Tukar Pendapat Tentang Laurentius Rando dan #SalahBeli

Gue adalah manusia yang sering kurang update. Yah, apapun itu, gue selalu terlambat untuk tau mengenai suatu berita yang baru ngetrend di hari itu. Setiap kali temen gue baru ngobrolin tentang berita hits terkini, gue selalu roaming dan akhirnya bertanya dengan muka bego’.

‘Kalian ngomongin apaan sih?’

Dan ketika pertanyaan gue di jawab, gue pun cuma bisa terperanga dan njerit kaget.

‘HAH?! SERIUSAN? SEJAK KAPAN? KAMPRET, KOK GUE BARU TAU SIH?!!!’

Menyedihkan.

Kekurang update-an gue ini pun kembali terjadi pada saat dunia maya (terutama twitter) heboh dengan berita tentang seorang youtubers yang ‘katanya’ ngejualin barang-barang pemberian dari fans.

Awalnya memang gue nggak tau apa-apa tentang berita ini, sebelum akhirnya pada suatu malam Jum’at yang syahdu kemarin, gue iseng liat-liat instagram dan disana kebetulan muncul sebuah foto screencapture yang diunggah oleh Raditya Dika.

Satulalala

Disitu gue pun penasaran dan membatin.

‘Rando itu siapa sih?’

Akhirnya, dengan jiwa maha kepo yang gue miliki, gue pun mencoba menelisik tentang berita-berita ini. Disitu, gue pun memilih buat membuka twitter dan kepo akunnya Raditya Dika.

Setelah kepo dan kepo, yang rasanya lebih kayak pengen nangis karena Raditya Dika keseringan ngetwit kalimat kampret yang menohok hati para jomblo, gue pun menemukan ini :

ssdasdsad

Karena semakin penasaran, gue pun membuka link yang @aMrazing kasihin ke Raditya Dika.

Dan…

Yak, disitulah kekepoan gue terjawab.

‘Ternyata ini toh’ Batin gue sambil menatap layar hape. Sendirian. Tanpa ada pesan masuk. Dari siapapun. Pokoknya sendirian. Menyedihkan.

fasdasdad

Setelah membaca status diatas, gue pun kembali berpikir.

‘Kok gitu banget sih?’

Ya, menurut gue sih sebagai seorang youtubers terkenal yang sudah ‘menghasilkan’, kelakuan Rando yang menjual barang pemberian dari fans itu adalah suatu hal yang salah. Ya ngapain juga dijual? Bukannya dia udah punya banyak pemasukan dari Vlognya yang udah hits itu? Butuh duit? Gue rasa enggak. Nggak butuh barang dari fans? Ya minta fansnya buat nggak ngirim hadiah lagi dong, ya. Iseng? Iseng pala lo peyang.

Yah, kadang kelakuan fans juga udah kelewat batas sih kalau udah suka banget sama sang idola. Apapun pasti bakal dia lakuin buat idolanya.

Sejujurnya sih gue kurang begitu tau tentang profil si Rando ini. Dari sekian banyak video yang dia unggah, sejauh ini gue cuma baru nonton satu video aja, itu juga karena dulu gue kira isi videonya tentang Raditya Dika.

dasdasdasca

Cuma Satu Video yang Gue Tonton, Dari Sekian Banyak Video Yang Ada

Terus gimana? Hal ini udah kejadian juga?

Yah, seenggaknya, kalau emang bener Rando ngejualin barang pemberian fans, semoga dengan adanya masalah ini dia bisa introspeksi diri aja. Banyak loh dampak dari masalah ini, mulai dari subscriber dia yang menurun drastis sampai gagalnya dia main di film terbaru Raditya Dika.

Kalaupun ini berita nggak bener, sebisa mungkin, jangan pernah deh ngejualin barang-barang dari fans. Sebisa mungkin hargai pemberian mereka.

Oke kan?

Nah, disini gue mau nunjukin sebuah video :

 

Karena mungkin opini gue diatas masih kurang tegas, disini pun gue mencoba bertukar pendapat tentang masalah ini kepada dua orang temen gue. Mari disimak :


Luthfi Asholam.

