Ngomongin UTS

UTS KELAR !

Wohoooo, rasanya plong banget setelah 2 minggu terakhir ini kayak dipaksa buat belajar dan mikir tentang 9 mata kuliah yang gue jalani, eh sekarang ada jeda libur 4 hari juga.

Kesempatan buat nulis sama ngeblog nih.

Iya sih, bisa diakui bahwa akhir-akhir ini tulisan gue terkesan agak berantakan gimana gitu. Tiap lagi nulis, gue malah sering kehilangan bahan joke, kekurangan kosa kata, atau bahkan yang paling parah, fokus nulis gue terpecah sama tugas. Kan kampret ya.

Sekarang bukan waktunya beralasan.

Mari kita menuju benang merah dari tulisan ini.

NGGAK ADA !

Gue lupa, mana ada benang merah di tulisan gue. Isinya random semua.

Ada banyak cerita di balik UTS gue kemarin. Mulai dari mata kuliah Metode Pekerjaan Kontruksi yang mana gue lupa sama metode perhitungannya, disaat gue udah pasrah mau ngumpulin karena memang waktunya udah habis, tiba-tiba ibu dosen masuk dari luar sambil bilang :

“ET 15 menit. Tambahan waktu 15 menit ya. Silahkan dikerjain lagi soalnya”

Seakan kedatangan ibu dosen itu memberi pencerahan kepada kami para mahasiswa yang kekurangan waktu. Beberapa mahasiswa yang tadinya udah berjalan ke meja pengawas buat ngumpulin hasil pekerjaannya pun kembali duduk ke kursinya dan melanjutkan pekerjaannya.

Gue? Cuma bisa celingukan bingung nggak bisa apa-apa. Otak gue udah mentok. Hasilnya, di 15 menit tambahan waktu itu, 13 menit pertama gue menghabiskan waktu itu buat bengong, sementara 2 menit berikutnya gue pake buat ngupil.

Enjoy.

Ada juga mata kuliah Bahan Perkerasan Jalan yang ujiannya itu teori, jadi, mau nggak mau ya menggunakan metode hafalan. Malam sebelum ujian, beberapa temen gue merasa heboh sendiri karena memang menurut kami, metode hafalan itu matiin kreatifitas. Gue paling nggak suka sama metode hafalan.

Akhirnya, berawal dari situ, temen-temen gue banyak yang berharap dan berdoa, semoga ujian bahan perkerasan jalan kali ini peraturannya open book (Boleh buka buku).

Nama salah satu Dosen bahan perkerasan jalan adalah Bapak Subarkah. Beliau ahli banget sama masalah perkerasan jalan dan aspal gitu. Alhasil, dari situlah gue muncul ide buat bikin lucu-lucuan.

Gue buka twitter. Sambil mikir, gue menuliskan sebuah kalimat : ‘NAH !!! @SubarkahRajaTanah : Besok UTS kelas saya open book. Hafalan itu matiin kreatifitas’ di kolom ‘Tweet’. Setelah di tweet, jadilah sebuah tampilan kayak gini :

Screen_20150511_223136

Belum sampai situ, gue screencapture tweet tersebut kemudian gue pasang foto itu di display picture BBM. Hasilnya, beberapa temen gue heboh parah. Beberapa temen ada yang ngirim pesan ke gue gini :

“Feb, itu seriusan besok ujiannya openbook?”

“HAH? Pak Barkah gaul banget mainnya twitter”

“Yeah ! Harapan kami terkabulkan. Akhirnya openbook juga”

Semua pesan dari temen-temen gue itu cuma gue bales singkat :

“Enggak serius itu, kayaknya buat ukuran Pak Barkah yang udah kepala 5, beliau nggak mungkin main twitter deh. Lagian, Pak Barkah kan raja aspal, bukan raja tanah”

Semua temen-temen gue pun kecewa.

Esoknya, ujiannya teori semua. Gue nggak bisa jawab.

Kali ini, gue yang kecewa.

Dari semua cerita UTS kemarin, ada satu yang paling berkesan : Mata Kuliah Mekanika Tanah.

Yah, gue pernah bilang di blog ini kalau dosen Mekanika Tanah gue ini gaul banget. Beliau nggak munafik kalau beliau pun pernah muda. Jadi ya gitu, beliau tau banget sama apa yang pasti dilakuin oleh mahasiswanya disaat ujian.

