Tukar Pendapat Tentang Isu Antara Oli Sykes dan Coldplay

Dalam hidup, kita mendapat hak untuk mengutarakan pendapat.  Bahkan, kalau kita masih ingat pelajaran PKn yang kita pelajari semasa SMA dulu, kita pun tau bahwa kebebasan mengutarakan pendapat ini adalah salah satu hak asasi manusia yang dijamin oleh UUD 1945 pasal 28 yang mana berbunyi :

                ‘Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang.’

Memang, pada dasarnya pendapat setiap orang itu berbeda-beda. Hal ini kadang bisa memicu perselisihan akan pendapat itu sendiri, namun terkadang hal itu juga bisa menghasilkan satu kesimpulan yang logis. Semua tergantung dimana kita tergabung dalam ruang tukar pendapat.

                Kalau kita melihat isu tentang ‘Perekonomian Indonesia yang kian melemah’ dan disitu kita memilih untuk berdiskusi dengan seorang mahasiswa ekononi, maka hasil kesimpulan yang kita dapatkan mungkin akan memuaskan.

                Kalau kita melihat isu tentang ‘Stand Up Comedy menjadi genre komedi yang digandrungi Di Indonesia’ dan disitu kita memilih untuk berdiskusi dengan seorang komedian, maka kita bisa saja mendapatkan kesimpulan yang logis.

                Kalau misal kita melihat isu tentang ‘Kenapa Cowok Selalu Salah di Mata Cewek’ dan disitu kita memilih untuk berdiskusi dengan seorang cewek, maka matilah kita.

Jadi tetap, tukar pendapat itu memang penting, tapi itu tergantung dimana tempat kita menukarkan sebuah pendapat. Apakah nanti akan nyambung dan jadi satu kesatuan kesimpulan yang bagus, atau justru akan membuat sesi tukar pendapat itu kacau.

Untuk itulah pada tulisan baru di #Opini Berkepala Tiga kali ini, gue akan mencoba untuk berdiskusi dan tukar pendapat kepada siapa saja (yang penting 3 orang) untuk meneliti suatu isu yang sedang marak diperbincangkan.

Gue pun akhirnya mendapat satu buah isu yang cukup menarik untuk dibahas, yaitu isu dimana Oliver Sykes (Vokalis Bring Me The Horizon) mengobrak-abrik meja tamu yang ditempati oleh Coldplay pada sebuah acara NME Award beberapa waktu lalu.

Ketika kehebohan ini terjadi , pendapat demi pendapat mulai banyak yang dilontarkan, baik dari fans BMTH sendiri maupun orang-orang awam yang sengaja mencoba meneliti.

Pendapat-pendapat yang paling banyak dilontarkan oleh beberapa pengamat adalah :

‘Oli Sykes membalas ulah Coldplay karena masalah cover album A Head Full Of Dream-Nya Coldplay yang  terkesan meniru cover album Sempiternal-Nya BMTH’

coldplaybringmethehorizon

Kiri : Sempiternal-Nya BMTH. Kanan : A Head Full Of Dream-Nya Coldplay. Sumber Klik aja

Hal ini tentu membuat gue menerka-nerka sendiri. Kira-kira kenapa ya? Apa bener pendapat dari para pengamat diatas? Akhirnya, gue pun mencoba meneliti kasus ini dengan melihat kembali video dimana Oli Sykes bernyanyi hingga mengobrak-abrik meja Coldplay.

Untuk video singkat ketika Oli Sykes naik dan mengacak-acak meja tamu Coldplay  ada disini :

Dari video yang paling atas, gue pun berasumsi :

Pada menit ke 0.00 sampai 2.45, kita melihat bahwa awalnya Oli Sykes ini masih menyanyikan lagu Happy Song dengan senang hati. Namun, entah kenapa, pada menit ke 2.46 tiba-tiba dia merangkak diatas panggung dan mulai turun ke barisan penonton kemudian berjalan menuju tempat meja bundar yang dikhususkan untuk para tamu nominasi NME Awards.