Laurentius Rando yang ngejual barang pemberian dari fans? Menurutku sih itu nggak pantas. Yah, secara yang ngasih itu kan fans. Orang yang udah bikin Rando sukses. Tanpa fans, mungkin dia nggak akan jadi apa-apa kayak sekarang loh. Jadi, ada baiknya sih hargai aja itu barang pemberian fans, bukan malah dijual.

Tapi sejujurnya sih, sebagai penikmat video-video youtubers, aku kurang suka sama Laurentius Rando. Masalahnya emang udah sedikit keliatan dari muka dan cara dia ngomong kalau kualitas dan attitude dia itu kurang baguslah.

Intinya sih kalau aku jadi fansnya dia, aku pasti bakal kecewa berat. Tapi, untung aja aku bukan fansnya.


Fatimah.

Pada suatu malam. Tepatnya tengah malem. Lebih tepatnya lagi pukul 01.24 WIB. Dengan kampretnya Febri ngechat aku gini :

‘Meh, mainan #OpiniBerkepalaTiga lagi, yuk? Tentang youtubers yang ngejual barang pemberian fansnya gitu’

Di dalam benakku kala itu :

‘ini anak kok selo banget sih pukul setengah dua pagi ngechat cuma mau bilang gitu doang? Youtubersnya siapa juga?’

Akhirnya, setelah dikasih penjelasan tentang akar permasalahannya, aku pun mulai mencari-cari info akan berita itu mulai dari ngesearch #SalahBeli ditwitter sampai kepo-kepo beberapa video di youtube.

Sejujurnya sih aku nggak tau siapa itu Laurentius Rando. Hebohnya dimana juga? Akhirnya setelah lama mencari, aku pun berhasil nemu beberapa info yang mana intinya itu dia ngejual keyboard dengan alasan punya dua keyboard yang sama gitu. Satu pemberian fans dan satu lagi punya dia. Tapi anehnya, di kaskus gitu dia ngiklanin kayboardnya dengan keterangan Salah Beli. Sementara di salah satu videonya yang berjudul Mail Time, ada sesi dimana dia buka hadiah dari fans yang isinya keyboard dan reaksi Rando pun girang banget.

Disinilah pertanyaannya. Kalau emang Rando udah punya keyboard yang sama sebelumnya, kenapa dia segirang itu ketika dapet hadiah keyboard dari fans? Kalau emang yang lama udah agak rusak dan bisa diganti dengan keyboard pemberian fans, kenapa dijualnya dengan keterangan Salah Beli?

Ngebingungin nggak sih?

Yah, intinya sih, apa yang dilakuin Rando (Entah itu beneran atau enggak) jangan pernah ditiru deh ya. Kasihan fans yang udah usaha beli kado buat idolanya dan bahkan mungkin si fans ini belum tentu bisa beli barang itu buat dirinya sendiri. Sakit banget pasti rasanya. Kayak kisahku dulu… Aku udah ngasih segalanya buat dia, tapi dia nggak membalas rasa cinta yang udah aku berikan itu.

SAKIT !

Eh, baper.

Maap.


Yah, dari tiga pendapat yang gue, Luthfi dan Fatimah utarakan, kita bisa mengambil kesimpulan :

Mungkin dulu Rando pernah disakiti oleh seorang gebetan yang menolak cintanya. Padahal, Rando ini udah berkorban mati-matian buat ngebahagiain sang gebetan. Akhirnya, setelah Rando sukses dan ngehits seperti sekarang, sang gebetan pun merasa menyesal dan mau minta maaf dengan cara ngasih barang ke Rando.

Merasa udah pernah disakiti, Rando pun akhirnya balas dendam dengan menjual barang pemberian sang mantan gebetan itu di kaskus.

Jadi intinya? Jangan pernah sia-siain pemberian dari orang lain. Karena pada dasarnya, ketika orang lain memberi, maka sesungguhnya orang lain itu peduli. Dengan menjual apa yang udah diberikan oleh orang lain, maka sama dengan kita mengacuhkan kepedulian yang sudah orang lain kasih.

Oh iya, satu lagi. Jangan jadi pendendam ya?

Terimakasih.

 

Advertisements

85 comments

  1. Masalahnya bukan tentang #salahbeli aja ya kan? Katanya banyak jugak. Termasuk copy paste gitu. Entahlah. Aku sering nyimak utub terus kepo subscribe nya dia yang turun nya parah. Gila ya medsos dampak nya warbiyasaaaa!

