Mesin Penenun Hujan

Sabtu!!!!

Uwuwuwuwuwuwu.

Gimana hari-hari kalian kemarin? Lancar? Syukurlah.

Gue? Kacau. Sekacau-kacaunya. Selama hari Rabu, Kamis, Jum’at sampai Sabtu siang tadi, fokus gue cuma ada di mata kuliah Desain Portal Beton Tahan Gempa. Kuliah pukul 08.40, selesai pukul 17.10, lanjut ngerjain tugas besar Desain Portal Beton Tahan Gempa di kost temen sampai pukul 23.30, sampai rumah pukul 00.10, tidur pukul 01.20.

KAPAN PUNYA PACAR KALAU SIKLUS HIDUP GUE BEGITU-BEGITU AJA?

ITU BUKAN MASALAH SIKLUS HIDUP LO, ITU KARENA NGGAK ADA YANG MAU SAMA LO AJA, FEB!

Oh iya. Maap.

Tapi, emang iya. Nggak cuma gue yang menjalani siklus hidup kayak gitu. Hampir semua temen-temen gue yang ngambil mata kuliah Desain Portal Beton Tahan Gempa, siklus hidupnya kacau begitu juga.

Bahkan Ananta yang seharusnya nulis #SabtuNgomonginLagu untuk Minggu ini pun akhirnya memilih buat absen dulu karena dia fokus sama tugas besarnya.

Yah, kuliah mah begini. Nyesek diawal, bikin rindu diakhir.

Jadi, daripada berlarut-larut dalam kenyesekan yang nggak berujung, kita bikin malam ini jadi semakin syahdu dengan ngomongin lagu Mesin Penenun Hujan-Nya Frau aja, yuk?

Ada yang udah tau siapa itu Frau dong ya?

Yap, bener. Frau adalah nama panggung dari seorang perempuan kece asal Jogja yang bernama Leilani Hermiasih.

Suwer ya, sebenernya gue baru tau kalau sosok dibalik nama Frau ini adalah Leilani Hermiasih dari video ini, yang mana disini menampilkan Mbak Leni yang lagi duet bareng Mas Farid FSTVLST :

Setelah gue liat-liat, kok unyu-unyu gitu ya mukanya? Kayak muka mantan waktu masih sayang-sayangnya sama  gue dulu.

Dari situlah akhirnya muncul hasrat dibenak gue buat kepoin sosok Mbak Lani, mulai dari baca-baca di wikipedia hingga portal berita lainnya. Sampai akhirnya, gue pun mendapatkan informasi bahwa perempuan yang lahir pada 2 Mei 1990 ini ternyata mengawali hobinya di bidang seni musik dengan belajar piano sedari kelas 1 SD. Seiring berjalannya waktu, hingga Mbak Lani menginjak bangku SMA, dia sudah berhasil menciptakan beberapa lagu-lagu keren yang hanya dia rekam dengan alat-alat sederhana miliknya.

Sampai akhirnya… Ya hasil nggak akan mengkhianati usaha dong ya?

Jadilah Mbak Lani sebagai seorang penyanyi sekaligus pianis handal yang dikenal banyak orang dengan dua album kerennya sampai sekarang, yaitu :

Starlit Carousel (2010)

  1. I’m a Sir
  2. Mesin Penenun Hujan
  3. Salahku Sahabatku
  4. Rat and Cat
  5. Sepasang Kekasih Yang Pertama Bercinta di Luar Angkasa
  6. Glow

Happy Coda (2013)

  1. Something More
  2. Water
  3. Empat Satu
  4. Tarian Sari
  5. Wolf
  6. Arah
  7. Suspens
  8. Whispers

Awal gue tau lagu-lagu Mbak Lani (Frau) ini pada tahun 2013. Kala itu, lagu pertama kali yang gue dengar adalah Water. Entah kenapa, lagu tersebut terasa syahdu di telinga, sampai akhirnya gue mulai kepo lagu-lagu lain, seperti Sepasang Kekasih Yang Pertama Bercinta Di Luar Angkasa, I’m Sir, Salahku Sahabatku, dan juga lagu yang akan gue bahas kali ini : Mesin Penenun Hujan.

