Di belakang panggung

Hal yang paling menyenangkan adalah kebersamaan.

Yuhik. Setelah sekian lama nggak nulis blog, akhirnya gue nulis lagi disini.

Terus, apa urusannya sama kalimat awal diatas?

Yak, gue mau cerita tentang gimana kebersamaan anak-anak StandupUII x Kampung Komunikasi bekerja sama buat bikin acara Stand Up Night UII tempo hari berjalan dengan lancar.

Sekitar seminggu yang lalu, gue merasakan sendiri gimana megahnya euforia di belakang panggung Stand Up Night UII.

Di mulai pada sore hari, pukul 15.00, kami anak-anak komunitas Standup hadir di auditorium kampus buat bantu-bantu anak Kampung Komunikasi menyiapkan kursi-kursi penonton.

Yah, gue mengakui gimana kinerja anak Kampung Komunikasi yang dengan kerja kelompoknya bisa menata kursi penonton sedemikian rupa hanya dalam waktu 15 menit. Gokil. Diiringi tepuk tangan meriah dari seluruh panitia, kursi penonton pun sudah rapi untuk diduduki.

Pukul 18.00, Open Gate. Sebagian anak-anak komunitas Standup termasuk gue, membantu anak kampung komunikasi buat mengarahkan penonton yang hadir buat mengisi kursi dari yang paling depan, hingga yang paling belakang.

Suwer, ngarahin penonton itu susah banget. Gue beberapa kali kowalahan dan pasrah aja tiap nyuruh si penonton buat duduk di kursi paling depan.

“Selamat datang Mbak dan Mas” Sapa gue ramah ke sepasang penonton yang masuk dengan bergandengan tangan “Kursi depan itu masih kosong, silahkan diisi kursi paling depan itu ya”

“Iya mas. Makasih” Jawabnya judes, kemudian memilih buat duduk di kursi pojok kiri belakang.

“Selamat datang, Mbak. Kur….”

“Iya” Belum sempet gue mengarahkan, seorang cewek judes yang lagi jalan bareng temennya memotong.

Kampret abis.

Disitulah gue pertama kalinya ngerasain, gimana susahnya jadi panitia tukang ngarahin tempat duduk penonton.

Pukul 19.00, Close Gate. Acara pun dimulai dengan sesi penampilan music accoustic. Bersamaan dengan itu, gue berlari menuju backstage.

Di backstage, gue pun nongkrong di ruang make up artist. Disanalah beberapa penampil dari comic local yaitu Dimski, Syangit, Firman, Fanbul dan Mas RaditVent mempersiapkan diri. Sembari nongkrong, gue liat Dimski lagi matengin materi sambil berdiri menghadap kaca besar yang ada di dalam ruangan. Firman, dia berjalan mondar-mandir di ujung ruangan sambil mulut berkomat-kamit ngafalin materi. Fanbul, dia terkesan enjoy. Jam terbang dia mungkin udah cukup tinggi, jadi yang dia lakuin cuma jalan-jalan di backstage kemudian masuk ke area penonton buat nonton perform band acoustic. Mas RaditVent, beliau memilih untuk menenangkan diri dengan ngobrol santai bareng salah satu anak Kampung Komunikasi yang cewek. Syangit? Untuk beberapa waktu disana, gue nggak begitu ngeliat dia. Tapi sewaktu gue masuk ke kamar mandi, gue liat dia berdiri di deket closet yang ada di balik pintu kamar mandi sambil nghafalin materi.

MEREKA KEREN !

Sementara itu, 2 guest star utama yaitu Hifdzikhoir sama Uus belum datang.

19.20. Acara #SUNUII dimulai. Voiceover yang udah disiapkan oleh anak-anak Standup mulai bergema memecahkan tawa. Voiceover sengaja dibuat untuk memancing tawa sang penonton.

Di backstage, si penampil pertama : Firman, dia duduk dengan muka tegang. Beberapa saat dia berdiri, kemudian mengepalkan tangan. Tatapan mukanya masih tegang, kemudian dia menyolek Dimski.

“COI. BILANG KE GUE KALAU MALAM INI GUE BAKAL NGEBOMB !!!”

Dimski mengangguk, kemudian menjerit kencang.

“LO CEMEN. MALAM INI LO BAKAL NGEBOMB !!!!”

Firman pun mengepalkan tangan di udara dan kembali berteriak lantang.

“OKE !!! MALAM INI GUE BAKAL NGEBOMB !!! GUE BAKAL NGEBOMB !!!”

Ngebomb adalah istilah untuk comica yang gagal mendapatkan tawa dari jokenya dan hanya berujung dengan suara jangkrik

“Penampil pertama. Mahasiswa UII yang mengakui tidak menyukai perempuan. Salah satu comica yang masuk SUCI5 namun gagal di preshow pertama, kita sambut Firman Nuriman”

Bersamaan dengan iringan lagu, Firman pun naik menuju panggung.

CGA39IQVAAAgauz

PECAH !!! 10 menit diatas panggung, Firman berhasil mendapatkan banyak tawa dari penonton.