Pada menit ke 3.26, Oli Sykes berdiri di sebuah pagar pembatas dan melihat-lihat area sekitar. Mungkin dia melihat apakah ada mantan yang melihat performnya dia atau enggak. Sampai akhirnya pada menit 3.30, dia berjalan dengan langkah penuh dendam dan menuruni tangga. Kayaknya dia bener-bener liat mantannya.

Setelah itu, Oli Sykes mulai menaiki meja bundar yang sedang dikelilingi oleh para personel Coldplay dan mengobrak-abrik segala sesuatu yang ada disana sembari menyanyikan lirik :

But if we sing along

A little fucking louder

To a happy song

Maybe we’ll forget cause’

NAH! BENER KAN! OLI SYKES NAIK KE MEJA GITU CUMA BUAT NGELUPAIN MANTANNYA YANG MENJADI PENYEBAB ATAS SEMUA KETERPURUKAN YANG MENIMPA DIRINYA !!!

Setelah itu Oli Sykes kembali lari dan berdiri di pagar pembatas sambil headbang. Seolah dengan begitu dia bener-bener bakal bisa ngelupain mantannya. Selesai headbang, dia pun kembali lari ke atas panggung dengan menjeritkan lirik :

‘Yeah, that’s the spirit!’

Sambil membanting micnya dengan keras sembari berucap ‘MANTAN KAMPRET’, kemudian masuk kembali ke backstage.

Kayaknya Oli Sykes bener-bener benci sama mantannya.

Pendapat gue ini masih belum memberikan kesimpulan yang logis. Maka, untuk mencari kesimpulan yang lebih logis gue pun akhirnya meminta kepada dua orang temen gue : Ananta dan Fatimah untuk memberikan pendapatnya akan kasus ini.


Ananta

                Kalau menurut gue sih karena cover album sempiternal-Nya BMTH ditiru sama Coldplay, entah disengaja atau enggak. Terus ada moment dimana BMTH sama Coldplay gitu masuk di nominasi Best Inovation Award dan disitu yang menang BMTH, akhirnya waktu perform reaksinya Oli Sykes begitu. Itu sih yang gue baca di AltPress. Ya intinya kayak Oli itu ‘ngejek’ tapi dengan gaya bercanda gitu. Ah intinya begitu deh.


Fatimah.

                Awal pertama baca headline berita ‘Oli Sykes smash coldplay’s table’ Aku langsung ngetweet ‘Emang Enak!!!’. Secara kita semua mungkin udah tau lah kalau Cover Album A Head Full Of Dream-Nya Coldplay itu mirip banget sama Sempiternal-Nya BMTH. Ya gak semua orang tau sih.

Tapi kalau kita cari tau informasi lebih banyak tentang lambang tersebut, ternyata lambang itu tuh ada namanya yaitu ‘Flower OF Life’. Jadi, bisa dibilang kalau lambang tersebut bukan hak ciptanya BMTH ataupun Coldplay. Cuma menurutku yang bikin heboh kenapa ada isu yang memberitakan kalau Coldplay seolah-olah copas album art BMTH itu karena BMTH adalah famous band pertama yang pake gambar flower of life sebagai album covernya, dan jarak launching album A Head Full Of Dream-Nya Coldplay sama Album Sempiternal-Nya BMTH ini nggak jauh gitu.

Kembali ke masalah ‘Oli Sykes smash coldplay’s table’, kalau aku baca-baca di Altpress tentang kejadian ini, Si Jordan Fish (Keyboardist BMTH) bilang kalau Oli Sykes ini nggak ‘ngincer’ Coldplay,  Oli Sykes cuma jalan ke tempat terdekat dan kebetulan yang terdekat itu mejanya Colplay.

(In an interview with NME following the event, members of BMTH clarified Oli’s motives. “I don’t think [Oli] was aiming for Coldplay,” said keyboardist Jordan Fish. “It was just whoever was nearest, it [just] happened to be Coldplay.”)

