Your Guardian Angel

Halooooo halooooo…

Selamat hari Sabtu semuaaaaaaa…

Eh kamu tau nggak, aku sama kamu tu ibarat Sabtu loh.

Maksudnya?

Iya, SelAlu Bersama tapi tak bersaTU 😦

Eng…

Kok kayak lagu Sepatu-Nya Tulus ya?

Emmm, tapi tenang, pada #SabtuNgomonginLagu kali gue nggak akan ngulik tentang lagunya Tulus kok. Soalnya gue yakin, semua orang juga udah tau lagu tersebut. Maka, pada kesempatan kali ini gue lebih memilih untuk membahas lagu Your Guardian Angel-Nya The Red Jumpsuit Apparatus.

Seperti biasa, sebelum masuk ke lagu, terlebih dahulu gue akan membahas tentang profil The Red Jumpsuit Apparatus ini terlebih dahulu. Kalo kita lihat dari segi penamaan, kok agak unik ya? Panjang juga ini nama bandnya. Mari kita coba terjemahkan.

The               : Sebuah

Red               : Merah

Jumpsuit     : Pakaian

Apparatus   : Aparat

Jadi, dari terjemahan diatas akhirnya kita dapat menyimpulkan bahwa band ini awalnya terbentuk dari sekumpulan aparat yang memakai pakaian berwarna merah, yaitu aparat pemadam kebakaran.

Eh, jadi mereka kalau manggung suka bawa-bawa selang air dong?

Hmm.

The Red Jumpsuit Apparatus (biasa disingkat TRJA) adalah sebuah band yang terbentuk pada tahun 2003 di Florida, Amerika Serikat.

Mengusung genre poppunk, emo, rock sampai posthardcore dan sudah mengeluarkan 5 full album + 1 mini album, The Red Jumpsuit Apparatus ini tentunya juga pernah mengalami pergantian personel. Namun, pergantian personel ini nggak membuat TRJA bubar, tapi malah membuat TRJA semakin keren dengan formasi : Ronnie Winter (Vokal), Joey Westwood (Bass), Josh Burke (Gitar), Randy Winter (Gitar) dan John Espy (Drum).

Cukup kita membahas profil TRJA, sekarang gantian kita bahas lagunya ya.

Lagu berjudul Your Guardian Angel ini masuk di album pertama TRJA bertajuk “Don’t You Fake It” yang rilis pada tahun 2006 lalu. Album ini merupakan salah satu album tersukses TRJA yang membuat nama mereka melambung tinggi dan dikenal banyak orang.

Diawali dengan genjrengan gitar akustik yang lembut, lirik demi lirik yang disajikan lewat lagu Your Guardian Angel ini terdengar manis dan menenangkan. Sampai akhirnya, menuju akhir lagu, barulah suara hentak drum berkumandang dengan keras namun tetap manis diiringi dengan suara Ronnie Winter yang sedikit berteriak mengumandangkan lirik-lirik akhir di lagu Your Guardian Angel.

Lagu ini bercerita tentang dua orang (cowok dan cewek) yang saling mencintai. Disini, si cewek merasa udah nyaman sama si cowok, tapi si cewek memilih untuk nggak jadian sama si cowok aja. Entah sebenernya menerima atau enggak, si cowok justru akhirnya malah memaklumi dan janji bakal selalu ada buat si cewek, meskipun si cewek nggak mau jadian sama dia.

Sedih nggak sih ada di posisi cowoknya?

Kampret nggak sih itu ceweknya?

