Gendutan ya?

Tahun ini adalah tahun 2014.

Dengan tahun yang ke-2014 ini, maka tahun ini terhitung gue udah kuliah selama hampir satu tahun. Gue angkatan 2013. Bisa disimpulkan lagi kalau gue udah masuk di semester 2. It’s so amazingly no mistakes. Suatu kebanggaan tersendiri gue bisa lancar masuk ke semester 2. Terimakasih buat Ayah ibu gue yang senantiasa mendukung gue. temen-temen gue yang selalu nemenin gue. pacar gue yang sampai sekarang belum ada buat gue (simpulin sendiri deh). Semester 2 ini semua buat kalian semua.

Banyak banget moment-moment yang gue lalui untuk bisa sampai di semester 2. Selain moment-moment itu, perubahan yang siginifikan pun gue alami mulai dari segi tampang yang semakin tampan, sampai segi jasmani yang semakin edan.

Gue inget banget dulu waktu SMA, gue dijuluki sebagai manusia bertampang ‘membosankan’. Semua itu beralasan. Pasalnya, dari kelas 1 sampai kelas 3, potongan rambut gue gitu-gitu aja, yaitu potongan pendek cepak-klimis-njijiki. Seragam hari jum’at yang notabenenya batik bebas pun dari kelas 1 sampai kelas 3 gue makenya batik yang itu-itu aja.

Jadilah gue manusia yang dikenang sepanjang SMA sebagai manusia ‘membosankan’ sepanjang masa.

Berlatar belakang pengalaman di SMA itulah gue pun mencoba inovasi yang baru di masa perkuliahan ini. Gue merombak abis gaya penampilan, mulai dari rambut yang gue panjangin, baju yang selalu gonta-ganti, sampai sepatu yang selalu bersih dan mengkilap.

Jadilah sekarang gue manusia yang akan dikenang sebagai manusia-yang-sedikit-tidak-membosankan.

Tentu saja, perubahan yang signifikan ini membuat temen-temen gue sadar dan merasa aneh dengan gue. Orang pertama yang menyadari perubahan gue adalah si Bangbrod, temen gue SMA dulu. Dia kuliah di Bandung, jadi otomatis dia jarang ketemu gue. Otomatis lagi, dia gak mengikuti perkembangan hidup gue. Otomatis dari yang terotomatisnya lagi, waktu dia liburan ke Jogja, dia main kerumah gue. Waktu gue buka pintu, Bangbrod langsung kaget liat gue yang emang berubah semakin tampan.

“Kok kayaknya lo beda ya Feb?” ucap Bangbrod sambil meletakkan bokongnya di kursi teras rumah gue.

“Walaiya jelas dong. Udah kuliah tuh penampilan harus berubah” jawab gue sambil ngibasin rambut gondrong gue.

“Eh bentar, bukan penampilan lo yang beda. Tapi apa ya?” Bangbrod mengamati gue dengan teliti. Gue jijay sendiri.

Gak berapa lama, setelah dia membuka hapenya dan melihat album foto temen-temen SMA waktu lagi touring di pantai, dan ada foto gue di dalamnya, dia dengan beringas bilang :

“LO GENDUTAN YA FEB? BUAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA !!!!!!!!!!!?”

Gak percaya dengan tuduhan Bangbrod tersebut, gue pun masuk ke dalam rumah dan ngaca. Gue liat baik-baik bentuk tubuh gue. setelah puas, kemudian gue keluar lagi.

“Gendut dari mana nyet? Badan kayak gini tuh ideal, bukan gendut”

Setelah beberapa perdebatan, akhirnya tetap kami berdua mempunyai kesimpulan yang berbeda :

Kesimpulan gue : badan gue ideal dan gue samakin tampan

Kesimpulan Bangbrod : badan gue gembrot dan wajah gue semakin item kayak wajan.

Ya, kesimpulan orang memang berbeda-beda, jadi, bagaimana kesimpulan anda? *halah
Image

Illustration by : rianjati

Xxxxx

Ternyata Bangbrod gak sendirian. Ya, tuduhan yang Bangbrod tujukan ke gue tempo hari itu ternyata diikuti oleh beberapa temen gue lainnya.

Waktu di kampus, gue ketemu kakak kelas gue SMP, Mas Faiz. Secara gue sopan, gue nyapa dia duluan. Dengan awalan tanya kabar dan diiringi obrolan basa-basi, tanpa diberi komando, Mas Faiz langsung membuka pertanyaan.

“Eh Feb, kayaknya lo gendutan ya?”

“Hehehe” gue melihat perut gue “kayaknya sih iya mas”

Kemudian kami berpisah. Hal ini penting, takut timbul pertanyaan baru dari mas faiz kayak misal “Feb, kayaknya muka lo kayak aspal ya?”

Waktu gue mau masuk kelas, gue ketemu Mas Dempo, asisten dosen pemetaan gue di semester 1. Sekali lagi, karena gue sopan, gue pun menyapa lagi.

“Mas Dempoooooo” ucap gue sok imut.

“Yoi Feb” jawab dia simpel “Sekarang perut kamu diameternya bertambah ya feb” lanjutnya tanpa dosa.

“Maksudnya mas?”

“Iya, kamu sekarang gendutan”

“Hah? Kayaknya sih gitu mas. Duluan ya mas, ada kelas nih” jawab gue langsung ngibrit masuk ke dalam kelas.

