4 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Praktek Kerja

‘Feb, besok praktek kerjanya dimana?’

‘Feb, udah dapet proyek buat praktek kerja belum?’

‘Feb, nanti kira-kira praktek kerja itu ngapain aja sih?’

Yap, kira-kira tiga pertanyaan itulah yang akhir-akhir ini mengganggu liburan gue untuk beberapa waktu. Akhirnya tiga pertanyaan itu pulalah yang membuat gue harus keliling Jogja cuma buat survey lokasi proyek biar nanti waktu jatahnya gue praktek kerja di semester 6 ini gue tinggal masukin surat izin praktek kerja aja.

Hmm… Ada yang belum tau apa itu praktek kerja?

Mungkin untuk sebagian mahasiswa atau pelajar SMK, istilah ‘Praktek Kerja’ udah sangat familiar ditelinganya. Yap, praktek kerja adalah sebuah kesempatan yang diberikan oleh pihak sekolah/kampus untuk mahasiswanya agar mereka mampu mengaplikasikan apa yang sudah diberikan di sekolah/kampus ke dunia kerja.

Hal ini sangat penting untuk meningkatkan karier para pelajar karena menurut pengalaman, tidak sedikit pelajar yang setelah selesai melakukan Praktek Kerja, mereka langsung diminta secara terang-terangan untuk bisa kerja disana lagi ketika nanti sudah lulus karena kinerjanya sewaktu praktek kerja itu memuaskan.

Sebagai manusia senior yang berumur muda dan bermuka tua sekaligus mantan kuli di suatu SMK, gue pernah merasakan bagaimana sensasi Praktek Kerja selama 3 bulan di Badan Pertanahan Nasional.

Untuk itu, karena di kuliah semester 6 ini gue pun akan kembali melakukan praktek kerja, maka disini gue akan membagikan sedikit info mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukan ketika praktek kerja besok.

Udah siap?

Silahkan.

1. Mencari Tempat Praktek Kerja

Hmm… Ini adalah elemen paling penting yang harus dilakukan oleh para calon prakerin kerja dimanapun kalian berada.

Kenapa hal ini penting? Karena sama seperti hati yang sendiri, ketika kita ingin mendapat pasangan, kita harus mencari, bukan berdiam diri. Pasangan nggak akan datang dengan sendirinya.

Lah, kalau kita nggak nyari? Sama seperti hati juga, akhirnya kita akan terlalu lama sendiri dan menjadi jomblo abadi. Sampai mati.

INI KOK PEMBAHASANNYA SAMPAI KE MASALAH HATI?

Karena mencari tempat praktek kerja sama seperti mencari pendamping hidup. Tak hanya berusaha untuk mendapatkan, pun kita perlu kepastian bahwa tempat tersebut ‘kosong’ untuk diisi.

AAAAAAARRRRRGGGGGHHHHH!!!!

2. Kerjaan di Tempat Praktek Kerja

Hmm… Ini adalah hal terpenting kedua setelah kita berhasil mendapatkan tempat kerja. Ya, sebisa mungkin kita harus memastikan bahwa di tempat praktek kerja nanti itu kita ada kerjaan. Karena seperti konsep yang terkandung dalam kata Praktek Kerja, maka disitu kita memang diharuskan untuk bekerja.

Kenapa gue tau bahwa hal ini penting? Karena gue sendiri pernah praktek kerja di tempat kerja yang hampir minim kerjaannya.

Jadi waktu itu periode gue Praktek Kerja adalah di Bulan Januari – Maret. Sementara menurut Badan Pertanahan Nasional yang menjadi tempat gue Praktek Kerja, pada bulan-bulan tersebut adalah bulannya perhitungan anggaran.

Maka kesimpulannya :

Pada bulan tersebut nggak ada pekerjaan yang pas untuk gue.

Enak?

Percaya sama gue, nggak ada kerjaan pas Praktek Kerja itu sama kayak nggak ada pacar di malam Minggu. Kadang enak kadang enggak.

3. Percaya Diri.

Percaya diri memang menjadi elemen penting dalam kehidupan, termasuk di dunia praktek kerja. Karena sangat penting, maka percaya diri ini bisa dibagi dalam beberapa macam hal :

a. Percaya diri kalau dapet tugas dari atasan.

