The Other Side

Sabtuuuuu !!!

Yoik, berarti sekarang waktunya kita #Ngomongin Lagu dong ya.

Nah, karena Minggu kemarin gue udah absen nulis buat #Ngomongin Lagu ini, jadi sekarang nggak perlu berbasa-basi lagi deh. Langsung aja, pada kesempatan kali ini gue mau membahas tentang lagu The Other Side-Nya Tonight Alive.

Ada yang belum tau Tonight Alive? Mari kita ulik sebentar.

Kalau kita memaksa untuk mengartikan kata ‘Tonight Alive’, maka kita bisa mendapatkan sebuah kalimat ‘Hidup Untuk Malam Ini’. Jadi dari situ pun kita bisa menyimpulkan bahwa Tonight Alive adalah sebuah band yang hanya hidup untuk malam ini.

IYA MALAM INI DOANG ! BESOK BUBAR YA SIAPA YANG TAU KAN?

SAMA KAYAK HUBUNGANMU SEKARANG ! PACARAN CUMA PAS MALAM MINGGU INI KAN? BESOK PUTUS YA SIAPA YANG TAU KAN?!

Hmm.

Tonight Alive ini adalah sebuah band yang dibentuk di Sydney, Australia ,oleh 5 orang personel yaitu : Jenna McDougall, Whakaio Taahi, Jake Hardy, Cam Adler, dan Matt Best pada tahun 2008 lalu, bertepatan dengan pernikahan antara Manohara Adelia Pinot dengan Raja Kelantan yang dilaksanakan pada Agustus 2008. Tapi sayangnya, pernikahan tersebut ternyata terkesan terlalu dipaksakan karena seperti yang kita ketahui bersama, umur Manohara kala itu masih 16 tahun, umur dimana waktu itu gue masih baru-barunya naik ke kelas 2 SMK. Akhirnya karena masalah itulah pada akhir tahun 2008, Manohara dan Pangeran Kelantan pun memilih untuk bercerai, yaitu bertepatan pada saat gue terima rapot semester ganjil kelas 2 SMK.

Eng…

Untuk masalah genre music, Tonight Alive memilih genre Pop Punk, Power Pop, Alternatif Rock dan Emo untuk lagu-lagunya. Semua terbukti dari lagu-lagu di 3 Album (What Are You So Scared Of? (2011), The Other Side (2013), Limitless (2016)) dan 1 EP (All Shapes & Disguises and Consider This (2008)) yang udah mereka keluarkan.

Secara pribadi, dari 3 Album dan 1 EP yang sudah Tonight Alive keluarkan, gue paling suka di album The Other Side. Pasalnya, lagu-lagu di Album inilah yang seolah ‘menuntun’ gue buat suka Tonight Alive. Mulai dari The Ocean, Don’t Wish, Lonely Girl, The Fire, Come Home, Say Please, hingga lagu yang akan gue bahas kali ini The Other Side.

Menurut Jenna McDougall (Vokalis), di lagu The Other Side ini tuh menceritakan tentang sebuah hubungan yang awalnya dari bestfriend kemudian menuju ke masa-masa terindah mereka sebagai bestfriend yang best abis (atau dalam istilah Indonesia : teman tapi mesra), namun akhirnya mereka pun harus terjebak pada hubungan yang complicated, sampai ujungnya mereka harus berpisah.

I was back in high school when

We were talking late, from ten

Staying up till three am

Just friends

You didn’t have your license yet

We would lie under sun sets

Without a single worry yet

Just friends

And you would let me cut your hair

I thought about you everywhere

I haven’t been the same since then

Just friends

Dilirik awal ini adalah penggambaran tentang seorang cewek/cowok yang sedang menjalin hubungan baik sebagai bestfriend kepada lawan jenisnya. Masih unyu-unyunya banget. Ngobrol sampai lupa waktu, berdua melihat matahari terbenam sampai belai-belaian rambut.  Tapi tetep, disitu ada penggalan lirik yang seolah menegaskan bahwa keunyu-unyuan hubungan itu ‘Hanya Sebatas Teman’.