Bersamaan dengan turunnya Firman dari panggung, sekarang giliran Dimski yang ketar-ketir panik karena sebentar lagi adalah gilirannya.

Diiringi dengan suara voiceover dan lagu yang melantun, Dimski pun naik ke atas panggung. Sangar, riuh tepuk tangan penonton seketika heboh saat Dimski sudah berdiri diatas panggung. Fyi, Dimski berhasil menjual 100 tiket ke temen-temennya. Otomatis, suara riuh itu adalah suara temen-temennya.

CGA76-7UsAA00bh

PECAH !!! Sama kayak Firman, 10 menit di panggung, Dimski pun berhasil mendapat banyak tawa dari penontonnya dengan materi onelinernya :

“Buat para jomblo disini, besok kalau kalian nyari pacar itu harus yang kayak kopi susu torabika. Karena apa? Karena susunya nggak setengah-setengah. Emang kalian mau punya pacar susunya cuma setengah?”

Penampil ketiga, Syangit, Salah satu comica yang digemari kimcilicious Jogja pun gantian naik diatas panggung. Deru tepuk tangan yang riuh dari penonton pun menggema. Suara alay samar-samar terdengar. Dia pun membuka jokenya dengan manis.

“Halo. Nama saya Syahid. Nama panjangnya Syahidnya tuh disini” Cie anjir.

Materi yang Syangit bawakan tergolong materi ‘Kotor’. Tapi gue selalu percaya, materi kotor dan jorok justru memperpecah suasana. Hasilnya?

CGA96ENUIAInMMX

PECAH BANGET !!! Syangit salah satu comica local UII yang berhasil mendapat standing applause dan tepuk tangan riuh dari penonton.

Penampil keempat, Fanbul. Dalam beberapa materinya, dia bercerita tentang traveling. Kalau nggak salah, materi standup yang dia bawa termasuk materi storytelling ala Pandji Pragiwaksono. Gokil. Dan…

CGBArqGUIAAmZPC

PECAH !!!

Penampil kelima, Mas RaditVent. Nggak lupa, Beliau membawa si Lola, boneka kesayangannya yang jauh lebih terkenal dari beliau. Dengan gaya ngondeknya, beliau berhasil memancing penonton untuk ketawa bersama.

CGBH5-CUsAAnOWA

Materi yang paling gue inget dari beliau adalah pada saat beliau memainkan bonekanya, beberapa penonton pun ketawa, disitu Mas Radit menjulurkan Bonekanya kedepan, kemudian bonekanya ngomong :

“RASAH NGGUYU KOE, SU. NEK WANI RENE MAJU GELUT RO AKU”

ITU PECAH GILAK !

Penampil keenam, Hifdzikhoir. Gue liat dia keluar dari ruang make up dengan perut menggelombang naik turun gitu. Dengan gaya khasnya, dia ketawa-ketawa unyu dulu sebelum menaiki panggung.

CGBKs0mVIAIAA7n

Materi yang dia bawakan bervariatif. Banyak materi yang berhasil membuat gue dan temen-temen gue mengumpat kesal sambil ketawa ngakak. 30 menit pun berhasil dia bawakan dengan sempurna dan…

PECAH. PALING PECAH !!! Hampir semua penonton standing applause, bahkan Fanbul (Penampil keempat) dia loncat-loncat sambil jerit-jerit liat penampilan super pecah dari Hifdzi.

Penampil ketujuh, Uus. Yoik, dia orang yang selo abis. Sewaktu dia dateng, dia langsung duduk di sebuah kursi, nyalain rokok dan menghisapnya perlahan. Kece abis. Kaos putih dan jeans hitamnya pun memberi kesan ‘Ini kampret penampilannya simple abis’

CGBP33HVAAEPmUr

Riuh tepuk tangan penonton menyambut Uus yang udah naik di atas panggung. Beberapa materi dia sampaikan dengan baik. Gilak, seorang alumni SUCI3 yang closemic paling awal sekarang beregenerasi jadi comic yang lucu banget. Ada beberapa materi yang paling gue inget dan bikin ngakak :

“Gue itu pecinta binatang ya. Terutama kucing, pasti deh selalu gue elus-elus kalau lagi ngeong. Kemarin gue liat tulisan di pintu, disana gue liat tulisan PUSH, nggak gue buka, tapi gue elus. Pus pus pus”

“Gilak, sekarang zaman udah semakin maju. Waktu gue main di Bogor, gue liat ada Masjid Modern banget, namanya Masjid Al of me, pengajiannya pun isinya lagu John Legend di qolqolahin”

WANJIIIIIR !!! PECAH BANGET !!!

Bersamaan dengan berakhirnya penampilan Uus, para penampil pun naik di atas panggung dan memberikan kesan-kesan kemudian berterimakasih kepada penonton yang udah mau datang.

CGBZgrhVAAAigE4

Dengan ini semua, didapat kesimpulan bahwa acara #SUNUII…

SUKSEEEES !!!

Terimakasiiiiiiih 🙂

Oh iya, ada beberapa foto nih. Nampang dikit hehehe.

image1

image3

image2

Advertisements

66 comments

  1. hahahha seru juga ya feb sukses dong acaranya, dlu aku lumayan sering nonton standup comedy di tv tapi belum pernah nonton langsung sih 😀

  2. kebersamaan dengan teman-teman baik itu luar biasa.