Ya, sebagai kaum terpelajar dan membawa nama kampus/sekolah, maka kalau kita dapet tugas apapun dari atasan, kita harus senantiasa menyanggupi tugas tersebut dengan percaya diri.

Persis sama apa yang gue lakukan dulu.

Karena minimnya pekerjaan di tempat Praktek Kerja dulu, maka gue yang notabenenya dikenal sebagai seorang pelajar SMK jurusan Teknik Survey dan Pemetaan pun hanya diminta atasan untuk datang ke fotocopyan setiap pagi buat ngefotocopyin ratusan arsip yang diperlukan oleh atasan. Selain itu, gue juga pernah disuruh buat menjilid ratusan arsip tersebut serapi mungkin. Puncaknya, gue pernah disuruh masukin ratusan arsip itu kedalam sebuah map yang disediakan oleh atasan.

Kala itu gue langsung berpikir, kayaknya gue pelajar SMK jurusan Teknik Survey dan Pemfotocopyan, deh.

YANG PENTING PEDE AJE.

b. Percaya diri sama lingkungan kantor.

Yap. Sebagai prakerin kerja yang bijaksana, ada baiknya kita percaya diri buat mengeksplor lingkungan kantor. Hal ini penting untuk pengetahuan kita akan bagaimana sih lingkungan kantor tersebut? Siapa tau besok kalau setelah lulus kita diminta kerja disana, kita pun udah merasa familiar.

Nah, secara bertahap kita bisa mengeksplor kantor dari mulai melihat-lihat ruangan tiap divisi, hall kantor, basement kantor, hingga… toilet.

Eits, eksplor toilet itu penting banget. Persis kayak yang gue lakuin dulu.

Suatu hari, gue pernah datang pagi-pagi ke kantor cuma buat memfotocopy arsip yang udah diminta sama atasan dari kemarin. Setelah memfotocopy, sekitar pukul 08.00 WIB gue pun iseng-iseng bikin kopi biar kayak pekerja-pekerja gaul masa kini.

Tapi apa daya, setelah kopi itu habis terminum, gue pun baru sadar bahwa perut gue ini ternyata tidak didesain untuk minum kopi di pagi hari. Akhirnya pagi itu gue pun membulatkan tekad untuk mengeksplor toilet kantor sekaligus memberi oleh-oleh kepada toilet tersebut secangkir kopi, dalam bentuk tahi.

Setelah masuk di dalam toilet, respon yang pertama kali gue lakuin adalah : bengong. Yap, saat itu gue merasa dilema karena disitu gue menemukan sebuah toilet duduk, sementara gue belum pernah tau gimana caranya boker di toilet duduk. Disatu sisi, gue udah ngerasa mules banget. Maka akhirnya, disitupun gue membuat pembaharuan :

Di awal tahun 2011, seorang prakerin kerja bernama Febri Dwi Cahya mencoba maksain boker jongkok di toilet duduk.

ELEGAN !

Akhirnya dengan perjuangan yang sangat keras serta hampir kepleset beberapa kali karena pijakan toilet duduk itu kecil banget, gue berhasil boker dengan aduhai !

Semue berkat apa?

KEPERCAYAAN DIRI !

c. Percaya diri buat mengisi waktu luang.

Hal ini penting untuk dilakukan para calon prakerin kerja yang nantinya nggak ada kerjaan di kantor. Jangan merasa rendah diri dan selalu percaya bahwa sesungguhnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu luang di tempat praktek kerja.

Seperti yang gue lakukan dulu bareng beberapa temen Praktek Kerja gue.

Kala itu gue dan temen-temen merasa suntuk dengan Praktek Kerja yang gitu-gitu aja, tanpa ada kerjaan yang jelas. Maka, berlandaskan rasa suntuk itu akhirnya di hari berikutnya gue dan temen-temen mempunyai inisiatif buat membawa laptop dan stick game.

Akhirnya setelah itu, setiap ada waktu luang gue dan teman-teman selalu mengisinya dengan main game di kantor.

LUAR BIASA BUKAN ?!!!

Terimakasih kepercayaan diri.

d. Percaya diri untuk kesejahteraan hidup.

Sebagai prakerin kerja yang butuh kesejahteraan hidup, kita harus memperhatikan hal ini. Ya,kesejahteraan yang dimaksud disini adalah : Makan.