When I see your smile

Tears roll down my face I can’t replace

And now that I’m strong I have figured out

How this world turns cold and it breaks through my soul

And I know I’ll find deep inside me I can be the one

Bait diatas adalah bait pertama di lagu ini. Bait diatas menceritakan tentang betapa bahagianya si cowok saat melihat senyum si cewek mengambang. Yap, si cowok sedang jatuh cinta. Seperti halnya orang yang sedang jatuh cinta, segala hal sederhana dari orang yang dia cintai terasa sangat indah dan menenangkan. Itu yang dirasa oleh si cowok. Sampai akhirnya, masuk di kalimat “world turns cold” kita bisa mengartikan dan melihat perihal kesedihan si cowok yang harus menerima kenyataan kalau si cewek enggak mau jadian sama dia. Walaupun merasa sakit, si cowok tetap bisa mengerti dan dia pun berharap agar dirinya tetap bisa jadi yang pertama ada untuk si cewek ketika si cewek lagi sedih.

I will never let you fall (let you fall)

I’ll stand up with you forever

I’ll be there for you through it all (through it all)

Even if saving you sends me to heaven

Bait diatas adalah bagian reffnya. Dibagian ini seolah menceritakan tentang niat si cowok yang akan selalu ada buat si cewek. Dia berjanji kepada dirinya sendiri untuk nggak ngecewain si cewek, nggak bikin si cewek sedih, dan akan selalu menjaga si cewek sampai kapanpun. Intinya, cowok pengen bisa jadi pahlawan untuk si cewek, even if it killed him.

Itu… si cowok antara gentle, sweet sama geblek ya? Kan si cewek bukan siapa-siapanya?

Cinta memang bisa melakukan banyak hal gila, kok.

Hmm

It’s okay. It’s okay. It’s okay.

Seasons are changing

And waves are crashing

And stars are falling all for us

Days grow longer and nights grow shorter

I can show you I’ll be the one

Dilirik ini, si cowok seolah meyakinkan bahwa meskipun hari demi hari berganti, masalah silih berganti menerpa, badai senantiasa menghadang, Saipul Jamil masuk penjara, Ahmad Dhani maksa jadi gubernur, si cowok tetap yakin kalau semuanya akan baik baik saja. Si cowok pun berjanji bahwa dia akan tetap menjadi yang nomer satu buat si cewek.

Cause you’re my, you’re my, my, my true love, my whole heart

Please don’t throw that away

Cause I’m here for you

Please don’t walk away and

Please tell me you’ll stay… Oohh stay… Oohh

Dilirik ini, jelas banget terlihat perihal perasaan si cowok yang emang udah cinta banget sama si cewek dan nggak akan menyerah dengan keadaan yang ada. Si cowok pun berharap kepada si cewek untuk bisa bertahan sama si cowok, meskipun mereka nggak menjalin sebuah hubungan yang pasti.

Use me as you will

Pull my strings just for a thrill

And I know I’ll be okay

Though my skies are turning gray

Sekali lagi, dilirik menjelang akhir ini, Si cowok kembali menegaskan kalau dia ingin selalu ada buat si cewek dan dia pun ingin selalu “direpotin” sama si cewek supaya bisa menjadi alasan untuk mereka dapat bersama-sama. Meskipun pada akhirnya si cowok menyadari bahwa harapan mereka untuk bisa bersama itu… Kecil. Sangat kecil.

Menyedihkan.

Mengacu pada opini gue perihal arti dari lagu Your Guardian Angel diatas, jelas,  lagu ini tergolong gila dan emosional banget.

Mungkin ada yang punya opini lain terkait lagu Your Guardian Angel diatas?

Intinya sih, buat cewek-cewek, tetep hargai perasaan cowok yang udah sayang dan rela berkorban buat kalian. Jangan dimanfaatin, ditinggalin atau bahkan diselingkuhin.

Juga buat cowok-cowok, kalau bisa, jadi cowok yang senantiasa menyayangi dan mau berusaha buat si cewek ya? Jangan dikasarin, dimainin atau bahkan dirusakin.

Buat bencis-bencis, hmm… terserah deh.

Udah penasaran sama lagunya?

Yuk didengerin!