Maka hari itulah puncaknya, kala itu suasana ruang ujian terkesan mencekam. Nampak beberapa temen sedang sibuk ngitung debit rembesan dengan menggunakan kalkulatornya. Nampak gue yang dengan bingung cuma bisa garuk-garuk kepala pasrah. Ada satu dari tiga soal yang belum bisa gue kerjain. Sampai akhirnya, Bapak Dosen pun masuk ruang ujian guna melihat mahasiswanya yang sedang kalap ngerjain ujian.

“Soalnya mudah kan?” Tanya beliau di tengah-tengah kesibukan kami ngerjain soal. “Disitu sudah jelas ya, soal nomer dua lapis bendungnya Unisotropis, sementara soal nomer tiga itu Isotropis”

Beberapa siswa mengangguk. Beberapa siswa mengacuhkan sambil tetap mengerjakan soal. Gue, masih garuk-garuk kepala bingung.

“Selamat mengerjakan soal ya” Ucap Pak Dosen menyemangati “Hati-hati logisticnya, ada dua pengawas di ruangan ini. Satu di depan. Satu di belakang. Cari celah yang pas kalau mau buka logistic” Lanjut Pak Dosen sambil ketawa kecil.

Seisi ruang ujian pun ngakak. Logistic yang dimaksud Bapak Dosen itu adalah contekan. Gue pun ikutan ngakak. Beberapa saat kemudian, gue berhenti ngakak. Diam. Dan garuk-garuk kepala lagi sambil membatin.

‘Kampret, gue nggak bawa logistic’

Jadi, inti dari semua tulisan ini adalah :

Dalam menjalani ujian, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari berdoa, belajar, dan mental yang kuat. Namun ingat selalu, di dalam mental kuat, ada logistic yang hebat.

APASIH !

Selamaaaat berlibur untuk 4 hari kedepan. Yuhuuuu.

Advertisements

96 comments

  1. Yaampyuuun, gw kemaren salah baca berarti. Mekanika Tanah kebaca Mekanika Teknik. Ada gak sih mata kuliah itu Feb? Kalo ada berarti ga salah baca. Btw itu ajib bener twitternya. Selamat berlibur yaaa

    1. Mekanika tanah sama mekanika teknik itu ada kok bang, cuma beda aja mata kuliahnya gitu 😀 wkwk
      Hahaha iya tuh, aku iseng aja buat nipu temen. penipu ulung 😀
      Makasiiih Bang Dan 😀 tapi besok udah masuk lagiii -_-

  2. Gak ngerti sama cerita ini. Mata kuliahnya yang buat gak ngerti. Jadi keikutan pusing gue.

    Untuk masalah UTS kemaren gue juga kecewa dengan hasilnya. Gue udah mengerjakan semua soal yang ada, tapi salah semua dan dapat nilai 0. Tapi gue bangga karena itu gak ada nyontek sedikit pun.

    Yang sedihnya, semua hasil uts dibacain, jadi gue malu-malu sendiri dengan nilai 0.

    1. Baru denger mata kuliahnya udah nggak ngerti kan yu, apalagi materinya -_- beuh, puyeng semua wkwkw 😀
      Kok.. kok bisa udah dikerjain semua tapi nilainya 0? kalau dosenku ada yang ngasih upah nulis, paling 5 ._. wkwk
      Wohoo goodjob abis Yu, lo tanpa nyontek 😀
      Waks, dibacain di kelas -_- parah, itu parah. Kalau aku ditempel di papan informasi jurusan. jadi semua mahasiswa jurusan teknik sipil. teknik arsitektur, lingkungan, bisa liat nilaiku -_-

      1. Oke, gue gak mau dengar materinya. Gak ada upah menulis, caranya udah benar, cuma perhitungannya gue gak teliti, jadi hasilnya salah. Yaudah, nilainya nol.