Semua orang butuh makan, termasuk juga para prakerin kerja. Maka sebagai calon prakerin kerja yang baik, sebisa mungkin kita harus percaya diri biar bisa makan di kantor.

Seperti apa yang pernah gue lakuin dulu.

Waktu awal-awal Praktek Kerja dulu, gue dan temen-temen kalau makan siang di kantin kantor selalu bayar sendiri. Miris memang. Sampai akhirnya disuatu jam makan siang, gue mendengar ada seorang pekerja yang bilang sama ibu kantin.

‘Buk, yang bayar nanti kantor ya?’

Sang ibu mengiyakan dengan senang hati.

Disitulah kepercayaan diri gue dan temen-temen itu muncul. Setelah Pak Pekerja itu pergi, gue dan temen-temen langsung ikutan bilang.

‘Buk, nanti ini yang bayar kantor ya’

Sang Ibu pun mengiyakan kembali.

Dari ucapan sederhana yang dihasilkan oleh rasa percaya diri yang kuat itulah akhirnya gue dan temen-temen bisa mendapatkan kesejahteraan hidup yang layak waktu Praktek Kerja : Makan gratis.

Ya, setidaknya sampai ketika gue kembali mengucapkan kalimat sederhana itu untuk yang ke sekian kalinya kepada ibu kantin, si ibu kantin pun hanya bilang :

‘Tadi saya dipeseni sama Orang Kantor, katanya anak-anak Praktek Kerja kalau makan suruh bayar sendiri’

Hmm………………………………….

4. Beribadah.

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (QS. Adzariyat : 56)

Jadi, jangan pernah meninggalkan Ibadah dimanapun kalian berada ya.

Advertisements

121 comments

    1. Wkwkwkw mantaaaaaaap :p wkwkwk tapi aku kan bukan senior :’ semester ini aku juga baru mau praktek kerja nih wkwkkw 😀 besok Jumat baru mau sosialisasi wkwk siap-siaaap ribet nih 😀

  1. Duh Feb yg nomer 4. Kamu relijies syekaleeeeh. Layak disebut aa Febi Gym. Gymnasium tapinyaaah. Iya ini karena Arsenal kalah Feb. Sedih kali akuuu 😦 😦 😦

    1. aduh! Oiii… 😀 😀 gymnasium… kesian Aa..

      Oh, pas praktek kerja jangan lupa selalu dandan kece ya Feb… mana tau dapet kecengan… mbak yang ini dapet kecengannya pas kraktek kerja sik… 😀

      1. Gymnasium :(( wkwkwkw

        Waaaah, besok bakal dandan serapi mungkin ah mbak kalau praktek kerja. Siapa tau ada yang nyantol beneran ya 😀 tapi kalau yang nyantol om-om gimana? Brati dandanku kebancian ya 😦

    2. Kwkwkwk Duuuuh, Gymnasium kayak sejenis apaan gitu ya mbak :p wkwkw

      Iyaaa :’ beberapa pertandingan terakhir performa arsenal ini menurun :’ baru semalem tuh menang 4-0 sama Hull :’

  2. Baru tau ada jurusan Teknik Survey dan Pemetaan, kayaknya kalo SMK di luar Jakarta jurusannya macem-macem dan variatif banget deh, pernah tau juga ada temen yang jurusannya semacem geologi-geologi gitu. Sepengetahuan gua, kalo SMK-SMK di Jakarta jurusannya itu-itu melulu.

    Soal yang jongkok di toilet duduk itu bukan pembaharuan yang cukup revolusioner kok. Bukan perjuangan yang langka kok. Beneran. Yakin. Haha.

    Wah poin terakhirnya bijaksana ya.

    Nb: kok nggak ada poin tentang rekan kerja ya? Kali gitu ada sekalian tips nyari jodoh di meja sebelah atau semacamnya. Oya, poin tentang gaji juga ga ada yak

    1. Wkwkwk iyaaa mbak 😀 jurusan agak jarang tapi dibutuhin banget sih itu jurusan teknik survey dan pemetaan 😀 ditempatku ada juga jurusan teknik kayu, batu beton dll wkwkwk 😀

      Kalau di Jakarta gitu SMK jurusannya apa mbak? kebanyakan manajemen gitu ya ._. wkwkwk

      Brati banyaaaaaaaaaaaaaaaak yang udah ngelakuin ya mbak jongkok di toilet duduk :p wkwkwk 😀