Oli sendiri pun bilang kalau di atas panggung dia nggak denger suara apapun dari penonton, karena memang acara itu kebanyakan dihadiri sama musisi mainstream, makanya mungkin nggak ada yang tau lagu BMTH. Terus Oli Sykes pun mikir ‘Mungkin kalau aku ke tempat penonton, bakal denger suara nih disana’ gitu. Jadi, niat dia naik ke meja itu tuh cuma biat ‘ngeramein’ gitu, bukan cari rusuh sama Coldplay.

[Sykes himself added, ”I had no sound in my ears so I thought ‘Well, there might be sound out there.’ There weren’t sound out there, so when I came back there was a table, which I got on. There wasn’t any sound on there, but it was a bit more energetic up there. It was in no way a protest against Coldplay.”]

Wawancara dengan Bring Me The Horizon perihal kehebohan Oli Sykes yang naik mejanya Coldplay :

Uniknya, ternyata Coldplay itu belum tau sama sekali sama BMTH sebelum kehebohan ini. Jadi menurutku, itu yang menjadi alasan kenapa Coldplay bikin album art yang mirip kayak BMTH karena mereka gak tau kalau ternyata art tersebut udah dipake sama BMTH. Gitu. Sama kayak kisahku dulu, aku pernah suka sama cowok yang udah punya pacar. Lah gimana, aku kan nggak tau kalau dia udah punya pacar. Apa aku salah mencintai seseorang yang nggak aku tau kalau dia udah punya pacar? Sakit rasanya.


Maka, dari 3 pendapat yang gue, Ananta dan Fatimah kumpulan itu, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa alasan Oli Sykes naik ke mejanya Coldplay karena :

“Oli Sykes sakit hati liat mantannya (sebut saja Suketi) yang ditikung sama salah seorang personel Coldplay, sampai akhirnya dia memilih untuk naik ke meja guna ‘ngebercandain’ mereka yang kayaknya lagi asik duduk bareng. Namun setelah ditelusuri, ternyata salah seorang personel Coldplay tersebut nggak mengetahui  kalau ternyata Suketi ini mantannya Oli Sykes.”

Gitu.

Jadi intinya : SALAH PAHAM AJA.

Eh, gimana? Gimana?

Ya gitu.

Terimakasih.

Follow my blog with Bloglovin

Advertisements

107 comments

  1. Waaah keren Oli. Greget. Nekat. Ntaps abizzz. Ngacak-ngacak meja coldplay. Hhahaa

    Hmm bisa jadi bener sih dgn apa yg dibilang Fatimah, bang. Maybe, coldplay nggak tau dgn cover BMTH. Jadi salah paham, terkesan meniru.

    INI KESIMPULANNYA KENAPA BAWA-BAWA MANTAN YAAA??

    1. GREGET BANGET EMANG SI OLI ITU 😀 sangar dia mah wkkwwk 😀

      Iya sih, si Fatimah yang pendapatnya paling bener dan masuk akal. Yaudah, biarin deh ya 😀

      Kan Oli yang ribut masalah mantan 😦

  2. Beberapa hari ini ramai di twitter tentang hal ini juga. Aku mengamini pendapat kedua, lambang yang dipakai itu bukan hak cipta. Lagian aku lebih suka Chris Martin daripada Oli, belepotan minyak kan ga tsakepp #ikipendapatopoo 😆

    1. Wkwkwk kamu liat berita ini juga mbak 😀 heheh aku heboh sih langsungan, pas cari-cari berita, adanya yang bahasa inggris. Eh akhirnya nyari videonya wkwkwkkw

      Pendapat kedua emang paling logis mbak 😀 hehehe

      Aaaaah, aku suka Oli Sykes dong. Sangaaar dia 😀

      Bukaaan oli motooooor -_-

  3. Baru tau nih ada rame-rame gini.
    kalo gua berantem aja udaaah berantem. by one aja udaah kan cowok.

    ini apasih gua malah nyalain api unggun di tengah-tengah neraka. -_-

    Ya, karna gua ga ngerti kasusnya. tapi pernah mengalami kasus yang hampir sama. ya, alangkah baiknya di bicarakan secara kekeluargaan. Dan saling memberi bukti aja mana karya yang lebih baik. asek.

    udahlah gitu aja.

