Only One

Sabtu !

Yah, seperti yang sudah kita tau bersama, Sabtu adalah hari dimana manusia-manusia yang berada dalam status ‘pacaran’ udah pada mulai ngechat pacarnya gini :

“Yang, ntar malem ada acara gak? Kalo gak ada kita jalan yuk”

“Yang, ntar malem aku ke rumah ya? Lama gak main ke rumah kamu nih”

“Yang, ntar malem ada Limbad main debus, pake tanktop doang. Nonton yuk”

Udah cukup lama gue nggak ngirim pesan begitu ke pacar.

Huft.

Namun terlepas dari itu semua, jika kita mencoba untuk flashback sebentar, yaitu kembali pada hari Sabtu tanggal 20 Juni 1970, itu adalah hari dimana Presiden pertama Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno sedang mengalami sakit yang kritis. Ir. Soekarno keadaannya semakin memburuk dan kesadarannya berangsur-angsur menurun. Dan pada hari Minggu pagi tanggal 21 Juni 1970 Ir. Soekarno dinyatakan meninggal dunia.

Mari sejenak kita berdoa semoga amal ibadah dan jasa-jasa Ir. Soekarno diterima oleh Allah SWT.

Berdoa… Mulai.

Berdoa… Selesai.

Aamiin.

JAS MERAH = Jangan sekali-kali melupakan sejarah.

JAS BIRU = Jangan sekali-kali bicara saru

JAS HUJAN = Jangan sekali-kali hutang jajan

Sejarah dilupain,  mantan diinget-inget, jomblo di rajam.

Kan kampret.

Huft.

Baiklah, seperti biasa, mari sekarang kita #Ngomongin Lagu.

Pada kesempatan kali ini, gue mau ngomongin lagu Only One-Nya Yellowcard.

Siapa yang gak tau lagu ini? Siapa yang gak tau band ini?

Hmm mungkin ada yang gak tau ya? Maka, supaya lebih afdol, mari kita bahas sedikit tentang Yellowcard terlebih dahulu.

Yellowcard adalah sebuah band dari Florida, Amerika Serikat, yang terbentuk pada tahun 1997 lalu. Pada tahun segitu, gue baru berumur 2 tahun dan lagi seneng-senengnya main robot-robotan. Masuk ke tahun 2016, Yellowcard pun sudah bergerilya di dunia musik selama 19 tahun. Di tahun 2016 juga, gue pun bergerilya, dari yang awalnya mainan robot, sekarang jadi mainin hati.

SADES !

Masalah genre, Yellowcard pernah mencoba menciptakan lagu mulai dari genre rock, alternative rock hingga poppunk. Tapi, yang bikin band ini beda dan unik adalah keberadaan pemain violin atau biola dalam setiap lagunya. Suara violin tersebut memberi kesan “sweet” di balik genrenya yang rock. Jarang-jarang ada band rock pake biola kan ya? Jarang-jarang ada yang mencintaiku juga kan ya?

Sekedar info tambahan, band yang beranggotakan Ryan Key, Sean Mackin, Ryan Mendez dan Josh Portman ini selama perjalanan musiknya udah berhasil ngeluarin 11 full album dan beberapa mini album.

Ketje !

Sekarang kita bahas lagunya.

Lagu Only One ini merupakan salah satu single Yellowcard paling hits di album‘Ocean Avenue’ yang rilis pada tahun 2003 lalu.

Menurut gue pribadi, lagu ini keren abis. Bagusnya dapet, emosinya pun dapet. Kenapa emosinya dapet? Karena lagu ini nyeritain tentang kandasnya suatu hubungan.

Yo mari merapat yo para manusia yang hubungannya baru kandas…

Kalo kata Ryan Key (vokalis Yellowcard) mengenai lagu ini sih ya gini :

“It was a weird breakup. It was one of those where I felt like I had to do it, even though she didn’t do anything wrong. I just needed some space to figure life out for a while on my own. And I think that’s what the song says”.