      Alhamdulillah ya di point terakhir :p

      Maunyaa sih dikasih, tapi udah kepanjangaaaan gini mbak tulisannya, jadi yaudaah segini dulu aja :p

  3. Iya feb bener kalo ditempat PKL gak ada kerjaan itu rasanyaaaa…. malam minggu gak ada pacar kadang enak kadang enggak wkwkwk. Cari pacar ya feb ditempat PKL manatau bisa cilok *eh

    1. Wkwkwkw nah kan, pasti kalau PKL bakal ngerasain deh mbak wkwkwk betapa gabutnya nggak ada kerjaan wkwk 😀

      Aku bentar lagi Praktek Kerja kuliah nih, gimana ya bedanya :’ wkwkw

      Yakaliiiiik mbak sempet-sempetnya nyari pacar :’

      1. Ya mana tau sempat kan Feb 😀 kedipin mata aja Feb, asal jangan sering kedip kedip aja nanti orang pikir Febri ……….. wkwkwk

  4. nanti cerita ya pengalaman suka duka praktek kerjanya nanti *kepo*, dulu aku prakteknya di RS Muhammadiyah yg di malioboro tu, huffft pasiennya banyak kali sampe bingung mau ngerjain resep yg mana dulu

    1. Wkwkwk siaaap Mbak 😀 ini baru persiapan aja sih wkwkw 😀

      Wahahah prakteknya di PKU Muhammadiyah ya 😀 itu disana kan rameee banget mbak wkwkwk setrong sekali kamu mbak 😀

  5. HAHAHA..ada2 aja tipsnya..emangnya praktek kerjanya dikantor gitu feb?
    aku dulu sih di proyek gedung gitu.. jadi kerjaan nya selama praktek itu yaaa liatin orang kerja, gimana proses pembangunan gedungnya..itu aja sih.. 😀

    1. Wkwkwk dulu waktu SMK aku gitu mbak 😀 magang di kantor 😀

      Besok kalau pas kuliah kayaknya bakal di proyek gedung gitu 😀 wkwkwk Aaaaaaakh, aku bentar lagi kayak kamu mbak 😀 wkwkkw

  6. Menyibukan diri di waktu luang tak kira pas lagi liburan, eh ternyata maen game pas di kantor.
    Ngga sekalian jaim aja? kali aja nanti di rekrut 😛

  7. Hehehe sebenerny ada yg tugasnya fotocopy itu ujian loh. Kalo kerjaan yg sepele aja ngerjainnya rapi, gimana nanti kerjaan yang besar? Tapi kalo bukan ujian ya paling jadi tukang fotocopy beneran *hehehe becanda yooo*

    1. WKwkwk iya ya mbak ._. ujian banget kayaknya mendadak jadi anak fotocopyan wkwkwkw 😀

      Alhamdulillah dulu semua kerjaannya rapi :p wkwkwk jadi, aku bukan tukang fotocopyan dong ya :p

  8. Kesian ih liburan nya kepikiran praktek kerja 😦 LIBURAN DONG! *ga santai*

    Parah banget masa Tuhan dinomer empatkan, nomer satu dimana2 jugak. Astagfirullah Febri 😦

    1. -_____________- Aku kan setrong. Pas kamu liburan aja aku masih mikirin kuliah, pas kamu sibuk kerja dan aku liburan, aku masih mikir praktek kerja. Hidup beginii amaaat yaaa :’

      MBAAAAAAAAAAAK SYAAAA -_______- AKU KOK JADI MERASA BERSALAH BEGINI YA. PINDAAAAH. JADI NOMER SATU. BERIBADAAAH JADI NOMOR SATU. ASTAGHFIRULLAH FEBRIIIII wkwkkw

  9. Gw dulu kabur dari tempat kerja pertama. Padahal itu kerjanya di Bursa Efek! Tempat yang gw pengen banget sekarang! Hahaha. Emang sih ya namanya kerja praktek kudu beneran niat. Nyesel gw dulu gak rajin dan malah kabur. Hahaha.