  4. gue baru tau ada berita ginian feb :’

    tapi kalau baca punya fatimah, kayaknya ini cuma salah pahan dan coldplay gak ada maksud buat copas head cover album bmth, karena “jarak launching album A Head Full Of Dream-Nya Coldplay sama Album Sempiternal-Nya BMTH ini nggak jauh gitu.” dari sini kayaknya ada kesalah pahaman, tapi gatau juga sih haha

    1. Iyaaa ini berita nggak seheboh beritanya saiful jamil sih Di :’ wkwkwkw

      Iyaaap, yang paling logis tetep pendapatnya Fatimah 😀 tapi, yaaaah, nggak tau juga deh. kita pengamat kan cuma bisa menerka-nerka aja 😀

    1. Genrenya beda mas soalnya. Coldplay itu british rock kan, kalau BMTH Punk hardcore indie gitu. Nah otomatis tempat manggungnya juga beda. Ya kayak kalau di Indonesia itu Noah sama The S.I.G.I.T lah. Noah mah orang indonesia tau, dia sukseees banget. Tapi kalau The S.I.G.I.T jarang ada yang tau, tapi dia udah sering manggung di luar negeri.

      Yaaaaaap, bukan hak cipta sih 😀 jadi nggapapaaa 😀

      1. bener juga sih karena beda genre ya haha maklum kurang paham saya soal musiknya, taunya cuma dengerin lagu-lagunya doang wkwk
        btw kalo The S.I.G.I.T sih tauu cuma gatau aja lagunya kaya gimana 😀

      2. Wkwkwk iyaa 😀 genrenya bedaaa banget wkwkwk 😀 tapi sejujurnya, aku malah tau BMTH lebih dulu loh ketimbang Coldplay ._. BMTH udah dari tahun 2007 aku taunya ._. kalau Coldplay baru tau 2011an ._. wkwk telat gaul sih aku 😀

        Brati THE S.I.G.I.T Keceee~~~ 😀

  5. Sy baru buat blog. Baru belajar nulis. Ternyata semua hal bisa kita jadikan materi tulisan. Sy suka lagu2 coldplay, dri dulu hingga skrg. Sukses bung. Kunjungi blog sy, minta masukannya

      1. Iya bang 😀
        Masih fokus buat nulis lah dulu. Sembari belajar tentang wordpress di gugel 😀
        Banyak tulisan yg keren di blog, selain dri buku yg di toko 😀

  6. aduh lu bener2 pengamat musik yah feb \m/

    mantan lagi, lagi mantan hadeeeh -__- mantan never die \m/ kasihan si OLI
    untungnya si oli ngak dikeroyokin sama Coldplay yah. Syukurrr…

  7. Baru tau ada berita ini, Feb. Aku taunya berita soal Grammy, performance-nya si Adele kacau karena kendala teknis, trus dia nangis seharian. Emang beda ya cewek sama cowok. Kalau cowok, tau beritanya yang sangar dan kontroversial kayak gini. Lah cewek kayak aku :’D

    ITU KOK ANALISISMU KAMPRET YA, FEB. Bawa-bawa mantan. Bahahahaha. Pas baca punya Ananta juga kampret. Eh pas Fatimah, udah serius dan ngangguk-ngangguk sambil ber ooooh ria, baca terakhirnya langsung ngakak. Bapeeeeer 😀

    Oooh. Jadi salah paham aja ya. Coldplay nggak tau kalau flower of life itu pernah jadi cover albumnya BMTH. Dan kayaknya memang bener, si Oli cuma pengen unjuk diri aja. Kirain gara-gara mantan, si Oli-nya mau move on tapi karena lagunya Coldplay yang judulnya The Scientist, akhirnya dia jadi gagal move-on. Akhirnya dia kesel deh trus ngacak-ngacak meja Coldplay. Lah ini kenapa aku bawa-bawa mantan juga. Ketularan kamu ini, Feeeeeeeeb 😦

    1. Ahaaaa iya, Grammy yang heboh di Indonesia itu Joey Alexander, sementara heboh di dunia itu Adele yang katanya fals ya wkkww 😀 tapi seriusan itu nangis seharian :’ sedih ya rasanya jadi cewek :’

