Ulang Tahun?

Ulang tahun?

Dari dulu, gue sering lihat orang lain ngerayain istilah ini dengan meriah. Pertama kali liat kemeriahan itu adalah waktu gue duduk di bangku sekolah dasar. Kakak gue, dia ulang tahun. Pagi hari sekitar pukul 06.00, temen-temen kakak gue udah ngesweeping rumah. 1 orang ngetuk pintu. Beberapa orang lainnya bersembunyi dibalik pintu. Pas kakak gue keluar, beberapa bola air, telur, tepung mendarat indah di mukanya. Kalau waktu itu kakak gue di goreng dan dikasih mayones diatasnya, mungkin kakak gue bakal jadi Kakak goreng tepung smackdown tofu. #APAANCOBA!!!

Ya, gue liat hal itu adalah meriah… Karena gue belum pernah digituin.

Eh bentar. Kalau disiram air, kayaknya gue pernah.

Waktu itu kelas 1 SMK. Pulang sekolah, gue diseret ke kamar mandi sekolah. 3 orang temen nyirami gue pake air bak mandi sekolah. Gue yang disirami bertubi-tubi akhirnya pun dengan sukses menelan beberapa teguk air yang waktu itu dengan indah masuk ke mulut gue yang lagi mangap.

Asin-asin gimana gitu rasa airnya.

Enak kok.

Coba aja.

Melihat yang lebih meriah lagi? Ada, waktu itu tahun 2013. Temen gue, Sukma, dia ulang tahun. Nah, pacarnya Sukma waktu itu nyuruh gue sama temen-temen lainnya buat bikin kejutan.

Di sebuah rumah makan, Sukma sama pacarnya lagi makan bareng. Dengan scenario yang dibuat Pacarnya sukma, gue dan beberapa temen lainnya masuk rumah makan dan ngasih itu kejutan : Sebuah kue ulang tahun berdiameter sekitar 10Cm rasa coklat dengan lilin berbentuk angka 19th diatasnya.

Disitu gue liat wajah Sukma gemilang. Penuh rasa senang. Dengan memejamkan mata, dia berdoa, kemudian meniup lilin yang menyala.

FYI aja, Sukma berulang tahun tanggal 5 Februari. Sementara gue berulang tahun tanggal 9 Februari. Jadi, waktu itu bergumam dalam hati :

“Kalau Sukma dikasih kejutan kayak gini, pasti 4 hari lagi gue juga bakal dikasih kejutan kayak gini. Siap-siap ah”

Hal yang gue lupa, di hari ulang tahun Sukma itu yang berencana ngasih kejutan adalah pacarnya Sukma. Wajar. Dan yang lebih gue lupa, pada tahun itu, GUE NGGAK PUNYA PACAR !!! Jadi, siapa yang bakal bikin rencana ngasih kejutan buat gue?

NGGAK ADA !!!

Akhirnya, pada tanggal 8 Februari 2013 gue nggak tidur. Gue bolak-balik dari kamar ke ruang tamu, lihat keluar rumah pada pukul 00.01 di tanggal 9 Februari sambil berharap semoga ada temen-temen yang datang ngasih kejutan.

Gue masih menyimpan prinsip ‘berharap terlalu tinggi, jatuhnya bakal sakit’, malam itu gue kena prinsip itu sendiri, gue dijatuhin sama harapan itu sendiri. Sakit banget.

Sampai pagi, nggak ada yang ngasih kejutan. Pagi hari, sahabat gue, Bangbrod, dia main ke rumah ngajakin jogging di Mandala Krida. Di rumah, dia nggak ngucapin selamat ke gue. Emang sahabat kutu kupret.

Saat itu pun gue langsung mulai kembali berharap :

‘Pasti di Mandala Krida, temen-temen gue udah pada nyiapin kejutan”

Sampai di Mandala Krida. Sampai gue udah lari 3 putaran keliling stadion. Sampai paru-paru gue tercecer diberbagai tempat. Kejutan itu nggak ada. NGGAK ADA !!! Bangbrod juga nggak ngucapin selamat ke gue.

JAHAT !!!

Selepas jogging, kami pun memilih untuk mampir ke warung ketoprak langganan. Sampai disana, kami berdua makan dengan beringas. Setelah selesai makan dan gue mau bayar, sekedar menghibur diri, gue asal ceplos bilang ke sang penjual ketoprak.