    1. WKwkwk Bang Dani kabur pas Praktek Kerja cobaa :p wkwk iseng banget mas masa mudamu wkwkw 😀 Yaaaah, padahal itu tempat yang kamu idamkan wkwkw 😀

      Iyaaa ya, semoga besok aku bisa niat deh 😀 jadiin Bang Dani sebagai pembelajaran 😀

      1. Sengaja 😀 dasar anak Jawa yg change keluar ga banyak, study excursion ke Kalimantan, bolehlah KP di Sumatera hahaha

        Jangan lupa kerling2 mata sama pegawai sana, Feb. Kali jadi jalan buat masa depan *tya bertitah*

      2. Wkwkwkw itu nggak sama kuliah ya mbak kamu dulu ._. ini tempatku besok bertepatan sama waktu kuliah e mbak, jadi nggak bisa jauh-jauh -_- wkwkwk

        Waahahah mantaaap mbak 😀 siapa tau ada yang nyantol kan ya 😀 lumayan dapet yang udah kerja 😀 *bisa aja Mbak Tya nih wkwkw 😀

      3. Baru tahun kmrn kok, Feeeb. Sarjana jg belum, aku ga setua itu 😀
        Ah iya sih yaa, ga bisa sambil jalan jalan. Maksudku, kemungkinan kerja tjoyy! Dasar yg dipikirin cantolan hati mulu ih HAHAHA

      4. WKwkwk Ampuuuun :p kiraiiin udah sarjana Mbak 😀 hehehe 😀 Ampuuun lagiii 😀

        Hhahaha kirain sih mbak ._. habis bilangnya nyantol, kan biasanya nggak jauh-jauh sama hati ~~ lalala :p wkwkw

  10. Ciyee feb, calon imam yang baik nih mengingatkan untuk selalu ibadah,
    Yap gue sendiri sebagai siswa smk juga udah pernah praktek kerja a.k.a magang a.k.a psg (pelajaran sistem ganda) a.k.a pkl (pedagang kaki lima) eh tapi kayaknya yang terakhir salah deh singkatannya. Haha.

    Aku ngga nyangka ada

  11. ini mkasdnya magang kan Feb? di kantorku, anak2 magang juga bnyk yg diberdayakan utk ngerjain kerjaan2 yg ga penting :D.. kdg kasian sih, tp bos2 di atas maunya gitu… lagian sbnrnya kalo mereka dipekerjakan di area operation (tempatku, misalnya), percuma juga sih… kan ada restricted area yg mereka g bisa masukin.. trs, kerjaannya toh mewajibkan pake sistem yg ga smua bisa akses… jd drpd mereka ga bisa ngapa2in, disuruh fotocopy dan kerjaan gampang lainnya lah 😀

    1. Iya Mbak, Magang wkwkw 😀

      Nah kan -_- kantormu jahat brati wkwk banyak anak magang yang disuruh ngerjain hal yang nggak penting wkkwkw 😀

      -_- jadi emang udah sewajarnya ya anak magang dibeginiin wkkww 😀

  12. Hahaha… dulu saya inget pengalaman magang di salah satu stasiun tv swasta. Masuk jam 10 pagi, pulang jam 10 malam.

    Lalu lalang sana sini, bawa-bawa script & rundown.
    Ngikutin artis.
    Disuruh beli ini itu sama artis.
    Pernah disuruh buatin teh sama artis sialan itu,
    “what’s this, i never drink tea with the -black thing-”
    *this is tea leaves dumbass & it’s common.

    Tapi kangen juga suasana magang dulu.

    1. Wkwkwk kisah magangmu menarikjuga ya ._. masuk jam 10 sampai jam 10 malem wkwkwk setrong sekali anak magang kayak kamu mas 😀 wkwkwk

      Tapi lumayanlah ketemu artis wkwkwk 😀

      Pada akhirnya suasana magang yang dulu kita keselin, bakal kita rinduin ya :’

  13. Karena jurusan kimia analisis, otomatis pkl di lab dong ya. Jadi bhay sama yg namanya nganggur, apalagi klo di perusahaan kakak. Yang ada kita dikerjain buat analisa mulu, tapi pengalaman berharga banget 😁

    1. Wkwkwk syukurlah ya kamu nggak ada nganggurnya wkwkwk :p wkwkwk seru tapi eh kayaknya PKL di Lab wkkw 😀

      Eh, anak kimia analisis gitu sering bikin percobaan kayak ngeledakin sesuatu pake senyawa-senyawa gitu nggak sih ._. wkwkw

  14. Bahahaha jadi inget waktu lagi prakerin dulu, pas mau makan kirain bakal dibayarin sama boss taunya bayar sendiri. :’v

    Poin-poin tentang kepercayaan diri di tempat prakteknya inspiratif, terutama di poin mengeksplor toilet kantor. Luar biasa.