    Btw, aku setuju kalau kamu kudet. Wkwk, kebanyakan kuliah kek nya ye.

    1. Nah iya Mbak -_- parah ternyata si Rando ini ya -_- aku dengerin voicenotenya dia gitu, kok orangnya begitu banget -_-

      Dan yaaak, subscribernya turun drastis banget :’

      Eng… iya emang kudet sih. Tapi bukan karena kebanyakan kuliah, cuma kebanyakan mikirin masa depan kita aja~ *INI KENAPA AKU DOYAN BANGET SIH NGGOMBALIN ORANG DEWASA :(*

  2. Gue tau kabar ini dari yoga muahaha dikirimin linknya digrup

    Mau setinggi apapun derajat seseorang kalo attitudenya begitu perlahan juga pasti ditinggalin sama fansnya :’)

    Harusnya sih bersyukur aja ya, dikasih banyak fans yang sayang sekaligus perhatian sama Dia, gue aja gak ada 😦 yang merhatiin
    Eh maap jadi baper

    1. Yoga mah kayaknya update banget kalau masalah di twitter atau apa 😀 hihihi

      Iya Vir -_- dia secara attitudenya kurang baik. Pas aku nonton satu videonya, aku liat dari cara dia ngomong dan mukanya, kok aku nggak suka ya -_-

      Yaaah, harusnya. Tapi sayangnya dia nggak bersyukur dan malah ngejualin barang pemberian fansnya -_- parah 😦

  3. SAMA, FEB. AKU JUGA BARU NONTON SATU VIDEONYA DARI SEKIAN BANYAK VIDEO. ITUPUN NONTON YANG JUDULNYA, “DIKASIH TITIT ” BAHAHAHAHAHA.

    Setuju sama Luthfi. Untung aku bukan fansnya Rando. Jadi mah nggak kecewa berat gitu. Biasa aja. Cuma ya kesel sih. Maka yang dijual itu harganya mahal. Kasihan fansnya 😦

    Seperti biasa, opininya Fatimah selalu baper. :’D

    1. KENAPA KAMU NONTONNYA MALAH YANG DIKASIH TITIT SIH -__- duuuuh

      Hihihihi iya Chak. Untung aja aku bukan fansnya Rando juga 😀 hihihi tapi tetep keselnya ada loh liat hal beginian -_-

      Fatimah emang begitu :’

  4. Aku ga tau siapa dia tp ya ikutan kepo. #kepoislyfe Trus krn juga bukan anak kaskus, pas ngepoin ke sana jd bingung dgn trit2nya. 😂😂 tpi setelah ngerti ya…none of my business. #keposiasia

  5. hahahha..aku kemaren tau tentang kasus ini dari fb sih, *udah jarang banget gaol di twitter soalnya*, dan heran banget yah kok banyak banget yang bela2in ngirimin hadiah gt ya.. 😀
    lagian setelah nonton vlog nya rando ini, isinya juga ga bagus2 amat menurut aku…

  6. Aku tahu ini pertama kali dari twit nya @amrazing. Terus pas kepo dan kepo dan tau itu Rando, sontak komen, “ini siape deh? yutubers terkenal? kok aku ga tau” Ngiahaha,

    Jadi boro boro jadi fansnya, tau dia aja, engga 😀
    Eh tapi setelah tau itu rando, sempet sekelibet inget kalau doi pernah muncul di vlognya radith.

    Btw, aku juga kepo sampe klik a dari a ke b, dari b ke c, sampe bolak balik buka yutub, twitter. Muahhaha.