“Mbak, aku hari ini ulang tahun looooh”

“Waaah, selamat ulang tahun loh mas” jawabnya dengan tatapan ‘lo itu anak siapa?’

“Waaaa makasih banyak mbak” jawab gue sambil menjabat tangan sang penjual “Yaudah, ini semua berapa mbak?” lanjut gue.

“Karena kamu ulang tahun, totalnya jadi 20000 ribu aja deh” gue pun riang gembira. Hari itu, sang penjual ketoprak lah yang paling so sweet.

Mmm… Sebelum akhirnya di dalam perjalanan gue berhitung perihal total dari makan ketoprak itu. Ketoprak : 8000. Lontong sayur : 8000. Milo 2 = 4000

YA BENER TOTALNYA 20000 ribu COI!!!!

Paling enggak, sang penjual ketoprak udah mau ngasih selamat ke gue. Terimakasih banyak wahai penjual ketoprak.

Xxxxx

Ulang tahun nggak selalu identik dengan hal yang menyenangkan. Gue pernah lihat ini terjadi pada temen gue, Sukma.

Waktu itu tahun 2010. Pacar Sukma waktu itu belum pacar yang ngasih kejutan dicerita pertama. Sebut saja namanya Rizky. Jadi,waktu itu hari Jumat, 5 Februari 2010, pagi hari pukul 07.12 suasana kelas masih biasa aja. Sukma dapet ucapan dari teman-teman kelas. Beranjak siang, pukul 10.43, Sukma memburuk. Waktu itu, gue dapet kabar dari temen bahwasanya Sukma baru aja diputus sama Rizky. Alasan? Karena mereka berbeda keyakinan dan si Rizky ternyata udah di jodohin sama orang lain. Oke, alasan yang bisa diterima. Tapi, KENAPA HARUS MUTUSIN PAS HARI ULANG TAHUNNYA?!!! Konsep yang benar-benar harus diubah.

Saat itu, sebagai teman yang baik, gue mencoba menghibur Sukma.

“Tenang Ma, mungkin maksud dia mutusin kamu pas hari ulang tahun ini biar besok tahun depan kalau kamu ulang tahun lagi, kamu bakal inget kejadian ini, kejadian diputusin pacar karena berbeda keyakinan dan dia udah dijodohin sama orang lain”

Gue digampar pake sepatu fantofel yang dia pake.

Sore hari, sepulang main futsal, temen-temen gue bertingkah lebih kampret. Dalam suasana hati yang sakitnya mendera jiwa, Sukma malah dapet guyuran air dan ucapan selamat dari teman-teman.

Percayalah, nggak ada yang lebih menyakitkan dari diputusin pacar pas hari ulang tahun, teman.

Xxxxx

Masuk ke inti cerita. Kalau misal ditanya tentang gimana ulang tahun gue yang paling berkesan, gue bisa bilang mungkin terjadi pada tahun 2012. Soalnya, buat gue, itu adalah hari ulang tahun yang paling bikin gue pengen nangis.

Gimana enggak? Gue yang biasanya nggak pernah dapet kejutan ulang tahun apa-apa, tiba-tiba disuatu pagi dapet kejutan yang luar biasa.

Jadi gini ceritanya. Sekolah gue itu merupakan sekolah yang menegakkan konsep nasionalisme. Jadi sebelum pelajaran dimulai, semua siswa kelas disuruh berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Luar biasa. Hari itu Kamis, 9 Februari 2012. Gue telat berangkat. Jadi pas gue lari buat masuk kelas, semua siswa udah pada berdiri nyanyiin bait pertama lagu Indonesia Raya.

Beberapa detik kemudian, gue nyelonong masuk kelas. Gue ikut berdiri dan bernyanyi. Mendalami setiap lirik dalam lagu Indonesia Raya. Beberapa menit kemudian, lagu selesai dan para siswa dipersilahkan untuk duduk. Gue yang telat dan nggak tau apa-apa pun segera duduk. Baru 5 detik pantat gue merasakan kursi yang dingin, tiba-tiba dengan serentak temen sekelas gue lengkap dengan guru yang mengampu pelajaran pertama bernyanyi indah :

“Selamat, ulang tahun… Kami ucapkan. Selamat, panjang umur… kita kan doakan. Selamat sejahtera, sehat sentosa… selamat panjang umur dan bahagia”

Selesai temen-temen nyanyi lagu itu, mereka merubungi gue dan menjabat tangan sambil berucap selamat ke gue. Dan hari itu gue tau, itulah pagi yang paling indah selama gue ulang tahun.

