Badalah Kartu ujian

            “Shine bright like a jamban”

            Mungkin judul lagu dari ikan Rihanna itu yang bisa disematkan buat gue, waktu tampang asli gue diedit pake photoshop.

            Gak tau dari mana korelasinya, yang jelas, gue paling kesel sama orang yang berkutat dengan photoshop. Mereka itu gak pernah menjalin hubungan yang baik dengan foto. Mereka menyalah artikan editing dengan kampreting.

            Kejadian pahit itu terjadi belum lama. Kira-kira baru terjadi pada hari Senin, 4 November 2013 yang lalu. Waktu itu adalah hari pertama pengambilan kartu ujian buat UTS di kampus gue. Siang hari, dengan pede gue nyamperin loket yang bertuliskan angka 3 di basement kampus.

            Gue celingak-celinguk di bolongan kecil yang ada di loket itu. Tiba-tiba gue di kejutkan dengan sosok bapak-bapak yang gak taulah siapa itu namanya.

            “Mau ngapain ya mas?”

            Begitu pertanyaannya seakan memberi kesan curiga sama tampang gue yang mesum dan abstrak ini.

            “Itu pak, anu, mau ngambil kartu ujian bisa kan ya pak?”

            Gue grogi. Kampret, kayak homo aja sama bapak-bapak grogi. Ya enggak lah.

            “Iya bisa. Boleh  liat slip pembayaran SPP sama foto 3×4”

            Bapaknya itu bilang kayak gitu dengan santainya. Gue parno sendiri, mau diapain foto gue? Bahaya nih.

            Dengan perlahan, gue kasihin slip pembayaran SPP gue lebih dulu. Setelah slip itu di cek, langsunglah gue kasih bapak itu 3 lembar foto gue.

            Beberapa saat foto itu dipegang sama si bapak. Beliau terdiam. Matanya sesekali memalingkan pandangannya dari foto, ke muka asli gue. Gue tambah grogi men. Ini bener-bener gila dan sangat-sangat sauce tartar

            Gak lama, muncul temen-temen gue yang nyamperin gue. Dari semula dibelakang, mereka jadi ada disamping gue. Menatap wajah gue yang mirip Dimas anggara. Kemudian melihat ke arah bapaknya.

            Terjadi sesi keheningan untuk beberapa saat. Sebelum akhirnya si bapak melihatkan foto gue ke temen-temen gue.

            “Nih, anaknya biksu thong”

            Dengan tak terduga si bapak bilang gitu ke temen-temen gue sambil memamerkan foto unyu gue.

            Seketika saat itu juga, keheningan berubah menjadi tawa yang menginjak harga diri gue. dari tawaan itu tersamar terdengar untaian kalimat.

            “Hahahaha itu bukan anaknya biksu thong, tapi muridnya. Hahaha”

            “Patkai patkai”

            “Sama patkai mah cakepan patkai itu”

            “Idih, kayak kubangan comberan”

            Gue cuma bisa meringis.

            Setelah selesai dengan urusan kartu ujian yang berujung hinaan. Gue pun duduk di deket koperasi sambil meminum pocari sweety hunnybunny. Temen-temen gue setia disamping gue. Setia ngejekin gue kampret.

            “Itu… hahaha… itu foto lo kok jadi kayak gitu sih Feb? Editannya sungguh terlalu”

            Temen gue yang namanya Deny memulai percakapan.

            “Hahaha keren Feb, keren. Lo keren kalau kayak di foto itu”

            Temen gue yang lain bernama Dian ikut-ikutan nimbrung. Keren pala lo peyang.

            Gue cuma bisa membalas untuain kalimat mereka dengan senyuman. Gak tau lagi harus gimana. Yang ada pikiran gue adalah : Gimana caranya gue bisa ketemu orang yang dulu ngedit dan nyetak foto gue sampai sehina itu. Bener-bener hina.

            Lo semua penasaran sama foto gue? Aaaah lo bisa aja. Gue emang bikin penasaran kok. *kedip kedip genit. Udah siap kantong kresek atau tempat sampah?

            Yaaaak surprizeeeeee. Ini foto terjancuk yang pernah ada. Taraaaaaaa

            Image

            Udah, buat cewek. Jangan tersepona dulu, ini Cuma editan kok. Buat cowok, juga jangan pandangi gue dengan pandangan mesum gitu dong. Santai. Gue normal.

            Tatap jelas mata gue. Beeeeeueh sipitnya kayak Koching teng yang di film you’re the apple in my ass itu.

            Raba jelas gayanya. Beeeeeeuh stay cool abis kayak Dulnya Ahmad Dhani.

            Terawang jelas putih mulus kulitnya. Beeeeeeuh jancuknya. Yang ngedit gak kira-kira. Pake apaan gue bisa seputih itu mpret? Mandi susu juga gak bakalan bisa seputih itu gue. pake cat nippon paint? Bisa jadi bisa jadi. Beuh bisa jadi ndase.

            Dan dari semua itu, gue dapet kesimpulan dan hikmah yang sangat berguna bagi nusa bangsa.

            Gue jadi gak punya keinginan buat bisa berkulit putih. Udah, sekian. Gue gini aja. Apa adanya, biarpun jomblo, yang penting apa adanya. Daripada punya pacar dengan alasan ganteng dan tajir, nanti giliran tampang kelindes becak terus duit digondol ayam, diputusin dengan hinanya. Hueh. Stay jomblo. Like a jamban bahagia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s