    “Gilak, sekarang zaman udah semakin maju. Waktu gue main di Bogor, gue liat ada Masjid Modern banget, namanya Masjid Al of me, pengajiannya pun isinya lagu John Legend di qolqolahin”
    Haha…

    1. Ahahaha iya tuh mbak, mereka di belakang panggung setres sendiri mikirin materi 😀 wkwkwk tapi setelah turun dari panggung, mereka langsung jingkrak-jingkrak seneng mbak 😀

  3. Itu yang terakhir foto sama siapa, Feb? :hehe. Maaf, saya kurang paham perbendaharaan komika di Indonesia :malu.
    Sisi yang berbeda banget ditampilkan di sini, tentang komika yang demam panggung :hehe. Ternyata oh ternyata :)).
    Tapi kalian keren abis, lah. Acaranya sukses, terus animo penontonnya juga tinggi banget, penampilan pecah semua. Kerenlah. Suatu saat saya kepingin datang dan nonton langsung di sana. Maklum, sebelumnya saya belum pernah menonton acara stand up comedy!

    1. Itu Uus mas Gara 😀 hihihi nggakpapa kok, memang kurang begitu terkenal 😀 beberapa temenku aja nggak tau :p wkwkw
      Hahaha iya mas, semua harus tau, persiapan seorang comic untuk matengin materinya pun luar biasa susah. sebelum naik panggung mereka keringet dingin, setelah turun panggung mereka jingkrak-jingkrak 😀

      Hihihi iya mas, Alhamdulillah banget lancar acaranya 😀

      Aaaa ayo mas, kapan-kapan nonton yang live standupcomedy gitu 😀

      1. Pasti lega sekali setelah turun dari panggung, apalagi kalau pertunjukannya pecah dan berlangsuung dengan gemilang :)).

  4. Duch kalo semua nya pecah, brp piring emak yg habis dipecahin hahaha
    Eh lw di jutekin ce2 karna dipikir kamu godain mereka kali, lw pasti genit2 ama mereka yaaaa #laporinbeby

      1. Masa kuliah tuh kudu dibuat sebabg feb..jangan terlalu serius belajar..ini udah jalan paling bener berkecimpung di acara2 begini..kalo udah kerja mana bisa lagi..

      2. Nah, aku suka persepsi mbak Pinguin yang gini nih :3 harusnya emang harus dibikin seneng, berkecimpung di kepanitiaan :3 bukan buat nugas dan bikin laporan doang, iya nggak mbak 😀

      3. Nah kan 😀 nggak seru kalau kenangan kuliah cuma nugas dan belajar 😀 sekali-kali nyehatin mata dong ya liat yang bening-bening dari fakultas lain gitu 😀 ah mbak pinguin bisa aja nih 😀

      4. PEMIKIRANMU SAMA BANGET SAMA AKU MBAK PINGUIIIIN :3 wuwuwuwuwh, hidup nggak asik kalau cuma mikirin tugas kuliah, suwer. Sekali-kali main lah, lagipula dari bermain kita kan bisa belajar juga. Yakan yakan mbak 😀

  5. Bhahahahahhahaa.. Aku ngakak yg elus2 pintu hahahah.. Iya ni hebat ya para komika itu.. Nyari materi kan susah..belum lagi ‘cerita’ sendiri…

    Keren feb event kampusnya.. Sukses ya.. Btw itu yakin cewek2 tu jutek.. Yg jutek2 gitu mgkn aslinya pgn diperhatiin kali feb. *analisa sotoy*

    1. Ahahahaha materinya bang Uus hebat ya, pinter dia bikin materi gitu 😀 wkwk

      Yaaaak, komika itu memang hebat banget 😀
      Iyaaaa mbak Dew, makasih banyak ya :3
      hihihi itu cewek emang jutek-jutek kok mbak -_- wkwkw whahaha yakalik minta diperhatiin -_-

  6. aahh keren banget pasti deh… comica yang cerdas memang cadas dan pecah banget. Dibandingkan komedian tenar yg dibayar mahal dengan joke nya yg geje hahahaa

    1. HIhihi iya mbak, kereeeeen gitu 😀 wkwkw
      Nah ini, iya sih, komika kebanyakan cerdas. pun komedian-komedian lainnya ._. tapi ada komedian yang asal pede terus ngondek jadi tenar ._.

  7. Udah lama gak liat performnya Hifdzi, gua jadi penasaran kocaknya kek gimana..
    Dan, Uus emang gila banget.. gua juga suka pembawaannya dia. Kalo nyeletuk juga kocak abis. Hehe..
    Lu sendiri gimana feb? Udah makin sering openmic-nya? 😉

    1. Hihihi ayoooo mbak nonton langsung mbak 😀 lebih seru, lebih bebas, tanpa sensor :p wkwkw 😀
      Nah, sama mbak ._, kalau ada yang nggak terlalu lucu aku kadang kasihan juga gitu ._.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s