    1. Aku nggak kenal Radit Mbak -_- wkwkwk tau ajaaa 😀

      Waaaaaaa, kamu senior + temen S1 Bang Radith? Waaaaa kereeeeeen 😀 Waaaaaaaaaks 😀 salamiiin dong Mbak buaaat dia :3 hihihi

  7. “Jangan pernah sia-siain pemberian dari orang lain. Karena pada dasarnya, ketika orang lain memberi, maka sesungguhnya orang lain itu peduli”

    Nuff said! 🙂

  8. Sempet tukar pendapat juga soal ini di grup blogger jabodetabek.
    yhaa..yhaaa.. begitudeh.

    semoga peristiwa kemarin bisa jadi pembelajaran bagi yang bersangkutan, semua ada hikmahnya, semoga yang bersangkutan menjadi jauh lebih baik ke depannya. 😀

    1. Waaaaks, blogger hits jabodetabek nih kamu ya 😀 hihihi

      Iyaaap, semoga Rando bisa belajar dari masalah-masalah ini ya :’) semoga fansnya pun juga bisa belajar, jangan segitunya banget sama idola :’)

    1. Uwuwuwu baguuus Mbak 😀 nggak perlu tau juga kok. Dia jahat soalnya :3 hihih

      Halooo Mbak 😀 kabarku baik-baik aja Mbak 😀 kamu gimana mbak? sibuk momong anaaak uwuwuw kan ya ;3 hihihi

  9. Pernah sih nonton vlognya punya Rando itu kalau gak salah 2 video aku tonton tentang mail time gitu lah. Aku kira apa itu “mail time” eh ternyata buka-buka kado dari fans yang bejibun gitu. Sedikit agak pamer sih menurut aku kalau dari tiap video yang isinya ngebahas itu doang, malah ada banyak menurut aku tentang judul mail time.

    Menurut ku, itu perbuatan yang bikin seseorang (fans) sakit hati sih masa barang pemberian di jual sih, yah mau sebagus/sejelek apapun barang pemberian berhak kita terima dan simpan baik2 bukan malah di jual lagi, kan kasian yang ngasihnya.

    1. Duh, aku malah belum pernah nonton yang mailtime gitu ._. katanya sih dia sebelum mailtime gitu kayak ngode-ngode di fansnya gitu. Bilang ‘Waaah, ini keren banget’ ‘Aaaaah, mau ini’ ‘Aaaaah, lucuu’ gitu -_- akhirnya, fans yang fanatik ngebeliin dan dibikin video mailtime -_- pamernya parah deh kayaknya.

      Nah, iya. siapa yang nggak sakit sih, barang pemberiannya dijual gitu -_- semoga hal kayak gini nggak kejadian lagi ya :’

  10. BHAHAHAHAA OOH JADI KESIMPULANNYA RANDO PERNAH DISAKITI GEBETANNYA BANG

    Aku bru tau ttg dia bang. Baru kemarin cek ignya. Cek yutubnya. Mantap bener kodenya ya. Dikit dikit kode. Minta barang ini, kode. Barang itu kode. Cowok kok doyan kode kode. Hih. KZL.

    Setuju bang. Orang lain memberi sesuatu ke kita, itu artinya dia peduli. Harus dihargai dong ya.

    Paan juga itu pake nulis keterangan salah beli di kaskus. Salah beli pala lu peyang, Ndo.

    oke. Kebawa emosi.

    Maapin daku bang Feb 😦

    1. Wkwkw ya mungkin aja kan Lan :p wkwk siapa yang tau juga kan 😀 wkwkwk

      Wahahaha kamu kepo juga ya -_- wkwkw hah? suka ngode beneran dia ? paraaah -_- bikin kesel abis itu orang -_-

      Nah, bener banget. jahat kalau kepedulian itu malah dijual :’

      Emang bikin emosi kok Lan :’ gapapa 😀

  11. wahh akhirnya blogger terkenal angkat bicara soal rando. Ini salah satu klarifikasi dan nasihat dari bloger terkenal, harus diakui. Tinggal tunggu aja berita febry mnjual barang dri fans. Hmmmm :))
    Klo febry jual barang dri fans, ntar sy yg klarifikasi di postingan blog sy. Sekalian wawancarain fatimah hahahah

  12. Aku malah lebih kurang update lagi. Baru tahu ada masalah beginian di Koala Kumal. Baru tau siapa itu Rando dan wajar aja sih Dika nggak ikutin dia di film terbarunya. Kalo tetep dpt peran di KK, berapa ratus/ribu orang yg bakal ga mau nonton film itu nantinya? Hahhh…untung aku bukan fansnya. 😅

    1. Hehehe aku juga tau karena the power of kepo sih 😀 wkwkwk

      Wajar banget ya Radit ngebatalin kerjasamanya ._. habis, sifatnya begitu sih Rando :’