Kalo liriknya? Nih :

Broken this fragile thing now

And I can’t, I can’t pick up the pieces

And I’ve thrown my words all around

But I can’t, I can’t give you a reason

Bait diatas adalah bait pertama lirik lagu Only One. Kata fragile alias rapuh alias ringkih alias mudah pecah disini bisa diartikan sebagai suatu hubungan. Jadi ceritanya ada seorang cowok dan cewek yang hubungannya udah putus. Disatu sisi, mereka pengen memperbaiki hubungannya kembali. Namun karena seolah sangat susah untuk menyatukan hati yang sama-sama udah ‘pecah’  hal tersebut pun nggak akan mungkin terwujud.

I feel so broken up (so broken up)

And I give up (I give up)

Just want to tell you so you know

Si cowok pun nggak tau harus berbuat apa lagi untuk kelangsungan hubungan mereka. Si cowok udah mencoba untuk melakukan yang terbaik, tapi tetep gagal juga. Dia cinta banget sama si cewek, tapi dia harus meninggalkan si cewek.

Eng…

INI KAMPRET MAUNYA APA SIH? CINTA TAPI KOK NINGGALIN? KAN JUHUT.

Here I go, scream my lungs out and try to get to you

You are my only one…

I let go, but there’s just no one that gets me like you do

You are my only, my only one…

Bait diatas adalah bagian reffnya. “Scream my lungs out” bisa diartikan begini : dia udah bener-bener berusaha buat yang terbaik untuk si cewek, tapi pada akhirnya ya nggak ada cara lain buat memperbaiki hubungan tersebut. Si cowok pun memilih untuk pergi walaupun sulit.

Ya, satu-satunya cara untuk menyelamatkan sebuah hubungan adalah dengan mengakhirinya. Kata-kata “You are my only one” bisa diartikan bahwa meski si cowok memilih pergi dan itu menyakiti perasaan si cewek, tapi itu gak akan mengubah perasaan cintanya ke si cewek.

“Made my mistakes, let you down

And I can’t, I can’t hold on for too long

I ran my whole life in the ground

But I can’t, I can’t get up when you’re gone”

Si cowok merasa bersalah udah bikin si cewek kecewa dengan pergi meninggalkannya. Si cowok udah mengorbankan egonya. Tapi dia tau, satu-satunya hal yang bikin dia semangat adalah saat dia bersama si cewek.

Here I go so dishonestly

Leave a note for you my only one

And I know you can see right through me

So let me go and you will find someone

Bait diatas nadanya sama kayak reff, tapi liriknya beda. Si cowok membohongi perasaannya sendiri. Dia masih cinta sama si cewek, tapi memilih pergi. Menurutnya, ini adalah cara terbaik. Si cowok berharap si cewek dapet cowok lain, yang lebih bisa bikin dia bahagia. Sementara si cowok memilih pergi. Cling. Ngilang. Tapi tetep, cintanya masih buat si cewek

Jadi intinya, seperti yang dikatakan oleh Ryan Key, lagu ini nyeritain kandasnya suatu hubungan sepasang kekasih. Tidak ada masalah dalam hubungan mereka. Namun si cowok merasa ia butuh waktu untuk sendiri. Mungkin kalo bahasa ABG sekarang putus tanpa alasan gitu kalik ya? Emang gak enak sih diputusin tanpa alasan yang jelas. Gue juga pernah tuh. Gue gak salah apa-apa. Gue selalu ada buat dia. Eh diputusin gitu aja. Sakit. Banget. Suwer.

Tiap denger lagu ini, nggak tau kenapa hati gue berasa sedih gitu rasanya. Padahal musiknya enggak selow. Sama kayak penjelasan gue diatas tadi, suara biola yang khas ala Yellowcard ini menambah kesan “sweet”.

Walaupun lagu lawas, tapi tetep enak buat didengerin kok. Bagi yang belum denger lagu ini, coba deh dengerin. Semoga suka! Tapi jangan bawa perasaan ya. Bawa pelampung aja. Lah kenapa? Soalnya lagunya dalem banget, takut tenggelam.

HASEK!

Yuk dengerin.

Ditulis Oleh : Achmad Ananta Hadi

Diedit Oleh : Febri Dwi Cahya Gumilar

Dihantam oleh : Dinginnya malam yang menusuk tulang hingga hati yang senantiasa sepi.

