Hold On Till May

Haloooooooooooo.

Jumpa lagi di hari Sabtu.

Jadi udah pada tau kan mau bahas apa? Yak betul, waktunya kita membahas masalah Saipul Jamil yang lagi kena kasus pencabulan.

Nah, seperti yang sudah kita ketahui bersama Saipul Jamil ini adalah salah satu penyanyi dangdut yang fenomenal, namun sayangnya, berita yang kurang enak didengar sedang menimpa dirinya. Jadi cerita nya gini…

LAH? INI APAAN? SERIUSAN NIH MAU NGEBAHAS BERITA SAIPUL JAMIL?!!!

Maap.

Oke, hari Sabtu tentu adalah hari dimana kita semua #Ngomongin Lagu. Maka, lagu yang akan gue omongin kali ini adalah Hold On Till May-Nya Pierce The Veil.

Seperti biasa dong, sebelum masuk ke lagu ada baiknya kita membahas si pencipta lagunya terlebih dahulu.

Pierce The Veil (atau biasa disingkat PTV) adalah sebuah band bergenre post-hardcore yang berasal dari Califonia, Amerika Serikat. Yah, deket-deket sama Indonesia lah. Tapi kalo di Indonesia namanya Calijodo. Itu tuh, tempat yg mau digusur sama pemerintah Jakarta 😦

PTV ini terdiri dari empat orang personil, dimana dua diantaranya adalah kakak beradik yaitu Vic Fuentes (Vokal, gitar) dan Mike Fuentes (Drum), lalu dua personel yang lain adalah Jaime Preciado (Bass) dan Tony Perry (Gitar).

Keunikan dari PTV ini adalah pada pembawaan musik yang beda dari band bergenre post-hardcore lainnya dan juga pada suara si vokalis (Vic) saat bernyanyi. Suara Vic itu sangat khas banget (agak nyempreng gimana gitu, tapi tetep bagus dan kuat dinada tinggi dan bisa nyecream juga), sehingga lagu-lagu mereka itu banyak digemari oleh penikmat musik bergenre post-hardcore, termasuk gue. Hehe.

PTV ini terbentuk pada tahun 2006 dan sampai sekarang ini sudah mengeluarkan 3 full album keren. PTV ini sendiri udah pernah mampir ke Indonesia (Gue gak nonton karena sibuk-sibuknya belajar buat Ujian Nasional). Selain itu, PTV juga beberapa waktu lalu udah melakukan World Tour bareng sama Sleeping With Sirens. Gokil. Dan denger-denger sih tahun 2016 ini PTV bakal ngeluarin album ke empatnya. CAN NOT WAIT, BEIBEH.

Kayaknya cukup deh membahas tentang bandnya. Selanjutnya, mari kita bahas lagunya.

Untuk musik yang bergenre post-hardcore yang PTV bawakan ini emang kesannya terlalu garang, ngeri, liar, nakal, brutal, membuat semua orang menjadi gempar #IfYouSingYouLose

Eits, tapi tetep ada beberapa lagu yang bermakna sedih juga. Salah satunya Hold On Till May ini.

Lagu Hold On Till May ini masuk ke dalam album ketiga PTV yang bertajuk β€œCollide With The Sky” yang rilis pada tahun 2012 lalu di bawah naungan label kondang Fearless Records.

Latar belakang dibuatnya lagu ini sebenernya untuk teman deket Vic yang nggak dipeduliin sama orang tuanya. Di lagu inilah Vic ingin membantunya. Na’asnya, temen Vic ini terpaksa bunuh diri karena dia merasa sangat diterlantarkan oleh orang tuanya sendiri.

Lagu ini bukan cuma tentang bunuh diri. Kita juga bisa mengartikan lagu ini sebagai bentuk perjuangan untuk menjaga seseorang yang kita cintai agar tidak meyerah dalam menjalani pahitnya kehidupan.

She sits up high surrounded by the sun

One million branches and she loves every one

“Mom and dad, did you search for me?