Gue suka sama kalimat-kalimat sastra. Meskipun begitu, rasa suka gue terhadap karya sastra tersebut ternyata nggak didukung sama isi otak yang udah terlanjur terkontaminasi sama serbuk-serbuk micin ini. Gue suka, tapi gue nggak mampu untuk menggapai dan memaknai kiasan dari sebuah kalimat sastra itu sendiri.

Di lagu Mesin Penenun Hujan ini, Mbak Lani menyajikan lirik-lirik yang sedikit ‘nyastra’ dan ‘berat’ untuk seorang Febri memaknainya.

Coba kita lihat liriknya :

Merakit mesin penenun hujan

Hingga terjalin terbentuk awan

Semua tentang kebalikan

Terlukis, tertulis, tergaris di wajahmu

Keputusan yang tak terputuskan

Ketika engkau telah tunjukkan

Semua tentang kebalikan

Kebalikan di antara kita

Kau sakiti aku, kau gerami aku,

Kau sakiti, gerami, kau benci aku

Tetapi esok nanti kau akan tersadar

Kau temukan seorang lain yang lebih baik

Dan aku kan hilang, ku kan jadi hujan

Tapi takkan lama, ku kan jadi awan

Merakit mesin penenun hujan

Ketika engkau telah tunjukkan

Semua tentang kebalikan

Kebalikan di antara kita

Menurut analisa gue, kayaknya disini Mbak Lani mencoba menggambarkan tentang seorang cewek yang sedang menjalani kisah cinta yang sudah berbeda. Kata ‘kebalikan’ mungkin adalah sebuah kata kiasan untuk menunjukkan betapa bedanya hubungan yang dia jalani dahulu dan sekarang. Dia pun akhirnya merelakan sang kekasih untuk mencari seseorang yang lain dan yang lebih baru.

TUHKAN, UDAH DIBILANGIN KALAU PACARAN ITU INDAHNYA CUMA DIAWAL, EH MASIH PACARAN JUGA?

Sini pacaran sama aku aja.

APAAN SIH !

Maap.

Hmm… Kalau menurut kalian, gimana nih makna dari lagu Mesin Penenun Hujan ini?

Sambil dengerin lagunya yuk? Cus.

 

Advertisements

100 comments

    1. Hihihi pas banget ya mbak buat pengantar tidur ya 😀 coba deh mbak, dengerin lagu frau yang lainnya 😀 nggak kalah syahdu kok 🙂

      Aaaaaakh, makasiiih banyaak ya mbak 🙂 hihihi

  1. enak nih mas, baru tauu hehe

    btw, semester ini aku ambil mekanika terapan analisa struktur, isinya ngurusin SNI yang ngitung gaya gempaa ternyata

    1. Hihihi yuk coba dengerin lagu frau yang lainnya yuk 🙂

      Mekanika terapan analisa struktur ? kok beda ya nama mata kuliahnya? itu tentang apa ya? ngitung momen? RAV RBV? BMD, SFD, NFD nggak sih?

      1. Boleh deh pan kapan yak tapi

        Materi sebelum uts sih ngitung gaya pake matriks, kalo sekarang ngitung gaya gempa pake SNI

      2. Iyaaap. Gapapaaa. Sekarang maaah kamu sama aku ajaa dulu~ *lah wkwkw

        Eng… ngeri ya mata kuliah ngitung gaya-gaya gitu wkwkw 😀 padahal main SAP2000 itu sebenernya udah ketemu semua -_-

  2. Saiyah kan sudah pernah bilang dik Febri…jangan pacaran, nikah! Emang anak Teknik nggak ada ceweknya? Biasanya perasaan senasib bisa bikin klik lho…

    Soal Frau…asli ini diksinya meliuk tinggi. Aku yang suka nulis fiksi aja nggak mudeng. Mungkin selevel sama letto atau katon yang lirik lagunya indah tapi harus mikir dulu cari maknanya