Selesai? Belum.

Malam hari selepas Maghrib, gue mengira keindahan ulang tahun gue bakal berhenti sampai detik itu juga. Ternyata, pukul 18.37, Nyokap gue bilang :

“Feb, tuh ada Kiky diluar”

Otomatis, gue langsung keluar. Diteras rumah, gue liat Kiky lagi nyalain lilin berbentuk angka 18. Gue pun nyamperin.

“Hay Ky?”

Oh iya, sekedar informasi aja. Kiky itu mantan gue.

“Loh? Kok kamu udah keluar? Ini kuenya belum siap. Sana masuk dulu sana” Kiky pun memerintah.

Ya, gue dengan gobloknya pun kembali masuk rumah.

TOK TOK TOK

Beberapa meter gue masuk rumah, pintu rumah ada yang ngetok. Kiky berdiri dibalik pintu. Gue keluar lagi.

“Walaaaaa… selamat ulang tahuuuun ya. Semoga panjang umur dan sehat selaluuuuu” Kiky memberikan kejutan.

“Waaaaa.. nggak nyangka aku. Kok kamu bisa disini sih? Ah, kejutan. Makasih banyak ya” Kembali, gue dengan dongo merespon kejutan dari Kiky.

Kiky menatap gue dengan tatapan kesel.

Dan akhirnya, malam itu pun menutup rentetan hari ulang tahun yang berkesan.

Xxxxx

Terus, tahun 2014 kemarin ulang tahunmu gimana Feb?

Hmm… Hampir mirip kayak di tahun 2013 sih. Cuma, gue nggak terlalu berharap dan nggak ketemu penjual ketoprak aja. Sebagian temen gue ngucapin pas tanggal 9 Februari. Lainnya, ada yang tanggal 13 Februari dengan polosnya ngirim pesan :

“Feb, kamu hari ini ulang tahun kan?”

Tanggal 21 Februari ada yang tanya juga :

“Mas, kamu ulang tahun ya hari ini?”

Tanggal 24 Februari :

“Feb, kamu tanggal 9 Februari kemarin ulang tahun? Selamat loh ya”

Tanggal 27 Februari :

“Feb, selamat ulang tahun”

Tapi dibalik itu semua, gue nggak lagi mempermasalahin hari ulang tahun. Buat gue, ulang tahun nggak begitu menjadi suatu hal yang penting. Yang penting, gue bisa bangun dari setiap tidur malam gue dan berbuat kebaikan disetiap harinya.

Terus, tahun 2015 besok, harapanmu gimana Feb?

Mmm… Harapan gue… Gue bisa ngrayain itu bareng Ayah, Ibu, Simbah, Kakak, dan Adik . Bahkan di tahun 2016 atau sampai tahun-tahun berikutnya.

Karena seumur hidup… gue nggak pernah ngerayain ulang tahun bareng mereka.

Ya, nggak pernah sekalipun.

Terimakasih.

Eh iya, ada yang kurang. Buat para pembaca yang berulang tahun pada saat membaca tulisan ini, gue ucapin selamat ulang tahun ya? Semoga panjang umur dan sehat selalu. Cepet-cepet aja move on dari mantan. Nggak ada guna nginget mantan. Ngapain nginget-nginget kenangan waktu kalian boncengan berdua dijalan sambil nyanyi-nyanyi lagu kenangan. Nggak guna. Ada  yang lebih penting dari itu. Mmm… buat yang masih keluar dari rahim ibunya, selamat datang didunia. Buat anak SD, selamat ulang tahun, jangan jadi anak nakal. Buat anak SMP, hay, jangan alay. Buat anak SMA, mmm berkembanglah menjadi manusia yang baik, nak. Buat anak kuliahan, jangan sia-siakan kesempatan kuliahmu. Yaudah, intinya buat semuanya. SELAMAT ULANG TAHUN 🙂 SUKSES !!!

Tulisan ini diikutsertakan dalam giveaway 1 tahunan blognya Tirs

Advertisements

82 comments

  1. Aku ulang tahun tanggal 30 April loh, njiir sumpah gak ada yang nanya kan? iya kan?

    Bingung mau komentar gimana, keknya lu lebih cocok sama mabk penjual ketoprak, karena dia memang sangat mengerti elu Feb. So sweet banget itu tadi. Trus harga ketopraknya juga dia gak bohong. so sweetlah pokoknya.