I’ve been up here for so long I’m going crazy”

Bait diatas Β menunjukkan bahwa ada seorang cewek yang sedang dalam keadaan stress berat. Pikirannya pun terbawa kemana-mana. Si cewek ini merasa bahwa dia hidup sendirian, sangat kesepian dan terlupakan. Intinya bait di atas itu nyeritain tentang betapa beratnya kehidupan yang dijalani si cewek dengan orang tuanya (Mom and Dad) yang seperti itu.

And as the sun went down we ended up on the ground

I heard the train shake the windows

You screamed over the sound

And as we own this night

I put your body to the test with mine

This love was out of control

3-2-1 where did it go?

Bait diatas adalah bagian reffnya. Disitu ditunjukkan bahwa ada seseorang (cowok) yang peduli sama si cewek tersebut. Si cowok itu bisa dibilang merasa kasihan sekaligus jatuh cinta sama si cewek, dari situlah si cowok pengen si cewek tahu kalo dirinya itu adalah seseorang yang sangat penting buat si cowok.

Now don’t be crazy

Yes now of course you can stay here.

Been in a touring band for going on ten years.

“Big deal,” she said, “I guess you’re official”

I only said it ’cause I know what it’s like to feel

Burned out

It gets you down,

We’ve all been there sometimes

But tonight I’ll make you feel beautiful once again

Bait diatas menunjukkan kegalauan/kebingungan si cewek. Dia memang butuh seseorang, tapi dia justru takut kalo ada seseorang yang datang dan mencoba untuk membuatnya merasa lebih baik. Β Akhirnya si cewek pun mengacuhkan perhatian si cowok. Namun karena berlandaskan pada rasa cintanya, si cowok ini terus mencoba bersikeras dan beranggapan bahwa dia bisa membuat si cewek merasa berharga dan bahagia kembali.

Dan masuk dibagian favorit gue. Musiknya berubah jadi selow, suasana berubah jadi sedih dan seolah-olah terjadi percakapan antara si cowok dan si cewek.

If I were you, I’d put that away

See, you’re just wasted

And thinking about the past again

Darling you’ll be okay

She said,

“If you were me, you’d do the same

‘Cause I can’t take anymore

I’ll draw the shades and close the door

Everything’s not alright and I would rather…”

Ya, si cewek ingin mencoba bunuh diri, tapi si cowok berusaha mencegah apa yang hendak dilakukan oleh si cewek tersebut.

Disini si cowok seolah-olah bilang :

β€œKamu harus berpikir jernih. Jangan biarkan masa lalu yang kelam menguasaimu, itu hanya membuang waktumu. Bunuh diri bukan jawaban. Bunuh diri adalah perbuatan yang salah. Percayalah, kamu akan baik baik saja”

Namun karena merasa nggak sanggup lagi, si cewek pun memilih untuk menyerah dan seolah-olah bilang :

β€œJika kamu jadi aku, kamu pasti akan melakukan hal yang sama. Aku udah gak sanggup lagi menghadapi semua ini. Menurutmu semuanya baik baik saja, tapi menurutku tidak, karena kamu tidak merasakan apa yang aku rasakan.”

Fyuh…

Memang pada dasarnya kita nggak benar-benar tau apa yang orang lain rasa, dan orang lain nggak benar-benar tau apa yang kita rasa.

Oh iya, di lagu ini PTV featuring sama seorang cewek bernama Lindsey Stamey yang juga seorang musisi dan pernah menjadi vokalis di beberapa band terkenal di Tennesse, Amerika Serikat.

Eh tapi kalau didengerin lebih seksama lagi, pada bagian musik outtro di lagu ini ada suara ambulance gitu. Kira kira kenapa ya? Apakah si cewek akhirnya selamat? Atau si cewek akhirnya bener-bener tewas? Tentukan jawaban anda sekarang juga dan jangan kemana-mana, kita kembali lagi setelah pariwara berikut ini.

Oke, kita kembali.