        Wuanjiirr, ditempel di papan informasi? Ah, untung dosen gue gak sebaik itu sampe nempel nilai 😀

      2. Wkwkwkwkw
        Yah, kasihan ._. wkwkw masa gitu banget sih dosen lo -_- prosesnya nggak dinilai juga -_- jahat banget -_-

        Dosen gue ada yang gitu juga ding ._. nilai bener tapi angkanya dibuletin dianggap salah juga ada malah -_-

        Yah, semua anak-anak teknik harus tau nilai gue lah makanya nilainya ditempel di papan informasi -_-

  3. Klo dipikir2 di negeri ini yg rebutan masuk sekola tinggi ya kita kita….tapi uda bayar mihil2 kok yaaa yg didapet ujian, dimana ujian ini sangad menyiksa,..hmmm itula feb msngkanya klo disuru sekola aku angkat tangan aja,, la ya itu, horor ujiannya
    uda kerja aja kadang masi kebawa mimpi, besok ada ulangannnn. Ulangan itung itungan lagi. Huft abis bangun langsung legaaaaa ternyata aku uda lulus kok hahahhahah

    1. Eh, iya ya mbak, bener juga. jadi semua orang rebutan masuk sekolah itu sama kayak rebutan mau ujian, cuma tempatnya aja yang beda -_-

      rusuh banget ujian tuh ._. nggak selamanya ujian bisa jadi tolak ukur kemampuan kita juga kan ya mbak ._. yah, tau deh ._.

      wkwkwk kerja ada ulangannya juga mbak? atau bisa dikatakan evaluasi gitu nggak sih mbak?
      Aaaah, selamat deh mbak nit yang udah lulus ._.

  4. aku juga besok ujiann..mau bawa logistic tapi ga mungkin..jadi kunci ujian itu pasrah feb..berserah sama yang di atas..Nah pertanyaannya sekarang yang di atas sapaa??? 😛

    besök kalo mau ujian coba keramas dl..itu panik, ga bisa apa banyak ketombe sihhh?? 😛

    1. Wohoo yang ujian, pasti udah kelar kan mbak? pasti lancar kan ujiannya mbak? wkwkw akhirnya gimana? bawa logistik nggak mbak :p wkwk
      bener banget -_- aku kalau udah nggak bisa gitu ya pasrah banget kok ._. berserah diri ._. wkwkwk

      Keramas -_________- Mbak pinguin ini kebanyakan ketombe kali ya :p wkwkw ketombenya buat ngumpetin logistik mbak 😀

      1. udah kelar lah..kalo ga kelar2 perusahaan bangkrut..logistic aman..selalu datang dengan sendirinya..tapi kalo masih mahasiswa berserah diri emang sikap paling tepat..berserah diri pada dosen dan kebaikan asisten..hahaha!!!smangat..

      2. Wahahahaha ini aku mbalesnya 16 hari kemudian cobak -_-
        Wahohooo logistik memang hal yang sangat diperlukan banget ya mbak 😀 wkwkwk
        Wakaaaakakak berserah dirinya sama dosen ya :p wkwkw 😀

  5. Pas baca subjek2nya lgsg tanya si pacar.. Hahaha 😀 Kata dia jadi nostalgia jaman dia masih kuliah dulu..hahha 😀 Semangatt Feb, lain kali jgn lupa logistic :p

    1. Mas Pacar anak teknik sipil bukan Mbak? eheheh
      anak kuliahan gitu nostalgianya pasti sama tugas dan ujian ya ._, wkwkw

      Makasiiih mbak Py 😀 wahahah logistik itu penting mbak :p

  6. Ayo sinau Feb, kalo bisa jadi Raja Aspal beneran biar bisa benerin jalan2 ancur di seluruh pelosok Indonesia. Mereka butuh ilmu dan tenagamu, Nak!
    #pesen mbokde

    1. Iya dong mbak, sinau sih pasti mbak 😀 Amin Ya Allah, jadi Raja Aspal beneran 😀 nanti mahkotanya dari aspal :3 gokil 😀
      Setuju, kayaknya memang ini saatnya aku membenahi jalan-jalan ancur di seluruh pelosok negeri. Aku akan berusaha, Mbok Ze *sungkem

  7. Gue dulu paling sebel kalau dosen nawarin open book . Soalnya nggak akan ada jawabannya di buku . Sialnya, dosen gue gak ada yang nawarin .. open google search .