I left you at the station where

I would cry and watch you stare

Out the window as you left

Just friends

I called you from a payphone. I’m

Out of the country but I’m fine

I just miss you all the time

Just friends

Dilirik ini menceritakan tentang seseorang yang harus berpisah dengan bestfriendnya tersebut. Dia melihat sang bestfriend yang harus pergi di sebuah stasiun kereta, dan dia pun mulai menangis ketika melihat sang bestfriend ada dibalik jendela kereta yang mulai pergi meninggalkannya.

Ketika sang bestfriend udah benar-benar pergi, Dia hanya bisa menelpon sang bestfriendnya tersebut sembari sok tegar bilang ‘Nggakpapa’, padahal dia itu rindu setengah mati. Namun tetep, disini masih ada penggalan yang masih menegaskan bahwa semua tangisan dan kerinduannya itu ‘Hanya Sebatas Teman’

And there are so many things

I wanted to say

But I was a mess

And you moved away

And I think of all the times that you were right

I wish I could explain

Dibagian ini, Dia merasa menyesal ketika si bestfriend udah benar-benar jauh. Kala itu ada banyak hal yang pengen dia omongin ke sang bestfriend, namun ketika itu dia pun merasa kacau dengan hidupnya. Dan setelah itu, ketika kacaunya hilang dan dia benar-benar siap buat ngomong ke sang bestfriend, sang bestfriend malah pergi. Disitulah dia merasa bersalah dan berharap bisa ada kesempatan untuk menjelaskan semuanya.

Cause every time I ran

I ran to you

I meant it every time I said I loved you

I kiss the thought of you and I

I still regret the day that we said goodbye

And do you think of me at night?

I still wish we could’ve made it right

But we can’t say that we never tried

I guess everything seems more clear

Here on the other side

Ini adalah bagian reffnya. Entah kenapa, gue merasa ada yang nge-jleb tiap kali ngedengerinnya. Kurang lebih empat kali bagian reff ini dinyanyikan. Disini Dia seolah menjelaskan bahwa setiap waktu dia berlari, berlari mengikuti sang best friend tersebut. Setiap langkah yang dia jejakkan seolah mempunyai arti kata ‘Aku Mencintaimu’ untuk sang bestfriend.

Dia pun inget bagaimana hari dimana dia dan bestfriendnya berpisah. Dia pun berharap dia masih mempunyai waktu untuk memperbaiki semuanya. Namun dia pun tau, dia tidak bisa berkata dan berbuat apa-apa selagi mereka nggak mencoba. Semuanya pun nampak jelas dan seolah selesai begitu saja… disisi yang lain. Dia disini. Sang Bestfriend disana.

And if you’re wondering

I’m great

I’m stronger now but still

The same

My love for you it will

Remain

My friend

Ini adalah bagian ending lagu. Seolah-olah masih tetap sok tegar, dia bilang kalau dia jadi lebih kuat dan akan baik-baik saja. Semuanya masih tetap sama. Cintanya masih tetap tersimpan untuk sang bestfriend.

Fyuh. Nggak tau kenapa, gue kayak ada ikatan batin sendiri sama lagu ini. Menurut gue sih, lagu ini bercerita tentang bagaimana seseorang terjebak dalam BestFriendZone. Dari SMA kelamaan memendam rasa, ketika udah waktunya pengen ngomong, eh dia pergi. Ketika dia udah jauh, baru nyesel kenapa nggak dari dulu-dulu ngungkapin rasa cintanya.

Mampus~

Kalau menurut kalian gimana? Silahkan mendengarkan ya.

 

Advertisements

65 comments

  1. video klipNya ngak ngebosenin yap feb hoho, animasi itu loh eskalator bayangan naik turun gitu *focus sama videoklip* *halah*haha

    musicnya asik kok ndak terlaluuuu cadassss

  2. Enak lagunya Feb. Ngingetin sama evanescence (cuma karena fakta vokalisnya cewek dan musiknya ngerock gitu). Kalo vidklipnya sori ajeh, kreatif sih cuman kok serem ya. Hahaha… 😀

    1. Hehehe iyaaa kan bang 😀 lagunyaaa nyes banget 😀 enaaak 😀

      Nah, emang hampir kayak evenscene atau paramore sih ini 😀 kereen 😀

      Eng… video klipnya begitu banget ya ._. harusnya bisa dibikin keren tuh 😀

  3. kali ini gw gak dengerin lagunya feb, gw mo cari bagian loe curhatnya aja.. hmmm jadi waktu SMA yah… semoga best fren loe waktu sma bisa denger lagu ini juga.. trus sms loe