Yah, kira-kira seperti itulah makna yang terkandung dalam lagu Hold On Till May-nya Pierce The Veil.

Jadi, kesimpulan yang bisa diambil dari lagu ini adalah :

  1. Sebagai orang tua, hendaknya kita selalu memperhatikan putra- Menyayangi dan mengasihinya. Bukan malah memarahi bahkan menelantarkannya.
  2. Seberapa berat kehidupan yang kita jalani, seberapa pahit hasil yang kita dapatkan, sebisa mungkin jangan pernah menyerah. Terus bersabar, berjuang dan berdoa agar diberi kemudahan.
  3. Bunuh diri adalah hal yang salah, bodoh dan Maka jangan sekali-sekali berpikiran untuk bunuh diri, ya?

Udah penasaran kan gimana lagunya?

Monggo :

 

Ditulis Oleh : Achmad Ananta Hadi

Diedit Oleh : Febri Dwi Cahya Gumilar

Dilindungi Oleh : Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Advertisements

104 comments

    1. Nah, itu dia ._. kemarin aku nanya sama Ananta, dia bilang kan May bisa berarti mungkin/boleh, tapi setelah diartiin : tahan sampai dibolehkan? atau gimana ya? wkwkwk aku bingung juga wkwkwk πŸ˜€

    1. Wkwkwk itu kayak aku kalau lagi gundul, putihan, kurusan sama tattoan mbak :p wkwkwk Namanya Tony Perry mbak πŸ˜€

      Soalnya… siapa tau kalau sampai besok mei, keinginan buat bunuh diri itu ilang :’ Akikaaa juga belum tau mbak :’ wkwkkw

  1. Liriknya suram-suram gitu…
    Eh, Feb, kalo genre post gitu emang agak kalem ya musiknya? Nemu juga band post-rock satu lagu musiknya kalem banget, gak ada bagian scream gitu.

  2. Karena aku jarang dengerin musik, jadi baru tau ada lagu ini..

    Sedih juga ya kalo merasa tidak ada yang memperhatikan.. ckckk

    Iya, kalo dilihat jaman sekarang emang orang tua lebih banyak kasih materi daripada perhatian. .

    Ya memang, orang lain tidak merasa apa yang kita rasa begitupun sebaliknya, tapi seberat apapun masalah bunuh diri bukanlah keputusan yang baik..

  3. Feb, yang pake topi trus tatoa banyak itu namanya siapa? Titip salam dong. Salam sayang. Hahahahaha.

    Bahas lagu post-hardcore. Lagunya maknanya dalam. Bukan sekedar cinta-cintaan, malah cinta-cintaan itu kayak jadi pelengkap aja ya. Iya nggak sih? Bagian favorit kamu jadi bagian favoritku juga, Feb. Dan bener, bunuh diri nggak menyelesaikan semuanya. Btw, postingan ini ngingetin aku sama film favorit. Judulnya The Virgin Suicides. Menurutku persis dengan makna lagu ini. Film itu tentang anak yang bunuh diri karena orangtua. Bedanya, mungkin di lagu ini, orangtuanya menelantarkan anaknya. Sedangkan di film itu, orangtuanya mengekang berlebihan anaknya. Sama-sama bikin sedih 😦

    1. Namanyaa Febri :p wkwkwkw itu duaaa oraaaaang ._. wkwkwk yang kiri Tony Perry, yang satunya Mike Fuentes πŸ˜€

      Iyaaa Chak :’ maknanya dalem. Kadang bikin merinding juga:’ nah, yang bagian favorit itu yang kadang bikin sedih :’ bunuh diri memang nggak menyelesaikan apapun :’

      Eng… aku belum tau filmnya, tapi kalau diperhatiin sih, kayaknya sedih banget itu film :’ yah, seharusnya sebagai orang tua jangan suka mengekang atau menelantarkan anaknya ya 😦

  4. Laaah diulas. Baruuu aja nih lagu gue puter. Jadi inget sama the forrest kalo tentang bunuh diri. Serem gila. Liriknya anjir banget yak? Gue salut nih lo ngulas lagu ampe dalem-dalemnya gini. Cara mereka bawain juga bikin kita nikmatin lagu sekaligus ambil pelajaran. Parah abis.