    Dan satu lagi, Kiky mantan lu itu cowok atau cewek Feb?

    1. Ini kenapa pada nyantumin tanggal ulang tahun ya ._.wkwkwk.

      waaa masih setahun lagi lu ulang tahunnya -_-

      penjual ketoprak emang jos abis ya :’ aku aja sampai terharu 😦

      Kiky itu… YA CEWEKLAH !!! -_- wkwkwk

  2. Duh asin enak? Gurih, kali yang enak. Hahaha. Dikibulin sama pedagang ketoprak nih?
    Hahaha, lucu juga ya ultah digituin. 😀
    Wah iya, paling asyik ngerayain ultah bareng keluarga sih. Tapi ya..sudahlah. 🙂

      1. lah? hahaha.. 😀 kayak makan ikan asin berkuah? atau minum kuah air asin?
        iya, baik tuh.
        wah, kasihan. ya semoga tahun depan bisa, yaa. 🙂

    1. Iya nih mbak -_- kenapa akhir-akhir ini tulisanku kepanjangan terus ya -_- lebih dari 1000kata terus loh 😦 pembaca kan jadi agak bosen gitu 😦

      besok dikit-dikit diubah deh mbak Fasya :3

      1. karena aku jarang mandi, jadi aku langsung nyemplung aja di laut haha *lirik pp wp*

        iyaaa sama-sama 🙂 telat apa ga nya yang terpenting doanya fe. Alfatehah!

  3. Hey, baru pertama kali kesini nih. Tulisannya kocak. Eh kamu Februari kemaren ulang tahun ya? SELAMAT ULANG TAHUN LOH YAAA 😀

    1. Hey, ini Fredeva yang itu ya? ah, kayaknya aku baru kenal kamu:D salam kenal ya 🙂

      makasih udah mampir nih 😀

      Rekor, ada yang ngucapin ulang tahunku tanggal 14 September :’ makasih banget Deva :’wkwkw

  4. blan september kmaren q ultah,,,
    leat jam pas 00:00 gag da ucapan dari pacar,sampai siangpun gag da tanda” dri dy,,,
    nah paginya ternyata q diucapin sma temen” KKN q,cz pda waktu tu lagi kkn,sederhana sih korek kayu ditancepin ke telor rebus n d nylain tuh korek n mreka ngrubungin q,,so sweet
    siangnya dinyanyi’in lagu slamat ulang tahun by jambrut sma perangkat desa dan jga temen”,,hmmm trharu gue
    gag cuman itu,,,,malenya dpet kjutan yg gag bkal q lpa,kalian tau apa? diputusin pacar,,,nyeseg bget q
    ternyata kejutan gag sampai situ,keesokan harinya q ditimpuk ma telor plus air comberan ma temen” yg udah 2hari gag dibuang,kebayang kan sampe muntah” gw,,tp kjailan mereka smua yg bkin ultah q paling berkesan selama niy,,,thanks friends

  5. Wkwkwkwk sumpah nyegir2 geli bacanya kak feb, sama bingit yaa kek yg aku rasain sekarang. Berharap banget sahabat, temen2 deket, keluarga, atau paling ngga cowok yg lagi ngegebet gt ngasi kejutan bahagia whwhwaha tp rasanya ga mungkin, orang mereka tipe orang yg ga romantis kyknya haha 😦 beda sama aku, kalo sahabat dan keluarga yg ultah pasti aku bingung banget siapin ini itu buat kasi surprise mereka. Ah pengen sih sebenernya, pasti seneng banget yaa ngerasa kyk disayang sama mereka 😦 wkwkk ga berharap ada surprise dr pacar, orang lg ga ada pacar huhu kasian banget yaa aku tiap ultah pas lagi ga ada pacar wkwkwkwkkk. Udah ah yg penting sehat rezeki mengalir lancar jg uda lbh dr cukup. Gpp lah yaa ga dapet yg istimewa dr mereka. Haha menghibur diri banget yaa 🙂

    1. Iya, kita sama banget brati Mbak Sinta :’ dulu mah, aku yang heboh kalau ada temen ulang tahun. eh, tapi, aku nggak pernah dihebohin pas ulang tahun.

      tiap kali ulang tahun, aku pasti tidurnya jam 12 malem lebih, buat liat siapa yang ngasih ucapan pertama. sekalinya ada, yang ngucapin pukul 05.30. ngenes parah.

      iya sih, harus bersyukur aja 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s