emang itu dua orang legend standupcomedy dunia sih 😀 hihi

      Udaaah sih, sini ke Jogja aja kamu mbak 😀 wkwkw

      Wkwkwkw Maluuuu :p

      1. Yakan gagal itu keberhasilan yg tertunda, ayo coba lagi kamu kan berbakat 😉

        Oh legend toh pantes keren banget materinya, gak garing.

        Jauh mas Feb, dijemput mah mau 😀

      2. Hehehe iya 😀 kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda 🙂

        Eng… nuliiiis dulu deh mungkin ya mbak 🙂

        Heheheh mantap kan 😀

        Mauuuu deh, sini aku jemput 😀

      3. Mangsetaaabb… apapun deh asal positif terus berkarya aja, pasti entar keliatan hasilnya 🙂

        siiipp… aku tunggu di perempatan ya mas tar aku bawa kecrekan deh *macem janjian dangdutan gini* XD

      4. Tariiiik Mang :d wkwkk

        Iyaa dong 🙂 yang penting terus berkarya dan nggak menyerah 😀

        Wkwkwk bawaaa kecrekaan :p wkwk sedihnya kamu Mbak 😀

  2. Teruntuk mereka yang menyukai drama korea, cukup dengan melihat Lee Min Hoo nyeruput luwak white coffee di iklan TV, pasti rasa suntuk yang mendera mereka itu langsung hilang seketika.
    —-
    Gue suka drakor Feb, tapi sumpah kalau gue sumpek terus lihat Lee min ho minum kopi bawaannya pengen nonjok. Soale dari semua aktor drakor gue paling nggak suka le min ho. Kurang laki wkwkwk

    Ge pamungkas itu favoritku. Nggak usah dia ngomong, lihat mimik muka ama gesture dia aja udah kocak banget. Dodit si driver ok jek itu aku suka juga. Kalem tapi nggregetno pokoke…

    Kok keluar dari komunitas? Kan sayang. Tulisan kamu aja udah stand-up banget lho. Tinggal ngasah kepedean aja di depan orang. Atau karena nggak pede an ini kamu sering diginiiin? Wkwkwk…#abaikan

    1. Wkwkwkw lah, emang ada apa dengan Lee Min Hoo mbak? wkwkwk aku malah nggak suka drakor :p wkwkwk

      Naaah sama 😀 act outnya gilaaa dia itu 😀 Aaah iya, Dodhit wkwkwk si gemblung polos itu 😀 wkwkw

      Eng… emang kurang bisa aja sih mbak. Kayaknya mau ngembangin di dunia tulis menulis dulu deh ya 😀 wkwkwk

      Ngasah kepedean itu gimana ya mbak 😀

  3. Yaaaah Febri, kenapa keluar? Selain ngerasa itu bukan dunia kamu, juga karena kesibukan kuliah ya? Soalnya kalau alasan yang lain misalnya karena ada mantan, kayaknya nggak mungkin. Nggak ada anggota cewek kan?

    Huahahaha. Ngakak sama yang Firman. Kram di pantat 😀

    Trus aku jadi ingat dulu suka banget nonton openmic. Hampir tiap minggu ke kafe yang ada open mic-nya. Tapi sekarang udah nggak gitu lagi. Huhu. Dan iya bener, dunia cepat sekali berputar. Anggota Stand Up Comedy Samarinda udah banyak yang baru. Mukanya pada asing. Yang dulu katanya cuma jadi penikmat kayak aku, malah sekarang gabung jadi anggota dan sering openmic :’D

    1. Wah berarti siap dong ikut audisi SUCI7? Biar komikanya nggak cocok melulu. Itu yang di Indosiar ada yang cewek. Ayo Mbak Icha… tak dukung wis…

    2. Wkwkwk ya antara bukan duniaku, sibuk kuliah sama kurang pede aja sih wkkww 😀 bukaaaan. Bukan karena ada mantan :’ wkwkwk sediiih wkwkw

      Firman emang bikin ngakak kok itu 😀 wkwkwk

      Yang digodain dan dimodusin sama anak standup juga pernah ya kamu :p wkwkw
      Nah, bener kan. Emang udah menjamur dan makin banyak orangnya 😀 saluuut.

  4. << orangnya jarang ketawa kalo nonton stand up.
    Kalo suntuk aku lebih milih main si, keluar sama temen-temen, becanda-becandaan, atau di rumah aja pasang hedset sama coret-coret.

    widiih, komika-komika UII dab.
    semoga sukses acarane.