Ditulis Oleh : Achmad Ananta Hadi

Diedit Oleh : Febri Dwi Cahya Gumilar

Diiringi oleh : Malam Dingin yang Menyayat Hati

Advertisements

60 comments

  1. Ih tumben updatenya tengah malam gini, biasanya sore deh? Apa ada harapan Febri lg malam minggu td sama gebetan makanya br update?

    Ih rambut vokalisnya unyuk maks

  2. ….saipul jamil masuk penjara, ahmad Dani maksa jadi gubernur, prilly latuconsina caci maki aliando…*eh ini bukan infotemen ya…

    Asli selalu dapat info baru soal musik tiap Sabtu. Nama2 grup yang menurutku nggak terkenal karena aku yang nggak gaul ternyata banyak yang lagunya keren.
    Etapi lagunya TRJA yang kenceng juga enak lho… Kayak Face Down, Angel In Disguise, yang kalem lagi kayak Angel Cry juga nayamul bikin baper…
    Soal makna lagunya…aku cuma bisa nyimpulkan bahwa laki atau pere semua punya perasaan. Punya rasa punya hati. Jangan samakan dengan pisau belatiiiii….*candilmodeon

    1. kwkwwkwk kamu apdet infotemen banget ya mbak :p wkwkwk

      Hhihihi Alhamdulillah ya, postingan ini sedikit membantu hehehe 😀

      Naaah, iyaaa, TRJA itu Facedown juga bagus banget 😀 uwuwu kamu tau banyak juga tuh mbak tentang TRJA 😀

      Wkwkwkw duuuuuh, candiiiil abiiis ituuu pisau belati :p

      1. Hehe soale seperti biasa sebelum lanjut baca kepoin dulu YouTube… TRJA asli baru dengar. Kalau trojan….udah dua kali lappieku kena haha…

  3. Kita sama2 update lagu di blog. Malem minggu kita bermanfaat banget. Masya Allah.

    Ini mah lagu jaman aku sma, sempet suka terus nyanyi bareng temen2 ngerasa paling gaul aja udah. Tapi makin sini makin geli kalau tau dulu pernah suka lagu ini, aku ngerasa anak emo gitu 😦 wkwk

    1. Uwuwuw kita emang jodoh sekali ya ~ uwuwuwuw wkwkkw

      Wwkwkwk kamu gaul juga ya wkwkw aku kenal lagu ini dulu tahun 2012 wwkwk :p
      Tapi tetep enak ah mbak lagu ini :p wkwkw kamu anak emo syariah kan ._.

  4. Sedih feb sedih.
    Emang kadang kadang kalo udah cinta ya gitu feb. “Everything I do, I do it for you” kalo kata bryan adams.

  5. apparatus = alat/peralatan (istilah yg agak teknik)

    jumpsuit = baju yg bagian atas dan bawahnya nyambung; terusan (mirip pakaian bengkel)

    *ceritanya nambahin.hehe*

  6. anjay, sabtu. selalu bersama tapi tak bersatu. hmmmmm, selera musik kita memang berbeda, hahaha. jujur aja gue tau beberapa lagu judulnya guardian angel, lagunya cinta laura sama lagu game audition, kalau lagu diatas sih nggak tau. lagu yang tergolong jadul sih gue sukanya lagu-lagu MLTR.

    1. Sedih ya singkatan dari sabtu 😦 wkwkwk

      Hehehe iya kalik ya wwkwk 😀 ahaaa, guardian angel itu juga ada di lagunya Cinca Laurier ya wkwkwk

      Samaaaa 😀 aku juga suka sama MLTR kok 😀

  7. cowo bodoh bin geblek ini 😀 lagunya sih aku suka, tapi memang liriknya ga banget ;p.. Maaf2 ajalah ngabisin waktu utk nglakuin everything ke org yg samasekali ga sayang kita ;p .. Jangan lakuin loh Feb 😉