    1. Lah, dosen macam apa itu nawarin openbook, tapi jawabannya nggak ada dibuku -_- kayak ngasih harapan, tapi nggak jadian juga :’

      kalau aku tau kabar openbook, aku langsung nyari soal tahun lalu dan dikerjain dikertas folio, nah, itu deh jadi bahan ngerjain. kalau nggak ada jawabannya, jurus terakhir, pasrah. wkwkw

      Yakaliiiik open googlesearch -_-

  8. jadi kangen masa kuliah dulu dink Feb, sibuk buat paper en paling males ngadepin yang namanya UTS en UAS, hahahaha. paling seneng kalo open book, ga usah belajar :p

    1. Hahhaa Iya ya mbak, yang paling membekas dari kuliah itu mungkin masa ngerjain tugas, paper, sama ujiannya ya mbak 😀 wkwkw

      Nah, sama tuh mbak, kalau ujian openbook mah aku nggak belajar, santai like a boss 😀 :p

  9. masih jaman UTS? ahaha -sindrom udah lulus-
    btw, jadi inget dosen lisrtrk magnet ku, kalau ujian jarang ngawas. setelah bagiin soal, beliau tulis “Allah maha melihat” di whiteboard terus keluar kelas deh -..- atau duduk-duduk cantik depan kelas. mantep kan??

    metode ngerti konsep sama hafalan dua2nya saling melengkapi menurutku. hafalan buat nyetok inventaris teori-teori di otak, kalau ngerti konsep buat ngolah inventarisnya muehehehe

    1. Waaaah kan, Mbak Ica jahat kan ._. selamat deh ya yang udah lulus 😀 wkwkw
      Waaahahahaa, dosennya gaul banget mbak -_- nulis di whiteboard terus pergi. Tulisannya bikin kita serba salah pula -_- wkwkwk
      akhirnya pada nyontek nggak mbak? wkwkw

      Aku lebih ngutamain konsep logika dan pemahaman mbak ._. lebih mudah memahaminya gitu, kalau kita paham kan nanti kita bisa bikin kalimat sendiri yang sesuai dengan maksud dari soal yang dikasih. kalau hafalan, terkesan cuma nempel diotak, habis itu ngilang ,_,

  10. Hahaha lucu istilahnya logistik.. kayaknya kl gak nyontek gak seruu yaa.. dulu kadang suka sebel kl ada temen pelit gak ngasih contekan..bilang nya gak tau dan ga bisa, eh tau tau nilainya paling bagus! hahaha salah sendiri sih gak belajar (baca: bikin logistik)

    1. Lucunya lagi, yang namain istilah logistik itu ya Pak Dosennya 😀 wkwkw
      Nah, itu dia, nggak seru banget kalau nggak nyontek, nggak ada sensasinya gitu 😀 wkwk
      Aahaha ngeselin banget kalau ada yang bilang nggak bisa, tapi selesai dan numpuk hasil ujian duluan -_- wkwkw

      kayaknya logistik itu memang perlu banget ya mbak Mel 😀

      1. Dulu tuh aku contekan aja sampe fotokopi contekan temen trus diperkecil lagi biar bisa dilepet lipet masuk kedalm tempat pinsil! *jangan ditiru*

  11. Bagus lagi uts masih sempet2nya ngupil, dan enjoy. Abis stres uts mah enaknya makan eskrim sama pacar sambil ngetawain hidup. Hehehe selamat libur Feb!

    1. Iya dong mbak 😀 biarkan ngalir, aku belajar dari Mbak Fasya sang Psikolog dong 😀 hihihi
      Nah, harusnya sih gitu ya ._. tapi kalau LDR, ya makan eskrim sendirian sambil ngetawain hidup sendirian pula ._.

      Makasiiih banyak mbak :)) besok udah senin mbak wkwkw

  12. Kalau lagi ngeblog keganggu urusan kuliah mungkin gpp yah, yang penting kalau lagi belajar tidak terganggu sama urusan ngeblog 😀

    1. Tetep tergantung dosennya deh kayaknya mbak ._. ada kemarin pertanyaan dari soal UTS yang openbook gini : Sebutkan metode pelaksanaan bangunan? Di buku udah ada semua mbak 😀 hihi Alhamdulillah :3 Dosennya selow sih :3

  13. Tapi Feb… openbook di ujian mekanika/statistika itu setara dengan ujian matematika. 😐 tetep aja susah banget. saking bingungnya sampe gak tau mau buka buku bagian mana. xD

  14. Selamat liburan ya Febri.
    Kalo sistem kebut semalam memang bikin puyeng dan banyak lupanya. Tapi kalo sejak dari awal sudah sering dibikin latihan biasanya bisa jawab. Semoga ip hasil uts nya diatas 3, haha…

  15. feb iseng bgt itu tweetnya hahaha.. dulu aku pas kuliah malah males kalau ujian open book soalnya biasanya jawabannya gak ada di buku, jadi mesti mikir sendiri hahaha yang penting sekarang utsnya udah selesai jadi bisa santai2 dulu deh sebelum uts selanjutnya 😀

    1. Hihi habisnya di grup line gitu pada pusing sama ujian openbook atau enggak. Ya aku isengin aja wkwkw 😀

      Kalau aku sama temen-temen nggak tau kenapa, kalau ujiannya materi hafalan gitu mending openbook. soalnya kan agak bebas gitu kesannya 😀 tapi yah, sama aja sih kalau nggak ada jawabannya di buku ._.