  4. Lo sekarang fokus bahas-bahas lagu gitu, ya, Bang? Soalnya, liat recent post isinya review lagu semua. Berharap nemuin artikel biasa sih tadi. Soalnya, gua gak pernah dengar lagu ini. hahaha. Tapi, dari review lo kayaknya mantep. ntar deh didonlod

  5. rutin juga ngepost soal lagu feb, kaonsisten bener keren..
    aku gak ngerti arti lagunya, gak ada subtitelnya.
    gak enak banget kek gitu beneran bestfriendzone, mampus lah. mendingan rasanya gak usah dipendem sampaikan aja langsung.

    lagunya menurutku yaa enak juga lah, kayaknya perlu dengerin lagi. dengerin sekali cuma biasa. mungkin kalo udah 4 kali baru tau rasanya.

  6. Feb, kamu fansnya Manohara Odelia Pinot kah? Sampe hapal dia nikahnya sama siapa, trus hapal nikahnya tahun berapa. Hahahahahahaha.

    Bestfriendzone. Ya ampuuuun. Huhuhu. Jadi ingat film Love, Rosie deh. Tentang film bestfriendzone juga. Btw itu vokalisnya cantik. Unyu. Jadi ingat Hayley Williams 😀

    1. Wkwkwk bukaaaaaan -_- kenapa fokusmu ke Manoharanyaaa wkwkkw 😀

      Waaaahahaha ampun banget emang kalau udah ngomongin bestfriendzone 😦 sediiih rasanyaaa

      Aaakh, emang mirip-mirip sama heyley. Tapi Jenna ini sedikit lebih tua mukanya 😀

  7. Waduuh. Aku baru tahu masa sama band ini. Itu vocalisnya juga go green ya. Rambutnya. Bagus bagus.
    Hemmm, dari lirik lagu aja udah bisa pastiin kalau lagu-lagunya asik, nih. Aku sendiri suka sama lirik yang kayak lagi nyeritain tentang sesuatu. Nyesss. 😀

  8. Bestfriendzoned.. hmm aku pernah ada di posisi aku nggak tau kalo temenku suka sama aku 😐 Pas aku married, langsung orangnya nggak bisa dihubungi lagi. Even, buat ngasih undangan aja dia nggak mau terima. Bhiks.

  9. Feb, setiap ke blog ini aku selalu disuguhi camilan berupa lagu yang baru kutau. Jadi banyak referensi musik nih, makasih yaa hehehe

  10. Wah, cocok banget. Gue lagi di warnet. Kencengg!!!
    Keren musiknya, tapi masih terlalu ngepop. Ya mungkin karena disesuaikan dengan lirik lagunya kali ya. Gak papa lah!! 🙂

    Btw, jadi tentang Bestfriendzone nih. Untungnya gue gak pernah ngalamin yang begituan. Jadi gak baper. Jangan sampek deh ya. Hehehe

  11. Duh, kasihan ya kasus Manohara. Gue dulu sempet ngikutin gosipnya. Huhuhu. Emaap. Malah nggak fokus ke lagunya. 😦

    Btw, Besok Bubar nama band juga kan, ya? Genrenya hardcore kalo nggak salah. CMIIW 😀
    Kisah di lagunya ini mirip sama cerita gue dan sahabat. Hm… dari 2013-2015 gitu-gitu aja. Sahabatan, rada mesra, tapi ya ujungmya gak jadian. Huhuhu.

    1. Yoooooog -_- kenapaaa fokusmu ke manohara? untung nggak aku pasang foto dia wkwkwk

      Wahahah kamu pernah friendzone juga ya -_- aku juga pernah ngalamin Yog, makanya pas dengerin lagu ini rasanya ngejleb banget -_-

  12. Ternyata ada juga band pop punk dari ostrali , konsep musik nya agak mirip sama We Are The In Crowd, bagus juga tuh vokalisnya cewek, pop punk dan liriknya tentang friendzone gitu ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s