    1. Geblek banget emang mbak wkwkwk 😀
      Lagunya aja yang enak, kalau lirik, no way ya 😀 wkwkwk

      Nah, beneeer banget :p wkwk mau-maunya aja ya mbak 😀

      Hihihi aku nggak akan gitu kok mbak 😀

    1. Heheh aku juga suka lagu yang facedown wkwk menghentak banget 😀

      Nah, bener kan itu lirik melow dan agak gimana gitu -_- wkwkkw menyedihkan ya udah kenal, nggak bisa jadian, eh masih mau berkorban wkwkkw

      cocok banget buat bikin galaw :’

  8. Cowoknya geblek y bang?
    Kasian y bang cowoknya
    Udah napa kan mash da stok cewek dimuka bum ini
    Tinggalin j
    .
    Kok nama saya g dicantumin bang
    Dulu kan saya bukan mantan personilnya?

  9. andai yah cowok yang ada dalam lagu ini beneran ada wujudnya.. gue mau dah jadi orang yang ngerepotin dia. Jarang lohh ada cowok yang mau direpotin kayak gini. 😀

    kira – kira lu typenya kayak cowok ini ngak feb ? Hehehe :d

    1. Seandainya banget ya 😀 wkwk iya sih, cewek kan kadang ngerepoti, jadi kalau ketemu sama cowok yang mau direpoti, bersyukurlah dia wkkwkw

      aku mah tergantung kondisi mbak, kalau lagi nggak ada kerjaan ya mau aja direpoti, tapi kalau sibuk, enggaaaklah ya :p

      kecuali kalau cewek yang minta itu ibukku. Ya harus dipatuhi dong 😀

  10. Huaaaaa.. ini lagu waktu jaman-jaman SMK. Waktu itu didengerinnya bareng The Scientist-nya Coldplay. Jomplang banget. Bahahaha. Tapi namanya juga lagi bersenda galau, lagu genre apa aja diembat asal sesuai sama perasaan :’D

    Si cowok sayang sama cewek tanpa pamrih. Asli tulus banget. Bagian terbaik dari lagu ini pas mau mendekati akhir itu ya, Feb. :’D

    1. Wahahahaha lagu jaman SMA banget deh ya brati wkwk 😀 eng… kok bareng sama thescientistnya Coldplay wkwk
      Beneeer banget sih, asal liriknya dalem dan ngejleb, uwuwu juga ya wkwkw 😀

      Tapi agak gimana gitu nggak sih cowok yang ‘terlalu’ tanpa pamrih? wkwkwk Bener :’ bagian pas mau akhir itu kok gitu banget ya :’ jlebjlebjleb

  11. Oh, ini TRJA. Yang kata temen gue akun facebook-nya di-confirm salahsatu personilnya. Bener atau nggak, bodo amat dah. Terserah dia. Buahaha.

    Hahaha, kalo baca makna lagunya, gue jadi inget adik kelas yang akhir-akhir ini curhat ke gue. Bisa ketemu kebetulan begini dengan lagu yang sesuai. 🙂

  12. Anjir ini lagu kesukaan gue pas SMK. Terus satu lagi Face Down. Udah, gue emang cuma taunya dua lagu ini doang.

    Emang Ahmad Dhani beneran masih maksain jadi gubernur, ya? 😦

  13. Wah ini gue tau lagu ini pas sma mas, 2008. Bareng mah face down sama damn regret klo ga salah. Hahaha kane ini buat dinyanyain klo lg megang gitar. Pasti bnyk yg ngikutin langsung hahaha btw salam kenal mas

    1. Waaa kamu lama banget taunya mas ? aku aja baru tau dari tahun 2012 :p wkkwkw kereen brati kamu 😀
      iyasih, andalannya TRJA itu Your Guardian Angel sama Face Down dan semuanya kereeen bangeet 😀

      Easy Listening banget ya mas lagunya 😀

      Hehe salam kenal juga ya, mas 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s