    1. Seriusan jarang ketawa kalau nonton standup? ._. ketahuan sih ._. mukamu garang begitu :p wkwk pasti jarang ketawa :p wkwkw
      Itu juga seru kok main sama temen, bercanda, duduk di trotoar jalan sambil masang muka sangar :p wkwkw

      Aamiin 🙂 makasiiih yak 😀

      1. Wkwkwk kitaa bercandaan berdua yuk~ uwuwwu wkwkkw

        Yaa nggak cemen juga sih :p selera orang kan emang beda 🙂

        Wkwkwkw biar muka sangar, tapi hatii uwuwu kan 😀

  5. Wah keren feb. Semoga acaranya sukses lah. Itu si dzawin UII jugak kan ya ?
    Klo mau sih sesekali open mic ajalagi buat seru2an. Gregett feb hahhaa
    Semoga banyak yg nonton, sukses teruss feb :))
    Ohiha, itu buku yg diterjemahin ernest katanya agak susah. Bagusan kitab suci punyanya ramon papana. Kata orang sih 😀

    1. Aamiin 😀 hihihi makasiiih yak 😀

      Dzawin itu UIN kok 😀

      Wkwkwk dulu pernah ada niat sih, tapi nggak tau kenapa, langsung ciut :p wkwkwk

      Waaaa 😀 makasiiih 😀

      Emang iya sih ._. agak susah -_- terlalu ribet gimana gitu.
      Kita SUCI? Aku belum pernah liat 😀 hihih besok cari deh bukunya 😀

      1. Sama2 feb 😀
        Oh beda ya uii sama uin ? 😀
        Lahh iseng2 nyoba lagi lah. Nyari materi stenap sama aja kyk nulis blog feb; anggap aja gtu hahah.
        Kitabb suci feb, ada huruf B nya. Klo kita suci kayaknya enggak deh, mngkin cuma saya aja yg suci kmu udah ternoda *eh 😀

      2. Wkwkwkw bedaaa dong ya 😀 wkwkwk

        Yang beda cara menyampaikannya :” dan rasa percaya diri itu yang belum ada :’

        Wkwkwkw typoku parah ya :’ iya yang masih suci :’ aku ternoda oleh tangankotorku sendiri *ini malah apaan* wkwkw

      3. Wadoh, baru tau klo beda feb ~
        Hrus googling lagi nih :))
        Iya sih, emg beda cara nyampeinnya. Tp bukannya km udah bakat ngelucu feb, tulisan blogmu aja pasti ada selipan joke nya. Hahhaa

        Wah feb insyaf, solo karier kamu hahhaa. Sesekali pake easy feb, kekuatan 10 tangan hahhahahahahahahahah f

      4. Wkwkwkw tapi kan emang lebih mudah lewat tulisan kan, ketimbang lewat lisan? itu yang sulit dari comic kayak kamu *langsung standing applause buat para comic*

        Eng… solo karier 😦 karena nggak ada yang mau diajak duet aja sih wkwkwk

        Kampreeet :’

      5. Wah gitu ternyata, lebih sulit lucu lewat lisan. Pantes sy sampe skrg gak lucu2 feb hahahha

        Hahhahahahahahah, siepin michropon yg bagus lah biar ada yg mau diajak duet. Asah miknya dulu hahhahaha kampret 😀

      6. Wkwkwk serius nih? Mau sini liat kamu standup 😀 kan tergantung mood seseorang yang liat nggak sih kalau itu 😀
        wkwkwk siepin micropon :’ wkwkkw

      1. nggak ah. cuma berani nyimpan skripnya aja di WP. biar yang lain cuma bisa baca doank dan bukan lilhat aksi panggung gue 😀

  6. Baru tahu kalau ternyata lo sempat gabung komunitas.
    Sama sih, gue juga tipe orang yang ga bisa “sengaja” tampil depan orang banyak. Temen2 gue bilang sih gue lucu (pede amat yak? tapi beneran ini), cuman kalo sengaja ngelucu selalu jatohnya garing. Jadi ya akhirnya natural aja. Dan lebih milih nulis komedi. Karena ga live show dan bisa diedit-edit.

    1. Heheh iya 😀 tapi udah keluar juga wkwkw 😀
      Sama brati kita kan -_- aku sering dibilang cerewet kalau lagi kumpul-kumpul, tapi cenderung pendiem kalau ngomong didepan banyak orang wkwkw 😀
      Bener, lebih suka ngelucu kalau natural ya 😀

      Setujuuu 🙂

  7. Wah, gue pengen banget, bang, masuk komunitas stand up. Pengen ngerasain atmosfer penonton. Huuu, kangen stand up deh jadinya. Soal comic luar negeri, gue cuma ngerti Mitch Hedberg doang. Kalo Richard Pryor setau gue dia comic yang bawa isu-isu berat. CMIIW.