    1. Hihihi aku nggak pacarn loh mbak :p wkwk
      Ada sih mbak, tapi yaa gituuu wkkw sibuk juga kan anak teknik wkwk mana sempet pacaran 😀

      Nah, bener kan. Lirik diksinya gilaaak banget 😀 aku kaguum. Nah, untuk ukuran band terkenal ya kayak letto atau katon. Tapi untuk band indie, coba deh mbak kamu dengerin lagunya FSTVLST yang Menantang Rasi Bintang, Tanah Indah Untuk Para Terabaikan Rusak dan Ditinggalkan, Telan Cakrawalanya, Maha Oke, Hal-hal ini terjadi. itu sastra semua :3

      1. Kayaknya musti sambil buka KBBI kalau dengerin. Secara aku paling mabok kalau ketemu diksi yang selangit gitu…. Iya deh coba ntar dengerin FSTVLST*nah kan namanya aja susah ditulis*

      2. Whahaah benerrr mbak 😀 saking sulit dan rumitnya ya 😀
        Apalagi aku mbak -_- maboook banget 😀

        Hihihi namanya aja udah susah, apalagi lirik-lirik lagunya :p

  3. Itu beneran bang engga ada cewek yg mw sama abang?
    Kasian y bang kesannya kayak laku gitu
    .
    Itu mba lani nemuin nama panggung frau darimana bang? Kok jauh ya dari lani ke frau
    Saya kira frau itu cowok kali
    Kira2 bang nama panggung yg cocok buat saya apa y bang?

    1. Aaaakh 😀 samaa brati kita mbak hihih Eh, kunto aji ngecover lagu ini juga ya mbak? aku kemarin taunya dia ngecover sepasang kekasih yang bercinta di luar angkasa aja 😀

      1. Enakan versi kunto Aji malahan. Secara lagu ini chords nya banyak yang miring2 not setengah. Tapi kunto bawainnya keren bingits… Mulus.

  4. eh, itu kampret. nyesek diawal, rindu diakhir. gue pengen kuli lagi feb, nutupin MK yang gak maksimal gue serap.
    Kalau siklus idup lu kayak gitu, gue nyaranin banget buat lu dengerin lagunya PHB yang Kisah Mahasiswa tengah malam, feb, pasti cocok hahaha

    Gue baru tau frau ini malah, coba gue denger-denger dulu dah lagunya

    1. bener kan, kuliah akhirnya bakal ngangenin -_- duuuuuh wkwkwk

      Aaaaahaaa, nanti aku coba dengerin deh 😀 wkwk sediiih ya 😀

      Cobaa deh Er, siapa tau suka. Kamu anak nyastra kan ya 😀

  5. Itu Acara Festivalistnya di Yogya kah bang Feb ?? Musisi Yogya kece-kece ya.
    Suara dan lagunya kak Lani juga easy banget. Walaupun diawal kayaknya lagu ini Galau, tapi lama kelamaan. Tetep bikin baper.

    Btw gappa bang. Anak Teknik emang awal-awalnya remuk dan kerja keras dulu, ntar kalo udah lulus, istrinya cakep-cakep kok. Karna duitnya banyak. Buahahahahaaha

    AAMIN !!

    1. Iyaa Ka 😀 di Jogja dong ya 😀

      Hihihi iyaa, Jogja kan kota seni ya 🙂

      Enak dan manis didengerin ya 🙂 WKwkwk lagu galau ini mah 😀
      Duh, teknik begini banget ya :p wkkw dicintai karena uang dong anak teknik tuh :’

  6. Buset. Itu salah satu judul lagunya ada yg panjang banget ya.. Gimana liriknya. 😀

    Sama nih. Gue jg payah kalo di suruh menangkap makna kalimat2 sastra. Otak gue gak nyampe kyknya.