      Yah, sama Mas 😀 Untung aku bukan fansnya juga 😀

  13. Gue sih tau dia itu siapa. Malah sebelum dia bikin channel sendiri gue udah tau. Sempet mikir juga, enak ya dapet barang-barang dari fans gitu. Eh ternyata eh ternyata. Barang dari fans malah dijual. Dan baru tau juga, sifat dia yang asli gak kayak yang di setiap video nya. Setelah ada yang upload voice note dia buat komunitasnya. Ckckck

    Harusnya tuh, kalo dikasih barang sama orang lain dijaga, bukan dijual. Kan kasian ya, misalnya yang ngasih itu udah ngumpulin uang buat beli barang itu. Eh malah dijual lagi.

    1. Waaaa kamu udah tau lama banget brati ya mas ? Aku malah baru tau kemarin-kemarin ini wkwkwk

      Eng… kalau dibayangin sih emang enak ya dapet barang-barang dari fans gitu ._. -_- tapi jeleknya ya kok dijual gitu sih

      Nah, sifat asli emang nggak akan ditampilin dipublik kalik ya. tapi voicenote itu memecah semuanya :’

      Nah bener -_- sedih banget kalau jadi fans yang ngasih :’

  14. LU NGOMONG APAAN SIH FEEEB?? AKU GAK NGERTI BLAS! beneran tauuk. itu si rando siapa lagi.. kayanya aku lebih kudet dari kamu :))

    btw, selamat yaaa.. jadi dream teamnya raditya dikaa.. trus abis itu ngapain kamuh? :))

    1. Mbaaaak Edaaaaaa hihihihi nggakpapa Mbak 😀 Rando itu youtubers wkwkw 😀 aku tau juga karena iseng kepo aja kok 😀

      Eh, makasiiiih ya Mbak 😀 wkwkwk abis itu ngapain ya ._. kayaknya sih nggak ngapa-ngapain mbak 😀 wkwkw

  15. Si Rando itu siapa ya? Aku gak tahu.. :”

    Kurang ajar banget yak dia. Bener. Pernah tersakiti kayaknya dia. Jadi dia dendam dan gak peduli pemberian siapa dan darimana yang penting dijual dan bisa dapet apa..

    1. Wkwkwk brati dia kurang terkenal ya kwkwkw

      Banget kurang ajarnya -_- yakalik pemberian fans yang totalitas gitu dijual begitu aja -_- kan sedih :’

      Wkwkwk mungkin ya ._. tapi dendamnya ke fansnya -_- paaraaaah wkwkwk

  16. Gue bukan pesohor ya, tapi nggak banget ngejual pemberian orang lain. Mending disedekahin nggak ada yang tahu. Pan kalau sedekah tuh ibaratnya tangan kanan ngasih tangan kiri nggak boleh tahu kecuali riya’ alias sok pamer.

    Lagi pula menurut gue, dia ini nggak terkenal2 amat juga. Buktinya gue juga nggak tahu si Rando ini. Gue mah tahunya Rambo sama Rembo ayam jagonya atok Dalang wkwkwk

    1. Nah, sependapat brati kita mbak :’ emang nggak sepatutnya sih dijual gitu. Emang apa motivasinya juga coba -_- nah, disedekahin atau disumbangin kan lebih baik. Dia dapet pahala, fans yang ngasih pun dapet juga :’

      Parah Rando -_-

      Iyaaap, aku juga nggak terlalu tau dia kok mbak. Dia ngehits di youtube doang kayaknya wkwkwk 😀 Waaaaks Rembo Ayam Jagonya Atok Dalang :p wkwkkw

  17. Abis baca postingan ini aku langsung meluncur buat kepo youtube nya dan aku ngerasa kok orangnya rada arogan yaa… Ekekekek… Emmmm, mungkin aku aja yang ngerasa gitu 😂😂😂😂

  18. Tenaang Feb, kamu kayaknya urusan ini bandinganya sama emak2 ato bapak2 *ops*,
    saya ga tau si Rando dan permasalahnya, disitu maka serius membaca postingan ini dari awal sampai akhir,
    Si Youtuber, cepat naik, cepat juga turunnya, gerekannya fans *emang naikkan bendera?* 😀

    1. Wkwkwkw kurang begitu tau juga sih mbak wkwk efek dari kepo :p wkwkwk

      Lumayan heboh ya mbak ini masalah -_- jahat siiih Rando ._.