    Btw, Firman ini sempet masuk SUCI 5 kalo nggak salah. Cuma sampe Pre Show.

    1. Ayo dong gabung 😀 siapa tau cocok sama duniamu kan 😀 hehehe

      heheh emang sih, Mitch Hedberg kondang dan melegenda 🙂 kalau Richard Pryor cenderung ‘berat’ macam pandji gitu lah ya mungkin 😀

      BENEEER 😀 kamu mengikuti SUCI5 ya ternyata 🙂

  8. Nggak, ngga ada salahnya kok mas baca promo colongan ini. Aku malah ga ada yang kenal satupun komika diatas. Nggak nonton yang di kompas, nontonnya yang di indosiar x) Makasi infonya ya Maaaasss

  9. Kalo saya bang ngilangin suntuk itu gampang bang
    Buat orang2 bahagia dengan komentar saya bang
    Tapi banyak ga bahagianya bang
    Kerenkan
    .
    Ya udah bang kalo abang grogi pas open mic
    Mending abang jadi micnya ja
    Micnya kan diem j bang g ngomong di depan orang2
    Cocok loh kalo jadi mik
    Apalagi kalo abang dibotakin kan pas
    Kompor enggas

  10. kemaren baca postingan Febri yang nulis buku, hari ini yang standup. Lha salut mah saya. Daripada ngurusin mantanmu Feb. Biar dia ngurusin badannya sendiri.
    Eh, tapi bener ya.. selera humor saya bangkit kalau liat standup comedy, walau jujur kalau bahasnya soal mantan dan pacaran itu rada-rada capek dengernya. Mungkin karena terasa diulang-ulang terus jadi bosen juga. Emang PR buat komika kudu rajin cari yang something different

    1. Hehehe iya mbak. Cuma ya itu, belum ada yang berhasil aja 🙂
      wkwkw iya dong, aku udah nggak pernah ngurusi mantan kok wkwkw 😀

      Samaaaa 😀 bangkit banget selera humorku kalau nonton standup, apalagi yang ngebawain orang-orang cerdas kayak pandji, abdur, dzawin 😀 wkwkwk sadislah mereka 😀

      Nah, kalau udah yang bahas mantan, jomblo atau pacaran, rasanya emang boring sih ya -_-

  11. Itu Dzawin ❤❤❤ bawa pulang boleh?
    Kamu jangan jadi komika aja udah lucuk kok Feb, bawaan nya ingin ngarungin saking gak bisa diem nya!

    *aku juga deng* hhhhhhh 😦

    1. Wkwkwk Dzawin emang ucuuul sih orangnya wkwk 😀

      Eng… kok kita sama-sama bikin orang pengen ngarungin ya? gimana kalau kita dikarungin sama-sama terus dibawa ke KUA? uwuwuwu ~

  12. ayo feb … ikutan lagi dong suci-nya
    kalau nonton suci lebih banyak yang ga lucunya … garingggg …
    kata orang juga cuman butuh jam terbang supaya seperti jadi orang2 top .. tulisan2 febri sudah kocak habis .. tinggal di tuturkan saja pasti tambah kocak

    1. Maunya begitu mas, tapii entah kenapa kepedean ini masih kurang :’

      Iya bener sih, cuma butuh jam terbang aja :’

      Hihihi makasiiih banyaaak ya Mas 😀 besok suatu saat nanti bakal dicoba lagi 😀

  13. Waaaaaaa baru tau kalo Bang Feb pernah ikutan audisi SUCI 4.Ya ampun gue kemana ajaaaaa~~
    Kenapa gak dilanjutin gabung komunitasnya bang ?? Emaneeee ~~
    Padahal gue pengen banget loh gabung komunitas, tapi masih kepentok skripshit. Hueheuehue

    Ngomongin cmica luar, yang aku pernah liat dan sukses ketawa cuma performnya Rowan atkinson, soalnya itu ada subtitle nya.
    Lainnya cuma bisa ikutan ketawa, waktu penonton ketawa aja. Aslinya nggak ngerti mereka ngomong apaan. 😦

    1. Wkwkwk iseng aja dulu ikutan wkwkw nemenin temen 😀
      Kuraaang sreg aja sih sebenernya 😀 hehe

      Naaah, selesaiin saja skripsimu dulu wahai anak muda wkwkwk 😀

      Rowan Atkinson .__. aku malah baru denger, itu mrbean bukan? wkwkwk

      Tapi kalau Mitch Hedberg sama Richard Pyror itu dari mimik sama cara dia menyampaikan materi aja udah bikin ketawa kok 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s