Di kelas, ada 1 temen namanya Septi, dia manggil gue dan nanya tentang tugas Autocad. Gue jelasin bla-bla-bla secara rinci dan ngasih contoh penggambaran yang bener. Kemudian setelah dia paham, dengan setengah berbisik dia nanya lagi :

“Feb? Kamu gendutan ya?”

Uhuk

Kelas selesai, gue jalan menuju parkiran. Waktu lagi jalan, tepatnya di depan Mushola, gue ketemu temen SD, namanya Sasha.

“Feb?”

“Yoi Sha”

“Masya Allah. Kamu gendutan ya sekarang Feb?”

Kampret.

“Hahaha Iya nih Sha. Ya maklumlah, hidupku makmur sentosa sejahtera”

“Hahaha udah emangnya udah punya pacar ya?”

KAMPRET PANGKAT TIGA AKAR DUA DIKALI DELAPAN KUADRAT !!!!!!!!!!!!!

“Yaaa belom lah”

“Ya ampun” Sasha geleng-geleng “Kalau belum punya pacar itu harusnya kamu jaga badan kamu biar ideal. Kalau kamu gendutan gini, mana ada yang mau Feb”

KAMPRET TAK TERDEFINISIKAN !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

“Terimakasiiiih sarannya kaaakaaaak”

Gue langsung lanjut jalan ke parkiran, ambil motor, lalu pulaaaang.

Xxxxx

Selama di perjalanan pulang, pikiran gue mencerna kalimat terakhir dari Sasha. Setelah dicerna, gue merasa takut, takut kalau beneran gak ada yang mau sama gue setelah gue gendut gini. Di zaman sekarang ini, masih ada gak cewek yang mencintai cowoknya bukan berdasarkan fisik? Faktanya, walaupun banyak cewek yang mengutarakan pendapatnya bahwa ‘kalau kita cinta, kelebihan dan kekurangan pasangan kita bukanlah jadi permasalahan. Yang kita rasakan hanyalah rasa nyaman dari sang pasangan’ tapi tetep aja banyak cewek yang ‘milih’ cowok dengan menilai kriteria fisik duluan. Iya, iya, cowok juga kadang kayak gitu. Impas.

Gue pun jadi inget pengalaman pahit tentang gebetan gue yang terakhir kali gue alami di semester 1 dulu. Gue inget banget gimana masa pendekatan gue lewat BBM sebelum ketemuan, dia dengan mantap bilang nyaman sama gue gak peduli tampang gue gimana, gak peduli badan gue gimana. Tapi setelah ketemuan, dia berubah. Dia jarang bales BBM gue. bahkan, seminggu kemudian di status BBMnya ada tulisan ‘Love Dika’. Ya, dia punya pacar. dan pacar dia bukan gue. gak lama setelah itu, gue di delcont. Lengkap. Pait. Curut.

Sebelum sampe rumah, gue mampir bengkel langganan gue yang ada di deket rumah. Baru beberapa detik berhenti di bengkel itu, gue langsung disambut dengan pertanyaan :

“Wah Febri jarang mampir, sekarang jadi gendut aja ya. Makan apa sih kamu Feb?”

Gue senyum. Dalam hati, gue menjawab mantap dengan kalimat :

“Aku terlalu banyak makan harapan-harapan manis dari gebetan bang”

Tapi akhirnya, yang terucap dari mulut gue hanyalah :

“Hahaha iya bang. Apa aja mah sekarang aku makan bang”

Setelah itu, gue minta biar motor gue dipompa biar tambah anginnya. Dengan sigap si abang mengambil pompanya dan mengisi penuh angin di ban motor gue. Sembari melihat ban motor gue yang diisi angin tersebut, gue pun berpikir :
Seandainya hati yang kosong ini bisa dengan mudah diisi sama kayak ban motor gue itu…. Dan seandainya perut gue bisa dengan mudah di kempesin sama kayak ban motor gue yang kemps sebelum di isi angin. Fyuuuuuh. Sayangnyaaaa…. Hati beda sama Ban motor, bung.

“Udah di pompa tuh Feb bannya” si abang bengkel memecah lamunan gue.

“Oh iya makasih ya bang” jawab gue sambil memberi 2 lembar uang seribuan.

“Sip sip. eh iya, tuh ada ban bekas Feb kalau mau bawa”

“Lah? Ban bekas buat apa bang?”

“Katanya kamu makan apa aja? barangkali itu ban mau kamu makan, kan bisa tuh buat kesejahteraan perut kamu”

“Uhhh makasih bang. Aku terharu”

Gue pun memilih menolak tawaran si abang bengkel. Gue meninggalkan ban-ban bekas itu. sembari mengelus perut buncit, gue pun berkata pelan.

“Tenang perut, aku masih menyayangimu” *apasih antiklimaks banget. huahuahua

 

Advertisements

18 comments

  1. hahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahaha

    1. nah iya kan. akunya juga parah mas, tau antiklimaks masih aja aku pake buat ending wkwkwk. tapi gapapa deh. kenal kan udah, cuma belum liat aja kalik. gilak ya, bahkan buat orang yang belum pernah ketemu aja bsia ngatain aku gendut. fix dieeeeet wkwkw 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s