      Wkwkwkw iyaaa gimanaaaa yaaa, wkwkwk

      Ahahaha si Fatimah yang paling bener emang analisisnya, cuma, ya curcolnya itu yang parah wkwkw 😀

      Iyaa salah paham. Wkwkw Si Oli kereen ah naik meja gitu wkkw suka aku sama perform gitu 😀 wkwkwk

      analisismu kampret juga ya 😦

  8. oke ini rekayasa, gue gak percaya kalu karena mantan, gue sendiri fans bmth. dan gue setuju mungkin karena masalah cover album atau apalah itu, coldplay cuma berpura-pura gak tahu saja gue yakin, mereka acuma puraa pura gak tahu bmth. percayalah bmth itu terkenal lebih teerkenal dari colpay atau apalah itu, pokok bmth. selessai.

    1. Okeeee, yang opiniku emang direkayasain, tapi yang fatimah agak dilogisin wkwkw 😀

      Halooo fans BMTH 😀 sama deh, aku juga fansnya kok 😀

      Yah, kalau lebih dulu tau mana, aku lebih tau BMTH dulu sih ketimbang coldplay, jadi menurutku famousan BMTH ya. Tapi masalah coldplay yang gak tau BMTH, aku nggak tau juga. Selesai.

  9. Padahal gue ngefans sama Colplay lo bang, lagu2nya easy listening banget. sangat disayangkan ada indikasi ngejiplak cover album band lain. 😦
    Dan kasian Oli gebetannya ditikung ??
    Gue pernah berada di posisi Oli nih ..
    Berat !!

    1. Wahahaah nggakpapa ngefans sama coldplay keren kok 😀 semoga ini salah paham beneran ya, bukan niat jiplak beneran :))

      Oli mah ditikung santai, dia kece begitu wkwkwk

      Lah, curhat wkwkw 😀

  10. taek lu bang -___- udah serius juga bacanya unjungnya malah ngebahas kesalah pahaman soal mantan. anjrit dahh……….. :3

    tapi keren juga pendapat elu bang, soal mantan Oli Sykes yang di tikung sama personel coldplay. ngakak ane bacanya :v

  11. Salam kenal ya bang sebelumnya 🙂

    Aku malah gak tau ada kasus kayak beginian, nama bandnya aja asing. Aku emang kurang gaul.. Kalo cover yang bulet-bulet gitu masa dibilang meniru? Kayaknya semua bisa deh bikin yang kayak gitu. Yang kiri malah mirip sampulnya Quran?

    Ujung-ujungnya mantan ya, kasian si mantan gak salah apa-apa tapi dia disalahin mulu

    1. Iyaaa salam kenal ya Rizki :))

      eheheh nggapapa, aku sekedar sharing kok. Nah, sependapat, awal pertama liat album sempiternal, aku ngiranya juga itu mirip Al Qur’an loh :))

      wkwkwk mantan mah biasa disalahin~~~~

  12. Oli bikin greget pisan oy. BIsa-bisanya ngamuk gakjelas gitu.. Hadeh… gue ngerasa pengen ikutan. Kalo beneran dia kecewa karena mantannya. 😄

    Gue gak nyangka salah paham design gini bisa dilanjutin setelah udah terbit. -_- Emang designnernya siapa bro? SIni, gue ajarin cara supaya gak nyontek. 😄

  13. Nyari tulisan Febri yang serius, gak pernah adaaaaa! Ku kira ini bakal serius diskusi, boro2 😦

    Berujung salah paham doang. APAAN FEB APAAN. TERSERAH AJA DAH.

    *melipir gak balik lagi ke blog ini*

    Tapi boong.