    1. Hehehe Iya Mbak πŸ˜€ waaaaks, mbak agyaaa suka dengerin lagu beginian juga πŸ˜€

      Bangeeet mbak anjirnya :’ sedikit nusuk dan bikin sedih :’

      Makasiiiiiiih banyaak, Mbak :))

      hebat ya mereka :’)

  5. Bandnya dibentuk tahun 2006 ya
    Sekarang 2016
    Wah berarti bandnya udah 10 tahun
    10 tahun = 1 dasawarsa atau
    10 tahun = 120 bulan
    1 bulan = 30 hari
    1 hari = 24 jam
    1 jam = 60 menit
    1 menit =60 detik
    Maka
    72 jam + 50 menit – 72000 detik = …. detik
    Hayo jawab

  6. omg, aku lgs terpana ama tato2 nya… πŸ˜€ kebayang pas bikin, lgs ngilu kulit…

    lagunya oke Feb, walopun ga gitu hardcore ;p.. tp bikin mellow kalo dengerin sambil mnghayati artinya ;p.. jd mnding ga usah dimengerti liriknya πŸ˜€

    1. Wkwkw kereen banget kan ya mbak itu tatto tattonya πŸ˜€ wkwkwk Eng… iya ya -_- nggak pernah bisa ngebayangin gimana sakitnya mereka yang tattoan -_-

      uwuwuwu kamu kereen mbak, anak hardcore πŸ˜€ wwkwk Iyaaa, jadi agak mellow ya πŸ˜€

      Wkwkwk tapiii liriknyaaa haruuuus dimengertiiiii 😦 wkwkw

  7. Makna lagunya daleeem bang. Bikin kita lebih peka dengan keadaan, sesama. Lebih menghargai hidup.

    Tapi judulnya kenapa hold on till may, bang? Waktu yg tepat untuk bunuh diri di bulan Mei ya. :’D

  8. Kiraiiin beneran mau mbahas Saiful Jamil X)))

    Lagu nya jleb deh, sayang ga bisa buka youtube nya gara2 di block kalo dari kantor.
    Bunuh diri itu baru timbul bukan kalo orang lagi banyak masalah tapi kalo orang itu merasa kesepian, sendirian dan gak ada yang perduli πŸ™‚

    1. Wwkwkw kagaaaak mbak :p wkwkwk aku nggak terlalu kekinian buat bahas skandalnya saipul :’ wkkwk πŸ˜€

      Iyaa, lagunyaaa ngejleeeb :’ hihihi sayang sekali mbaaaak πŸ˜€ besok kalau sempet didengerin ya mbak lagunya πŸ˜€

      Iyaaa, kesepian dan nggak ada yang peduli itu sedih. Sumpah, sedih banget. Aku pernah ngerasain itu, meski cuma beberapa hari :’

    1. Wkwkw yakalik bahas SJ beneran :((( wkwkwk

      Suamiiiiiimuuu kereen brati mbak selera musiknyaaa πŸ˜€ wkwkw jadi, kalau kamu sukanya lagu mellow, gimana perasaanmu kalau suamimu ngedengerin lagu yang keras begini? wkwkwk

  9. itu sepuluh taun berkarir, mereka baru ngeluarin 4 album (sama taun ini ?) band kayak gitu keren feb, biar lagunya meluas ke telinga pendengar mereka dulu baru buat album selanjutnya \m/

    tapi aliran kayak gini gue kurang haha

    1. Iyaaaa Er. Masih terkesan lama ya progressnya πŸ˜€ hihi tapi tetep keren kok πŸ˜€

      Iyaa dong heheh πŸ˜€

      Waaah, nggapapa Er πŸ˜€ sabtu kesini lagi ya? siapa tau besok alirannya ada yang suka :p πŸ˜€

  10. lagunya dalem banget e feb, keren gitu.
    duuh sangat disayangkan ya sampai bunuh diri.

    aku kurang tau soal lagu, ini malah baru tau ada lagu gini.
    eamng ya kalo band keren itu bikin albumnya lama dan seali bikin tenarnya lama sampai dihapal banyak pendengar.

    kesimpulanya bener banget, feb. sependapat.