      Nah, udah tau gerekannya fans, kenapa barang pemberiannya malah dijual? beuuuh 😀

  19. coy kalo asal kalian tau aja yak, senelum ini gua tuh seorang fans fari si Laurentius Caesarando a.k.a gazelle ceoss bau tay, yg bisa disebut GAZELLION yang aduh beuhh parah banget sumpah gua kecewa level dewa, pas pertama2 gua kepoin ig nya indo beatbox yg punya nya billy pasti pada taulah yg nge beatbox di hitamputih itu. nah terus ada postingan dia yg tulisan nya keep smell on your fakes, nah pas gua pikir ko ini kaya kata2 bang rando yg keep a smile on your face, dan pas gua liat caption nya yg ada kata kata “SEORANG BEATBOXER YANG NUSBOL BEATBOXER LAINNYA” yg postingan ini tuh gua baca pas sebelum berita nya rando itu ke blow up. dan jelas gua ga percaya. dan bego nya lagi gua malah ngebelain si rando koplak itu dah kaya nya itu aja kalo pen tau lagi cek aja ig indobeatbox

  20. kayaknya aku lebih ga update lagi dr kamu Feb… ini aja baru tau beritanya setelah baca blogmu :D.. lgs penasaran pgn tau siapa sih rando ini.. pas buka youtube, duuh, jujur aja lgs males .. mukanya songong bgt gitu, mnta ditampol ;p.. sukur deh kalo batal main di film raditya 😀

  21. katanya sih sempet bikin video permintaan maaf trus dihapus lagi..
    tapi entahlah aku juga nggak kenal , taunya ya diceritain orang lain, hihihi..

  22. Kalo hadiah pemberian mantan boleh kita jual di Kaskus nggak, kakak? Hehehe.

    Lumayan bertanya-tanya tentang masalah ini. Gue nggak jago ngepoin ke akar masalah. Baru di sini ngerti kenapa masalahnya. (Serius ini. Nggak menjilat).

    1. Kalau aku sih nggak ya :p wkwk mending dipake aja 😀 ngapain dijual :p wkwkwk kenangan ada diantara kita sama mantan, bukan sama pemberiannya~ wkwkw

      Wahahah syukurlah ya 😀 makasiiiih 😀

  23. Tadinya gue pengin tulis tentang ini, tapi nggak tau kenapa males. Soalnya kalo menurut gue, malah bikin dia terkenal. Baca komen lu aja, banyak yang nggak tau dia. Wakakaka. Gue juga baru tahu dia pas video maen werewolf di vlog Radit. Terus akhirnya sampe ini heboh di Twitter, dan gue penasaran.

    Duh, bener-bener tega ya jual barang gitu. Gue aja barang mantan dari zaman SMK sampe sekarang masih gue simpen. Biarpun udah nggak mau pake, taruh aja di lemari atau laci. Hargai pemberian dia. Ehehe. Ngapa gue curhat gini, ya? 😦

    1. Wkwkwk aku nulis ini karena butuh bahan buat #OpiniBerkepalaTiga sih wkwkw kalau masalah bikin Rando terkenal, paling nggak terkenal buruknya dia aja 😀 wkwkwk

      Emang dari pertama liat, aku udah ilfil gitu sama si Rando kok -_- fyuuuh

      Duh… sedih ya Yog 😦

  24. hidup lu penuh dng wanita men .
    yang komen cewe semua :v
    btw . kalo soal rando . dia keren sih
    kalo lu mau tau ke kerenan nya dia .
    liat aja di video nanggepin haters .
    yang like 13 k . yang unlike 12 k . . cuma selisih 1000 . . anjir . keren ni anak . militan bnget haters nya .
    oh ya ane kan penonton setia youtube gan
    kan bnyak youtubers sring kolaborasi ni .
    nah . ketika ada youtubers kolaborasi ama rando walau gk ada 10 detik tampil nya si rando .
    tpi komen haters di video itu . membludak men
    keren abis . . ultras bnget mental haters nya .
    :v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s