  14. Wah gilak betul si Oli ini, tapi seberapapun mereka menyangkal, gue yakin pasti ada udang di balik batu. Mereka cuma komen yg baik aja di depan kamera, pdhl mereka emg udh geram covernya ditiru, jadilah pas ada kesempatan buat bales dendam, dia ambil kesempatan itu hahahaha jahat bener ya pendapat gue

    1. Hheheh tapi keren kan si Oli 😀 wkwk

      Iya sih, kebanyaakan gitu, mereka komen baik pas di depan media. coba kalau dibelakang, pasti mengumpat 😀

      Logis juga sih mbak pendapatmu 😀

  15. waktu kejadian itu harusnya Suketi nggak diam aja, kasi penjelasan biar nggak salah paham hahhahaa…

    aku nggak tau-menau malah berita ini. ama si Coldplay sih kenal, dulu pernah deket tapi nggak jadian*lah ini apalagi coba*
    kalo BMTH itu siapa yaaak?! *NggakUpDateSaya 😀

  16. Mungkin bener bang. Dasar mantan tak tau diuntung. Gue sebenernya gak yakin kalo ColdPlay niru. Lagian bukan hak cipta BMTH sama ColdPlay. Mereka sama-sama minjem. Emang gila tuh si Oli Enduro. Sakit hati ya sakit hati aja, dia udah milik orang lain..

    1. Wahahah Maheeeer 😀 wkwkk

      Mungkin ya -_- mantan bikin kacau aja -_- wkwkwk

      Nah, iyaaaa, jadi sebenernya bukan masalah yang harus berlarut-larut ya 😀
      Ini kenapa jadi OLI ENDURO -_-

  17. Wih sangar sampe naik meja gitu biar apa coba :3 dunia para artis tuh mayan ngeri juga ya.
    Agak pro ke argumennya Fatimah di kalimat “itu yang menjadi alasan kenapa Coldplay bikin album art yang mirip kayak BMTH karena mereka gak tau kalau ternyata art tersebut udah dipake sama BMTH.” walaupun ujung-ujungnya dia jadi kaya baper :3

    Ng.. tapi kayanya bener-bener gara-gara suketi, deh –“

    1. Heheh emang sangar banget itu Oli Sykes 😀 biar nambah energi katanya kwkwk 😀

      Hehehe itu alasan Fatimah emang alasan yang paling masuk akal banget kok 😀 Baperan dia mah -_- wkwkwk

      Eng… Suketi ya brati biang keladinya ._.

  18. Aku pernah liat wawancara di youtube judulnya “The BSMNT: Coldplay interview met Chris & Jon” disana mreka ngebahas ttg album A Head Full of Star ini. Kata nya album ini berisi lagu lagu tentang Positive injection energi, believe in love, life is a great, dont never give up atau secara kseluruhan lebih ke rasa syukur ttg kehidupan. Kyak arti lagu mreka Hymn For the Weekend, Up&Up, Adventure of Life Time dll. Trus karena kepo (hehe) ttg flower life akhirnya googling dan ternyata makna simbol itu sendiri tentang spiritual atau bisa juga proses diciptakannnya alam ini. Jadi menurut aku pribadi cover coldplay ini lebih ke konsep album mreka sendiri di tambahin warna warni + ornamen2 yang seolah menggambarkan dunia ini diciptakan untuk memberi keindahan 😀 *telat komennya, posting kapan komennya baru kapan haha maafkan*

  19. sorry kalau salah tulis hehe, coldplay emang lagi di benci sama semua musisi rock dari foo fighters arctic monkeys muse dan termasuk bmth, karena dia musisi rock yang banyak masukin unsur EDM dan EDM itu sendiri bisa matiin musik skill para musisi karena bikin musik lewat laptop 10 menit juga jadi, alex turner dan dave grohl pernah bikin statement thats rock will never die . mereka ga benci edm, cuma matiin semua musisi . muse lewat matt bellamy bilang muse adalah musisi rock terakhir di dunia . mungkin si oli bmth benci coldplay bukan hanya dari album cover tapi dari segi musik juga . thanks salam rock and roll 🙂

    1. Waaaa, aku malah baru tau hal ini loh? sumpah, kamu memberi aku banyak pencerahan 😀 makasih banyak ya 😀

      Aku baru tau masalah EDM itu ._. ternyata benerbener matiin kreatifitas EDM ya? Aaah, parah :’

      Mungkin emang gitu, bmth benci coldplay dengan alasan lain 🙂

      Keren 🙂 terimakasih banyak dan salam rock and roll 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s