Advertisements

79 comments

  1. Jadi, ini apa hubungannya sama Pak Karno yang lahir dan meninggalnya bulan Juni. Lagian ini kan bulan april -___-

    jomblo mah bukan dirajam tapi dikasih penghargaan :mrgreen:

  2. Aih lagunya, Feb….. Lagunya kalau liriknya kita nggak pahamin betul, nggak sedih sih. Tapi pas coba nyanyiin liriknya yang, “You are my only, my only one,” itu nyeseeeeeeeeeeeek huaaaaaaaaa. Apalagi pas denger alunan biolanya. Duuuh. Kayak ada separuh jiwaku yang hilang dibawa pergi sama lagunya :’)

    Yo mari didownload lagunya yo para manusia yang hubungannya baru kandas…

  3. Waduh brati kamu dulu waktu kencan suka nonton debus yang pelakunya pake tanktopan doang ya ?? Malmingmu out of the box bang Feb.
    Di lagu ini violinnya kayak ketutup ya bang, padahal pengen denger ada solo violin tapi di lagu rock. mmm mungkin di lagu lainnya deh dari Yellowcard. 🙂

  4. Awalnya aku pikir ini tulisan bakalan ngebahas tentang malam minggu, tapi barang dirunut satu persatu, kok jadi nyambung ke bung karno ? apa iya ini tulisan tentang bapak proklamator? tapi kok nyambungnya jadi Yellowcard? Lha emang lagi main bola ya? sampai kena kartu kuning, eh nyatanya grup band… tetep paling hits ya lagu ocean avenue~~

  5. Tauk lagu ini tapi udah ndak hapal liriknya.

    Btw iya pembukanya loncat2. Kemudian berakhir dengan kejombloan (selalu). Dulu jaman kamu pacaran selalu berakhir dengan nyebut2 kata pacaran dan bahkan nama pacar. Pas jomblo kebalikannya. Nanti kalau kamu punya pacar, kebalikannya lagi, Feb?

    Ngggggg… *komen terjutek untuk deq Febri* huahahahaha ✌✌✌

    1. Sepertinya Dik Febri akan selalu menulis sesuai kondisi. Istilah kerennya menulis dengan jujur sampek lagi ngejomblo pun jujur*kaburduluah*

    2. Kamu tau lagu ini udah lumayan lama mbak? lah aku malah baru tau beberapa hari yang lalu :p wkwkwk generasi kita memang berbeda ya :’

      Eng… Mbak Syaaa kooook juhut begini ya -_- yaah, sesuai kondisi sekarang sih. kalau jomblo, aku ngenes dan sok ngatain orang pacaran :’ kalau pacaran, aku sok bahagia dan ngatain orang jomblo :p

      Wleeeeek :p

      1. Udah lama, jaman sma. Pas sukak juga secondhand serenade. Sekarang sih ndak.

        Generasi mah sama, kamu nya aja yang suka gak update HAHAHA

        Ngomong “juhut” depan muka aku, aku jambak rambut gondrongmu 😦

      2. Wwkwk jaman SMA? Aku dulu SMA taunya sama secondhand juga mbak, apalagi lagunya yang yourcall, why, sama maybe :’ uwuwuwu

        Iya sih -_- emang nggak update banget -_-

        Ketemu yuk, juhuuut :p aku mau dijambaaak, juhuuut :p

  6. Udah pernah dengerin versi covernya by el vuelo? Akustik punya, lebih soft and berasa galaunya. Ga pakai violin tapi pakai flute kalau ga salah
    Btw vokalisnya so cute…

  7. Yawloh pembukaan pertama bikin sakit ati banget deh bacanya hiks =D

    Ih aku termasuk orang yang belum tahu lagunya yellowcard ini baru denger sekarang ini hehe. Langsung terbang ke youtube baru dengerin deh hahaha.

  8. Nama bandnya kenapa engga redcard aja bang?
    Kan kalo redcard udah termasuk pelanggaran yg fatal
    Kenapa juga nama bandnya engga goal, offside, free kick, corner kick, celebration
    Kan keren

  9. Lah sekarang kan bulan April, sedangkan pak karno itu bulan Juni. Mungkin di cocok-in dari hari Sabtu nya, ya? 😀

    Judulnya kenapa Only One? Tapi anggota bandnya lebih dari satu orang? Wkwkwk 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s