  16. ya ampun baca judul mata kuliahnya aja bikin aku muleeesss… gimana ikut ujiannyaa.. *kalau dah yang kayak gini jadi terharu dulu pernah jadi anak komunikasi*

    1. Wahahahahsem ini mbak Dewi 😀 wkwk sini aku ajarin materi kuliahnya 😀 mencret nanti kamu mbak 😀

      Mbak Dewi anak Komunikasi? Keren ah. Sumpah, aku salut sama anak-anak komunikasi terutama yang ada dikampusku. acaranya gokil-gokil 😀

      1. hahaha.. kasihan kamu ah feb kalau bagian ngajarin.. emak2 cuma bisa pongo gak ngerti apa yang sedang terjadi dalam dunia ini..

        Iyaa komunikasi hahahha.. perasaan di kampus gak dapat ilmu apa2.. cuma ilmu ngebodor yang diwariskan turun temurun.. *err sounds wrong ya*

      2. Wkwkwkw aku ngajarin apa juga nggak ngerti mbak :p wkwkw yang ada malah ngerumpi nanti kita :p wkwkw

        Aaaah tetep kece ah kayaknya anak komunikasi, meski aku nggak ngerti sih apa yang mereka pelajari di komunikasi ._. mainan hape? manjat tower atau apa? wkwk

      3. yang dipelajari? hmmmm.. main kartu, never ending panitia, biking kegiatan kemahasiswaan yang lebih banyak tekanan hidupnya dibanding stres mata kuliahnya hehe..

        Kalau pelajaran kuliahnya mah paling gampang dan menyenangkan.. cuma dituntut untuk mikir kreatif, cepet sama ngecaaap.. hehehe

      4. Tuhkan, anak-anak komunikasi mah keren gitu ._. pola pikirnya mantap sih mbak 😀 dosenku aja ngebandingin fakultasku sama fakultas komunikasi, soalnya fakultas komunikasi pioneer acara kampusku mbak. Edan kok komunikasi :3

        Wahahaha enaknya “:3

      5. Oyaaaa hhahhaa kereeen feeeb.. Jaman aku dulu baru mau booming kali ya.. Jd belum jadi fakultas huhu sedihnya..

        Udah gitu satu ankatan cm 50-an.. Dan cowoknnya 10.. Sepuluuuhh feb.. Garing amaat hidupkuh dulu hahhahaa..

      6. Wakakaka belum jadi fakultas mbak? wkwkwk tapi di kampusku juga sih mbak, komunikasi masih ‘numpang’ di lantai atas tempat praktikumnya teknik sipil 😀

        wkwkwkw 50 orang. cowoknya sepuluh. ceweknya 40. tau gitu aku masuk komunikasi mbak —

      7. belum, masih jurusa,, bagian dari fakultas fisip.. jadi kalau lulus bukan s.kom karena s.kom udah dipantek ama fakultas komputer..

        coiiiii Feb.. udahlah itu para cowok2 berjaya dah di kampusku hahaha.. tapi kalau masuk komunikasi, ngga ada matematika loo.. Ada pun dikiit,, nanti kamu ngga betah.

      8. Dipantek loh mbak -_- bahasanya kok ngeri 😀 wkwkw jadi gelarnyanya apa mbak? S.sip? S.si? S.Muni? S.Hp? apa mbak? ._.

        WAhahahahah Kayaknya emang seger banget di komunikasi mbak -_- enak-enak gitu dipandang 😀
        Waaaaaaah, matematikanya dikit, nggakpapa deh, tapi udah terlanjur di sipil juga -_-

  17. BAHAHAHAK ANAK TEKNIK DIKASIH LIBUR SAMA KAYAK DIKASIH ES PUTER DITENGAH GURUN PASIR. SENENG BUKHAN MAENH. BAHAHAHAHK.! (oke ini belum apa-apa udah heboh sendiri). -__-
    Ciyee yang selesai UTS. Selesai LDRnya kapan Feb? *kabur*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s