    1. WKwkwkw itu sedih banget ._. makannya bareng bos atau sendiri? wkwk aku kalau pas makan bareng bos gitu makannya enak dan pasti dibayarin wkwk gengsi kalik itu si bos :p

      Alhamdulillah sekali ya? kita kan harus terus percaya diri :p

    1. Wkwkwk ya ngarep banget sih mbak ._. kirain anak Kerja Praktek dapet makan -_- ternyata kagak wkkwkw

      Eng… ndeketin orang kantor yang kece ya :p waktu itu aku masih SMK mbak, ggak kepikiran *alibi :p

  15. Gue juga gitu, Feb. Awal-awal make toilet duduk pasti jongkok. Norak emang. Wuahaha.

    Lah, enak itu kesampean makan gratis. Gue dari awal PKL mah boro-boro. 😦

    Terakhir doang pas perpisahan diajak makan sama salah satu supervisor. Manajernya malah nggak peduli kami kelaperan atau gimana. Wqwq.

    Masya Allah Febri masih inget ibadah di mana pun. Allahu Akbar!

    1. WKwkwk sama brati kita Yog wkwkw 😀 norak ya kita :p wkwkw

      Alhamdulillah banget sempet beberapa kali makan gratis wkwkwk 😀

      Sedih banget masa PKLmu Yog :’ suwer, sekali doang itu makan gratisnya? 😦

      Alhamdulillah ya *belai jenggot

    1. Waaah, enak itu? udah ada recommend ya -_- kalau besok sih aku praktek kerja gitu cari proyek sendiri. Nggak ada recommend, kan proyek gitu sekali jadi wkwkwk

      Enak ya kalau ada orang dalem :’

  16. pengalaman fotocopy itu gak boleh disepelekan sebenarnya, disitu ada teknik memetakan kertas dengan tepat, dan lainnya terkait kesabaran.
    *yang elegan kok ya dibawa ke ranah publik to feb, entar kalau calonmu membaca diary ini bagaimana 😀 *

    1. Eng… kayaknya kamu kuliah di teknik perfotocopyan ya :p wkwk tau banget seluk beluk fotocopy mbak :p wkwkkw

      Iya juga sih, kalau nggak biasa, ngefotocopy blabla itu agak rumit ya wkwkw

      Eng… nggapapa deh kalau ada calon baca, biar dia tau gimana aku :’ wkwkwk

    1. Hehehe Iyasih, lumayaaaan dapet pengalaman kalau di SMK dulu :p wkwkw 😀
      Aaah, anak SMA kayaknya seru juga kan? ngebelah-belah kodok :p wkwkwk

      Okee. Nanti aku follow ya 🙂

  17. praktek kerja .. biasanya jadi kacung kampret .. disuruh bawa ini .. disuruh bawa itu, fotocopiin, anterin ini .. ambil itu …. tapi memang saya setuju .. selama kita percaya diri .. kita melakukannya dengan pede 😀

    1. Wkwkwkw ternyata hampir semua anak praktek kerja itu jadi kacung kampret ya -_- dikerjain banget nih kita-kita wkwkwk 😀

      Bener dong ya 😀 tetep pede, biar jadi Kacung yang Pede 😀

  18. sangat membantu sekali artikel di atas. emang pekerjaan apapun yang dibebani ke kita oleh atasan harus dilakukan dengan percaya diri (PD). jadi apapun pekerjaannya harus di niati dan percaya diri.

  19. klo misal ane bantuin bapak tukang yg lagi sibuk ngerjain sesuatu, sbnrnya mereka itu merasa terbantu atau malah merasa terganggu ya?.. kan ane masih minim pengalaman, takutnya malah jadi beban yak..

  20. Seruu magang gini.. Waktu kuliah gw magang di 3 perusahaan berbeda, dan ke 3 nya berkesan abis. Ada yg beneran kerja tapi pernah juga dikerjain. Masakk gw ma temen2 gw disuruh rapihin file digudang arsip yg dari tahun 70an proyek nya. Se Indonesia pulak..wkwkwkw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s