  7. Kece beraaat. Kece paraaah. Dari judulnya aja udah puitis ya, Feb. Liriknya tambah puitis~

    Penyanyi sekaligus pianis. Mbak Lani udah kayak Regina Spektor-nya Indonesia. Keren 😀

    Mau download aaah. Lagunya kayaknya sesialan Only One deh. :’D

  8. Bukan hal baru buat lagu ini, sekitar setaunan yang lalu gue jadi penggemar garis keras lagu-lagunya frau. cuma lagunya dan baru tau sosok dibaliknya di sini.
    Kalo mesin penenun hujan lumayan sering gue dengerin, walaupun masih kalah sering dari Sepasang kekasih yang pertama bercinta di luar angkasa sama tarian sari. tapi bagus semua sih, gangerti lagi.

    rasanya pengen terbang kalo denger lagu-lagu model gini.

    1. Hihihihi kamuuu emang ngehits deh Dibaaah 😀 Penggemar garis kerasnya Frau ya 😀 wkkwkw
      Nah, sekarang udah tau Mbak Lani dong brati? sini kenalan 😀

      Hehehe aku pertama kali justru Water yang lama dengerin, terus Sepasang kekasih yang pertama bercinta diluar angkasa, habis itu mesin penenun hujaaaaaan, uwuwuw 😀

      Emang baguuus dan bikin ngefly ya 🙂

  9. hmm, frau ya.. baru tau juga, sepertinya doi asik banget ya nuli slaginya. seniman sejati. coba kalau mesin penenun hujan bener2 ada, nggak cuman sekedar lirik lagu. asik tuh, bisa bikin hujan setiap sabtu malam biar orang2 yang pacaran nggak bis apacaran

  10. Feeebbb kok aku komen panjang di tempatmu ga bisa bisa yakk
    Padahal tadi dah kirim 3…
    E ngomongin mantan yang unyuk waktu masi sayang2nya,aku ko jadi kangen pengen baca blognya blogger cewe yang skarang jrang apdet ya, hihuhuhj

  11. Dari baca lirik lagunya, keliatan dia nyastra banget. Gimana ya kalo dijadiin lagu? Catet dulu, deh, Siapa tau kalo ada waktu senggan (dan Wifi gratis) bisa denger lagunya. 😀

    1. Naaaah, iya mbak 😀 ini lagunya lembut bangeet wkwkw bukan genremu ya mbak 😀 coba lagu ini dicover sama band-band punk, pasti kamu suka :p wkkwwk

      Hihihi ini lagu pantesnya emang buat pengantar tidur kok mbak 🙂

  12. Tetapi esok nanti kau akan tersadar
    Kau temukan seorang lain yang lebih baik
    Dan aku kan hilang, ku kan jadi hujan

    Nyess :”) Fix banget ini donlot mah.

    Btw suka Banda Neira gak? Lirik lagu sama musik mereka juga keren bangett. Ada juga lagu mereka tentang hujan, judulnya “Hujan Di Mimpi”. Sampe sekarang gue belum ngerti maksud dari lagu itu.

    1. Aaaaaakh Mbak Tan baper langsung cihiiiy :p hihihi
      Silahkan mbak 🙂

      Bandaneira tau dong aku Mbak 🙂 keren juga itu musiknya, lembut. Liriknyaa maniiis hihihi 🙂
      Aku baru dengerinnya yang di EP Diparuh Waktu e. Besok aku dengerin lagu yang Hujan Di Mimpi ya 🙂

  13. Serius kamu anak teknik?! Kok gak sekaku mas bojoku yaa… hihi
    pertama kali mampir, tulisanmu renyah banget, asik dibaca…. suka!

    Terus krn aku anaknya gak gaul2 amat, jadi baru tau sama si Frau ini, but she’s great!!
    good to share :)))

    1. Seriusan Mbak 🙂 hihihi Bojomu gimanaaa mbak kakunya? wkwkwk

      Makasiiiih banyaak ya mbak udah mampir 🙂 hihihi makasiiih apresiasinya 🙂

      Yeaaaaah, Frau emang kereeen Mbak 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s