  11. Pas masih bagian bahas penyanyinya, gue biasa aja. Gak begitu tertarik sama yang aliran musik begitu. Tapi pas udah bahas lagunya kok nyessss gitu ya. Berasa ada yang nganu gitu di dalam sini. Duh, Bang. Gimana ini? Pedih rasanya. 😦

  12. Wahh ni masnya doyan lagu2 hardcore yah.
    Btw pesan yg tersirat dalam liriknya bagus, hmm jd penasaran apakah lagu ini terinspirasi dr kisah nyata atau bukan. Kalo beneran iya, aku kasian sama org itu

    1. WKwkwk iya mbak πŸ˜€ lebih suka yang keras begitu sih aku πŸ˜€

      Iyaaa, pesannya dalem bnget :’ katanya sih emang kisah nyata dari temennya :’ kasihan banget itu orang :’

  13. wah lagunya sedih sedih gimana gitu *dari liriknya sih*
    tp belum denger lagunya, karna masih di kantor dan proxynya di setting jadi gabisa buka buka yutup e curhat

    Btw aku kira dulu sleeping with shiren itu judul gosip. Sleeping with shiren sungkar. E ternyata itu judul lagu ya ? apa nama band ?

    1. Iya Lel :’ sedih banget kan ya laguya :’ maknanya itu loh dalem -_- wkwkwk

      Nggapapa πŸ˜€ besok kalau sempet didengerin ya :))

      Sleeping With Sirens itu nama band atuh lel πŸ™‚

  14. Wah, ngebahas musiknya sampe dalem begini, keren πŸ˜€
    I’m not into post-hardcore music, tapi tadi udah nyoba dengerin Pierce The Veil yang “Hold On Till May” ini dan menurut gua musiknya oke. Iya, yang pas bagian berubah jadi slow, itu bagus hehe. Keren juga si Vic ini, ngebuat lagu yang didekasiin untuk ngebantu temennya sendiri.

    Duh, bunuh diri emang sebaiknya ngga dijadiin sebuah opsi untuk nyelesain masalah ya. Masih banyak solusi yang bisa ditempuh, bahkan di saat kita udah kehabisan solusi sekalipun. Masih ada Tuhan yang akan siap menampung doa-doa kita.

    Never give up. Bener banget ini. Seberat apapun hidup yang kita jalani, pasti semua itu ada hikmahnya kok πŸ™‚

    1. Hehehe Makasiiih banyak, Mas Bay :))

      Wah, udah nyoba ndengerin juga ya? makasiiih Mas πŸ˜€ keren kan emang :)) ini lagu kalau dipahami banget ternyata maknanya dalem kan ya mas :’ merinding.

      Yap, nggak ada yang bener dari bunuh diri itu :’ sebisa mungkin jangan bunuh diri atau jangan sampai orang dideket kita itu bunuh diri :’

      Never give up :’ setuju :))

  15. aku enggak terlalu ngerti musik, tapi itu makna liriknya ngeri juga ya. rada aneh apakah bunuh dirinya kudu nunggu mei ya?

  16. Hold on till May, bang… Harusnya post ini ditahan sampai bulan Mei baru diposting. Duh, si Ananta juga, ga peka banget sama judul lagu orang. Udah jelas gitu disuruh hold on till May, ckck.

    Hmmm ini makna lagunya dalem, ya, bang. Yang nyiptain pasti kece beut πŸ™‚

  17. Barusan muter do Youtube lagunya PTV. Musiknya ringan, suka banget sama suara distori gitarnya. Bisa jadi referensi playlist nih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s